kamini.id

Review Vaseline Superfood Skin Serum Edisi Terbatas!

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Saya sebenarnya tidak punya alergi terhadap cuaca dingin. Tapi ketika musim hujan tiba, entah mengapa kelembaban kulit saya akan berubah jadi lebih kering. Terutama pada bagian seperti siku dan lutut.

Setelah mencari tahu, ternyata perubahan kelembaban kulit yang selaras dengan perubahan cuaca ini wajar terjadi. Pasalnya, perubahan cuaca juga mengakibatkan perubahan kelembaban udara. Ketika musim dingin tiba, kelembaban udara menjadi menurun dan mengakibatkan hilangnya kadar air dalam kulit. Padahal air ini berperan dalam menjaga kulit tetap lembab.

Inilah mengapa kulit menjadi cenderung lebih kering kala musim dingin tiba, keadaan ini disebut juga sebagai kulit yang dehidrasi. Beruntungnya, saat ini sudah banyak produk pelembab yang hadir untuk mengatasi kulit kering dan dehidrasi, baik untuk wajah maupun untuk tubuh. Misalnya saja produk yang akan saya ulas ini yaitu Vaseline Superfood Skin Serum.

Tentang Produk

Review Vaseline Superfood 3

Hadir dengan nama yang tak biasa, Superfood Skin Serum dari Vaseline nyatanya menyajikan konsep lotion yang tidak biasa pula. Istilah ‘superfood’ yang ditautkan Vaseline dalam series ini ternyata mengacu pada kandungan bahan-bahan utama yang dapat menutrisi kulit yang juga merupakan superfood.

Secara harfiah superfood diartikan sebagai kelompok makanan yang dianggap memiliki nutrisi yang sangat kaya sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi sebenarnya superfood hanya istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan.

Karena pada edisi ini Vaseline menggunakan nutrisi dari bahan-bahan alami seperti green tea, citrus dan cranberry dalam formulasinya, maka menautkan istilah ‘superfood’ pada produk-produk tersebut juga sah-sah saja dilakukan. Karena sebagai makanan, baik green tea, jeruk dan cranberry memang memiliki manfaat baik.

Tak hanya kandungan superfood-nya saja yang menjadi highlight produk ini, kita juga tidak boleh melupakan kandungan petroleum jelly yang sudah menjadi andalan Vaseline sejak 140 tahun lalu. Dalam edisi ini, Vaseline tentu tidak melepaskan bahan yang menjadi ciri khas sekaligus kekuatan utamanya tersebut.

Vaseline Superfood Skin Serum ini terdiri dari 3 varian yaitu Green Tea untuk kulit sehat yang berkilau, Citrus untuk kulit segar yang berkilau, dan varian Cranberry untuk kulit cerah yang berkilau. Kebetulan, produk yang akan saya ulas adalah varian Cranberry.

Klaim dan Benefit

Vaseline Superfood Skin Serum merupakan lotion yang dapat mengembalikan dan mempertahankan kelembaban kulit sekaligus mengeluarkan kilau kulit yang tersembunyi. Dan karena varian yang saya ulas adalah Cranberry, maka produk ini juga bermanfaat dalam mencerahkan kulit dengan formula yang mudah menyerap serta tidak lengket di kulit.

Cara Pemakaian

Aplikasikan produk ini secara merata pada kulit dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Saya sendiri mengaplikasikan produk ini dengan langkah-langkah berikut.

  1. Aplikasikan pada kulit yang lembab setelah mandi pada pagi hari
  2. Tunggu hingga produk menyerap dengan baik sebelum menggunakan pakaian
  3. Pada malam hari, aplikasikan dengan cara yang sama sebelum tidur

Kemasan

Review Vaseline Superfood kemasan

Superfood Skin Serum ini dikemas dalam tube flip-top berukuran 200 mL khas Vaseline yang bentuknya seperti balok tipis. Bentuk ini memang sudah cukup lama diadaptasi oleh Vaseline dalam produk body lotion-nya.

Produk ini juga dihias dengan ilustrasi dari buah cranberry berwarna merah yang membuat tampilan produk tampak menggemaskan, ceria dan menyegarkan. Sejak pertama memandang produk ini, saya bisa merasakan kesan musim panas yang kuat dari kemasannya.

Sejujurnya ini adalah kali pertama saya menjumpai desain ilustrasi kemasan lotion Vaseline yang tampak berani dan menyegarkan. Karena setahu saya, Vaseline biasanya menggunakan desain ilustrasi yang sangat simple.

Ingredients

Review Vaseline Superfood ingredients

Full Ingredients

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Niacinamide, Triethanolamine, Dimethicone, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Perfume, Petrolatum, Vaccinium Macrocarpon (Cranberry) Fruit Juice, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, BHT, Propylene Glycol, Citric Acid, Trideceth-9, Bisabolol.

Key Ingredients

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Sudah tak asing dengan bahan ini? Kamu mungkin sering menemukan ethylhexyl methoxycinnamate dalam produk sunscreen. Pasalnya, bahan ini memang berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV terutama UVB.

  • Glycerin

Dalam produk perawatan kulit, gliserin berfungsi untuk memberikan hidrasi dan menyeimbangkan kondisi kulit. Gliserin akan sangat membantu melawan kulit yang kering.

  • Niacinamide

Merupakan salah satu ingredients yang tengah fenomenal. Niacinamide dapat berfungsi untuk memperkuat permukaan kulit, menyamarkan tampilan pori, kulit tidak merata serta garis halus, hingga mencerahkan kulit kusam.

  • Butyl Methoxydibenzoylmethane

Bila ethylhexyl methoxycinnamate yang menjadi pelindung terhadap sinar UVB, maka butyl methoxydibenzoylmethane hadir dalam produk ini sebagai pelindung kulit dari UVA.

  • Petrolatum

Bahan yang jadi asal-muasal petroleum jelly ini merupakan bahan terbaik untuk mengatasi kulit yang kering, termasuk kulit di sekitar mata.

  • Vaccinium Macrocarpon (Cranberry) Fruit Juice

Ekstrak buah cranberry memiliki senyawa yang dinamakan proanthocyanidins. Senyawa ini bertanggung jawab untuk fungsi antioksidan serta bersifat menyejukkan bagi kulit.

  • Bisabolol

Kalau bahan yang satu ini dapat diambil dari tumbuhan chamomile, namun juga dapat dibuat secara sintetis. Bisabolol dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Impresi

Saya adalah tipe orang yang sangat tidak sabar untuk mencoba sebuah produk yang dikemas dengan desain menggemaskan dan menyegarkan. Karena produk ini memenuhi kriteria tersebut, tentu sesampainya produk di tangan saya, tanpa basa-basi saya langsung mencobanya. Berikut adalah kesan pertama yang saya dapatkan dari Vaseline Superfood Skin Serum Cranberry ini.

Tekstur

Review Vaseline Superfood tekstur

Sama seperti body lotion pada umumnya, produk ini memiliki tekstur yang cukup kental namun spreadable ketika diaplikasikan pada kulit. Uniknya, produk ini mudah sekali meresap dan mengering. Tapi sebenarnya wajar sih, mengingat produk ini konsepnya lebih seperti body serum dibandingkan lotion biasa.

Aroma

Untuk aroma, produk ini memiliki aroma buah yang sangat menyegarkan. Sejujurnya saya tidak bisa mengatakan bahwa aroma skin serum ini sama seperti aroma cranberry karena saya belum pernah mencium aroma cranberry sungguhan sebelumnya.

Yang pasti, aroma Vaseline Superfood Skin Serum ini sangat menyegarkan dan cukup pleasing bagi penyuka aroma buah seperti saya. Memang sih aromanya cenderung overpowering, tapi karena saya suka, hal ini bukan masalah bagi saya pribadi. Hehe

Aplikasi

Ketika diaplikasikan, Vaseline Superfood Skin Serum ini memberikan sedikit sensasi dingin pada kulit terutama ketika produk belum benar-benar menyerap sempurna. Dan sesuai dengan apa yang diklaim Vaseline, produk ini tidak meninggalkan kesan sticky ataupun greasy. Kulit juga terasa lembab setelahnya. Top, deh!

Daya Tahan dan Performa

Review Vaseline Superfood 2

Saya menggunakan produk ini sudah cukup lama, sekarang saja saya hampir menghabiskan satu botol produk. Saya cukup kagum dengan kemampuan produk ini dalam melembabkan dan memberikan hidrasi bagi kulit tubuh saya yang kering.

Meskipun ketahanannya mudah sekali terganggu oleh air, tapi saya tidak keberatan untuk mengaplikasikan kembali produk ini. Bukan hanya karena kemampuan melembabkannya yang jempolan, namun juga karena aroma yang dilepaskan. Aroma ini selalu berhasil menyegarkan pikiran saya.

Sedangkan untuk kemampuan mencerahkan, saya belum bisa memastikannya karena hingga saat ini saya tidak mengalami kemajuan apapun pada tampilan kulit saya selain lembab dan terhidrasi. Mungkin saya harus lebih bersabar lagi untuk mendapatkan hasil kulit yang cerah.

Tips dan Trik

Sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa ketika menggunakan body lotion di pagi hari, saya akan mengaplikasikannya tepat setelah mandi. Spesifiknya ketika kulit ada dalam keadaan setengah kering. Konon, waktu tersebut merupakan waktu terbaik kulit untuk menyerap body lotion dengan optimal sehingga nutrisi dan manfaat body lotion dapat terasa lebih baik.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Vaseline Superfood 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Walau diklaim merupakan edisi terbatas, produk ini masih relatif mudah ditemukan kok baik offline maupun online. Kalau tidak percaya, kamu dapat mengklik tautan yang sudah Kamini sediakan. Untuk harga, produk ini dibanderol sekitar harga Rp20.000. Cukup terjangkau, kan?

Kesimpulan

Review Vaseline Superfood 1

Produk ini sangat worth to try bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit kering dan dehidrasi seperti saya. Sebab, produk ini dapat membantu melembabkan dan membuat kulit menjadi terhidrasi kembali. Ditambah lagi dengan aromanya yang menyegarkan. Benar-benar akan membuat pikiran menjadi segar kembali.

Pros

  • Mudah meresap
  • Tidak lengket dan berminyak
  • Aroma menyegarkan
  • Melembabkan dan menghidrasi dengan baik
  • Ada kandungan UV filter di dalamnya

Cons

  • Manfaat mencerahkan belum terasa dengan pemakaian satu botol

Begitulah perjalanan saya menggunakan Vaseline Superfood Skin Serum. Bila ditanya apakah saya akan repurchase? Mungkin, iya. Tapi mungkin juga tidak. Karena saya tetap mau berpetualang mencari produk baru dengan kualitas yang lebih bagus lagi dari produk ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram