Review Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Perjalanan saya mencari sunscreen bagus belum terhenti, terutama setelah saya memutuskan untuk rutin berenang tiap minggunya. Sunscreen yang water-resistant menjadi salah satu tolak ukur yang saya cari karena harus bisa melindungi kulit saya selama berenang setidaknya 30 menit. Soalnya saya bisa menghabiskan waktu 30 menit setiap kali berenang.

Produk sunscreen sendiri sebenarnya bukanlah produk yang tengah hype akhir-akhir ini, tapi lebih tepatnya produk yang ‘seharusnya sudah diketahui untuk digunakan setiap hari’. Makanya banyak sekali skincare ethusiat, dematologi, dan para ahli yang mewanti-wanti masyarakat untuk menggunakan sunscreen.

Luckily, hingga saat ini sudah banyak produk sunscreen yang diproduksi dan dipasarkan untuk masyarakat. Makanya akan mudah bagi kita untuk menemukan produk-produk tabir surya ini. Dari yang bentuknya lotion, spray hingga stick. Semuanya hadir dengan tujuan utama, melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Tentang Produk

eview biore aqua rich watery essence_tentang produk

Salah satu produk sunscreen yang banyak didengungkan tak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara, adalah Biore UV Aqua Rich Water Essence. Produk ini sempat menghebohkan dunia skincare beberapa tahun lalu, dan masih menduduki posisi khusus sebagai salah satu sunscreen terbaik yang pernah ada di Indonesia.

Biore UV adalah brand khusus sun protection dari Biore yang berisi produk-produk sunscreen. Di Jepang sendiri, produk-produk Biore UV sangat digandrungi karena dianggap berkualitas. Produk pertama Biore UV sendiri diperkenalkan pada tahun 2015, dengan mengusung nama Aqua Rich Watery Essence dan Watery Gel yang memiliki tekstur dan concern sedikit berbeda, tapi tetap dengan tujuan utama dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari,

Tahun 2017, Kao, perusahaan yang menaungi Biore, memperkenalkan produk Biore UV Aqua Rich dengan improved formulation dan perubahan cukup drastis pada warna packaging-nya.

Karena nggak mau merasa puas dengan inovasi sebelumnya, tahun 2019 pun Kao kembali memperbaharui produk ini dengan perubahan pada formulasi, teknologi, dan sedikit pembaharuan pada desain kemasan. This product has been through a long journey, right?

Dari pembaharuan tersebut, tampak jelas bahwa Kao nggak main-main dalam memformulasikan Biore UV Aqua Rich Watery Essence maupun Watery Gel. Bahkan Kao mengaku kalau penelitian tentang sunscreen ini masih terus dilakukan, dengan harapan kualitas produk akan semakin baik sehingga perlindungan yang disuguhkan pun optimal.

Saya sendiri berkesempatan untuk mereview varian Watery Essence dari Biore UV Aqua Rich yang mana diklaim bisa mencegah kulit kering. Walau sebenarnya jenis kulit saya sendiri cenderung kombinasi berminyak. Tapi, nggak masalah kok. Soalnya produk ini disebut-sebut works juga buat pemilik kulit berminyak.

Klaim dan Benefit

“Waterproof suncreen yang memberikan perlindungan lebih merata dengan Micro Defense Formula. Terasa ringan seperti air. Dengan SPF 50+/PA++++ -melindungi kulit wajah dan badan dari efek buruk sinar UVA dan UVB"

Secara spesifik Biore menjabarkan enam manfaat UV Aqua Rich Watery Essence sebagai berikut:

  • Mengandug water capsule. Mencegah kulit kering.
  • Mengandung hyaluronic acid, royal jelly extract dan bahan pelembap
  • Water-proof type (dibuktikan dengan uji water resistance 80 menit), namun tetap mudah dibersihkan dengan sabun
  • Nggak mengandung pewarna tambahan
  • Formulasinya mencegah jerawat (telah diuji non-comedogenic)
  • Telah melalui uji alergi

Biore juga menyebutkan bahwa produk ini bisa membaur baik pada kulit, memberikan hasil transparan tanpa meninggalkan whitecast. Produk juga dapat digunakan sebagai base makeup karena dapat membaur baik dengan foundation, dengan tampilan akhir kompleksi yang silky.

Sayangnya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini masih mengandung fragrance yaitu aroma white muguet atau populer disebut Lily of The Valley.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan sunscreen ini kamu hanya perlu mengaplikasikan secukupnya secara merata di permukaan kulit. Tapi pastikan sunscreen nggak mengenai langsung pakaian ya sebelum mengering. Kamu juga perlu mengaplikasikannya kembali setelah berkeringat untuk proteksi yang selalu optimal.

Nah, kalau untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan facial wash favoritmu untuk mengangkat sunscreen yang masih menempel di kulit.

Fun Fact

Tau nggak sih kalau Biore UV Aqua Rich Water Essence ini belum diproduksi langsung di Indonesia?

Kalau saya baca langsung dari informasi kemasan, sunscreen ini ternyata langsung diproduksi oleh pabrik Kao Corporation yang berada di Tokyo, Jepang. PT Kao Indonesia sendiri cuma berperan sebagai distributor.

Jadi intinya, Biore UV Aqua Rich Water Essence yang saya pakai ini punya kualitas sama dengan produk yang dipakai orang-orang Jepang.

Kemasan

eview biore aqua rich watery essence_kemasan

Sunscreen Biore ini dikemas dalam wadah squeezable dari plastik yang kokoh, ringan, dan lembut. Bagian cap ulir juga berbahan plastik, tapi lebih kokoh dan kuat dari bagian badan.

Untuk sunscreen ini, Biore pake grafis metalik berwarna biru langit begradasi untuk menghias badan produk. Warna yang outstanding sekaligus menyegarkan.

Ketika bagian cap dibuka, kamu akan disambut dengan pointy nozzle yang nggak begitu dibuat tajam, sebagai lubang tempat produk keluar. Lubang pada nozzle juga nggak begitu besar ataupun terlalu kecil, jadi tiap produk dikeluarkan akan berjumlah cukup.

Ingredients List

Review Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence 3

Penting untuk tahu kandungan apa saja yang terkandung dalam produk suncreen. Hal ini untuk membuktikan proteksi yang diklaim oleh brand tentang produk sunscreen tersebut.

Nah, untuk sunscreen fenomenal dari Biore ini, kira-kira mengandung bahan apa saja ya dalam formulasinya? Yuk, kita kuak sendiri!

Full Ingredients

Water, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Triazone, Isopropyl Palmitate, Lauryl Methacrylate/​Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Hydrogenated Polyisobutene, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Dextrin Palmitate, Butylene Glycol, Xylitol, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Dimethicone, C12-15 Alkyl Benzoate, Glycerin, Propanediol, Glyceryl Stearate, Glyceryl Behenate, Vinyl Dimethicone/​Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Potassium Hydroxide, Cetyl Alcohol, Agar, Sorbitan Distearate, Isoceteth-20, Polyvinyl Alcohol, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Stearoyl Glutamic Acid, Arginine, Disodium EDTA, Fragrance, BHT, Sodium Hydroxide, Tocopherol, Royal Jelly Extract, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Methylparaben.

Key Ingredients

Satu hal yang paling saya suka dari sunscreen adalah ketika membahas uv filter di dalamnya. Dan bukan Cuma uv filter, karena sekarang sunscreen bertebaran dengan side benefit yang bermacam-macam, jadinya penting juga untuk tahu kandungan apa saja yang penting dan berperan dalam performa sunscreen ini.

  • UV Fiter

Kalau dlihat dari ingredients list, Biore UV Aqua Rich Water Essence ini punya lebih dari satu bahan yang bersifat uv filter di dalamnya. Ada etylhexyl metoxycinnamate yang udah nggak asing lagi buat beauty junkies karena sering banget ditemukan dalam produk kosmetika, terus ada ethylhexyl triazone, diethyl hydroxybenzoyl hexyl benzoate dan bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine.

Ethyhexyl metoxycinnamate sudah lama diandalkan dalam urusan proteksi terhadap sinar UVB yang juga ditunjang oleh ethyhexyl triazone. Sementara perlindungan terhadap sinar UVA dipercayakan Biore pada diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate. So, sunscreen ini punya perlindungan baik terhadap UVA maupun UVB.

Nah, satu bahan yang namanya paling panjang yaitu bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, ternyata diklaim sebagai salah satu sunscreen agent terbaik saat ini karena proteksinya yang broad spectrum alias bisa mencegah penetrasi UVA maupun UVB pada kulit. Key ingredient ini juga bersifat photostable yang artinya tetap stabil walaupun terkena radiasi seperti cahaya. Keren, ya?

Oh iya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini berjenis chemical sunscreen karena semua uv filter di dalamnya itu bahan-bahan organik. Jadi memang kemungkinan sunscreen ini nggak ninggalin white cast kalau memacu pada kandungan UV filternya.

  • Tocopherol

Jenis vitamin E ini juga merupakan bahan yang well-known karena banyak banget dipakai dalam produk skincare maupun makeup. Sama halnya dengan bentuk murni vitamin E, tocopherol juga punya fungsi antioksidan yang bisa melawan efek radikal bebas.

  • Glycerin

Salah satu bahan yang menyandang predikat master of hydration ini juga terkandung dalam Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Makanya Biore mengklaim produk ini cocok digunakan untuk pemilik kulit normal kering karena kemampuannya tersebut.

  • Arginine

Bahan lain dalam formulasi produk ini yang dry-skin—atau  lebih tepatnya dehydrated-skin friendly adalah arginine. Ingredient ini merupakan bahan baku kolegen pada kulit. Makanya selain disebut hydrator dan natural moisturizing factor, arginine juga bisa diandalkan dalam mempercepat penyembuhan luka.

  • Sodium Hyaluronate

Masih ingat kalau Biore dengan terang-terangan menyebutkan sunscreen ini punya kandungan hyaluronic acid? Benar, sodium hyaluronate adalah bentuk garam dari hyaluronic acid yang bersifat lebih stabil, mudah diformulasikan, dan affordable dibadingkan bentuk murni hyaluronic acid.

  • Royal Jelly

Highlight ingredient lain yang menurut Biore penting disamping hyaluronic acid adalah royal jelly. Bahan alami yang diambil dari hasil sekresi lebah madu ini konon dapat mengurangi inflamasi pada kulit dan bersifat antibakteri. Bukan itu saja, ada juga yang menyebutkan bahwa royal jelly dapat berguna untuk mengurangi penuaan kulit.

Sayangnya, belum banyak penelitian ilmiah yang bisa membuktikan khasiat royal jelly untuk kulit tersebut. Jadi manfaat royal jelly untuk kulit sebaiknya nggak usah terlalu kita andalkan terlebih dahulu.

Impresi

Kalau diliat dari spesifikasi yang diklaim sama Biore, keliatannya sunscreen ini bakal punya impresi positif buat saya yang punya jenis kulit kombinasi berminyak. Soalnya kebutuhan kulit saya ini adalah produk yang nggak terasa berat, mudah meresap dan mudah mengering ketika selesai diaplikasikan. Kalau begitu, cari tahu sendiri yuk!

Tekstur

eview biore aqua rich watery essence_tekstur

Dari segi tekstur memang produk ini nggak se-dense produk chemical sunscreen yang pernah saya coba sebelumnya. Saya bahkan ngerasa teksturnya cenderung gel-cream, makanya mudah banget diratakan dan dibaurkan ke kulit.

Aroma

Biore sendiri nyebutin di klaimnya kalau UV Aqua Rich Watery Essence ini punya aroma white muguet atau Lily of The Valley.

Jujur, saya nggak tau bagaimana tepatnya aroma tanaman tersebut, jadi saya belum bisa setuju dengan klaim Biore soal aroma. Tapi yang pasti, aroma sunscreen ini nggak terasa fake di hidung saya, malah cenderung lembut dan nggak ganggu.

Warna

Kalau saya amati dari ingredients list, memang nggak ada bahan yang masuk kategori colorant pada sunscreen ini. Dan saat saya lihat sendiri dari warna produk yang keluar dari botol pun, nggak ada warna aneh selain warna sunscreen yang slightly yellowish, yang menurut saya normal buat produk-produk bertekstur seperti ini. Jadi, bisa dibilang klaim Biore tentang produk yang nggak ditambahin pewarna itu benar adanya.

Aplikasi

eview biore aqua rich watery essence_tekstur 2

Satu hal yang paling saya acungi jempol dari Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini adalah teksturnya yang mudah meresap. Kalau biasanya produk sunscreen butuh waktu at least 20 menit buat nge-set, sunscreen Biore ini hanya makan waktu 5-10 menit di kulit saya. Kecepatan nge-set ini tentu sangat berguna buat menghemat waktu apalagi kalau jadwal lagi super padat.

Selain teksturnya yang mudah meresap dan mudah dibaurkan, Biore UV Aqua Watery Essence juga nggak terasa heavy buat saya saat pertama kali diaplikasikan. Pokoknya, saya setuju dengan klaim Biore yang bilang kalau sunscreen ini ringan.

Bukan itu saja, biasanya produk sunscreen yang saya gunakan ngasih glowy after effect yang lumayan jelas—almost greasy, tapi Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini nggak begitu bikin wajah glowing berlebihan. Dan tentu saja, no whitecast.

eview biore aqua rich watery essence_aplikasi

Bisa dilihat sendiri dari foto, saya bahkan nggak menemukan perbedaan siginifikan antara bagian wajah yang bare sama bagian yang pakai sunscreen. Cuma bagian kening aja yang keliatan lebih glowing sedikit, yang berarti memang produk udah bikin lapisan pelindung di permukaan kulit.

Performa dan Daya Tahan

eview biore aqua rich watery essence_performa

Sejujurnya saya berharap banyak dari Biore UV Aqua Rich Watery Essece ini mengingat ia sangat digandrungi dan disebut-sebut sebagai salah satu sunscreen terbaik beberapa tahun terakhir kebelakang di Indonesia. Apalagi setelah saya membaca klaim yang disuguhkan Biore soal produk ini, benar-benar menggiurkan bagi saya yang mencari sunscreen nyaman, ringan, waterproof dan nggak berminyak.

Oke, mari dimulai dengan klaim pertama bahwa produk dapat mencegah kulit terasa kering. Kebetulan karena kulit saya termasuk yang kombinasi; area T-Zone berminyak dan area lain cenderung normal, saya bisa merasakan dengan jelas bahwa klaim ini berfungsi dengan baik di area kulit saya yang normal, contohnya pipi. Area ini selalu terasa lembap tanpa ada sensasi kering apalagi ketarik selama saya pakai produk.

Sebenarnya, ada area di T-Zone saya yang tengah mengelupas akhir-ahir ini, yaitu hidung bagian bawah. Namun selama penggunaan Biore UV Aqua Rich Watery Essence, pengelupasan pada area tersebut nggak malah diperjelas. Sebaliknya, sunscreen bisa 'merendam' sel-sel kulit mati tersebut dengan baik, sehingga tampilan kulit mengelupas jadi minimal.

Performa ini juga menunjang klaim kedua Biore yang bilang bahwa sunscreen mengandung bahan-bahan pelembab. Kalau dilihat dari ingredients list pun bahan-bahan seperti hyaluronic acid (dalam bentuk sodium hyaluronate), royal jelly, arginine, dan tocopherol memang tampak menunjang fungsi ini. Makanya area kulit saya yang normal dan mengelupas, nggak malah jadi kering dan dehidrasi.

Next, untuk klaim waterproof dari produk yang katanya udah dibuktikan dengan uji water resistance selama 80 menit, harus saya katakan bahwa klaim ini nggak begitu merepresentasikan kemampuan water resistance-nya secara practical.

Soalnya selama saya pakai sunscreen dari pukul 10.00 hingga penghujung hari, saya dengan jelas bisa merasakan bahwa sunscreen benar-benar luntur setelah saya berwudhu 2 kali. Jadi waktu saya mencoba menyentuh wajah pada sore menjelang malam, wajah saya sudah nggak begitu licin lagi, yang artinya semua produk yang saya pakai di wajah sudah luntur termasuk sunscreen ini.

Meskipun begitu, bagi saya kemampuan Biore UV Aqua Rich Watery Essence buat bertahan dikulit meski terkena air is way better dibandingkan sunscreen lain tanpa klaim waterproof yang pernah saya coba. Soalnya sunscreen tersebut cenderung gampang luntur bahkan dari pertama kali saya berwudhu. So, well done, Biore!

Sebagai orang yang punya isu soal pori-pori, terutama di bagian T-Zone dan sedikit area pipi, saya juga nggak ngerasa sunscreen Biore ini bikin clogged pores di wajah, setelah saya pakai selama 2 hari berturut-turut.

Jerawat yang saya punya pun nggak malah jadi makin parah keadaannya. Sehingga klaim non-comedogenic dan acne prevention cukup works di kulit saya.

Bukan cuma nggak nimbulin clogged pores dan nggak memperparah acne, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini juga nggak menimbulkan reaksi alergi apapun di kulit saya. Sebab selama dipakai, saya nggak ngerasa kulit jadi panas, tingling sensation, gatal ataupun jadi kemerahan. Malah sunscreen nggak bikin muka saya jadi gosong karena paparan sinar matahari. Sunscreen juga tetap terasa lightweight dari awal pemakaian sampai saat sunscreen mulai fade dari kulit.

Dan satu lagi, karena saya juga punya masalah sebum production di area T-Zone, luckily, sunscreen nggak bikin minyak di T-Zone saya jadi overproduced. Wajah saya jadi nggak kayak kilang minyak selama pemakaian, terlepas dari sedikit efek glowy yang dikasi sunscreen.

Secara keseluruhan, saya menilai produk ini punya peforma yang cukup positif untuk kulit saya. Tapi ingat ya, hasil ini bisa berbeda-beda di tiap orang, mengingat setiap orang punya karakter dan kondisi kulit berbeda.

Tips dan Trik

Ketika pakai sunscreen, jangan ragu-ragu untuk pakai dalam jumlah yang cukup ya. Jumlah yang cukup sendiri maksudnya adalah jumlah yang bisa menutupi semua permukaan kulit yang terpapar matahari.

Kamu juga perlu menambah ekstra layer buat area-area wajah yang menonjol kayak hidung dan jidat, karena area ini paling rentan gosong kalau terlalu lama terekspos matahari. Cara menggunakan sunscreen yang tepat juga bisa kamu baca di sini.

Harga dan Tempat Pembelian

eview biore aqua rich watery essence_fun fact

Sunscreen ini sudah banyak beredar di Indonesia dan kamu nggak akan kesulitan menemukannya, terutama online. Kalau dari harga, mungkin produk ini termasuk yang ‘a bit pricy but worthy’ buat orang Indonesia, karena dibanderol seharga Rp90.000-Rp120.000 untuk sunscreen berukuran 50g.

Kesimpulan

eview biore aqua rich watery essence_2

Sunscreen dari Biore ini cukup friendly dengan jenis kulit saya yang kombinasi berminyak. Selain itu, banyak juga kemampuan sunscreen yang menurut saja menjadikan nilainya sepadan dengan harganya.

Pros

  • Mudah nge-set dan ringan
  • No whitecast
  • Tanpa bahan pewarna tambahan
  • Melembabkan area kulit yang kering
  • Ngasih glowy effect yang nggak berlebihan dan nggak greasy
  • Nggak bikin wajah terlalu berminyak
  • Nggak bikin breakout atau jerawat di kulit saya

Cons

  • Nggak begitu waterproof, tapi lebih baik dibandingkan sunscreen tanpa klaim waterproof
  • Masih ada kandungan fragrance, walau nggak menganggu dari sisi aroma

Itulah sedikit banyak pengalaman yang saya punya selama pemakaian Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Sampai sekarang, kulit saya belum menunjukan reaksi negatif apapun selama pakai produk ini. Makanya saya akan habiskan produk ini terlebih dahulu sebelum pindah ke produk sunscreen lain.

Nah, apakah kamu punya pengalaman yang nggak kalah menarik selama pakai Biore UV Skin Aqua Rich Watery Essence? Jangan ragu untuk berbagi dnegan pembaca lain di kolom komentar, ya! Kamini juga punya rekomendasi sunscreen lain yang bisa kamu jadikan referensi, lho. Ada sunscreen untuk kulit berminyak, kulit kering, acne-prone, hingga kulit sensitif.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram