Sunscreen atau Day Cream Dulu? Ini Urutan yang Benar!

Ditulis oleh Linda

Kamu mungkin telah memahami pentingnya memakai sunscreen dan day cream dalam perawatan kulit sehari-hari. Namun, masih ada kebingungan mengenai urutan yang benar dalam mengaplikasikan keduanya.

Kedua produk ini memiliki peran penting: day cream untuk melembabkan dan memberi nutrisi, sedangkan sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Untuk memahami mana yang seharusnya diaplikasikan terlebih dahulu, mari kita pelajari lebih lanjut tentang masing-masing produk dan sejumlah manfaatnya.

Apa Itu Day Cream?

Review Hemera Anti Aging Day Cream__

Day cream, atau krim siang, biasanya diformulasikan untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Banyak day cream yang mengandung bahan aktif seperti antioksidan, vitamin, dan retinol. Fungsi utama dari day cream adalah untuk melembabkan dan memberikan nutrisi pada kulit, sehingga kulit tetap lembut dan terjaga kelembapannya sepanjang hari.

Day cream juga bermanfaat mengurangi garis halus dan keriput. Beberapa produk day cream mengandung anti-inflamasi dan anti-UV, yang dapat membantu menghilangkan komedo.

Apa Itu Sunscreen?

Base-Ultra-Matte-Natural-Sunscreen-SPF-50-PA-4_

Sunscreen, atau tabir surya, dirancang untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UVA dan UVB. Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan dini, bintik hitam, dan risiko terkena kanker kulit. Sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit yang menghalau atau menyerap sinar matahari.

Fyi, sunscreen terdiri dari 2 jenis, yakni chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen mengandung bahan kimia untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Di dalam chemical sunscreen terdapat senyawa seperti oxybenzone, avobenzone, dan lainnya, yang bekerja menyerap UV sebelum merusak kulit. Sunscreen jenis ini populer karena ringan dan mudah digunakan. Namun, sebagian pemilik kulit sensitif sangat rentan mengalami iritasi jika memakai chemical sunscreen ini.

Sementara untuk physical sunscreen mengandung mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida untuk memantulkan sinar UV. Sunscreen yang satu ini lebih cocok untuk kulit sensitif karena mengandung bahan kimia yang lebih sedikit.

Sunscreen atau Day Cream Duluan?

Sunscreen atau Day Cream Duluan?

Secara umum, aturan yang disarankan dalam rutinitas perawatan kulit adalah mengaplikasikan produk dari yang paling ringan ke yang paling berat. Berdasarkan prinsip ini, day cream sebaiknya diaplikasikan sebelum sunscreen karena biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dan bertujuan untuk diserap oleh kulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Baca Instruksi Produk

Beberapa produk mungkin memiliki instruksi khusus tentang cara penggunaan, terutama jika mengandung bahan aktif tertentu.

  • Perhatikan Tekstur Produk

Jika day cream-mu memiliki tekstur yang lebih berat dan lebih oklusif daripada sunscreen sebaiknya aplikasikan sunscreen terlebih dahulu.

  • Waktu Penyerapan

Berikan waktu untuk day cream menyerap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan sunscreen. Cara ini dilakukan untuk memastikan bahwa kedua produk dapat bekerja secara efektif tanpa mengganggu fungsi satu sama lain.

Beri jeda sekitar 5-10 menit dari produk yang pertama kamu pakai sebelum mengaplikasikan produk yang kedua. Selain itu, jika ingin memakai makeup sebaiknya tunggu sampai 15 menit agar produk skincare terserap oleh kulitmu terlebih dahulu.

Hindari juga mencampur sunscreen dengan day cream karena bisa mengurangi efektivitas produk. Jadi, lebih baik aplikasikan sendiri-sendiri dan berikan jeda waktu tersebut.

  • Faktor SPF dalam Day Cream

Jika day cream yang kamu pakai mengandung SPF, kamu mungkin tidak perlu mengaplikasikan sunscreen lagi, kecuali jika kamu membutuhkan perlindungan ekstra atau akan berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama.

Sebagai catatan tambahan, untuk perlindungan sehari-hari, disarankan menggunakan produk sunscreen dengan SPF 30, SPF 50 atau lebih jika kamu memang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan pada siap hari. Ingatlah untuk mengaplikasikan ulang sunscreen tersebut setiap dua jam.

Nah, apakah boleh memakai sunscreen dan day cream dari merek yang berbeda? Tentu saja boleh dan tidak masalah selama pemakaiannya diberi jeda waktu 5-10 menit, sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain memperhatikan urutan pemakaian day cream dan sunscreen, kamu juga harus menyesuaikan produk yang kamu pakai dengan jenis kulitmu. Usahakan untuk memakai sunscreen, day cream, dan produk skincare lainnya sesuai dengan kondisi kulit.

Masih bingung bagaimana cara memakain sunscreen yang benar? Yuk, cek artikel ini! Kamu juga bisa baca urutan pemakaian skincare di sini, lho.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram