kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / Ini Dia 7 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hilangkan

Ini Dia 7 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hilangkan

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 9 April 2020

Sebagai manusia, kita pasti pernah melakukan suatu hal yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan. Tidak hanya hal baik, hal buruk dan sepele yang mungkin tidak Anda sadari juga bisa menjadi kebiasaan. 7 hal buruk yang akan Kamini bahas di bawah ini merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa 7 kebiasaan buruk ini dapat berimbas kepada diri Anda sendiri dan juga kepada orang lain. Memang, manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Namun, sebagai manusia yang bijak, tidak ada salahnya untuk memperbaiki kesalahan itu, bukan? Berikut ini adalah 7 hal kecil yang harus Anda hindari, karena dapat menjadi kebiasaan buruk.

Merokok di Depan Anak-Anak dan Wanita

Merokok di depan anak-anak dan wanita

Semua orang tahu, bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai macam pernyakit seperti kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan janin, gangguan pernafasan, dan masih banyak lagi. Hal yang lebih parahnya lagi, perokok pasif lebih rentan terkena penyakit-penyakit itu daripada perokok aktif.

Maka dari itu, janganlah sekali-kali Anda merokok di depan orang lain, terutama wanita dan anak-anak. Anda tidak mau, kan, menyebabkan wanita terkena gangguan janin karena asap rokok Anda?

Selain tidak merokok di dekat wanita, Anda juga dilarang keras merokok di depan anak-anak. Pertama, antibody anak-anak belum terbentuk sempurna, mereka belum bisa mengatasi racun yang terdapat dalam kandungan rokok. Efek buruk untuk anak-anak perokok pasif bisa menyebabkan penyakit pneumonia, bronchitis, dan infeksi saluran pernafasan.

Kedua, anak-anak mungkin akan meniru kebiasaan merokok Anda di masa depan. Jika Anda tidak ingin merusak masa depan anak-anak, dari sekarang hindarilah merokok di depan anak-anak.

Menyimpan Kunci di Sembarang Tempat

Menyimpan menyimpan kunci di sembarang tempat

Hal ini mungkin yang paling sering Anda lakukan, walaupun tanpa Anda sadari. Pernahkah anda, ketika akan pergi dari rumah, menghabiskan sekitar 5 menit untuk mencari kunci rumah, motor, atau mobil? Hal ini akan membunuh waktu Anda yang berharga. Selain itu, mungkin akan ada pertengkaran kecil antara Anda dan orang rumah, karena saling menyalahkan siapa yang terakhir menyimpan kunci.

Dengan menyimpan kunci di sembarang tempat, dapat berefek buruk seperti marah-marah kepada orang lain, terlambat pergi, dan jadi merasa kesal sendiri hingga akhirnya Anda badmood selama seharian. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah lebih teliti dan lebih rapi untuk menyimpan kunci-kunci Anda. Simpanlah kunci di gantungan atau tempat khusus, jadi Anda tidak akan kerepotan lagi mencarinya.

Menggunakan Air Berlebihan Saat Mandi

Menggunakan air berlebihan saat mandi

Hal ini juga mungkin menjadi kebiasaan buruk bagi kebanyakan orang. Apakah Anda termasuk salah satunya, yang merasa jika tidak menggunakan air yang banyak pada saat mandi jadi merasa kurang bersih? Jika iya, hilangkan segera mind set seperti itu. Berulang kali membasuh tubuh Anda dengan air justru akan menciptakan pemborosan air dan membuang-buang waktu Anda hanya untuk mandi, lho.

Mulai sekarang, cobalah pakai air secukupnya untuk mandi. Menggunakan air banyak tidak menjamin kulit Anda menjadi lebih bersih, kok. Anda tidak perlu khawatir badan Anda akan menjadi kotor, karena setiap hari sel kulit kita akan mati dan akan menjadi daki. Nah, daki itu akan terangkat sendiri setiap kali Anda mandi. Jadi, banyaknya air tidak berpengaruh pada bersih atau kotornya tubuh Anda.

Anda hanya perlu menggosok kulit secara normal, tanpa perlu dua kali menggunakan sabun, apalagi berkali-kali menggunakan air untuk membasuh tubuh Anda. Jangan terlalu sering juga menggunakan bath tub, karena tentu saja volume air yang dibutuhkan akan menjadi 3x lipat dari biasanya. Jika Anda menggunakan shower pun segera matikan saat Anda tidak membutuhkannya.

Menumpuk Pakaian Kotor

Menumpuk Pakaian Kotor

Beberapa orang mungkin sering melakukan hal ini. Tahukah Anda, jika selalu menumpuk pakaian kotor bisa menjadi kebiasaan buruk? Hindarilah menumpuk pakaian kotor selama berminggu-minggu apalagi sampai berbulan-bulan. Dengan mencuci langsung pakaian kotor, Anda akan menjadi lebih hemat dan juga lebih meringankan pekerjaan Anda.

Efek buruk yang ditimbulkan ketika Anda menumpuk pakaian kotor bisa menyebabkan kuman dan penyakit karena Anda menumpuk kotoran terlalu lama. Serta, Anda juga akan merasa repot dan berat jika Anda mencuci pakaian kotor yang terlalu banyak. Jadi, biasakan dan segerakan cuci pakaian kotor Anda dari sekarang.

Sibuk di Media Sosial

Sibuk di media sosial

Apakah Anda adalah salah satu orang yang selalu update di media sosial? Media sosial adalah salah satu hal yang mungkin tidak bisa terlepas dari kehidupan Anda. Memang, banyak informasi yang akan kita dapatkan dari media sosial. Namun, efek buruk terlalu sering berkaktivitas di media sosial juga perlu menjadi pertimbangan Anda.

Jika Anda terlalu lama dan terlalu sibuk dengan media sosial, Anda akan lupa waktu dan akhirnya Anda akan lupa tugas dan kewajiban Anda di dunia nyata. Maka dari itu, mulailah bersikap bijak dalam menghabiskan waktu Anda, karena waktu tidak dapat terulang kembali.

Daripada Anda sibuk update di media sosial, lebih baik Anda mengurangi aktivitas tersebut untuk menunjang hal-hal yang lebih positif lagi, seperti menulis, membaca, dan hal positif lainnya.

Bergosip

bergosip

Mungkin hal ini menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh para wanita, namun tidak menutup kemungkinan para pria juga suka bergosip. Umumnya, yang dilakukan orang saat bergosip adalah membicarakan keburukan orang lain. Rata-rata yang dibicarakan dari kegiatan bergosip ini merupakan pendapat mereka terhadap orang lain atau sesuatu, dan pembicaraannya pun tidak mendasar.

Efek buruk yang dihasilkan tentu saja yang paling pertama adalah dosa, hal lainnya adalah membuang-buang waktu. Jika Anda terlalu asik membicarakan orang, Anda bisa saja lupa waktu dan melupakan tugas dan kewajiban Anda. Hal itu menghambat pekerjaan Anda, dan tentu saja membuat Anda menjadi tidak produktif.

Lapar Mata

lapar mata

Lapar mata adalah keinginan untuk selalu membeli barang-barang yang bahkan tidak Anda butuhkan. Hal ini harus mulai Anda kurangi. Jika Anda tidak dapat mengurangi atau berhenti melakukan kebiasaan buruk yang satu ini, maka akan mengakibatkan pemborosan.

Usahakan belilah barang-barang yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Utamakan kebutuhan premier seperti makanan. Kebutuhan sekunder dan tresier masih bisa Anda tunda, seperti handphone tipe terbaru misalnya. Jangan menjadikan lapar mata sebagai kebiasaan Anda.

Apakah Anda salah satu yang selalu melakukan 7 hal di atas? Jika iya, mulai sekarang cobalah kurangi 7 hal tersebut agar kehidupan Anda menjadi lebih bermakna.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram