Kamini.id / Sunscreen / Sering Keliru, Beginilah Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Sering Keliru, Beginilah Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Maret 2020

Sudah tahu perbedaan sunscreen dan sunblock? Nah, bila kamu belum mengetahuinya, silakan cek artikel ini agar tidak salah lagi membedakan sunscreen dan sunblock sebelum membelinya.

Tak banyak orang mengerti bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan sunscreen. Padahal teknik pengaplikasian sunscreen akan mempengaruhi efektivitas kerja produk penangkal sinar matahari yang satu ini.

Dahulu, sunscreen memang masih diformulasikan hanya untuk melawan penetrasi sinar UVB pada kulit. Namun saat ini, istilah sunscreen lebih sering digunakan pada hampir semua produk sun protection dibandingkan dengan istilah sunlock yang dianggap terlalu “berlebihan”.

Definisi sunscreen saat ini adalah produk penangkal sinar matahari dengan cara kerja menyaring sinar UV yang berbahaya bagi kulit menjadi energi yang baik. Sunscreen saat ini juga sudah banyak yang menggunakan PA (Protective Grade of UVA). Karena itu, kamu tak perlu khawatir lagi pada saat membeli sunscreen. Cukup perhatikan nilai SPF dan PA-nya saja, ya.

Tips Memilih Nilai SPF yang Cocok

Walaupun nilai SPF memang merupakan nilai personal alias bergantung pada kebutuhan dan preference pribadi, kamu tetap tidak boleh keliru dalam memilih nilai SPF dari sunscreen. Memang pada dasarnya semakin tinggi nilai sunscreen proteksi sinar UV terhadap kulit semakin baik, namun harga yang ditawarkan pun akan semakin meningkat.

Padahal SPF 15, 30 dan 50 tidak memiliki perbedaan yang signifikan, lho. SPF 15 dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari sebanyak 93%, sementara SPF 30 memberikan proteksi sebanyak 97%, dan SPF 50 memberikan proteksi sebanyak 98%. Tidak berbeda jauh, kan? Pemakaian SPF juga bisa disesuaikan dengan aktivitas kamu. Berikut adalah panduannya.

1. SPF 15-20

SPF 15

* sumber: www.stitcher.com

SPF 15 dan 20 bisa kamu gunakan ketika beraktivitas di dalam ruangan. Ingat, walaupun berada di dalam ruangan, kamu tetap bisa terpapar sinar matahari terutama UVA. Karena itu para expert mengharuskan kamu tetap menggunakan sun protection walaupun beraktivitas di dalam ruangan.

2. SPF 30-45

SPF 30

* sumber: clipart-library.com

Bila kamu memiliki keseharian di luar ruangan, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30-45. Karena pada saat di luar ruangan, kulitmu lebih banyak terpapar sinar matahari. Sehingga akumulasi UVA dan UVB yang terkena kulitmu akan lebih banyak.

3. SPF 45-50

SPF 50

* sumber: www.wikihow.com

Kamu boleh saja menggunakan SPF 45-50 ketika aktivitasmu berada di luar ruangan. Namun, sunscreen dengan range SPF ini lebih baik digunakan oleh penderita kulit sensitif. Karena, kulit sensitif cenderung mudah terbakar oleh sinar matahari.

4. SPF 50+ ke Atas

SPF 70

* sumber: www.vecteezy.com

SPF 50, 50+, atau lebih besar, biasanya digunakan oleh penderita penyakit kulit yang rentan sekali terbakar apabila berada di bawah paparan sinar matahari. Bila kulitmu normal, kamu juga boleh menggunakan SPF dengan nilai yang tinggi. Namun perlu diingat, semakin tinggi nilai SPF, membuat produk semakin bernilai ekonomi tinggi. Jadi, pilih yang sewajarnya saja ya.

5. Bagaimana dengan PA?

sunscreen

* sumber: blog-well.ca

Grade yang menandakan proteksi terhadap UVA ini, menjadi salah satu faktor pertimbangan selanjutnya saat memilih sunscreen atau produk sun protection lain. Karena sinar UVA lah yang dapat menembus kulit hingga lapisan paling dalam dan menyebabkan kulit kusam, membentuk kerutan, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Untuk memilih PA sendiri, semakin banyak lambang + pada produk  sun protection, berarti proteksi produk tersebut terhadap sinar UVA semakin baik. Contoh PA+++ lebih memproteksi daripada PA+.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih produk sunscreen yang cocok berdasarkan aktivitas sehari-hari. Ingat, tak hanya harus tepat memilih produk, kamu juga harus memakai sunscreen dengan cara yang tepat agar proteksi yang diberikan pun maksimal.

Cara Memakai Sunscreen

Sun protection seperti sunscreen atau sunblock merupakan produk yang wajib digunakan oleh semua orang. Tak memandang usia, atau pun jenis kelamin. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menggunakan sun protection sangat penting. Kamu juga tidak boleh asal-asalan dalam menggunakannya, lho. Berikut adalah langkah-langkah pemakaian sunscreen yang tepat.

1. Aplikasikan Sebelum ke Luar Ruangan

Pakai Pelembab yang Tepat

* sumber: www.allure.com

Langkah pertama ini sangatlah penting. Pasalnya, bila kamu sudah terlanjur berada di luar ruangan, dan baru mengaplikasikan sunscreen, sunscreen tidak akan optimal memproteksi kulit.

Sunscreen memerlukan waktu untuk menempel dan membuat proteksi pada kuitmu dengan sempurna. Karena itu banyak sekali dokter kulit yang menyarankan untuk menggunakan produk sun protection setidaknya 20-30 menit sebelum ke luar rumah atau ruangan.

2. Pakai Jumlah yang Benar

sunscreen 2 ruas jari

* sumber: www.webmd.com

Jangan menerapkan prinsip “hemat” untuk produk yang satu ini. Bila kamu berpikir bahwa sedikit sunscreen tetap bisa memberikan proteksi yang maksimal, kamu salah paham. Jumlah terbaik sunscreen atau produk sun protection lain yang disarankan dokter dan ahli kulit adalah sepanjang dua ruas jari telunjukmu. Kamu bahkan harus memberikan jumlah yang ekstra pada beberapa bagian wajah.

3. Bukan dengan Telapak Tangan

Krim Pelembab Moisturizer

* sumber: stylecaster.com

Agar sunscreen merata ke seluruh wajah, jangan aplikasikan dengan telapak tanganmu. Melainkan aplikasikan menggunakan jari. Teknik ini juga memungkinkan kamu mengaplikasikan pada seluruh wajah bahkan ke bagian yang paling detail, seperti ujung mata, pipi dekat telinga, serta ujung bibir.

4. Aplikasikan Sesuai Urutan

Moisturizer pelembab

* sumber: www.lorealparisusa.com

Setelah menuangkan sunscreen pada jarimu, tempel-tempelkan pada wajah dengan urutan kedua pipi, lalu dahi, hidung, dan yang terakhir adalah dagu. Urutan ini memberikan takaran sunscreen yang tepat yang diperlukan tiap bagian wajahmu. Setelah itu, ratakan pada masing-masing bagian menggunakan jari. Jangan terburu-buru ya. Pastikan sunscreen merata dengan baik.

5. Tepuk-tepuk Lembut

menepuk wajah

* sumber: www.prionetcanada.ca

Bila dirasa sudah merata, tepuk-tepuk lembut seluruh bagian wajah. Menepuk wajah ini berguna agar produk sunscreen menempel baik pada kulit. Selain itu, teknik ini juga berguna untuk menghilangkan white cast yang ditimbulkan setelah mengaplikasikan sunscreen dengan cepat.

6. Tambahkan Kembali

Pakai Sunscreen

* sumber: elainesterling.blogspot.com

Hidung, tulang pipi, dan dahi, adalah bagian yang lebih menonjol pada wajah. Karena itu, bagian-bagian ini lebih mudah terpapar sinar matahari dibandingkan bagian lainnya. Aplikasikan kembali sunscreen pada area-area tersebut, lalu tepuk lembut hingga white cast menghilang.

7. Jangan Lupakan Badan dan Bibir

Melembabkan Bibir

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Kamu juga harus mengaplikasikan sun protection pada badan dan bibirmu. Kamu bisa menggunakan sunscreen khusus badan dan mengaplikasikannya pada telinga, tangan, kaki, serta area lain yang tidak tertutup kain pakaian. Kamu juga harus melindungi bibirmu dari sinar matahari agar tidak menghitam. Untuk bibir, kamu bisa menggunakan lipbalm atau lipstik dengan SPF.

8. Re-apply

pelembab wajah kerutan

* sumber: www.independent.co.uk

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa performa produk sun protection semakin lama akan semakin menurun bila terpapar sinar matahari. Nah, apabila kamu beraktivitas dibawah sinar matahari langsung secara terus menerus, lebih baik sunscreen diaplikasikan setiap 2 jam sekali.

Tetapi bila kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, kamu tidak diwajibkan mengaplikasikan kembali sunscreen. Lalu, lebih baik mengaplikasikan kembali sunscreen apabila telah pudar karena air atau keringat.

Itulah langkah-langkah yang tepat dalam mengaplikasikan sunscreen. Jangan sampai keliru lagi, ya! Perlu diingat juga, kamu wajib melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Walau mungkin kamu belum merasakan dampak buruknya saat ini dengan tidak menggunakan sun protection.

Tetapi seiring berjalannya waktu, kamu akan menyadari perubahan kualitas kulitmu yang memburuk. Mengerikan, bukan? Karena itu, Jangan sampai tidak menggunakan sun protection ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *