Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Tips dan Cara Shading Hidung Agar Terlihat Mancung

10 Tips dan Cara Shading Hidung Agar Terlihat Mancung

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2018

Orang Indonesia asli (bukan darah campuran) rata-rata memiliki bentuk hidung yang kecil, pesek, dan agak lebar. Tak sedikit orang yang merasa tak puas dengan bentuk hidung mereka, karena bagi mereka, wajah yang tampan dan cantik itu adalah yang memiliki hidung mancung.

Makanya, segala cara dilakukan agar dapat memiliki hidung yang mancung, seperti tanam benang, hingga operasi plastik. Akan tetapi, semua itu memerlukan uang yang cukup banyak dan memiliki risiko tinggi. Kenapa Anda tidak menggunakan makeup saja?

Dengan teknik makeup, hidung bisa terlihat lebih slim dan mancung, loh! Nama tekniknya adalah contour atau sering disebut juga sebagai shading. Kamini telah mengumpulkan 10 tips dan cara shading hidung dengan mudah. Yuk, disimak!

Cara Shading Hidung Agar Terlihat Mancung

1. Pakai Contour Cream

Ada banyak sekali jenis contour di dunia ini, tapi bisa dibilang yang paling bagus untuk dipakai shading hidung adalah contour cream. Kenapa? Karena contour cream memiliki konsistensi yang lebih pekat dan warnanya juga cenderung lebih nge-blend dengan warna kulit setiap pemakainya.

Kelebihan contour cream juga lebih tahan lama dan hasil akhirnya lebih soft daripada produk contour lainnya. Anda bisa menggunakan kuas atau pun sponge untuk mengaplikasikan contour cream pada hidung. Untuk cara shading hidung agar terlihat mancung menggunakan contour cream, Anda bisa menonton video tutorial-nya di atas.

2. Pakai Contour Stick

Pakai Contour Stick

* sumber: www.askmewhats.com

Kalau produk yang satu ini merupakan versi praktis dari contour cream. Adalah contour stick, sebuah contour cream yang telah ‘dipadatkan’ dan dikemas dalam bentuk stik.

Tentu dengan tekstur krim yang agak lebih keras dan bentuknya yang mudah digenggam, contour stick jauh lebih mudah digunakan buat para pemula. Dan lagi, bentuk kemasannya memudahkan Anda membawa contour stick ke mana-mana, praktis banget!

Cara shading hidung pakai contour stick jauh lebih mudah. Anda tinggal garis tulang hidung menggunakan contour yang warna cokelat. Setelah itu, garis bagian dalam tulang hidung dan area terluar dari garis yang coklat tadi menggunakan contour yang warna krem/putih. Setelah itu, tinggal Anda baurkan menggunakan sponge, kuas, atau jari.

3. Pakai Contour Powder

Contour powder adalah produk yang paling populer digunakan. Dan, memang, produk ini wajib dimiliki walaupun Anda menggunakan contour cream. Kenapa? Karena contour cream hasilnya sangat halus sehingga biasanya dijadikan shading dalam saja. Sedangkan untuk mempertegas shading agar hidung pesek dapat terlihat mancung, Anda harus membubuhkan contour powder lagi.

Walaupun begitu, Anda tidak harus menggunakan contour cream terlebih dahulu sebelumnya, kok. Jika Anda hanya punya contour powder juga tidak apa-apa, karena pada dasarnya produk ini bekerja dengan cara yang sama. Untuk tutorialnya bisa Anda tonton video di atas.

4. Pakai Eye Shadow

Cara shading hidung yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan yang ada saja, yaitu eye shadow. Jika kebetulan contour kit Anda sedang habis, atau mungkin Anda memang merasa tidak terlalu membutuhkannya, ya tidak apa-apa juga.

Soalnya, Anda bisa menggunakan eye shadow sebagai pengganti contour kit. Tapi, pastikan eye shadow Anda matte, ya, bukan eye shadow glittery. Anda dapat menggunakan eye shadow warna cokelat dan cream untuk melakukan teknik contour. Penasaran bagaimana caranya? Simak video tutorialnya di atas.

5. Pakai Pensil Alis

Selain eye shadow, ada juga cara shading hidung dengan pensil alis. Tidak percaya? Pada dasarnya semua makeup berwarna cokelat bisa Anda gunakan untuk shading. Tekstur pensil alis memang agak lebih keras daripada contour stick, tapi kurang lebih fungsinya dan cara menggunakannya sama.

Tips dan Trik Shading Hidung

1. Pakai Kuas

Pakai Kuas cara shading hidung

* sumber: coffeeplss.blogspot.co.id

Di atas tadi merupakan beberapa benda yang bisa Anda gunakan untuk shading hidung. Sekarang, Kamini akan membahas alat untuk merapikan shading.

Shading yang bagus adalah shading yang benar-benar nge-blend dengan foundation. Untuk itu, Anda harus hati-hati ketika meratakan shading, jangan sampai terlalu tercerai-berai apalagi tidak nge-blend sama sekali. Untuk hasil yang terbaik, gunakanlah sikat khusus yaitu blending brush.

2. Pakai Sponge

Pakai Sponge cara shading hidung

* sumber: www.youtube.com

Selain menggunakan blending brush, Anda bisa menggunakan sponge juga, loh. Sponge yang umum digunakan untuk menggaris shading hidung adalah sponge kotak (seperti yang suka ada di compact powder). Akan tetapi, Anda bisa juga menggunakan sponge bulat pipih maupun beauty blender.

3. Pakai Jari

Pakai Jari

* sumber: www.youtube.com

Untuk meratakan shading, sebenarnya tidak perlu kuas atau sponge yang mahal, karena ada cara yang gratis dan mudah, yaitu dengan menggunakan jari. Ya, Anda dapat membuat shading hidung terlihat lebih smooth dengan mengusap-usap jadi Anda pada garis contour.

4. Pakai Garpu

Kali ini adalah trik melakukan shading hidung untuk Anda yang belum jago dan percaya diri. Anda dapat meminta bantuan dari alat makan, yaitu garpu. Semua orang pasti punya garpu, dong, di rumah? Ambil lah satu garpu dari meja makan atau dapur Anda, akan lebih baik jika Anda memilih garpu yang ruasnya panjang-panjang, bukan yang pendek.

Setelah itu, tempelkan garpu di depan hidung Anda. Biarkan lubang garpu yang paling tengah berada tepat di tengah hidung Anda. Sesudahnya, ambil kuas yang sudah dibubuhi contour powder, lalu lukis garis lurus mengikuti lubang kanan dan kiri garpu. Dan, tarraaah! Shading yang lurus dan sempurna telah selesai dibuat. Tugas Anda selanjutnya tinggal meratakan shading-nya saja agar terlihat natural.

5. Pakai Selotip

Jika cara shading hidung menggunakan garpu terlalu ekstrim untuk Anda, ganti saja alat bantunya dengan selotip. Walaupun cara ini kurang efektif karena ukuran selotip cenderung agak besar dan bentuk hidung setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi, tak ada salahnya dicoba, kan?

Yupz, itu dia sepuluh tips dan cara shading hidung agar hidung pesek bisa terlihat mancung. Bagaimana, mudah, bukan? Jika Anda tahu cara-cara lainnya untuk shading hidung, jangan lupa berbagi di kolom komentar, ya, karena berbagi itu indah.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment