Review Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick yang Praktis

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 21 November 2021

Apa saja jenis sunscreen yang pernah kamu coba? Powder, lotion atau spray? Pernahkah terpikir untuk mencoba sunscreen stick? Kalau iya, maka nggak ada salahnya kamu melirik sunscreen stick dari brand halal Indonesia, Wardah.

Dinamakan UV Shield Light Matte Sun Stick, konon sunscreen ini bisa berperan sebagai primer makeup yang bikin tampilan wajah matte dan smooth. Selain itu, kemasannya yang berupa stick juga memudahkan pengguna untuk reapply sunscreen kapanpun dan dimanapun. Terdengar praktis, bukan?

Nah, untuk membuktikan sendiri performa Wardah UV Shield Light Matte Sunstick, simak artikel review ini sampai selesai, ya!

Tentang Produk

Review wardah sunscreen stick._

Melengkapi jajaran UV Shield yang merupakan lini proteksi terhadap sinar UV, Wardah berinovasi menambahkan sunscreen terbaru berjenis stick. Sunscreen ini punya kemasan on the go yang praktis dan mudah untuk diaplikasikan. Kamu yang punya jadwal super sibuk bisa banget untuk mencoba produk ini, soalnya ia nggak memerlukan bantuan jari lagi untuk pengaplikasiannya.

UV Shield Light Matte Stick juga merupakan satu-satunya sunscreen berjenis stick dari Wardah, karena saudari-saudarinya yakni  UV Shiled Sunscreen Gel, UV Shield Active Protection Serum, UV Shiled Aqua Fresh Essence tersedia dalam bentuk lotion. Makanya sunscreen stick andalan Wardah ini langsung menyedot perhatian publik sejak peluncurannya.

Klaim dan Benefit

Review wardah sunscreen stick_klaim_

Sunscreen stick pertama Wardah yang diformulasikan dengan proteksi Broad Spectrum sehingga 50x lebih optimal dalam menjaga kulit dari sinar UVA, UVB dan blue light. Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick juga punya formulasi ringan dan nggak lengket.

Selain itu, ia punya kemampuan oil absorber yang bisa bikin tampilan wajah smooth dan matte. Makanya sunscreen ini diklaim secara berani oleh Wardah bisa digunakan sebagai primer yang bikin makeup lebih menyatu dan long lasting hingga 8 jam. Keunggulan dan manfaat lainnya dari Wardah UV Shield Light Matte Stick adalah sebagai berikut:

  • Mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan dengan manfaat melembabkan kulit
  • Dibekali teknologi water dan sweat resistance
  • Formulasi sunscreen dengan kandungan alkohol 0%
  • Non-comedogenic dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit
  • SPF 50 dan PA++++

Baca juga: Sunscreen 101: Apakah Arti Nilai SPF dan PA?

Cara Pakai

Review wardah sunscreen stick_cara pakai_

Untuk menggunakan Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah ini:

  • Gunan sunstick pada Langkah akhir skincare atau gunakan sebelum maupun setelah pemakaian makeup.
  • Putar ulir yang ada pada bagian bawah kemasan untuk menyembulkan 0.5 – 1 cm sunstick
  • Oleskan secara ringan pada wajah, leher dan area yang terpapar sinar matahari
  • Gunakan sebelum beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan

Kemasan

Review wardah sunscreen stick_kemasan_

Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick dikemas dalam double packaging. Packaging terluar merupakan seal plastik yang tebal tertempel pada paper board sederhana yang berisi berbagai informasi mengenai produk mulai dari kandungan, klaim, infografis seputar sinar UV dan blue light, nomor BPOM hingga label halal.

Nah, packaging utama Wardah UV Shield Matte Sun Stick adalah yang paling menarik. Sunscreen ini dikemas dalam tube berbentuk persegi panjang dengan ulir pada bagian bawahnya. Ulir ini berfungsi untuk menyembulkan isi sunscreen sesuai dengan keinginan.

Sebenarnya, secara prinsip kemasan ini serupa dengan kemasan lipstik atau retractable packaging lainnya, hanya saja, karena sunscreen ini isinya agak banyak, jadi cenderung lebih bulky dan tebal. Tapi kemasan seperti ini memang cenderung praktis dan higienis.

Pada kemasan UV Shield Light Matte Sun Stick, Wardah nggak lupa menyertakan tutup tambahan di bagian mulut tube. Tutup ini bisa dilepaskan dan dipasangkan kembali ke mulut tube karena berfungsi untuk mencegah kontaminasi pada sunscreen.

Meski kemasan Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick ini praktis dan higienis, penggunaanya sangatlah personal, mengingat isi sunscreen akan selalu langsung bersentuhan dengan kulit. Jadi usahakan untuk nggak sharing produk ini dengan orang lain, ya.

Terakhir, warna utama packaging sunscreen ini adalah hijau tosca. Makanya nggak aneh kalau ia sangat memorable sejak pertama kali dikenalkan ke publik.

Ingredients List

Review wardah sunscreen stick_ingredients_

Untuk tahu apakah Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick berjenis chemical atau physical sunscreen, kita bisa mendapatkan jawabannya dengan membaca bagian ingredients list. Dari ingredients list ini juga kita bisa tahu bahan-bahan lain yang bermanfaat dalam menunjang performa sunscreen.

Full Ingredients

C12-15 Alkyl Benzoate, Octocrylene, Homosalate, Silica, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Polyethylene, Tribehenin, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Isohexadecane, Ethylhexyl Salicylate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Butyloctyl Salicylate, Dimethicone, Połymethyl Methacrylate, Phenoxyethanol, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Tocopherol, Fragrance

Key Ingredients

Dari deret bahan-bahan yang terkandung dalam Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick, bisa saya pastikan kalau produk ini memang nggak memiliki kandungan alkohol. Selain itu, ada beberapa bahan lain yang punya peran signifikan terhadap performanya.

  • Sunscreen Agents
    • Octocrylene: Chemical sunscreen
    • Homosalate: Chemical sunscreen
    • Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine: Chemical sunscreen yang Broad Spectrum
    • Ethylhexyl Salicylate: Chemical sunscreen
    • Butyl Methoxydibenzoylmethane: Chemical sunscreen
  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Kedua bentuk vitamin E ini berguna sebagai agen antioksidan. Bedanya, tocopherol adalah sumber antioksidan yang bermanfaat untuk produk agar memiliki umur simpan panjang, serta sebagai sumber antioksidan untuk kulit karena akan bantu lindungi dari paparan radikal bebas. Sementara tocopheryl acetate lebih berperan sebagai antioksidan untuk kulit saja.

Impresi

Review wardah sunscreen stick_tekstur_

Tanpa perlu berlama-lama, yuk, langsung saja kita mengenal Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick dari tekstur, aroma, warna dan feels ketika diaplikasikan pada wajah. Apakah akan berbeda dengan sunscreen pada umumnya?

Tekstur

Sunscreen stick ini memang punya konsep seperti balm, yaitu padatan yang bisa meluncur mudah di kulit. Tapi, bila kebanyakan balm diformulasikan agar teksturnya mudah meleleh jadi minyak, sedikit berbeda dengan sunscreen milik Wardah ini. Ia nggak terlalu meleleh banyak ketika di-swipe di kulit, sehingga nggak bikin kesan kulit jadi greasy dan licin berlebihan.

Teksturnya sangat lembut dan saya bisa dengan jelas merasa ada lapisan tambahan yang terbentuk di kulit setelah selesai mengaplikasikan sunscreen ini. Artinya, Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick memang bikin lapisan proteksi khusus layaknya sunscreen kebanyakan.

Aroma

Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick ini punya aroma lembut. Aromanya nggak begitu terasa, kok, sehingga nggak akan begitu mengganggu ketika pengaplikasian.

Warna

Nah, meski bisa dilihat kalau sunstick ini punya warna balm yang agak kekuningan, saat produk di-swipe ke kulit, ia berubah jadi transparan. Sunscreen juga sama sekali nggak ninggalin white cast setelah set, jadi kesan yang ditimbulkan adalah natural skin-like.

Aplikasi

Review wardah sunscreen stick_aplikasi_

Sebelumnya sempat saya singgung kalau sunscreen stick pertama dari Wardah ini punya tekstur yang lembut dan nggak bikin kesan wajah berminyak. Ia juga cukup baik dalam melembabkan kulit sekaligus mengurangi kilap dari wajah.

Saat mengaplikasikan langsung sunstick ini pada area wajah, saya merasakan kalau ia bisa mengisi pori-pori. Alhasil, wajah berpori saya jadi terasa lembut dan halus ketika disentuh. Meski secara kasat mata nggak mengaburkannya, namun bagian pori-pori yang tersumbat dan menghitam jadi nggak tampak lagi saat ditimpa dengan makeup.

Sunscreen ini juga tetap ringan ketika digunakan. Saking ringannya, saya sampai bingung berapa lapisan sunscreen yang harus dibuat di wajah agar proteksinya optimal. Nah, hal ini sebenarnya jadi kekurangan dari penggunaan sunscreen stick itu sendiri.

Seperti yang kita tahu, sunscreen berbentuk lotion disarankan penggunannya sebanyak 2 jari untuk wajah dan leher. Sayangnya, saya belum menemukan bukti pasti mengenai berapa banyak olesan sunscreen stick yang diperlukan agar proteksinya optimal.

Tapi setelah browsing ke sana kemari, faktanya ternyata sunscreen stick sendiri sebaiknya dipakai untuk touch up atau reapply saja, nggak seperti sunscreen lotion yang bisa dipakai sebelum beraktivitas.

Jadi, jangan sampai keliru, ya. Sebaiknya, Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick ini digunakan untuk reapply saja. Bila ingin digunakan sebagai primer pun sepertinya tetap harus dilanjut dengan penggunaan sunscreen lotion biasa.

Performa

Review wardah sunscreen stick_performa_

Sesuai dengan apa yang diklaim Wardah kalau sunscreen ini bisa bikin makeup tahan lama sampai 8 jam, tentu saja saya menguji ketahanan produk ini sampai 8 jam juga dengan penggunaan makeup. Hasilnya, meski makeup tetap luntur seiring berjalannya waktu, riasan wajah saya masih banyak yang stay di wajah.

Bisa dilihat foto pada jam ke-7, bagian blush on, eyeshadow dan highlighter yang saya pakai masih ada yang menempel dan menghiasi wajah. Padahal sampai 7 jam pemakaian ini saya sudah berwudhu 2 kali, lho. Artinya, kemungkinan sunscreen ini memang punya peran bikin makeup tetap stay cukup lama.

Saya juga sempat menguji ketahananan sunscreen dengan basuhan air mengalir, dan ternyata masih ada lapisan sunscreen yang tetap menempel di kulit. Jadi klaim Wardah yang bilang kalau UV Shield Light Matte Sun Stick ini water dan sweat resistance pun memang benar adanya.

Produk ini juga nggak bikin pori-pori wajah saya tersumbat selama digunakan. Ia bahkan nggak bikin minyak di wajah jadi overproduced. Malah sapuan sunscreen ketika reapply bisa eliminasi kelebihan minyak pada riasan, meskipun di saat yang bersamaan ia juga sedikit mengikis lapisan makeup. Worry not, tinggal touch up saja riasannya! Case closed!

Tips dan Trik

Oh iya, meski sempat saya bilang kalau sunscreen stick sangatlah personal, bukan berarti kamu nggak perlu membersihkannya, lho. Untuk meyakinkan sunscreen tetap dalam kondisi bersih baik dari kotoran ataupun bakteri, sebaiknya lap bagian permukaan sunscreen dengan tisu tiap kali kamu selesai menggunakannya.

Harga dan Tempat Pembelian

Review wardah sunscreen stick_harga_

Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick sudah tersebar di pasar kosmetik Indonesia sejak bulan Oktober 2021. Sunscreen berukuran 22 gram ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 85ribuan.

Kesimpulan

Review wardah sunscreen stick__

Selain praktis untuk digunakan, Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick memang bisa diandalkan sebagai primer wajah yang bikin tampilan pori-pori jadi terasa halus. Saya juga setuju dengan klaim Wardah yang bilang kalau produk ini non-comedogenic, ringan dan punya kemampuan water resistance.

Meski sunscreen stick sendiri sebenarnya hanya bisa dipakai untuk reapply saja, tapi Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick nggak akan bikin kegiatan reapply jadi ribet. Sunscreen ini juga mudah dibersihkan dan nggak bikin makeup jadi banyak geser asalkan diaplikasikan ringan.

Pros

  • Praktis dan mudah untuk dipakai saat reapply
  • Bisa dijadikan primer
  • Ringan, nggak bikin wajah jadi greasy dan non-comedogenic
  • Nggak meninggalkan white cast
  • Cukup tahan air dan keringat
  • Bisa bantu makeup jadi lebih tahan lama
  • Bisa reduksi kilap pada makeup

Cons

  • Pengunaannya sangat personal, dan harus selalu dibersihkan setiap kali selesai digunakan
  • Nggak ada patokan seberapa banyak yang harus dipakai agar proteksinya optimal, makanya hanya bisa dipakai untuk reapply
  • Sedikit mengikis makeup bila diaplikasikan di atas makeup atau saat reapply

Begitulah pengalaman saya mencoba Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick yang sangat praktis untuk reapply. Bagaimana, apakah membuatmu tertarik untuk mencobanya juga? Atau kamu sudah punya pengalaman khusus selama menggunakan produk ini? Jangan ragu untuk sharing lewat kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram