kamini.id

Review L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Juni 2021

L'Oréal Paris adalah brand internasional yang produknya bagus-bagus tapi harganya tidak terlalu melangit. Jutaan orang di Indonesia menyukai merk ini, termasuk saya. Kalau kamu, suka juga dengan L'Oréal? Kebetulan, sekarang Kamini mau mengulas salah satu produknya, lebih tepatnya salah satu lipstiknya L'Oréal, nih.

Namanya adalah L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick. Tapi, produk ini bisa juga disebut sebagai Rouge Signature Matte Color Ink atau Rouge Signature Liquid Matte Lipstick Make Up. Kalau kamu Googling ketiga nama itu, yang muncul satu produk yang sama, kok.

Produk ini katanya memiliki formula matte yang unik, yaitu Ultra-Thin, untuk sensasi yang ringan di bibir. Pilihan shade-nya juga banyak banget, membuat siapa saja gemas ingin mengoleksi semuanya. Ingin tahu keistimewaan lainnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tentang Produk

L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick adalah lipstik cair yang diciptakan khusus dengan Ultra-Thin Formula sehingga lipstik ini mampu memberikan sensasi seringan kapas di bibir.

Selain lightweight, produk ini juga akan menghindari bibir dari rasa kering, walaupun hasilnya matte. Dengan warna yang intens dan pemakaian tahan lama, siapa yang tidak tergoda untuk memilikinya?

Klaim & Benefit

Beberapa janji dari L'Oréal Paris untuk produk Rouge Signature Liquid Lipstick-nya adalah sebagai berikut:

  • Formula lip cream yang unik. Lipstiknya akan melekat sempurna pada bibir, bahkan meninggalkan stain layaknya lip tint.
  • Terasa ringan di bibir.
  • Warna yang intens, sehingga dapat menutupi garis bibir hitam dengan baik.
  • Matte finish yang tahan lama (up to 8 hours), dan waterproof.
  • Desain yang cantik.
  • Aplikator yang presisi sehingga memudahkan pemakaian lipstik secara rapi.
  • Hadir dalam pilihan warna yang sangat luas, mulai dari nude, aneka pink, oranye, hue, hingga merah yang bold semua ada.

Kemasan

Sebelumnya, maaf kemasan dusnya sudah saya buang sebelum review ini. Dus luarannya itu punya vibe berbeda dengan kemasan lipstiknya. Jadi, dus luarnya itu berwarna hitam matte dengan tulisan Rouge Signature yang simpel.

Anyway, inilah bentuk kemasan L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick. Cantik banget, kebangetan pokoknya cantiknya. Simpel juga seperti boksnya, tapi lebih terlihat elegan, bukan simpel yang 'biasa aja'.

Pertama-tama, bagian tutupnya itu lembut banget seperti beludru. Tutupnya berwarna hitam sehingga kontras sekali dengan aksen plate menonjol berwarna emas/copper pada tulisan merk-nya.

Terus, bagian bodi lipstiknya itu sebenarnya bukan terbuat dari kaca, lebih tepatnya dari bahan frosted acrylic. Tapi, karena bening dan di bagian bawah dalamnya dibuat berbentuk huruf V, jadi kelihatan seperti gelas kaca. Saya juga suka kemasannya yang dibuat full transparan seperti ini, karena kita bisa melihat isi lipstiknya.

Di badan lipstik tertera tanggal kadaluwarsa juga, jadi kalau pun kamu tak punya dusnya lagi, masih tetap aman. Kekurangannya, ujung bawah lipstik ini melengkung mengikuti bagian dalamnya, sehingga kalau mau diberdirikan paling ditunggingkan (karena tutup lipstiknya yang flat).

Kebanyakan lipstik cair menggunakan aplikator doe-foot biasa, tapi untuk produknya kali ini, L'Oréal memilih aplikator reservoir tip atau bisa disebut juga waterdrop doe-foot. Sebenarnya ini adalah jenis lain dari aplikator doe-foot, hanya saja memiliki divot di tengah.

Fungsi aplikator tipe ini dapat mengambil atau mengumpulkan lebih banyak produk, jadi kita dapat mengaplikasikan lipstik dalam sekali pulasan, tidak perlu berulang. Terus, tipe aplikator seperti ini memiliki ujung runcing, sehingga kita bisa memakai lipstik dengan lebih presisi. Bahkan kita juga bisa melukis garis super tipis, menggunakan lipstik sebagai lip liner!

Biasanya, merk-merk middle-high end yang lebih banyak menggunakan tipe aplikator doe-foot yang lebih ultramodern ini, seperti Maybelline, Laneige, dan L'Oréal tentunya. Lip applicator L'Oréal ini lentur banget, lembut di bibir, suka banget pokoknya sama kuas lipstiknya!

Ingredient List

Selanjutnya, saya mau bahas kandungan dari lipstik ini. Kalau dilihat sekilas ada beberapa kandungan yang cukup menarik perhatian. Kita lihat selengkapnya, ya!

  • Full Ingredients

Aqua, Dimethicone, Octyldodecanol, Isododecane, Butylene Glycol, Alcohol, Acrylates/Polytrimethylsiloxymetharylate Copolymer, Cetyl PEG/PPG– 10/1 Dimethicone, Trimethyl Pentaphenyl Trisiloxane, Disteardimonium Hectorite, Polyglyceryl – 4 Isostearate, Magenisum Sulfate, Phenoxyethanol, Propylene Carbonate, Sysnthetic Fluorphlogopite, PEG/P-PPG-18/18 Dimethicone, Alumina, Disodium Stearoyl Glutamate, Aluminium Hydroxide, Linalool, Pentaerythrityl Tetradi-t-butyl Hydroxyhydrocina-mate, Tocopherol, Fragrance.

  • Key ingredients

Yes, produk ini bebas dari Paraben dan Sulfat! Tapi, sayang banget, tidak terbebas dari alkohol. Terus, jumlah alkoholnya tidak hanya satu, melainkan ada beberapa. Terus, ada kandungan Parfum juga yang mungkin kurang disukai oleh sensitive skin babes. Bagaimanapun, inilah beberapa highlight ingredients dari L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick.

1. Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone

Kandungan Ini memiliki sifat mengikat air, emolien, dan memberikan rasa halus pada kulit. Fungsinya adalah sebagai agen pengkondisi kulit dan pengemulsi.

2. Disteardimonium Hectorite

Ini adalah turunan organik dari tanah liat Hectorite, digunakan sebagai pengontrol viskositas, mengentalkan formulasi produk agar tidak terlalu encer. Kandungan ini merupakan multi-tasker karena memiliki kemampuan untuk mencegah pigmen mengendap selama produk disimpan, menstabilkan formula lebih lama, serta menciptakan feel yang ringan dan halus pada kulit.

3. Polyglyceryl-4 Isostearate

Zat ini merupakan sebuah pengemulsi, nama lainnya adalah Tetraglyceryl monoisostearate. Pengemulsi yang terbuat dari bahan nabati ini sering digunakan di dalam kosmetik untuk menstabilkan formula.

Impresi

Setelah mengetahui kemasan dan kandungan L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick, sekarang saya akan masuk ke pembahasan bagian dalamnya, yaitu isi lipstiknya. Mari disimak!

Tekstur & Swatch

Saya menggunakan Liquid Lipstick L'Oréal dalam shade 143 Liberate. Warnanya pink keunguan, tapi lebih ke pink. Warna ini cocok untuk semua skintone dan segala suasana. Mau buat hangout kece, kuliah aman, ngantor cantik, ke pesta juga ciamik banget. Warna pink memang versatile banget pokoknya.

Foto kiri adalah hasil swatch dari lipstiknya, sedangkan foto kanan adalah hasil setelah saya coba cuci dan gosok dengan air mengalir. Ternyata benar, lipstik ini stain! Selain shade 143 Liberate yang saya gunakan, total ada 27 warna lainnya yang masuk ke Indonesia.

Untuk teksturnya, lipstik cair ini terbuat dari Aqua (air), jadi lipstik ini benar-benar encer. Beda dengan lip cream yang cenderung kental, L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick ini liquidy. Makanya hasilnya tipis dan terasa ringan, tapi warnanya nendang, pigmented abis!

Wangi

Produk ini ada aromanya, tapi soft dan tidak ganggu. Bahkan saat dipakai di bibir tidak tercium apa-apa.

Daya Tahan dan Performa

Setelah semua pembahasan di atas, sekarang saya mau memberi tahu cara pakai dan juga hasil penggunaan dari L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick di bawah ini.

Cara Pemakaian

Prepare your lips first! Karena ini lipstik matte, hasilnya akan jelek kalau bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, sebelum berdandan, sebaiknya kamu scrubbing dulu bibirnya, supaya hasil lipstik pun jadi lebih mulus. Terus, kamu bisa menggunakan lip balm sebelum Rouge Signature Lipstick jika dirasa perlu.

Atau, kalau kamu mau conceal bibir terlebih dahulu juga tidak masalah. Setelah itu, gunakan aplikator lipstik untuk meratakan produk ke seluruh bibir. Untuk bagian pinggir bibir, gunakan sudut aplikator yang runcing agar lebih rapi. Katup-katupkan bibir untuk meratakan lipstik, dan selesai!

Hasil

Ini adalah hasil pemakaian lipstiknya dalam satu kali pulasan saja. Super pigmented, kan? Selain itu, lipstiknya juga rapi banget di setiap sudut bibir saya, tidak ada yang melenceng. Tidak perlu pakai lip liner lagi, deh. Karena tekstur matte-nya itu nanggung, tidak kering banget, jadinya kulit bibir saya kelihatan healthy dan nampak lebih plump.

Percobaan pertama. Beberapa saat setelah lipstik dipakai, saya langsung coba minum untuk mengetes apakah lipstik ini transfer atau tidak. Dan, jawabannya transfer ya. Tidak hanya pada gelas, pada masker, tisu, bahkan sendok dan makanan pun lipstik ini bakal tertinggal.

Sedangkan ini hasil pemakaian dalam waktu yang berbeda. Foto yang di atas adalah kondisi lipstik setelah minum, makan, dan wudhu satu kali. Terlihat lipstiknya agak sedikit memudar, tapi masih nampak bagus. Sedangkan foto yang di bawah merupakan hasil penggunaan selama 8 jam tanpa touch up sama sekali.

Dalam kurun waktu tersebut saya sudah makan, minum, wudhu, dan mandi juga gosok gigi. Tapi, lipstiknya masih meninggalkan stain, loh. Tapi, karena ada sisa-sisa lipstik yang menumpuk di garis-garis bibir, jadinya kelihatan kalau itu warna lipstik yang habis, bukan warna alami bibir saya. Jadi, stain-nya itu kurang bagus, karena tidak rata.

Kesimpulan

L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick adalah lipstik cair yang sangat ringan. Jika kamu tidak terbiasa dengan lipstik matte dan merasa terganggu karena bibir jadi 'kering', coba pakai produk ini, deh. Soalnya saya pikir hasil akhir produk ini bukan matte, melainkan satin, karena bibir masih lembab dan lipstik transfer ke mana-mana.

Ini bukan hal yang buruk, namun cukup menjengkelkan karena akan ada noda di masker, alat makan, bahkan makanan yang sedang dimakan. Hal lainnya yang saya sukai dari produk ini adalah pigmentasinya yang sangat tinggi. Bisa meratakan warna bibir dengan sempurna. Terus, aplikatornya membuat garis bibir jadi sangat presisi.

Saat baru diaplikasikan, Rouge Signature Lipstick membuat bibir nampak nge-blur, jadi bibir seakan-akan lebih 'berisi'. Tapi, setelah berjam-jam tanpa touch up, lipstiknya tidak mau hilang dari garis-garis bibir, sehingga terlihat kurang bagus.

Pros (+)

  • Desain packaging yang cantik dengan bahan yang terlihat seperti kaca dan bagian dalam meruncing seperti potion.
  • Aplikatornya unik, lentur, mudah digunakan karena ujungnya runcing dapat meratakan lipstik dengan sangat baik. Sedangkan 'lubang' di bagian tengah aplikatornya jadi menghemat pemakaian karena hanya memerlukan satu pulasan saja.
  • Lipstik yang terasa ringan dan nyaman di bibir.
  • Bibir terasa lembab walau menggunakan lipstik matte.
  • Warna lipstik sangat pigmented untuk semua shade.
  • Varian warna luas dan banyak.
  • Shelf life lama, yaitu 2 tahun, di mana rata-rata umur lipstik setelah dipakai adalah 1 tahun.
  • Lipstik ini akan nge-stain, jadi kalau pun kamu belum sempat touch up, bibir kamu masih berwarna.
  • Harganya termasuk terjangkau, isinya pun banyak yaitu 7 ml.

Cons (-)

  • Memang formula lipstik ini tidak se'kering' lipstik matte pada umumnya, jadi staying power-nya kurang. Tapi, lipstik ini stain alias meninggalkan jejak.
  • Harus touch up setiap habis makan atau minum, karena lipstiknya transfer.
  • Mengandung berbagai alkohol dalam beberapa jenis, seperti Octyldodecanol dan Butylene Glycol.

Harga & Tempat Membeli

L'Oréal Paris Rouge Signature Liquid Matte Lipstick dibanderol harga yang wajar untuk sebuah lipstik cair, isinya pun banyak yaitu 7 ml! Untuk semua kelebihannya, saya rasa Rouge Signature merupakan lipstik must have untuk semua orang. Saya sendiri tergiur untuk mengoleksi beberapa warna lainnya, bagaimana dengan kamu, apa kamu jadi ingin memiliki lipstik ini juga?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram