Cara Menggunakan Parfum Laundry agar Wanginya Tahan Lama

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tahukah kamu jika parfum atau wewangian yang menyeruak dari pakaian kita mencerminkan karakter kita? Aroma wangi yang dipilih biasanya berdasarkan selera si pemakai. Itulah sebabnya dalam memilih parfum terdapat pertimbangan khusus yang biasanya bersifat personal.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan wewangian bagi pakaian dan tubuh. Bisa dengan cara menyemprotkan parfum, body mist, menggunakan pewangi pakaian atau parfum laundry. Parfum laundry merupakan pilihan alternatif yang bisa kamu ambil agar kamu dapat wangi yang tahan lama dengan harga yang relatif murah.

Alasan Memakai Parfum Laundry

Alasan Memakai Parfum Laundry

* sumber: bp-guide.id

Dua alasan yang mendasari kenapa orang menggunakan parfum laundry untuk pakaian mereka, yakni karena ekonomis dan praktis. Harga parfum laundry relatif lebih murah dibanding dengan harga sebotol parfum.

Parfum laundry biasanya dijual dalam kemasan jerigen berukuran 5-10 liter. Ukuran yang besar membuat penggunaan parfum laundry untuk pakaian dapat menekan biaya untuk membeli kebutuhan mencuci.

Selain itu, aroma wangi dari parfum laundry biasanya tidak mudah hilang. Setelah disimpan lama dalam lemari pun, kita masih bisa mencium aroma segar dari pakaian tersebut.

Jenis Aroma Parfum Laundry yang Bisa Kamu Pilih

Jenis Aroma Parfum Laundry yang Bisa Kamu Pilih

* sumber: www.asmaraku.com

Memilih parfum laundry memang cukup membingungkan. Pasalnya banyak sekali varian parfum laundry yang wanginya enak. Ada aroma bunga-bungaan, aroma buah-buahan, permen karet.

Tidak hanya sampai di situ. Varian aroma parfum laundry sekarang semakin banyak ragamnya. Ada aroma aquatic yang mempunyai wangi segar ketika kamu menciumnya. Aroma-aroma aquatic terdiri dari Aqua Marine, Ocean Night dan Ocean Fresh.

Untuk kamu yang menyukai aroma buah-buahan, kamu bisa gunakan parfum laundry dengan aroma citrus. Tersedia pilihan aroma seperti aroma buah lemon dan buah jeruk.

Namun, jika kamu lebih menyukai aroma bunga yang lembut, kamu bisa pilih parfum laundry dengan arom lavender, bunga lily atau lavender. Wangi-wangian seperti ini ingin tetap wangi tapi malas pakai parfum.

Kalau kamu suka aroma musky yang tidak terlalu tajam, kamu bisa pilih parfum laundry jenis Laundry Vanilla, Baby Fresh dan parfum laundry merk Downy. Wewangian jenis ini cenderung lembut. Mirip dengan parfum dan bedak bayi.

Ada juga parfum laundry yang memadukan wangi buah dan bunga. Aromanya unik namun cenderung manis. Aroma-aroma ini terdapat di parfum laundry dengan aroma stroberi, Fruit Fresh, Fruit Rush, Apple dan Bubble Gum.

Terakhir, ada aroma woody yang maskulin. Kesegaran pewangi jenis ini cukup tahan lama saat pakaian dipakai berkali-kali. Aroma ini cenderung kuat, cocok buat para cowok yang menyukai aroma maskulin.

Aroma maskulin seperti ini dapat kamu temukan pada parfum laundry jenis Blue Ocean, Pear Blossom, Blue Sapphire, Hachiko, dan Snappy.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk yang Sangat Kotor Agar Bersih Kembali

Cara Menggunakan Parfum Laundry

Cara Menggunakan Parfum Laundry

* sumber: bp-guide.id

Secara umum, cara menggunakan parfum laundry tak jauh beda dengan menggunakan cairan pewangi konsentrat pada umumnya. Ikuti petunjuk cara menggunakan parfum laundry yang benar untuk mendapatkan hasil wangi maksimal yang tidak berlebihan.

1. Gunakan Air yang Tidak Berbau

Gunakan Air yang Tidak Berbau

* sumber: physicsworld.com

Ciri-ciri air bersih adalah tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Namun, sering terjadi air di rumah beraroma besi atau aroma lainnya yang membuat kita enggan menggunakan air tersebut.

Dalam mencuci baju, sebaiknya gunakan air yang bebas dari aroma apapun. Aroma yang terbawa pada air saat mencuci akan menghalangi cairan parfum laundry menyerap pada pakaian.

Selain itu, gunakan air yang berbeda ketika mencuci, membilas dan merendam pakaian. Apalagi pada tahap merendam air. Gunakan air yang bersih saat tahap tersebut. Sebelum itu usahakan pakaian yang akan direndam bebas dari busa.

Busa dan sabun, apalagi kotoran yang tertinggal pada pakaian akan menghalangi parfum laundry meresap pada pakaian.

2. Gunakan Sesuai Takaran

Gunakan Sesuai Takaran

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Perlu diingat bahwa menggunakan parfum laundry sebagai pewangi pakaian harus memperhatikan rasio air dan cairan parfumnya. Prinsipnya, semakin banyak pakaian yang direndam, semakin banyak pula cairan pewangi yang digunakan.

Sebaiknya takar cairan parfum laundry sebelum kamu menggunakannya pada pakaian. Perhatikan pula jenis aroma parfum laundry yang kamu pilih. Ini penting. Sebab biasanya ada beberapa varian aroma parfum laundry yang beraroma kuat.

Kesesuaian takaran cairan parfum dengan jenis aroma yang digunakan mempunyai kaitan yang erat. Pastikan kamu mendapat ukuran yang tepat.

Dengan begitu wangi yang kamu pilih tidak akan terlalu kuat atau bahkan tidak tercium sama sekali. Nantinya hal ini akan membuat aroma yang menyeruak dari pakaiannya terasa segar. Kamu tidak mau kan memiliki aroma yang malah mengganggu indera penciuman orang lain?

3. Masukkan Cairan Parfum Laundry ke Air

Masukkan Cairan Parfum Laundry ke Air

* sumber: m.downy.com

Biasanya orang hirau dengan cara menggunakan pewangi pakaian. Ada yang lebih suka memasukkan langsung cairan pewangi pakaian ke dalam ember yang berisi pakaian, ada pula yang lebih memilih mencampur air dengan cairan pewangi terlebih dahulu.

Manakah yang benar? Tidak ada yang paling benar. Hanya saja, sejatinya dengan mencampur air dan cairan pewangi terlebih dahulu membuat cairan pewangi akan tercampur rata.

Beda halnya jika kamu lebih suka memasukkan langsung cairan pewangi pada ember yang berisi pakaian. Kamu perlu memastikan parfum laundry cairan tersebut tercampur sempurna sehingga pakaian akan mendapat wangi secara merata.

4. Perhatikan Durasi Perendaman

Perhatikan Durasi Perendaman

* sumber: wolipop.detik.com

Proses merendam tak kalah penting dari proses mencuci pakaian loh. Perhatikan seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk merendam pakaian dalam air yang telah dicampur parfum laundry.

Pakaian yang direndam terlalu singkat tentu akan membuat aroma parfum laundry kurang menyerap pada serat pakaian. Sebaliknya, kalau terlalu lama juga tidak baik.

Pakaian yang direndam dalam waktu lama akan menimbulkan aroma yang tidak enak alias bau tak sedap. Lebih buruk lagi, akan muncul bakteri dan kuman-kuman pada pakaian.

5. Segera Keringkan Pakaian

Segera Keringkan Pakaian

* sumber: covesia.com

jika waktu perendaman pakaian dirasa sudah cukup, segera jemur pakaian. Supaya pakaian tetap harum dan terjaga kesegarannya, jangan jemur pakaian langsung di terik matahari. Lebih baik jemur pakaian di tempat teduh dan terlindung cukup pencahayaan.

Meskipun tidak dijemur di bawah matahari langsung angin dapat membantu proses penguapan pada pakaian yang basah. Sehingga pakaian akan tetap kering. Selain itu sinar matahari dapat merusak warna pakaian.

6. Gunakan Parfum yang Sama Saat Menyetrika

Gunakan Parfum yang Sama Saat Menyetrika

* sumber: www.ltdcommodities.com

Saat ini terdapat berbagai jenis pewangi dan pelicin pakaian yang beredar di pasaran. Wanginya beragam, pun dengan ukurannya. Semuanya memiliki wangi-wangi yang enak.

Namun, jika kamu telah menggunakan parfum laundry sebagai pewangi pakaian, sebaiknya kamu menggunakan cairan yang sama sebagai pelicin saat menyetrika.

Aroma yang sama saat merendam dan menyetrika menyebabkan wangi pada pakaian semakin kuat dan tahan lama. Misalnya, jika kamu menggunakan parfum laundry beraroma bunga-bungaan, gunakan parfum yang sama untuk menyetrika.

Hal itu dilakukan guna menghindari aroma pakaian yang bercampur yang mungkin akan menyebabkan aroma wangi menjadi aroma yang tidak enak dicium. Perhatikan pula takaran mencampur cairan parfum laundry yang dijadikan sebagai pelicin pakaian saat menyetrika.

Itu dia cara menggunakan parfum laundry yang tepat. Pakaianmu telah rapi dan wangi. Kini, kamu siap memulai aktivitas dengan penuh percaya diri.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram