10 Cara Baikan sama Pacar setelah Bertengkar Hebat

Yang namanya suatu hubungan pasti tidak mungkin selalu berjalan lancar. Akan selalu ada batu kerikil atau batu besar yang membuat hubungan goyah, seperti pertengkaran misalnya. Jika kamu bertengkar kecil dengan pacar mungkin bukan merupakan masalah besar, karena suasana akan membaik dalam waktu singkat.

Tapi, kalau kamu dan pacar bertengkar hebat, sampai kalian tidak berhubungan berminggu-minggu atau berbulan-bulan, itu sih sudah bahaya. Untuk dapat berbaikan, tentunya harus ada pihak yang mengalah.

Jika pacarmu tidak memperlihatkan tanda-tanda untuk meminta maaf terlebih dahulu, tidak ada salahnya kalau kamu menjadi pihak yang mengalah. Toh, semua ini dilakukan untuk melanjutkan hubungan kalian berdua juga, kan?

Kalau kamu sudah siap, berarti kamu harus meminta maaf pada pacar kamu. Tapi, sayangnya, permintaan maaf tidak selalu bisa langsung diterima begitu saja. Kata orang, lebih baik bukti daripada janji. So, untuk dapat meyakinkan pacar kamu kalau kamu benar-benar menyesal, kamu harus tahu cara baikan sama pacar yang telah Kamini rangkum berikut ini.

10 Cara Baikan sama Pacar setelah Bertengkar Hebat

1. Introspeksi Diri

Introspeksi Diri cara baikan sama pacar

* sumber: www.goodmondayblog.com

Langkah pertama dalam cara baikan sama pacar adalah dengan mengintrospeksi diri kamu. Kira-kira apa kesalahanmu, kenapa pacarmu bisa begitu marahnya padamu, pahami perasaan pasanganmu. Pikirkan semua itu ketika kepala kamu sudah dingin agar tidak terbawa emosi.

2. Minta Maaf dengan Jujur

 Minta Maaf dengan Jujur

* sumber: www.livescience.com

Jika kamu sudah siap meminta maaf, maka lakukanlah dengan jujur. Kadang orang suka mencari kambing hitam supaya terlihat tidak terlalu salah. Misalnya seperti menyalahkan ban bocor ketika datang terlambat, atau menyalahkan ketiduran ketika lupa menepati janji.

Hindari melakukan kebohongan hanya untuk dimaafkan. Kamu harus benar-benar tulus ketika meminta maaf, dan jika dari awal sudah berbohong, maka kamu tidak melakukannya dengan tulus. Permintaan maaf itu bukan berarti kamu melindungi diri sendiri, tapi kamu paham yang kamu lakukan itu salah, kamu mengakuinya, dan kamu menyesalinya.

3. Tunjukkan Penyesalan

Tunjukkan Penyesalan

Bingung kenapa pacar belum menerima permintaan maaf kamu, padahal kamu sudah berkali-kali mengatakannya? Hm, Mungkin kamu kurang tulus melakukannya. Kamu harus menunjukkan pada pacar kamu, kalau kamu benar-benar menyesal.

Kamu bisa mengatakan pada pacarmu kalau kamu siap menerima risiko dari perbuatan kamu yang membuat dia marah. Ini bertujuan untuk menunjukkan kalau dia memegang kuasa atas kamu. Tidak apa-apa kamu sekali ini mengalah, karena di sini posisinya dia yang sedang marah dan kamu yang telah melakukan kesalahan.

4. Janji untuk Tidak Mengulangi Kesalahan

Janji untuk Tidak Mengulangi Kesalahan

Ketika meminta maaf, kamu harus berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah kamu perbuat. Dengan meminta maaf, kamu berarti sudah mengerti apa kesalahan kamu, menyesali perbuatan kamu, dan berjanji untuk memperbaiki diri agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

Itu sudah satu paket dalam permintaan maaf, jadi kamu harus melakukannya dengan baik untuk mendapat kepercayaan dari pacar kamu lagi.

5. Bertanggung Jawab

Bertanggung Jawab

* sumber: id.pinterest.com

Setelah berjanji, kamu harus bertanggung jawab untuk memenuhi janji tersebut. Kamu harus bertanggung jawab atas apa yang telah kamu janjikan. Hal ini mungkin menjadi yang tersulit dalam cara baikan sama pacar yang kecewa.

6. Jaga Nada Bicara

 Jaga Nada Bicara cara baikan sama pacar

Yang perlu diperhatikan dalam cara minta maaf sama pacar yang lagi marah adalah dengan menjaga intonasi kamu. Ketika emosi, orang cenderung meninggikan nada bicara agar terdengar superior. Hal ini tidak baik jika kamu ingin meminta maaf pada pasangan. Kamu harus menurunkan nada bicara kamu, dengan begitu dia juga akan terbawa hilang emosinya.

7. To the Point

To the Point

* sumber: www.stocksy.com

Ketika kamu sedang mendiskusikan masalah kalian dengan sang pacar, maka bicarakan tentang hal itu saja. Jangan sampai masalah kamu dan dia jadi merembet ke mana-mana dan semakin tidak jelas.

Misalnya jika kamu adalah pacar yang cuek, minta maaflah karena kamu sudah jadi pasangan yang terlalu cuek. Intinya adalah, kamu harus meminta maaf langsung pada akar masalah supaya lebih cepat dimaafkan.

8. "Dia" bukan "Kamu"

Tipikal orang Indonesia untuk menyalahkan sesuatu ketika berbuat salah. Seperti ketika terpentok pintu, kamu pasti kesal pada pintu, kan, bukannya menyalahkan diri sendiri kenapa tidak fokus sampai menabrak pintu. Hal ini harus dihindari. Selain kamu akan terlihat buruk di mata orang lain, hal ini juga akan berakibat buruk untuk kepribadian kamu jika dibiarkan.

Ketika meminta maaf, orang juga cenderung lebih banyak mengatakan "saya minta maaf.. karena saya.. saya menyesal.. saya sebelumnya tidak pernah begini.." Saya, saya, dan saya. Inilah letak kesalahan yang sering tidak disadari orang ketika meminta maaf.

Ketika kamu meminta maaf, harusnya kamu jangan men-defense diri sendiri dan menjelaskan situasi kamu saja. Permintaan maaf itu bukan berarti pembelaan diri, tapi pengakuan diri. Jadi, jangan sampai kamu menyalahkan hal lain yang tidak jelas apalagi menyalahkan pacar kamu dalam masalah yang sedang kalian alami.

9. Buktikan

Buktikan

* sumber: www.stocksy.com

Sama seperti bertanggung jawab, hanya saja kali ini lebih kenapa action daripada komitmen. Ketika kamu sudah berjanji untuk membayar semua kesalahan kamu, maka lakukanlah. Jangan cuma omong doang, tapi eksien juga harus dilakukan.

Di titik ini kamu bisa menjadi "pacar romantis" dengan cara minta maaf yang romantis. Misalnya dengan mengajak pacar kamu pergi ke tempat yang dia sukai, melayaninya seperti raja/ratu, dan menyiramnya dengan kasih sayang penuh.

10. Beri dia Waktu

Beri dia Waktu

* sumber: www.stocksy.com

Jangan langsung menodong pacar kamu buat memaafkan. Apalagi jika kesalahan kamu fatal. Beri dia waktu untuk tenang. Biasanya, jika masih baru-baru marahan, emosi orang sulit diturunkan.

Maka dari itu, sebelum meminta maaf, beri dia waktu untuk mendingin terlebih dahulu. Lalu, setelah kamu meminta maaf pun, kamu harus memberi dia waktu untuk memikirkan permintaan kamu.

Nah, selesai sudah 10 cara baikan sama pacar dari Kamini. Tips ini sangat berguna jika kamu benar-benar ingin settle down dengan pacar. Semoga dapat membantu, ya. Kalau kamu sudah mempraktikkan tips ini, kasih tahu kami dong bagaimana reaksi pacar kamu, apakah tips ini berhasil?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram