kamini.id

10 Jenis Alas Kaki yang Bantu Samarkan Kaki Lebar

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 24 Juni 2021

Bentuk kaki yang melebar kerap dianggap satu masalah yang mengganggu penampilan. Bila salah memilih sepatu atau sandal, tampilan bisa terlihat aneh dan kurang cocok. Oleh karenanya, sebagai pemilik kaki lebar, kamu pasti terbiasa mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli alas kaki. Sadar bahwa tidak bisa memilih sepatu atau sandal secara sembarangan, tidak jarang membuatmu pusing sendiri.

Jenis kaki memang bermacam-macam. Ada yang kecil dengan jarak antara satu jari dan jari lainnya cukup rapat dan ada yang lebar dengan jarak antara tiap-tiap jari yang renggang. Kaki lebar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya keturunan. Kaki lebar tentu bukan aib, hanya harus diakui ia membuat pemiliknya kerap tidak percaya diri.

Nah! Jika kamu salah satu yang kurang percaya diri karena bentuk kaki lebar, lalu bingung memilih jenis alas kaki yang cocok untuk menyamarkannya, berikut kami sampaikan informasi mengenai berbagai jenis alas kaki untuk kaki lebar, baik sepatu atau sandal yang cocok dan tentu saja tetap cantik.

1. Pointed Flat Shoes

alas kaki untuk kaki lebar_Pointed Flat Shoes

Pointed flat shoes merupakan jenis flat shoes dengan desain berbentuk runcing di bagian depan. Bagian yang tampak meruncing pada sepatu, berperan menyamarkan bentuk kaki yang lebar. Hasilnya, kaki pun akan terlihat lebih ramping. Flat shoes model seperti ini sama-sama nyaman dipakai seperti sepatu teplek pada umumnya. 

Kamu bisa memakai ini untuk pergi bekerja atau sekadar jalan bersama teman-teman, bergantung pilihan model serta warna. Sepatu teplek dengan bentuk runcing di bagian depan tidak akan membuat kakimu kesempitan. Jari-jari kaki tetap mendapat ruang yang pas, sementara dari luar ia terlihat ramping. 

2. Sneakers

alas kaki untuk kaki lebar_Sneakers

Jenis alas kaki untuk kaki lebar selanjutnya yaitu sepatu tipe sneakers. Sepatu bertali yang satu ini salah satu pilihan paling aman sekaligus nyaman bagi pemilik kaki lebar. Ia tertutup dengan sol yang empuk dan nyaman, sehingga cocok dipakai untuk berbagai kegiatan yang memerlukan mobilitas tinggi. 

Sneakers akan menutupi kaki lebarmu dengan sempurna, sekaligus menutupi punggung kaki yang terlihat besar sehingga tampak kecil. Pilih sneakers dengan bahan yang nyaman dipakai dan memungkinkan sirkulasi udara berjalan lancar agar kaki tidak bau karena mudah berkeringat.

3. Loafers

alas kaki untuk kaki lebar_Loafers

Bagi pecinta sepatu teplek, ini dia satu lagi pilihan yang bisa menyamarkan bentuk kaki lebar, yaitu sepatu jenis loafers. Berbeda dengan pointed flat shoes, loafer tidak memiliki ujung sepatu yang runcing melainkan sedikit bulat lonjong. Ia juga agak lebar di bagian ujung sehingga sangat nyaman dipakai karena memberi ruang yang leluasa bagi jari-jari kaki.

Sepatu loafer biasanya dilengkapi dengan hak, tidak terlalu teplek atau datar, setebal 1 – 2 cm. Dengan model yang demikian, kakimu dapat terlihat lebih jenjang dan tinggi saat memakainya. Loafers juga bisa dipakai untuk berbagai acara atau kepentingan, baik bersifat formal atau casual

4. Espadrilles 

alas kaki untuk kaki lebar_Espadrilles

Alas kaki untuk kaki lebar selanjutnya yang tidak kalah cantik adalah sepatu jenis Espadrille. Dilihat dari bentuknya, ia mirip dengan sepatu model slip-on yang mudah dipakai. Sepatu Espadrille biasanya juga terbuat dari kain canvas yang awet dan cukup nyaman dipakai. 

Bagian depan sepatu Espadrille yang lebar dan bulat memberi ruang bagi kaki lebarmu. Selain itu bagian bawahnya juga empuk sehingga tidak ada lagi acara kesempitan atau tidak nyaman. Espadrille bisa kamu pakai untuk jalan-jalan bersama teman. Ia tidak akan membuat kakimu lecet, sekalipun banyak dipakai berjalan.

5. Oxford

alas kaki untuk kaki lebar_Oxford

Pilihan sepatu selanjutnya yang cocok bagi si pemilik kaki lebar adalah sepatu jenis Oxford. Desain sepatu Oxford sangat klasik, tapi soal kecantikan dan keluwesan, ia peka zaman. Kamu bisa memakainya, selain untuk menutupi bentuk kaki yang lebar, juga agar penampilan terlihat trendi. 

Pilih sepatu Oxford dengan bentuk bulat di bagian depan, karena hal tersebut dapat memberi ruang cukup bagi kaki yang lebar. Pilih juga sol yang empuk dan hak yang pas untuk kenyamanan. Keberadaan hak pada sepatu Oxford bisa bantu memberikan efek ramping dan tinggi, sama seperti sepatu loafers.

6. Pointed Mules Sandals

alas kaki untuk kaki lebar_Pointed Mules Sandals

Selesai dengan pilihan sepatu, mari beranjak ke pilihan sandal untuk kaki lebar. Pilihan pertama jatuh kepada pointed mules sandal. Jenis alas kaki untuk kaki lebar yang satu ini sangat aman sekaligus nyaman. Aman karena ia berbentuk tertutup di bagian depan sehingga dapat menyamarkan atau menutupi jari-jari kakimu yang melebar. Nyaman karena bagian bawahnya cukup empuk sehingga tidak sakit dipakai dalam waktu lama.

Pilih mules sandal dengan bagian ujung yang runcing agar kesan ramping semakin terlihat. Pilih juga mules yang dilengkapi dengan sedikit hak agar terlihat semakin cantik. Mules sandal bisa dipakai untuk pergi nongkrong bersama teman atau keperluan lain yang sifatnya semi-formal. 

7. Slingback Peep-Toe Sandals

alas kaki untuk kaki lebar_Slingback Peep-Toe Sandals

Slingback Peep-toe sandals salah satu pilihan alas kaki untuk kaki lebar yang tidak pernah salah! Pilih slingback dengan bagian depan tertutup seperti pada gambar. Hindari memilih slingback tipe terbuka atau jepit karena hanya akan memperlihatkan bentuk jari kaki yang melebar.

Tali atau strap di bagian belakang serta bentuk yang datar menunjang kenyamananmu saat memakainya. Slingback Peep-toe sandals bisa dipakai untuk pergi ke pantai atau jalan-jalan di taman kota. Pilih warna yang sesuai dengan kepribadianmu agar lebih percaya diri saat mengenakannya. 

8. Ankle Strap Heels

alas kaki untuk kaki lebar_Ankle Strap Heels

Siapa bilang kaki lebar tidak bisa pakai heels? Bisa kok! Kamu bisa memilih ankle strap heels dengan tali melintang di bagian depan untuk menyamarkan bentuk jari kaki yang melebar! Apalagi jika desain bagian depan dibuat runcing, kesan kecil dan ramping semakin terlihat.

Ankle strap heels bukan hanya untuk mereka yang berkaki kecil. Pintar-pintar saja memilih model yang bisa menutupi kaki lebarmu. Memiliki heels rasanya cukup penting bagi wanita, terutama untuk keperluan pesta yang bersifat formal. Jangan jadikan bentuk kaki yang lebar sebagai alasan ya! Kamu bisa memilih yang sesuai!

9. Birkenstock Sandals

alas kaki untuk kaki lebar_Birkenstock Sandals

Jenis sandal atau alas kaki untuk kaki lebar selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Birkenstock Sandals. Ia menjadi sandal kegemaran banyak orang karena kenyamanannya. Khusus bagi pemilik kaki lebar, desain sandal ini menguntungkan karena bisa menutupi atau menyamarkan bentuk jari yang berjarak lebar.

Birkenstock Sandals mirip dengan slip-on sandal yang praktis dan sudah pasti nyaman. Ia tipe-tipe sandal yang gampang disukai karena bentuknya cukup simple tapi trendi. Ketika memakainya, kamu tidak perlu khawatir dengan bentuk kaki, karena ia bisa menutupinya dengan sempurna!

10. Slide Sandals

alas kaki untuk kaki lebar_Slide Sandals

Satu lagi alas kaki yang bisa menyelamatkan penampilan para pemilik kaki lebar. Tidak perlu dijelaskan mengapa sandal jenis slide seperti gambar di atas sangat cocok dan aman bagi kamu yang memiliki kaki lebar. Bagian atas tertutup dan bagian depan terbuka merupakan kombinasi model paling pas untuk masalahmu.

Sandal jenis slide tersedia dalam beragam desain dan warna. Saat ini tidak sulit untuk mendapatkannya. Kamu bisa membelinya melalui e-commerce atau datang langsung ke toko-toko sandal. Desain semacam slide sandal ini termasuk yang everlasting sehingga tidak pernah ketinggalan zaman. 

Itu tadi sepuluh jenis alas kaki untuk kaki lebar yang bisa kamu pilih versi Kamini. Sederhananya, pilih sandal atau sepatu dengan model tertutup di bagian atas atau depan. Jangan pilih alas kaki yang bisa memperlihatkan bagian jari kaki terlalu jelas. Semoga informasi dalam artikel ini sedikit banyak dapat membantumu dalam memilih alas kaki yang tepat!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram