Sunscreen atau Pelembab, Manakah yang Dipakai Lebih Dulu?

Ditulis oleh Linda

Memiliki rutinitas perawatan kulit yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu dilema yang sering dihadapi adalah menentukan urutan penggunaan produk perawatan kulit, khususnya antara sunscreen dan pelembap.

Kalau kamu merupakan salah satu pengguna skincare yang masih bingung dengan urutan pemakaian sunscreen atau pelembap, Kamini akan memberikan penjelasannya secara detail di artikel ini. Yuk, simak supaya kamu nggak bingung lagi!

Mengapa Penting untuk Memakai Skincare Sesuai Urutan?

Sunscreen Day Cream

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami mengapa urutan penggunaan skincare sangat penting. Setiap produk dirancang untuk bekerja secara optimal pada kondisi kulit tertentu dan untuk diserap dengan cara yang berbeda.

Menggunakan produk dalam urutan yang salah dapat mengurangi efektivitasnya, menyebabkan produk tidak terserap dengan baik, atau bahkan menyebabkan iritasi kulit.

Ada sebuah prinsip dasar sederhana yang bisa kamu ikuti, yakni gunakan produk skincare dari yang paling cair terlebih dahulu, lalu lanjutkan sampai ke yang paling kental.

Sunscreen atau Pelembap, Mana yang Lebih Dulu?

Sunscreen atau Pelembap, Mana yang Lebih Dulu

Urutan pemakaian sunscreen atau pelembap selalu menjadi perdebatan. Jika mengacu pada prinsip dasar “pakai skincare cair dulu, lalu yang lebih kental”, tingkat kekentalan sunscreen dan moisturizer setiap merek tentu berbeda. Terkadang ada moisturizer yang teksturnya lebih cair dari sunscreen, tapi merek yang lainnya cenderung lebih kental.

Jadi, untuk memastikan urutan pemakaian sunscreen atau pelembap, kita tidak bisa menjadikan prinsip dasar tersebut sebagai acuan.

Berdasarkan penjelasan dari Joshua Zeichner, dokter kulit terakreditasi yang berpraktik di New York City, urutan yang disarankan adalah mengaplikasikan sunscreen setelah semua produk lainnya, termasuk moisturizer.

Namun, ada catatan khusus untuk sunscreen jenis kimia, di mana sebaiknya diaplikasikan sebelum moisturizer untuk optimalisasi proteksi dari sinar UV, menurut saran Dr. Hadley King, seorang ahli dermatologi lainnya.

Sunscreen jenis kimia atau yang dikenal dengan chemical sunscreen membutuhkan kontak langsung dengan kulit untuk memberikan perlindungan maksimal. Jadi, sunscreen jenis ini memang harus dipakai sebelum kamu mengaplikasikan pelembap.

Para ahli kulit menekankan bahwa urutan pemakaian sunscreen sangat penting dalam menentukan efektivitas perlindungannya dari sinar matahari. Saat sunscreen diaplikasikan setelah moisturizer, lapisan yang terbentuk oleh moisturizer dapat menghalangi kontak langsung sunscreen dengan kulit.

Sebaliknya, jika sunscreen diaplikasikan sebelum moisturizer, kemampuannya dalam melindungi kulit dari sinar UV bisa berkurang karena moisturizer dapat mengganggu lapisan perlindungan yang dibentuk oleh sunscreen.

Kesimpulannya, urutan sunscreen atau pelembap ditentukan dari jenis sunscreen yang kamu pakai. Jika sunscreen yang kamu pakai tergolong jenis physical sunscreen, maka dipakainya setelah kamu mengaplikasikan pelembap.

Perbedaan Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen

Chemical and Physical Sunscreen

Perlu diketahui bahwa sunscreen terbagi menjadi dua tipe: chemical dan physical. Kalau kamu bingung dengan perbedaan keduanya, simak penjelasannya berikut ini:

  • Dari segi formulasi: Chemical sunscreen terbuat dari berbagai senyawa kimia yang reaktif pada kulit sehingga tidak direkomendasikan bagi mereka dengan kulit sensitif atau rentan berjerawat. Di sisi lain, physical sunscreen mengandung bahan mineral yang dianggap lebih aman untuk segala jenis kulit.
  • Mekanisme kerja keduanya juga berbeda: Chemical sunscreen menyerap sinar UV, membiarkan sinar masuk ke kulit sebelum dilepaskan perlahan. Sedangkan physical sunscreen menciptakan lapisan pelindung yang memantulkan sinar UV, dengan kata lain menjaga kulit dari paparan langsung sinar UV.

Untuk membedakan keduanya, cermati komposisinya. Chemical sunscreen mengandung senyawa seperti avobenzone dan oxybenzone, sementara physical sunscreen umumnya mengandung zinc oxide atau titanium oxide, bahan-bahan yang telah disetujui oleh FDA.

Langkah-Langkah Memakai Sunscreen dan Pelembap

Langkah-Langkah Memakai Sunscreen dan Pelembap

Sebagaimana yang sudah dibahas di atas, urutan pemakaian sunscreen dan pelembap bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenis sunscreen yang kamu pakai. Untuk memudahkanmu, Kamini akan memberikan langkah-langkah pemakaian sunscreen sebelum maupun sesudah pelembap.

Urutan Jika Sunscreen di Bagian Akhir

  • Bersihkan wajah dengan makeup cleanser dan facial wash sesuai jenis kulit.
  • Gunakan toner untuk mengangkat kotoran yang tertinggal dan seimbangkan pH kulit.
  • Aplikasikan serum, pastikan serum terserap sempurna sebelum melanjutkan.
  • Oleskan moisturizer untuk mengunci kelembapan.
  • Pakai sunscreen sebagai lapisan terakhir untuk melindungi dari sinar UV.

Urutan Jika Sunscreen Lebih Dulu dari Pelembap

  • Bersihkan wajah dengan micellar water, lakukan double cleansing dengan facial wash.
  • Gunakan toner untuk memastikan kebersihan.
  • Aplikasikan serum, tunggu agar terserap sempurna.
  • Oleskan sunscreen kimia secara merata, tunggu 30 detik.
  • Aplikasikan moisturizer.

Nah, ternyata menentukan urutan pemakaian sunscreen dan pelembap tidak serumit yang dibayangkan, ya! Cek saja produk sunscreen yang kamu miliki – termasuk chemical sunscreen atau physical sunscreen – agar kamu bisa menentukan urutan yang tepat.

Berbicara mengenai sunscreen dan pelembap, keduanya sama-sama penting dan nggak boleh di-skip begitu saja. Apalagi jika kamu termasuk orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari, maka sunscreen adalah produk yang wajib banget masuk dalam rutinitas skincare harianmu.

Baik sunscreen dan pelembap bisa dipakai bersamaan. Namun alangkah baik jika kamu memberi jeda 5-10 menit sebelum mengaplikasikan produk kedua. Misalnya, setelah mengaplikasikan pelembap, diamkan kulit selama 5 menit, baru kemudian oleskan sunscreen.

Dewasa ini, ada juga produk pelembap yang sudah dilengkapi dengan sunscreen, lho. Jadi, kamu bisa menggunakan satu produk ini untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus melindungi kulit dari sinar UV.

Pelajari lebih lanjut mengenai cara memakai sunscreen di artikel ini. Kamu juga bisa mengoreksi cara memakai pelembap dengan membaca artikel ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram