10 Ciri-Ciri Menantu Idaman yang Akan Membuat Mertua Bahagia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Mendapat menantu yang baik merupakan idaman setiap orang tua. Akan tetapi, untuk memenuhi hal tersebut memang perlu usaha besar dan terkadang dianggap sulit oleh sebagian orang. Padahal menjadi menantu yang baik tidak serumit yang dibayangkan. 

Rasa takut tidak diterima oleh keluarga terutama mertua memang sering kali terlintas dalam diri seseorang ketika mulai menjalani kehidupan rumah tangga. Meski demikian, bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang bagi seseorang untuk berumah tangga. 

Menantu seperti apa yang sebenarnya diharapkan oleh setiap mertua. Yuk, simak artikel yang akan Kamini bahas mengenai hal tersebut di bawah! Berikut adalah ulasannya:

1. Perhatian Pada Orang Tua

ciri menantu idaman-1_

Membahagiakan mertua tidak selalu harus dengan memberikannya materi. Perhatian kecil pada orang tua bisa jadi salah satu cara untuk bisa meraih hati mereka.

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain menanyakan kabar, menemaninya mengobrol, membantu pekerjaan rumah, melayani saat ingin dilayani, atau sekedar mengajaknya jalan-jalan dan membelikan makanan yang mereka sukai. 

Bila hal itu dirasa sulit karena jarak rumah mertua yang terlalu jauh, kamu bisa melakukannya saat berkunjung ke rumah mereka.

Pastikan bahwa mereka mendapatkan perhatian dari anak dan menantunya meski terhalang jarak dan waktu. Bila kamu sudah menjalaninya, maka tidak menutup kemungkinan kamu menjadi menantu idaman mereka. 

2. Mudah Beradaptasi

ciri menantu idaman-2_

Saat seseorang memutuskan untuk berumah tangga, maka itu artinya mereka akan menemukan kebiasaan baru dan berbeda dari pihak keluarga pasangan.

Menantu yang cenderung mudah beradaptasi akan jauh lebih mudah diterima dan disukai oleh mertua. Mengingat mereka bisa menempatkan dan membiasakan diri terhadap kebiasaan keluarga barunya. 

Beberapa orang memang bisa melewati adaptasi dengan cepat dan mudah. Namun, tidak sedikit pula yang perlu menyesuaikan diri cukup lama sampai mereka siap dan terbiasa dengan segala kebiasaan keluarga barunya. Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah tetap berusaha dan tidak banyak mengeluh. 

3. Cekatan/Tidak Malas

ciri menantu idaman-3_

Sebagai orang tua tentu memiliki ekspektasi tertentu terhadap calon menantunya. Keinginan untuk mendapatkan pasangan terbaik bagi anaknya adalah hal yang wajar dan didambakan oleh setiap orang tua.

Meski begitu tidak sedikit pula yang dianggap gagal menjadi menantu idaman karena sifat mereka yang tidak cekatan atau pemalas. 

Hal ini sering kali menjadi pemicu bentrokan antara mertua dan menantu. Agar kamu tidak menjadi bahan perbandingan yang buruk oleh orang tua, maka mengubah kebiasaan lama yang dianggap buruk bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan hati mertua.

Baca Juga: 10 Cara Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur

4. Pandai Memasak

ciri menantu idaman-4_

Salah satu hal yang biasa ditanyakan oleh mertua pada menantu perempuannya adalah kemampuan mereka memasak di dapur. Stereotip yang menyebut bahwa wanita pandai memasak adalah menantu idaman memang kerap menjadi momok menakutkan bagi wanita yang tidak memiliki pengalaman di dapur. 

Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki kesempatan untuk menjadi menantu yang terbaik. Selama mereka mau belajar tentu bukan sesuatu hal yang mustahil mendapat predikat menantu idaman. 

Memasak sendiri adalah aktivitas yang penting, mengingat setelah berkeluarga seorang istri menjadi orang yang cukup diandalkan dalam memenuhi kebutuhan gizi suami dan anak-anaknya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bisa memasak, ya! 

5. Sopan Santun

ciri menantu idaman-5_

Ketika seseorang memutuskan untuk menikah, itu artinya mereka harus siap menerima segala kelebihan atau kekurangan yang dimiliki pasangan dan anggota keluarga barunya nanti.

Memperlakukan kedua orang tua dengan rasa hormat serta berperilaku baik dan sopan layaknya kepada orang tua kandung adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan seorang menantu. 

Hal tersebut bisa menjadi bukti kasih sayang menantu pada mertua. Nah, jika kamu telah melakukannya, jangan heran bila kemudian mertua akan jauh lebih menyayangi menantu dibanding anaknya sendiri. 

6. Patuh Pada Suami

ciri menantu idaman-6_

Mematuhi segala perintah suami memang kerap kita dengar sebagai nasihat baik orang tua kepada anak perempuannya.

Patuh pada suami bisa menjadi cara yang ampuh bagi menantu untuk meluluhkan hati mertua. Cara kamu memperlakukan suami dengan baik bisa membuat mereka yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat bagi anaknya. 

Seperti kita ketahui bahwa sebagian orang tua kerap menyimpan kekhawatiran yang besar pada anaknya.

Meski mereka dinilai telah dewasa dan mampu mengambil keputusan sendiri, tetapi melepas anak pada orang lain bukan hal yang mudah bagi orang tua yang selama bertahun-tahun merawat dan mendidik mereka. 

7. Religius

ciri menantu idaman-7_

Mendapatkan seorang menantu yang religius memang impian setiap mertua. Sosok religius memang kerap dianggap sebagai pribadi yang baik dan mengetahui kewajiban dari sudut pandang agama.

Seperti kita ketahui, di Indonesia agama menjadi landasan utama bagi setiap orang tua ketika hendak memilih calon menantu. 

Dengan pendidikan agama yang baik diharapkan mereka dapat membangun keluarga secara harmonis dan mampu mendidik anak-anaknya dengan baik. Jadi, jangan heran bila beberapa calon mertua terkadang menguji calon menantunya tentang pemahaman agama yang dimilikinya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram