Kamini.id / Deterjen / Cara Membuat Aneka Parfum dari Downy yang Paling Mudah

Cara Membuat Aneka Parfum dari Downy yang Paling Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Downy bisa dibilang merupakan merk parfum laundry paling wangi, paling terkonsentrat, paling banyak varian, paling mewah parfumnya, serta paling awet wanginya. Terutama Downy varian Perfume Collection, yang dibuat dengan minyak parfum premium yang memiliki intensitas tertinggi dan teknologi Dual-Perfume Capsules, sehingga wanginya menempel sangat lama di pakaian Anda.

Formula inilah yang membuat parfum Downy semakin kuat aromanya, tidak mudah hilang, serta wanginya “terlepas” setiap kali pakaian terkena gesekan.

Semua ini berkat micro capsules perfume-nya menempel di kain pakaian, sehingga ketika kita bergerak atau ketika baju disetrika, parfumnya akan “pecah” dan menyebar lagi. Downy pun dianggap menghemat anggaran rumah tangga karena konsentratnya kental sekali, makanya hanya membutuhkan sedikit saja setiap kali pemakaian.

Kita juga jadi tidak perlu panik kalau lupa pakai parfum karena bajunya sudah wangi, hehe, soalnya parfum Downy memang elegan dan enak-enak. Terus, anak kita yang sedang aktif-aktifnya sekolah, ekstrakulikuler dan bermain biasanya cepat berkeringat dan membuat pakaian mereka bau.

Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sebelumnya telah merendam baju mereka pakai Downy. Suami yang sibuk bekerja seharian pun bajunya tidak akan apek lagi.

Bacaterus mau ngasih tahu Anda, nih, kalau ternyata Downy punya kegunaan lain selain menjadi parfum pakaian. Downy bisa disulap untuk menjadi aneka parfum, yaitu parfum atau pelicin pakaian saat disetrika, air humidifier alias parfum ruangan dan juga parfum badan kita, loh! Canggih, ya? Berikut adalah tata cara membuatnya.

Parfum Badan

* sumber: www.myhaircare.com.au

 

Membuat parfum dari Downy? Memangnya bisa? Ternyata memang bisa, kok. Dan, percaya atau tidak, banyak sekali orang yang melakukannya. Soalnya wangi Downy itu memang memikat dan sulit dilupakan. Makanya orang banyak yang ingin memakai parfum dengan aroma Downy favoritnya.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyediakan botol spray kecil yang kosong dan bersih. Tuang downy hingga 3/4 botol, lalu tuang air hingga botol sedikit penuh. Selesai! Mudah sekali, bukan? Jangan lupa kocok botol setiap kali akan digunakan.

Sebenarnya parfum badan dari Downy ini akan jarang Anda gunakan, karena baju Anda pasti sudah wangi walaupun baru keluar dari lemari. Parfum ini hanya seperti “penguat” aroma Downy di pakaian Anda agar semakin tercium.

Kenapa tidak pakai parfum normal saja? Kadang aroma parfum kita tidak cocok dengan aroma Downy yang ada di pakaian Anda, sehingga wanginya tercampur dan jadi tidak enak. Dengan membuat parfum sendiri pakai Downy, Anda bisa menyesuaikan aromanya dengan aroma di pakaian Anda.

Parfum Ruangan

 

Selanjutnya adalah membuat parfum ruangan. Ya, bukan cuma badan kita saja yang bisa bau, ruangan juga. Ruangan yang jarang dibersihkan, ruangan yang tidak punya ventilasi udara yang baik, ketika masak dan baunya terperangkap, bau kamar mandi, dan masih banyak lagi faktor lainnya yang bisa membuat ruangan menjadi bau.

Ketika rumah menjadi bau, orang-orang pasti mencari cara untuk menghilangkan baunya, seperti dengan mengepel lantai, menggantungkan kamper, hingga menggunakan parfum ruangan. Sayangnya, semua itu cenderung hanya memiliki efek yang sebentar. Kalau pun harganya tidak seberapa, kalau dibeli terus menerus pasti jadinya Anda mengeluarkan banyak uang untuk itu.

Jika Anda ingin memiliki pengharum ruangan yang lebih awet dan lebih hemat, buat saja sendiri dari Downy, yuk! Yang Anda butuhkan:

  • 60 ml Downy favorit Anda
  • 4 sdt baking soda
  • Botol spray kosong ukuran 400 atau 500 ml
  • Air mendidih
  • Mangkuk untuk mengaduk

Pertama-tama, masak sedikit air hingga mendidih. Siapkan mangkuk, lalu campur Downy dan baking soda. Setelah air mendidih, tuang ke campuran Downy dan baking soda tadi, pastikan semuanya meleleh tercampur jadi satu. Aduk hingga konsistensinya bagus, lalu diamkan mendingin hingga 30 menit.

Jika sudah lewat setengah jam, masukkan pengharum ruangan Downy Anda ke dalam botol semprot. Tuang menggunakan corong kecil agar tidak ada yang tumpah. Daaaan, selesai! Pengharum ruangan DIY dari Downy pun bisa Anda pakai.

Selain baking soda, Anda bisa juga mencampur 2 sachet atau 2 tutup botol Downy dengan 2 tetes cuka. Anda bisa menyemprotkannya ke ruangan atau pun furniture yang dirasa membutuhkannya, seperti sofa, gorden, bahkan tembok rumah.

Pelicin Pakaian

Setrika baju bekas sebelum disimpan

Terakhir, mari membuat pelicin pakaian dari Downy supaya baju lebih mudah disetrika dan lebih wangi tentunya. Baju pun jadi lebih harum walaupun disimpan lama di lemari, saat dikeluarkan, baunya tetap segar dan tidak apek. Ini merupakan trik yang bagus jika Anda kelupaan atau malas merendam laundry dengan Downy.

Ini juga solusi yang tepat ketika sedang musim hujan, karena biasanya jemuran lama kering sehingga bau jamur. Atau ketika musim kemarau ketika tak ada air yang banyak sehingga sayang kalau dipakai untuk merendam baju di Downy.

Cara membuatnya kurang lebih sama dengan ketika Anda membuat parfum ruangan, hanya saja airnya lebih banyak (1⁄4 Downy, ​3⁄4 air atau ​1⁄2 Downy, ​1⁄2 Air), lalu masukkan ke botol Kispray bekas Anda.

Ternyata mudah sekali membuat aneka parfum dari Downy, ya? Selain lebih hemat, Anda juga bisa membuat parfum sesuai dengan aroma Downy yang paling Anda sukai. Selamat mencoba! Stok Downy habis? Beli dulu di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar