Kamini.id / Mertua / 10 Cara Efektif Saat Menghadapi Adik Ipar yang Menyebalkan

10 Cara Efektif Saat Menghadapi Adik Ipar yang Menyebalkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau benar-benar cinta dengan pasangan, itu artinya kita juga harus menerima keluarganya, termasuk mertua dan saudara ipar kita. Namun terkadang mertua dan saudara ipar menganggap kita rival. Sikap mertua dan ipar yang tidak bersahabat bisa membuat kita stres, apalagi jika Anda memiliki adik ipar yang sombong, egois, dan mudah iri. Wah, apakah kita tetap harus menerima mereka?

Suka tidak suka, Anda memang harus menerima mertua dan saudara ipar yang menyebalkan. Terlebih jika Anda menginginkan pasangan yang juga menerima keluarga Anda, maka Anda pun harus menerima keluarganya. Biar tidak stres, Kamini punya 10 cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan. Yuk, cari tahu caranya di sini.

10 Cara Menghadapi Adik Ipar yang Menyebalkan

1. Hati-hati Saat Berbicara

Hati-hati Saat Berbicara Cara Menghadapi Adik Ipar yang Menyebalkan

Adik ipar yang jahat pasti berusaha untuk mencari-cari kesalahan Anda untuk diadukan kepada orang tua atau kakaknya. Cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan dan jahat ini harus ekstra hati-hati. Ketika berbicara dengan dia, Anda harus mengkaji setiap kata yang keluar dari mulut Anda.

Pasalnya, ketika Anda salah berbicara atau menyakiti perasaannya, maka dia tidak segan untuk mengadu kepada mertua atau pasangan Anda. Jika adik ipar mulai membicarakan hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman, hindari secara halus atau sudahi pembicaraan tersebut.

2. Selalu Bersikap Tenang

Selalu Bersikap Tenang

Kadang-kadang, adik ipar yang egois dan jahat selalu memancing emosi Anda. Dia akan mengucapkan kata-kata atau melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda marah. Nah, di sini lah kesabaran Anda diuji. Anda harus selalu bersikap tenang dan mengendalikan diri agar tidak terpancing emosi.

Terlibat pertengkaran dengan adik ipar hanya akan memperkeruh suasana. Jadi, sebisa mungkin Anda harus menghindari pertengkaran dengan dia. Anggap saja si adik ipar hanya ingin mencari perhatian dengan memancing emosi Anda.

3. Bersikap Tegas

Bersikap Tegas

Meskipun Anda harus ekstra sabar dalam menghadapi adik ipar, tapi Anda juga harus memiliki sikap tegas untuk membangun wibawa di depannya. Jangan sampai perasaan Anda justru dipermainkan oleh seorang adik ipar yang menyebalkan.

Sikap tegas bisa ditunjukkan ketika adik ipar menumpang di rumah Anda dan pasangan. Sejak awal kedatangannya, Anda harus mempertegas posisi Anda sebagai tuan rumah. Terapkan sejumlah aturan yang wajar, seperti jam malam, larangan membawa teman lawan jenis ke dalam kamar, dan tugas yang harus dilakukan di rumah.

Jelaskan alasan Anda membuat aturan tersebut. Tanpa penjelasan, adik ipar akan menganggap Anda tidak menyukai kehadirannya dan sengaja membuat peraturan-peraturan tersebut.

4. Lakukan Pendekatan

Lakukan Pendekatan

Sejahat-jahatnya seorang adik ipar, ia tetaplah manusia yang bisa didekati kok. Salah satu cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan adalah dengan melakukan pendekatan secara personal. Pendekatan bisa dilakukan dengan membantu ipar ketika ia memerlukan pertolongan.

Anda juga bisa melakukan pendekatan dengan mencari tahu hobi atau kesukaan adik ipar. Ajak dia ngobrol mengenai hobinya. Jika dia antusias, itu tandanya Anda telah berhasil melakukan pendekatan. Namun, apabila tanggapan adik ipar masih dingin, sabar saja karena pendekatan dengan seseorang yang tidak menyukai kita tentu membutuhkan proses.

5. Balas dengan Perbuatan Baik

Balas dengan Perbuatan Baik

Punya adik ipar yang jahat memang suatu cobaan bagi Anda. Posisi Anda jadi serba salah karena Anda tidak bisa membalas adik ipar dengan kasar. Alih-alih adik ipar jadi takut ketika kita bersikap kasar, justru dia malah mengadukan hal tersebut kepada pasangan Anda. Bisa-bisa yang bertengkar malah Anda dan pasangan.

Cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan dan jahat adalah membalasnya dengan perbuatan baik. Kebaikan hati Anda lama-lama akan meluluhkan hati adik ipar. Meskipun sikapnya belum bersahabat kepada Anda, setidaknya Anda sudah mencoba untuk bersikap baik dan pasanganmu pasti bisa merasakan hal tersebut.

6. Berusaha Akrab dengan Keluarga Pasangan

Berusaha Akrab dengan Keluarga Pasangan

Saat adik ipar memusuhi Anda, belum tentu keluarga pasangan juga memusuhi Anda. Oleh karena itu, jalinlah keakraban dengan mertua dan kakak ipar Anda. Mulailah pendekatan dengan keluarga pasangan sebelum menikah.

Setelah menikah, tetaplah untuk bersikap hangat dan menyenangkan kepada keluarga pasangan. Dengan demikian, adik ipar tidak akan merasa memiliki backing. Tak perlu menceritakan kejelekan adik ipar kepada mertua atau kakak ipar. Cukup tunjukkan keakraban Anda dengan mertua agar adik ipar tidak bisa menjelek-jelekkan Anda di hadapan orang tuanya.

7. Jangan Ragu untuk Berbagi

Jangan Ragu untuk Berbagi

Adik ipar yang iri hati selalu menginginkan apapun yang Anda miliki. Misalnya, ketika Anda membeli tas baru, diam-diam dia menginginkannya. Karena tidak bisa memiliki, maka sikap adik ipar jadi kurang bersahabat kepada Anda.

Jika Anda sudah bisa membaca gelagat adik ipar yang iri hati, Anda bisa mengambil hatinya dengan berbagi. Pinjamkan barang-barang yang ia inginkan atau jika Anda bermurah hati berikan saja kepadanya. Ingat, kejahatan tidak harus dibalas dengan kejahatan. Kebaikan hati juga dapat membuat adik ipar jadi menyayangi Anda, lho.

8. Curhat Kepada Orang yang Netral

Curhat Kepada Orang yang Netral

Sudah melakukan semua cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan, tapi sikapnya masih saja membuat Anda kesal. Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Berbicaralah kepada seseorang yang bisa Anda percaya untuk mengeluarkan beban di hati.

Namun, Anda harus berbicara kepada orang yang netral, yang tidak memihak Anda atau adik ipar. Siapa tahu orang tersebut bisa memberikan solusi terbaik bagi permasalahan Anda. Meskipun orang itu tidak bisa memberikan solusi, setidaknya Anda sudah mengeluarkan uneg-uneg Anda mengenai adik ipar yang menyebalkan itu.

9. Ubah Topik Pembicaraan

Ubah Topik Pembicaraan

Selalu ada saja ulah adik ipar yang membuat Anda kesal. Ia akan mengajak Anda berbicara mengenai hal-hal yang tidak Anda sukai sehingga Anda pun merasa tidak nyaman. Bila adik ipar berusaha membuat Anda kesal dengan cara seperti ini, jangan ragu untuk mengubah topik pembicaraan.

Ganti topik pembicaraan dengan hal-hal yang menarik perhatiannya. Buat dia melupakan tujuannya untuk membuat Anda kesal. Dijamin, adik ipar pasti tertarik membicarakan hal-hal yang ia sukai. Selanjutnya, tugas Anda adalah mendengarkan sambil terlihat antusias terhadap ceritanya.

10. Mengangguk dan Tersenyum

Mengangguk dan Tersenyum

Berpura-pura baik terkadang adalah jalan terbaik untuk menghadapi adik ipar yang menyebalkan. Anda berada pada situasi sulit di mana adik ipar akan mengadu kepada pasangan jika Anda berlaku kasar kepadanya. Kalau ingin cari aman sebaiknya Anda berpura-pura baik saja di depan adik ipar. Ketika adik ipar berbicara panjang lebar, cukup balas dengan mengangguk dan tersenyum.

Inilah 10 cara menghadapi adik ipar yang menyebalkan dan jahat. Sebuah rumah tangga harusnya dibangun oleh Anda dan pasangan saja. Ketika ada adik ipar dan mertua yang ikut campur dalam kehidupan rumah tangga, tentu hasilnya tak akan baik. Namun, jika kondisi tersebut tidak bisa dihindari, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas. Kalau ingin disukai mertua, lakukan 10 cara mengambil hati mertua yang ada di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019