Kamini.id / Perawatan Tubuh / Cara Mengetahui Jenis Kulit dan Tips untuk Merawatnya

Cara Mengetahui Jenis Kulit dan Tips untuk Merawatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jenis kulit kita biasanya merupakan bawaan sejak lahir, namun tidak sedikit jenis kulit berubah karena salah memakai kosmetik maupun pengaruh obat-obatan. Perubahan jenis kulit juga bisa disebabkan oleh radiasi sinar UV maupun cuaca.

Jika sebuah produk perawatan cocok di kulit temanmu, bukan berarti itu juga sesuai untuk kulitmu. Kenapa? Karena jenis kulit sangat mempengaruhi perawatan jenis kulit apa yang sesuai. Bagaimana cara mengenali jenis kulitmu dan merawatnya? Yuk, simak ulasan Kamini berikut ini.

Cara Mengenali Jenis Kulit

menentukan jenis kulit

* sumber: clearclinic.com

 Ada lima jenis kulit wajah, yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Untuk mengenali apa jenis kulitmu, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bersihkan Wajahmu

Bersihkan wajah dari semua debu, make up, maupun bedak yang menempel dengan make up remover. Setelah bersih, cucilah wajah dengan menggunakan air suam-suam kuku dan sabun muka. Tidak usah memakai sabun terlalu banyak. Cuci wajah dengan lembut dan bilas hingga bersih.

Hindari mencuci muka berkali-kali karena akan mengakibatkan kulit wajah menjadi kering, kusam, bahkan menyebabkan iritasi. Setelah selesai mencuci wajah, lap wajah dengan handuk bersih.

2. Tunggu hingga satu jam

Setelah mencuci wajah, tunggu hingga satu jam sebelum kita beralih pada langkah berikutnya. Dalam satu jam ini, hindari menyentuh kulit wajah, menggunakan pelembab, krim pencegah jerawat atau bentuk perawatan kulit apapun.

3. Usap area T pada wajah

Area T berada di sepanjang dahi, hidung, dan dagu. Usap area ini dengan tisu dan periksa apakah ada minyak yang menempel pada tisu tersebut. Jika terdapat minyak pada tisu, kemungkinan besar kulit kamu merupakan jenis kulit berminyak atau kombinasi.

4. Rasakan bagaimana kulitmu

Jika kulitmu terasa mulai berminyak, mungkin kulitmu memang kulit berminyak. Tetapi, kulit kering akan terasa sangat kencang setelah wajah dibersihkan dengan sabun. Jika kulitmu terasa berminyak pada area T namun kencang pada bagian wajah lainnya, itu berarti kulitmu merupakan kulit jenis kombinasi.

Lain halnya dengan kulit berminyak, kering, dan kombinasi, kulit sensitif akan terasa gatal dan bengkak jika salah menggunakan sabun muka. Tetapi, jika kamu merasa tidak ada masalah apapun dengan kulitmu, selamat! Berarti kulitmu normal.

5. Berkacalah, apa yang kamu lihat?

Jika wajahmu terlihat merah dan beruntusan, kemungkinan besar kulitmu kering atau sensitif. Jika kulitmu terlihat mengilap, berarti kulitmu berminyak. Kulit kombinasi akan kering di area selain area T, dan berminyak pada area T.

Lihat pula ukuran pori-pori. Mereka yang kulitnya berminyak memiliki ukuran pori-pori lebih besar daripada kulit normal. Kulit normal memiliki pori-pori yang terlihat namun tidak sebesar  pori-pori kulit berminyak. Sedangkan pori-pori pada kulit kering hampir tidak terlihat.

6. Coba cubit pipimu

Cubit pipimu dan lihat apakah ada kerutan. Kulit kering akan berkerut setelah dicubit, sedangkan kulit berminyak tidak memiliki masalah apapun.

Jika masih kesulitan, hubungi dokter kulit langgananmu. Terutama jika kamu bingung apakah kulitmu termasuk kulit kering ataukah sensitif. Kulit sensitif harus diperhatikan dan dirawat dengan lebih hati-hati.

Perawatan yang Tepat Sesuai Dengan Jenis Kulit

perawatan yg tepat

* sumber: reductress.com

1. Kulit Normal

Kulit normal merupakan kulit yang paling mudah perawatannya. Memiliki ciri jarang berjerawat dan terlihat cerah serta mulus, kulit normal cukup dijaga dengan memakan makanan yang sehat, minum air putih yang cukup, memakai pelembab, serta memakai SPF ketika beraktivitas di luar ruangan.

Hindari gaya hidup yang tidak sehat atau salah menggunakan perawatan wajah. Kesalahan perawatan wajah bisa mengakibatkan perubahan jenis kulit, dan tentunya kamu tidak mau kulit normalmu mengalami masalah, bukan?

2. Kulit Sensitif

 Kulit sensitif adalah kulit yang mudah terbakar, gatal, maupun kemerah-merahan baik akibat alergi maupun akibat kesalahan pemakaian perawatan wajah.

 Jika kamu memiliki kulit sensitif, hindarilah hal-hal yang menyebabkan kulitmu kemerahan dan gatal-gatal. Jika kamu memang sensitif pada perawatan kulit yang biasa beredar di pasaran, cobalah berkonsultasi pada dokter kulit.

3. Kulit Kering

Kulit kering adalah kulit yang pori-porinya hampir tidak terlihat dengan garis-garis kerutan atau kulit yang terkelupas hingga dapat menyebabkan iritasi. Kulit kering bisa disebabkan oleh genetik, penuaan, cuaca, penggunaan AC di dalam ruangan, mandi dengan menggunakan air panas, atau akibat bahan kimia di produk perawatan wajah.

Untuk merawat kulit kering, gunakan sabun muka yang mengandung bahan aman dan lembut, terutama sabun yang tidak mengandung pewangi atau zat kimia tambahan. Gunakan pula pelembab dengan teratur agar wajah lebih elastis. Perbanyak juga minum air putih untuk mencegah kulit lebih kering.

4. Kulit Berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan pori-pori yang besar dan mengkilap. Biasanya, orang-orang dengan kulit berminyak juga bermasalah dengan jerawat dan bekas jerawat. Jumlah minyak pada kulit, selain dipengaruhi oleh hormon, juga bisa disebabkan oleh stress, cuaca, maupun usia pubertas.

Kulit berminyak dirawat dengan cara mencuci wajah tidak lebih dari dua kali sehari. Gunakan sabun yang aman dan lembut, pilihlah sabun yang berlabel ‘untuk kulit berminyak’. Serta, hindari memencet jerawat karena itu akan membuat jerawat semakin lama sembuh.

5. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan kulit kering dan kulit berminyak. Ditandai dengan berminyak pada area T serta kering di area lainnya paad wajah, kulit kombinasi harus dirawat dengan ekstra hati-hati agar tidak memperparah kondisi. Misalnya, jangan gunakan perawatan khusus kulit berminyak karena akan memperparah kondisi kulit yang kering.

Kulit kombinasi harus dirawat dengan ekstra hati-hati. Untuk area yang berminyak, gunakan perawatan dengan bahan yang ringan namun efektif seperti pelembab berbentuk gel atau cair. Pada area yang kering, gunakan serum. Apapun produknya, usahakan produk-produk ini bebas dari parfum maupun bahan kimia yang tidak ramah pada kulit lainnya.

Untuk merawat kulit kombinasi secara lebih alami, makanlah makanan sehat yang mengandung minyak esensial seperti ikan salmon, biji-bijian, dan kacang walnut. Makanan-makanan ini bermanfaat untuk melembabkan kulit dari dalam.

Tips Perawatan Kulit Lainnya

perawatan dasar

* sumber: foodandnutrition.org

Seperti yang sudah dijelaskan pada perawatan jenis kulit normal dan kering, minum air putih yang cukup adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, memakan makanan yang sehat juga harus diterapkan agar kesehatan kulit terjaga dari dalam.

Hindari merokok. Selain jelek untuk kesehatan, merokok juga jelek untuk kecantikan kulitmu. Racun yang terdapat pada rokok bisa membuat kulit cepat berkerut dan pucat. Selain itu, hindari pula terpapar sinar matahari langsung. Gunakan SPF ataupun topi ketika berada di luar ruangan.

Cucilah wajah setiap hari dengan lembut dan gunakan produk yang sesuai, namun perlu diperhatikann, terlalu sering mencuci wajah akan menyebabkan wajah kering.

Nah, itulah cara mengenali kulit wajah beserta perawatan yang sesuai untuk jenis kulitmu dari Kamini. Dengan merawat kulit sesuai dengan jenisnya, kulit yang cantik dan terawat seperti yang kamu dambakan bukan lagi sekadar impian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020