10 Manfaat yang Didapatkan Wajah Jika Rutin Pakai Pelembab

Mungkin jika kulit wajah Anda biasa-biasa saja alias normal, atau berminyak, Anda merasa tidak membutuhkan pelembab. Itu adalah pemikiran yang sangat salah. Pelembab wajah merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan dan kecantikan kulit, mau apapun tipe kulit Anda.

Mau Anda rajin cuci muka dengan benar, sering maskeran, mengonsumsi nutrisi yang cukup, ataupun rutin olahraga, semua itu tetap tidak bisa menggantikan fungsi pelembab wajah. Serum memang diperlukan, tapi tetap tidak bisa menggantikan pelembab wajah secara seutuhnya juga.

Keberadaan pelembab wajah sangat penting disela-sela hidup Anda. Ingin tahu apa saja keuntungan untuk kulit wajah jika Anda rutin pakai pelembab? Kamini sudah merangkumnya di sini.

1. Kulit Tidak akan Kering

kulit kering

* sumber: best-natural-skincare.info

Namanya juga pelembab, ya pasti fungsi utamanya untuk melembabkan kulit. Ketika kulit lembab, maka Anda akan terhindar dari masalah kulit kering. Berarti otomatis Anda juga akan selamat dari masalah kulit gatal, kulit yang terasa ketat, kulit yang bersisik dan menyerpih.

2. Kulit Kusam? No Way!

Kulit Kusam

* sumber: theknclan.com

Ketika kulit kering, maka wajah akan terlihat kusam. Hal ini dikarenakan adanya kulit kering yang menggunung di beberapa area atau bahkan di seluruh permukaan wajah Anda. Biasanya ini terjadi ketika cuaca sangat dingin atau sangat panas (ketika tingkat kelembaban udara rendah dan udara kering).

Cuaca yang seperti itu membuat kulit jadi kering dan terkelupas. Jika dibiarkan, kulit bisa iritasi kemerahan yang membuat wajah terlihat kusam. Jika rutin menggunakan pelembab, maka Anda bisa terbebas dari masalah tersebut.

3. Kulit Selembut Pantat Bayi

kulit lembut handuk mengeringkan wajah

* sumber: www.dermstore.com

Pernah pegang kulit bayi? Kulit mereka terasa sangat lembut, bukan? Dengan rutin pakai moisturizer, Anda akan memiliki kulit yang lebih halus. Selain itu, jika Anda pakai pelembab yang ada kandungan SPF-nya, Anda pun dapat terhindari dari tanda-tanda penuaan dini dan risiko kanker kulit!

4. Kulit Glowing

glowing kulit

Tanda kulit sehat adalah kulit yang bercahaya walaupun tanpa makeup. Anda juga bisa memiliki kulit glowing dengan melibatkan rutinitas cuci muka dan pakai pelembab setiap hari. Ingin hasil glowing yang lebih maksimal? Gunakan moisturizer yang ada kandungan kolagennya!

5. Bye-bye Jerawat

Jerawat Kistik

* sumber: www.dream.co.id

Ketika Anda sedang berjerawat, apakah Anda berpikir untuk skip semua kosmetik dan skincare karena takut memperparahnya? Padahal, kalau Anda tidak pakai pelembab malah bisa memperparah jerawat, loh.

Kedengarannya berlawanan dengan pemikiran banyak orang, bukan? Pada kenyataannya, pelembab adalah sahabat kulit yang berjerawat. Soalnya, kulit yang kering malah akan membuat jerawat semakin parah.

Dokter kulit menyarankan menggunakan pelembab pada wajah yang bersih sebelum mengaplikasikan lotion atau gel obat jerawat. Obat tersebut akan menembus lebih dalam pada kulit yang lembab, jadinya jerawat pun sembuh.

Jika yang Anda khawatirkan adalah wajah terlihat seperti kilang minyak, berarti Anda harus memilih pelembab yang oil-free. Pilih juga pelembab yang tidak ada kandungan parfum dan telah berlabel noncomedogenic.

6. Terhindar dari Kerutan

pelembab wajah

* sumber: www.independent.co.uk

Ketika Anda berhenti pakai pelembab, kulit Anda akan lebih cepat keriput. Kenapa? Karena pelembab wajah merupakan skin barrier. Jadi, ketika Anda mengambil penghalang a.k.a pelindung kulit, otomatis kulit pun jadi rentan terhadap masalah.

Yang Anda lihat adalah kulit kering, padahal jauh di dalam itu merupakan peradangan kronis tingkat rendah yang terjadi pada kulit. Peradangan ini dapat memicu kerusakan kolagen, yang membuat penuaan dini terjadi.

Jika Anda sudah memiliki keriput, maka keriput Anda akan terlihat semakin parah kalau Anda skip pelembab. Kulit yang dehidrasi semakin "memunculkan" garis-garis keriput di wajah. So, kalau Anda tidak mau garis-garis keriput menonjol, lapisi kulit Anda dengan pelembab. Kalau bisa pelembabnya yang ada kandungan hyaluronic acid-nya.

Tanda-tanda penuaan tidak hanya berupa garis halus dan kerutan saja, tapi hiperpigmentasi (flek hitam) juga. Area kulit yang berubah warna ini dapat dikurangi dan disamarkan melalui penggunaan pelembab wajah yang mengandung SPF. Ingin tahu selengkapnya mengenai flek hitam? Baca di sini.

Rasakan sendiri oleh Anda setelah rutin menggunakan pelembab, pasti wajah jadi lebih lembut dan kemungkinan aging jauh lebih kecil.

7. Menambah Lapisan Proteksi

Sinar UV matahari

* sumber: foxandmoonclothing.wordpress.com

Seperti yang sudah Kamini bahas di atas, pelembab merupakan lapisan proteksi yang akan melindungi kulit dari beragam masalah. Biasanya kosmetik dan skincare mengandung bahan-bahan seperti retinoid, asam salisilat, dan benzoil peroksida yang cenderung membuat kulit kering. Makanya, jika Anda tidak pakai pelembab, Anda berisiko merasakan efek samping seperti kulit yang merah dan mengelupas.

Biasanya orang panik dan kapok ketika kulit mereka jadi kemerahan dan mengelupas. Padahal itu memang bagian dari skincare yang Anda jalani, yang mana bisa Anda hindari kalau rutin pakai pelembab. Akhirnya banyak orang yang berhenti melakukan perawatan di tengah jalan, tetap terkena masalah kulit kemerahan tanpa mendapatkan manfaatnya sama sekali.

8. Sinar UV? Tidak Takut!

Sinar UV matahari

* sumber: www.shutterstock.com

Skin protected from the sun through a facial moisturizer with SPF can help to retain the ability of collagen production. The retention of moisture within the skin is otherwise depleted from sun exposure. Skin creates collagen. With the maintained ability of the skin to create collagen, the skin not only can appear moisturized but also be less prone to fine lines and wrinkles.

Jika sering terkena sinar matahari, kelembaban alami kulit akan habis. Nah, penggunaan pelembab ber-SPF dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV. Pelembab dengan SPF juga akan membantu mempertahankan kemampuan produksi kolagen. Jika tingkat kolagen di dalam kulit Anda bagus, maka kulit pun akan senantiasa lembab dan kuat melawan garis halus serta kerutan.

9. Luput dari Masalah Polusi

Polusi

* sumber: www.chathamhouse.org

Pelembab tidak hanya berguna untuk melembabkan kulit, tapi juga melindunginya dari bahaya polusi perkotaan. Pelembab wajah yang bagus sudah dilengkapi dengan anti-pollution complex yang melindungi kulit dari pengaruh lingkungan yang keras. Pelihara lah kulit dengan rutin pakai pelembab sebagai lapisan pelindung yang bertindak sebagai penghalang terhadap polusi.

10. Flawless Makeup

Makeup

* sumber: www.thecut.com

Hobi dandan? Ingin makeup yang nampak sempurna? Anda tidak akan bisa mendapatkannya jika tidak pakai pelembab terlebih dahulu sebelum dandan. Kosmetik akan terlihat cakey, terutama di area mata dan bibir yang banyak garis lekukannya. Jadi, Anda seharusnya menghidrasi kulit terlebih dahulu sebelum menempelkan riasan wajah.

Nah, selesai sudah pembahasan Kamini tentang manfaat pelembab untuk kulit wajah. Walaupun terkesan sepele, ternyata fungsi pelembab sangat krusial, ya! Jadi, jangan sampai Anda skip pelembab lagi mulai sekarang.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram