Kamini.id / Kutek / 10 Cara Mencairkan Kutek yang Kering agar bisa Dipakai Lagi

10 Cara Mencairkan Kutek yang Kering agar bisa Dipakai Lagi

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap produk kecantikan punya live span-nya masing-masing, seperti maskara yang cuma 3 bulanan, bedak yang bisa 8 bulan – 1 tahunan, dan foundation yang mencampai 1 tahunan.

Nail polish, atau kutek, juga memiliki masa hidupnya sendiri, yaitu sekitar 1 tahun setelah diproduksi. Sama dengan make up, kutek yang sudah kadaluarsa juga tidak boleh Anda pakai lagi karena berpotensi merusak kuku serta jaringan kulit disekitarnya.

Ciri-ciri kutek yang kadaluarsa adalah kering dan ada juga yang berjamur. Tapi, kutek bisa juga mengering sebelum masa kadaluarsa datang, loh. Cat kuku yang disimpan di tempat kurang tepat bisa jadi lebih cepat kering. Begitu pula jika tutup botol kutek tidak tertutup rapat, maka udara bisa masuk dan membuat kutek jadi kering.

Kalau cat kuku Anda masih banyak dan belum habis masa kadaluarsanya, cairkan saja supaya bisa dipakai lagi. Bagaimana kah caranya? Tidak sulit, kok. Anda bisa menggunakan bahan dan alat yang ada di rumah Anda untuk mencairkan kutek yang sudah mengeras. Berikut adalah 10 cara mencairkan kutek yang kering ala Kamini.

Cara Mencairkan Kutek yang Kering

1. Gulingkan di Telapak Tangan

cara mencairkan kutek yang kering

* sumber: happenings.com.ng

Sedang terburu-buru, tapi kutek yang mau Anda pakai menggumpal? Dengan mengguling-gulingkan botol kutek di telapak tangan, maka bagian dalam kutek akan ikut teraduk. Cara ini akan membuat kutek yang menggumpal jadi cair lagi. Hal ini dikarenakan adanya gerakan memutar dan juga rasa hangat dari tangan Anda.

Posisikan botol kutek dalam posisi tidur, ya. Jangan pernah mengocok botol kutek ke atas dan ke bawah karena dapat menciptakan gelembung. Nantinya kutek malah jadi semakin menggumpal dan konsistensinya rusak.

2. Rendam Air Panas

Rendam Air Panas

* sumber: nailslife.net

Cara mencairkan kutek yang kering yang ke-2 adalah dengan merendam botol kutek di air panas. Siapkan air mendidih, lalu tuang ke dalam mangkuk. Rendam botol kutek selama 5 menit atau hingga air agak mendingin. Air panas akan memberikan rasa hangat yang dapat membuat cat kuku yang sudah membeku jadi cair lagi. Oh, iya, sebelum memasukkan kutek ke dalam air, pastikan tutupnya sudah tertutup rapat, ya.

3. Pengencer Cat Kuku

Pengencer Cat Kuku

Sebenarnya ada, loh, produk pengencer kutek agar tidak menggumpal. Mungkin karena kutek memang sudah dipastikan sangat mudah mengering, makanya banyak produsen produk nail polish thinner. Masukkan 2 – 3 tetes pengencer cat kuku ke dalam botol kutek, lalu gulingkan botol di telapak tangan seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1. Produk pengencer kutek seperti ini bisa Anda temui di toko kecantikan atau toko khusus kuku.

4. Aseton

Aseton cara mencairkan kutek yang kering

Sebenarnya nail polish remover berarti penghapus cat kuku. Tapi, entah kenapa orang Indonesia lebih biasa menyebutnya sebagai aseton. Padahal aseton merupakan bahan berbahaya yang dilarang untuk ada di kandungan nail polish remover.

Sebenarnya cara mencairkan kutek yang kering yang satu ini kurang begitu dianjurkan karena nail polish remover dapat merusak konsistensi kutek. Jadi, jika Anda sudah berkali-kali melakukan langkah ini, sebaiknya buang saja kuteknya dan beli yang baru.

5. Diamkan

Diamkan

* sumber: www.youtube.com

Ketika Anda mempraktikkan cara mencairkan kutek yang kering, sebaiknya Anda menunggu cairan yang Anda gunakan agar melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum digulingkan (diaduk). Jadi, jika cat kuku sangat kering, teteskan beberapa pengencer kutek, lalu biarkan saja selama 30 menit – 1 jam. Setelah itu, tambahkan lagi beberapa tetes pengencer sebelum Anda menggulingkan botol.

6. Ulangi

Gulingkan di Telapak Tangan

* sumber: www.cosmopolitan.com

Jika cara mencairkan kutek yang kering di atas belum memperlihatkan hasil yang kentara, ulangi hingga Anda mendapatkan konsistensi kutek yang diinginkan. Namun, hati-hati jika Anda menggunakan pengencer kutek atau aseton terlalu banyak, karena dapat membuat kutek jadi terlalu encer.

7. Jika Cat Kuku Terlalu Encer

cara mencairkan kutek yang kering

Bisa saja Anda gagal melakukan salah satu proses di atas dan membuat kutek jadi terlalu encer. Jika hal ini terjadi, sekarang waktunya Anda membiarkan kutek mengering dengan cara membuka tutup botol, diamkan semalaman. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan kuas kutek menggunakan aseton. Jika sudah bersih, bungkus kuas menggunakan plastik agar tetap bersih.

Jika sudah semalam, lihatlah apakah kutek Anda sudah mulai mengental lagi atau belum. Jika belum, biarkan tutup botol tetap terbuka sampai konsistensi kutek jadi agak kental kembali.

8. Pencegahan Agar Kutek Tidak Mudah Kering

cara mencairkan kutek yang kering

* sumber: www.totalbeauty.com

Untuk pencegahan agar kutek tidak mudah kering lagi, Anda bisa mencelup kuas kutek ke dalam aseton. Tuang aseton secukupnya pada cangkir atau gelas keramik. Jangan gunakan plastik atau styrofoam karena aseton akan melelehkannya. Jangan pula Anda menggunakan gelas yang biasa dipakai untuk minum. Gunakanlah gelas yang tidak pernah dipakai atau gelas yang sudah lama dan jelek.

Rendam kuas kutek di dalam aseton selama beberapa menit, lalu goyangkan sikat hingga cat kuku yang mengering di kuas luruh, lalu angkat kuas. Jika ada sisa cat kuku yang nyangkut, Anda bisa membersihkannya menggunakan tisu. Ingat, gunakan tisu, ya, jangan kapas. Soalnya, kapas memiliki serat yang rapuh, sehingga cenderung mudah menempel pada sikat kutek.

9. Menyimpan Cat Kuku dengan Benar

Menyimpan Cat Kuku dengan Benar

Cara menyimpan kutek yang benar adalah dengan dalam keadaan berdiri tegak. Jangan menggulirkan kutek begitu saja setelah dipakai, apalagi menyimpan kutek dalam posisi tidur. Pasalnya, posisi botol kutek yang dibaringkan akan membuat cat kuku mengalir ke tutup botol. Jika didiamkan dalam waktu lama, kutek dapat mengering, lengket, dan membuat botol kutek susah dibuka.

Lalu, simpan pula kutek di tempat yang kering tapi sejuk. Simpanlah cat kuku di laci meja, di atas meja rias, dan tempat yang kering lainnya. Jangan pernah menyimpan kutek di kamar mandi, wastafel, kulkas, dan tempat lainnya yang punya suhu dingin. Jangan pula menyimpan kutek di dekat jendela atau tempat yang terkena cahaya matahari lainnya.

Selalu tutup botol kutek rapat-rapat setelah dipakai. Semakin jarang cairan kutek terkena udara, maka semakin awet pula kutek Anda. Jadi, setelah mengaplikasikan kutek pada kuku, langsung tutup botol kutek tanpa menunggu apa-apa lagi.

10. Ganti Kutek Baru

Mungkin Sudah Saatnya..

* sumber: videohive.net

Jika cara mencairkan kutek yang kering di atas sudah Anda lakukan, namun kutek Anda tidak cair-cair atau justru malah jadi terlalu cair, padahal Anda yakin sudah melakukannya dengan benar, mungkin ini saatnya Anda memiliki cat kuku baru. Pasalnya, setiap cat kuku dibuat dari bahan yang berbeda-beda, begitu pula dengan konsistensi kekentalannya.

Kalau Anda menggunakan cat kuku bermerk seperti OPI, Inglot, dan lain-lain mungkin tidak akan ada masalah. Tapi, jika Anda menggunakan cat kuku yang dijual di swalayan atau toko kecantikan cewek di mall, tentu kualitasnya sangat berbeda jauh dengan cat kuku bermerk.

Ya, itu dia 10 cara mencairkan kutek yang kering dari Kamini. Apakah Anda sekarang akan langsung mempraktikkanya pada kutek Anda yang sudah mengering? Beritahu kami apakah Anda berhasil atau tidak melakukannya, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020