kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen

Review L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 April 2021

Kayaknya semua orang pasti tahu L'Oréal, deh. Soalnya, perusahaan asal Prancis yang telah berdiri sejak tahun 1909 ini sudah membuat banyak sekali produk perawatan tubuh. Mulai dari rambut hingga ke kaki, semua yang kamu cari pasti ada. Dan, kebetulan banyak banget produk L'Oréal yang masuk ke Indonesia.

Pada hari yang berbahagia ini, Kamini bakal mengulas salah satu produk best seller-nya L'Oréal, yaitu UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen SPF50 PA++++. Produk ini adalah tabir surya untuk wajah yang canggih dengan hasil matte dan formula oil control. Penasaran dengan review lengkapnya? Langsung saja simak sampai habis, yuk.

Review Produk

Mencari sunscreen dengan hasil akhir matte? L'Oréal Paris telah menghadirkannya untukmu. Dengan UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen ini, kamu bisa mendapatkan manfaat seperti perlindungan dari sinar UVA/UVB yang tinggi (SPF 50 PA++++ dan UV Protector).

Kulitmu juga akan terlindungi dari partikel polusi dan formulanya oil free. Jadi, tabir surya ini memang paling pas buat dipakai kita orang Indonesia yang tinggal di daerah tropis, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak.

Klaim & Benefit

L'Oréal telah melakukan riset terhadap 85 wanita Asia yang kulitnya sensitif, dan lebih dari 75% orang merasakan kalau tekstur tabir surya ini nyaman di kulit, terasa fresh, dan cepat diserap kulit. Teksturnya ringan dan tidak lengket, serta finishing-nya yang matte, sehingga sunscreen ini aman dipakai sepanjang hari dan setiap hari pula!

Jika kamu mau menimpanya dengan makeup lagi juga bisa, kok. Tabir surya ini tidak akan mengganggu foundation maupun bedak kamu. L'Oréal juga menambahkan manfaat skincare ke dalam tabir surya-nya, loh, seperti Mexoryl XL Filters yang berfungsi untuk mencegah munculnya flek hitam.

Terus, ada juga Detoxyl sebagai penangkal kulit dari partikel debu, kotoran, dan polusi yang bahkan jika itu berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron, Sehingga, sunscreen ini juga akan mencegah munculnya jerawat dan pori-pori besar.

Klaim lainnya:

  • Membantu makeup jadi lebih tahan lebih lama
  • Dapat meratakan dan mencerahkan rona kulit
  • Melindungi kulit dari tanda-tanda photo aging (bintik kecoklatan, kulit kehilangan elastisitas & kekencangan, kulit kusam dan gelap, serta keriput)
  • Secara bertahap, akan membantu menampakkan kulit yang lebih cerah dan nampak muda

Fun Fact

Info, sejak April 2021, L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen dan varian lainnya resmi berganti nama menjadi L'Oréal Paris UV Defender. Tak sabar untuk mencoba produk barunya!

Kemasan

Kemasan L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen SPF50 PA++++ ini sangat nyaman digenggam. Produk ini berbentuk tube tapi pipih, tidak terlalu tinggi tapi tidak bantet juga. Terus, karena berbahan plastik, pastinya kemasan ini juga ringan banget, travel friendly.

Untuk tutupnya berbentuk ulir, jadi kamu tidak perlu khawatir isinya tumpah dalam perjalanan, aman banget, ter-luv pokoknya! Saya juga menyukai desain tulisannya mulai dari font, warna, semua enak dilihat dan 'terbaca'. Kan ada produk yang font-nya tipis-tipis kayak hemat tinta, jadinya tidak kebaca kan buat apa jadinya.

Perpaduan warna hijau pada body kemasan dan oranye, emas, juga hitam dan putih pekat, muach banget pokoknya enak dilihat. Di bagian belakang kemasan ada penjelasan singkat tentang produk, cara pakai, berat bersih produk, masa expired, dan masa simpan. 

Sangat informatif, seperti seharusnya. Soalnya produk ini datang dengan plastik bukan dengan boks, jadi pasti bakal dibuang setelah dibuka. Jadi, saya senang dengan L'Oréal yang memberikan informasi yang penting di bagian belakang kemasan.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Ini dia komposisi lengkapnya:

Aqua/​Water, Glycerin, Alcohol Denat, Dimethicone, Ethylhexyl Salicylate, Propylene Glycol, Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid, Silica, Titanium Dioxide, Triethanolamine, Drometrizole Trisiloxane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Tocopherol, Phenoxyethanol, PEG-100 Stearate, Palmitic Acid, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Menthoxypropanediol, Sanguisorba Officinalis Root Extract.

  • Key ingredients

L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen memiliki beberapa bahan utama yang spesial, diantaranya ada:

  1. Tocopherol

Bekerja sebagai antioksidan, Tokoferol adalah salah satu bentuk Vitamin E yang biasanya diambil dari minyak nabati. Misalnya, Tokoferol ada yang terbuat dari minyak biji bunga matahari dan kacang kedelai non-GMO. Tokoferol dikenal sebagai antioksidan 'superhero' yang memberikan perlindungan luar biasa untuk kulit saat disertakan dalam produk perawatan tubuh

2. Glycerin

Tak perlu dipertanyakan, Gliserin bagus untuk kulit. Yap, Gliserin adalah komponen alami kulit yang sehat. Selain dikenal sebagai Gliserin, zat ini juga bisa disebut Gliserol.

Mau berasal dari sumber nabati atau hewani, atau dibuat secara sintetis sekalipun, Gliserin bersifat higroskopis atau humektan. Artinya, Gliserin dapat menarik kelembapan dari udara di sekitar kita dan membantu menjaga kelembapan tersebut di kulit kita sendiri! Kece tidak, tuh?

Ada penelitian yang membuktikan bahwa Gliserin meniru apa yang dikenal sebagai natural moisturizing factor (NMF) alias faktor pelembap alami kulit. Makanya, Gliserin kompatibel dengan semua jenis kulit dan segala usia.

Kita bahkan dianjurkan 'mengisi ulang' NMF kulit, karena NMF akan menipis seiring bertambahnya usia, ketika terkena paparan lingkungan, dan jika menggunakan bahan yang mengiritasi (seperti alkohol yang diubah sifatnya). Makanya, menggunakan skincare dengan kandungan Gliserin penting banget buat semua orang.

  • Bahan-bahan lainnya:

Sunscreen ini dipenuhi juga oleh Mexoryl XL Filters + Long UVA Filters sebagai penghalang kulit dari bahaya sinar UVA/B. Terus, ada Mattifying Pure Clays yang katanya bakal bikin kulit kita matte sepanjang hari. Sedangkan kandungan Detoxyl-nya bisa membantu mengurangi partikel debu agar tidak menempel di kulit kita (keren banget, nih).

Dan, sebagai sunscreen, produk ini punya banyak bahan-bahan yang bagus banget seperti Ethylhexyl Salicylate, Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid, Titanium Dioxide, Drometrizole Trisiloxane, dan Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid.

Impresi

Setelah mengetahui berbagai macam bahan yang ada dalam satu produk ini, mari kita beranjak ke impresi yang terdiri dari tekstur dan wanginya. Yuk, dicek bareng-bareng!

  • Tekstur & Swatch

Tekstur produk ini lebih mirip losion kalau menurut saya, tapi memang kebanyakan tabir surya kan teksturnya seperti ini, ya. Yang saya sukai, losionnya benar tidak lengket dan mudah dibaurkan. Saat diaplikasikan ke kulit pun mudah meresap, tidak meninggalkan white cast.

Oh, ya, karena losionnya berwarna putih, dia memang agak sedikit membuat kulit terlihat lebih cerah ya, seperti tone up cream jadinya tapi tidak yang cerah banget juga. Saat saya timpa lagi dengan BB cream atau foundation dan sebagainya pun tidak ada masalah, dia blend dengan baik.

  • Wangi

Tidak ada wangi yang menyengat, hanya satu aroma 'segar' yang saya sendiri tidak bisa mendefinisikannya sebagai aroma apa.. Ya seperti losion saja begitu. Dengan mencium aromanya, saya tahu kalau itu losion.

[Edit] setelah beberapa lama penggunaan, saya mencium aroma menyengat, seperti alkohol? Padahal waktu produknya masih baru, tidak ada aroma aneh sama sekali. Kalau ditanya apakah sudah expired?

Tapi tanggal kadaluwarsanya masih satu tahun lebih, loh! Hmm.. Apakah ada tanggal expired lain, seperti Period After Opening (PAO) yang dihitung dari seberapa lama kemasan telah dibuka, ya?

Daya Tahan dan Performa

Lalu, bagaimana cara pakainya dan ketahanan produk ini? Apakah sesuai klaimnya? Berikut akan saya paparkan untuk kamu di bawah ini!

  • Cara Pemakaian

Putar tutup ulir kemasan, lalu tekan botolnya untuk mengeluarkan sunscreen. Tenang, karena corongnya yang panjang dan sempit, sunscreen akan keluar dalam jumlah yang 'aman' untuk satu porsi pemakaian, kok. Balurkan tabir surya ke wajah dan leher secara merata, hindari area mata (jika terkena, langsung basuh, ya).

Karena sunscreen merupakan bagian dari skincare, urutan menggunakan produk-produk perawatan kulit adalah sebagai berikut: essence > serum > moisturizer > sunscreen. Jika kamu menggunakan makeup, setelah tabir surya, lanjutkan dengan: primer > alas bedak > bedak.

  • Hasil

Uniknya, setelah diaplikasikan secara merata, L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen malah membuat kulit saya terlihat berembun, padahal klaimnya kan matte. Tapi, mungkin itu efek juga dari semua rejimen skincare yang saya gunakan sebelumnya dan kondisi kulit saya kali, ya?

Karena saya memiliki kulit kering, saya selalu memastikan kulit terhidrasi dengan baik sebelum menggunakan makeup, jadi paling tidak saya pasti menggunakan serum dan pelembab. Dan, ketika dipadukan dengan sunscreen L'Oréal ini, rasanya kulit saya jadi semakin lembap, lembut, dan adem (juga sedikit lebih cerah!).

Kesimpulan

Gambar kiri adalah kulit saya dengan L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen saja dan gambar kanan adalah kulit saya yang sudah ditimpa foundation. Ditimpa pakai foundation pun mulus, tidak blog-blogan, rapi, tidak ganggu pokoknya!

L'Oréal Sunscreen ini sama sekali tidak mengganggu walau saya full makeup sekalipun. Saya juga tidak merasakan adanya masalah kulit baru akibat sunscreen ini. Cocok banget pokoknya, suka!

Pros (+)

  • Saya tidak bisa buktikan karena kulit saya kering, tapi saya sudah membaca banyak review di kulit berminyak dan katanya memang cocok banget, hasilnya matte di wajah mereka
  • Di kulit saya yang rentan dry patch pada akhir hari, sunscreen ini sama sekali tidak memanggil si kulit kering keluar-keluar, loh. Ngelembabin banget!
  • Sunscreen ini berarti aman buat kulit berminyak, kering, normal, sensitif, kombinasi, semua pokoknya aman
  • Ada ukuran travel size (pouch sachet seperti Rexona krim)
  • Nyaman buat dipakai sehari-hari
  • Mudah ditemukan
  • Harga cukup terjangkau
  • Tidak bikin bruntusan maupun jerawatan
  • Sedikit mencerahkan kulit setelah dipakai

Cons (-)

  • Beberapa orang ada yang komplain langsung terlihat kusam, berminyak, bruntusan, dan jerawatan setelah pakai sunscreen ini (kalau di saya tidak masalah)
  • Ada kandungan Alcohol Denat (sebenarnya ini kandungan umum tapi tetap diperdebatkan untuk ingredient skincare)

Harga & Tempat Membeli

Kamu bisa membeli L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen secara offline di drugstore, minimarket, swalayan, stand L'Oréal di mall, atau toko kosmetik. Sedangkan buat beli online pastinya sunscreen ini bisa kamu temukan di mana-mana, ya.

Tapi, saya sarankan beli di official store-nya saja di Shopee atau Lazada, supaya barangnya dijamin original dan harganya jelas. Atau, paling tidak belilah dari penjual yang sudah pasti terpercaya, ya.

Akhir kata, L'Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen ini baguussss bangeeetttt pokoknya, terbaik! Saya sudah pernah bergonta-ganti sunscreen, dan ini yang paling nyaman + tidak bikin kulit saya kenapa-kenapa. Baca juga ulasan produk tabir surya lainnya, yuk, seperti Wardah Sun Care Sunscreen Gel dan Wardah UV Shield Active Protection Serum.


Sekarang L'Oreal lagi ada diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop L'Oreal Paris Indonesia biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi L'Oreal Official Shop


linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram