Kamini.id / Review / Produk Terbaru! Review Lightening Liquid Concealer-nya Wardah

Produk Terbaru! Review Lightening Liquid Concealer-nya Wardah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Horeee, produk yang dinanti-nanti akhirnya rilis juga. Wardah belum lama ini mengumumkan produk teranyar mereka diantaranya ada lini skincare Hydra Rose, lalu lini makeup Wardah Exclusive Matte Lip Cream dan Lightening Makeup Series. Nah, dari seri Lightening ini, kita mendapatkan Powder Foundation, Liquid Foundation, dan yang mau Kamini bahas sekarang ini, Wardah Lightening Liquid Concealer.

Menjagokan sisi lightening-nya, concealer bertubuh mungil ini digadang-gadang mampu mencerahkan area bawah mata serta menyamarkan bekas jerawat dengan baik. Dan, namanya juga Wardah, pasti harga yang ditawarkan juga nggak mahal.

Makanya, walaupun masih baru di pasaran, concealer ini langsung dicari-cari banyak orang dan banyak yang ingin tahu seberapa hebatnya Wardah Lightening Liquid Concealer. Yuk, langsung saja simak review-nya dari tim Kamini di bawah ini!

Wardah Lightening Liquid Concealer Review

Untuk review, sebelumnya kami mau bahas mengenai klaim dan benefit produknya terlebih dahulu. Selain itu, di sini juga kami akan bahas mengenai cara pemakaiannya. Berikut ulasan selengkapnya:

Klaim dan Benefit

Wardah Lightening Liquid Concealer memiliki jargon “cerah, halus, bercahaya”. Concealer medium-to-high coverage ini bisa membantu kamu menyamarkan bekas jerawat dan juga mata panda. Formulanya yang ringan membuat concealer ini nyaman banget buat penggunaan sehari-hari. Lalu,ada juga beberapa benefit lainnya, seperti:

  • Micronized Bright Pigment yang akan mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit
  • Oil Absorber untuk menyerap minyak berlebih dari wajah, sehingga makeup kamu lebih tahan lama up to 12 jam*

Produk ini juga non-comedogenic, sudah dermatologically tested, dan cocok untuk semua tipe kulit! Saya rasa, concealer ini sangat sempurna untuk menyamarkan kantung mata hitam serta memberikan highlight pada area wajah yang biasa ditonjolkan, seperti hidung, tulang pipi, dagu, dan dahi.

Cara Pemakaian

  • Pertama-tama, gunakan skincare dan alas bedakmu seperti biasa
  • Kedua, Buka kemasan Wardah Lightening Liquid Concealer dengan cara putar tutupnya
  • Ketiga, totol-totol, titik-titik, atau oles Wardah Lightening Liquid Concealer pada area yang dirasa perlu (bawah mata, flek hitam, tanda lahir, dll)
  • Keempat, ratakan Wardah Lightening Liquid Concealer dengan spons, brush, atau pun jari kamu
  • Sekarang, kamu bisa melanjutkan sisa makeup-mu dan siap untuk menjalani hari!

Kemasan

Sama seperti concealer cair manapun juga, Wardah Lightening Liquid Concealer datang dengan kemasan botol plastik dan aplikator tipe doe foot. Akan tetapi, rata-rata concealer lainnya berukuran lebih panjang atau tinggi dibandingkan concealer Wardah ini. Padahal isinya kurang lebih sama dengan merk sebelah, yaitu 7 gram. Berarti concealer-nya Wardah lebih ramah tempat, sih, tidak menuhin pouch makeup kalau mau dibawa ke mana-mana.

Untung warna botolnya mengikuti warna shade concealer, kalau tidak, kamu bisa salah ambil mengira ini Wardah Cheek & Lip Tint, hehe. Soalnya, dari ukuran hingga feel-nya, concealer dan lip tint Wardah persis banget. Warna tutup kemasannya juga sama-sama putih. Tapi, saya tidak ada masalah dengan itu, kok. Yang penting, kemasannya compact dan kokoh. Aplikatornya juga cukup luwes dan lembut ketika terkena kulit. Sukaaa!

Oh ya, di body kemasannya tertera tanggal expired. Jadi, walaupun kamu kehilangan boksnya kamu masih bisa melihat tanggal ‘basi’nya concealer ini di badannya. Untuk bagian bawah concealer ditempel stiker yang berisi nama, shade, dan berat concealer tersebut. Simpel tapi cukup informatif.

Ingredient List

Bagi yang ingin mengetahui bahan-bahan dari produk ini silakan simak ulasan berikut ini. Kami membaginya menjadi dua bagian, full ingredients dan key ingredients.

  • Full Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane, Phenyl Trimethicone, Cyclohexasiloxane, Butylene Glycol, Triethylhexanoin, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, PEG-10 Dimethicone, Disteardimonium Hectrorite, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Silica, Aluminum Hydroxide, Niacinamide, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Isopropyl Titanium Triisostearate, Allantoin, Disodium EDTA.

  • Key ingredients

Wardah Lightening Liquid Concealer mengandung Vinyl Dimethicone Crosspolymer atau Dimethicone. Apa yang dilakukan kandungan ini? Jadi, jenis silikon yang paling umum digunakan dalam kosmetik ini merupakan molekul polimer yang bekerja sebagai emolien.

Sebagai skincare, Dimethicone akan membuat tampilan kulit jadi lebi hhalus dan ada kilau alaminya. Kandungan ini juga akan mengisi garis-garis halus sehingga kerutan pun tersamarkan dan kulitmu yang kendor jadi terlihat fluffy lagi.

Psst, concealer ini juga ternyata mengandung Zinc Gluconate yang bekerja sebagai anti-acne dan soothing kulit. Jika kamu termasuk acne prone skin atau sedang berjerawat, dan mencari-cari concealer yang aman buat kulitmu, bisa banget pakai Wardah Lightening Liquid Concealer. Jenis zinc salt ini, menurut penelitian, efektif melawan peradangan jerawat (walaupun tidak seefektif minocycline antibiotik).

Sedangkan kandungan Disodium EDTA bekerja sebagai penstabil kosmetik agar lebih tahan lama. Makanya, Wardah berani mengklaim kalau concealer mereka mampu bertahan hingga setengah hari penuh (12 jam*).

Impresi

Sejauh ini, saya pikir Wardah benar-benar memanjakan pelanggannya melalui Lightening Liquid Concealer ini. Dengan harga yang kurang dari 50.000, kita sudah mendapatkan daily wear concealer yang formulanya ringan, blendable, buildable, dan tahan lama. Buat yang kulitnya berminyak pun nampaknya bisa agak sedikit merasa lega karena concealer ini ada kandungan oil control-nya.

Terus, menurut review lainnya yang saya baca, concealer Wardah ini juga waterproof, jadi nggak akan geser apalagi cakey kalau terkena keringat ataupun air. Untuk hasil terbaik direkomendasikan untuk menggunakan Wardah Lightening Liquid Foundation, tapi kalaupun mau pakai alas bedak lainnya juga tidak masalah, karena saya telah membuktikannya sendiri dan cocok-cocok saja.

  • Tekstur

Walaupun namanya liquid, Wardah Lightening Liquid Concealer ini lumayan creamy. Saat diaplikasikan ke kulit, concealernya tidak runny alias tidak jalan-jalan ke mana-mana. Bagus, saya suka teksturnya. Concealer-nya enak buat di-blend terus bisa dibangun hingga ketebalan maksimum tanpa terlihat medok. Dan, walaupun shade-nya sedikit terlihat keputihan buat kulit saya, tapi setelah diratakan jatuhnya jadi pas banget buat nge-highlight.

  • Wangi

Wardah Lightening Liquid Concealer tidak memiliki aroma tertentu, sih, kalau menurut saya. Karena, saya tidak mencium aroma apa-apa dari concealer ini. Tapi, kalau dirasa-rasa, concealer ini aromanya seperti bedak. Terbayang kah oleh kamu?

Swatch

*Garis bawah: concealer belum di-blend. Garis atas: concealer sudah di-blend dengan spons lembab

Namanya juga produk, pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk Wardah Lightening Liquid Concealer ini, salah satu kekurangannya adalah, hanya hadir dalam dua shade saja. Pilihannya ada 01 Light dan 02 Beige. Untuk shade 01 Light ini buat skintone light to medium, sedangkan shade 02 Beige untuk skintone medium to tan. Saya sendiri pakai shade nomor satu.

Menurut saya, jika ingin bisa terpakai oleh semua orang di Indonesia, Wardah seharusnya mengeluarkan beberapa shade concealer lagi. Karena, warna kulit orang Indonesia itu bervariatif agak mirip seperti orang Amerika, ada yang kulitnya putih porselen, kuning langsat, sawo matang, hingga black juga ada.

Makanya, untuk shade-nya yang cuma dua ini sama sekali tidak mewakili semua skintone di Nusantara. Semoga ke depannya Wardah berani merilis lebih banyak warna untuk concealer dan produk lainnya juga, ya.

Daya Tahan dan Performa 

Saya suka banget, sama Wardah Lightening Liquid Concealer secara (hampir) keseluruhan. Walaupun shade 01 Light agak terlalu putih buat kulit saya, tapi setelah di-blend hasilnya nyatu banget sama kulit.

Walaupun saya pakainya tidak banyak-banyak amat, tapi hasilnya sudah bisa meng-cover mata saya yang celong karena kurang tidur! Bahkan kalau perlu dibandingkan, concealer Wardah sedikit lebih oke daripada Maybelline Instant Age Rewind Concealer.

Akan tetapi, untuk pori-pori besar dan bruntusan di sekitar hidung juga pipi saya, Wardah Lightening Liquid Concealer kurang mumpuni untuk menyamarkannya. Tapi, hal ini masih bisa ‘diampuni’ dan masih bisa diakali dengan menggunakan setting powder dan bedak padat nanti.

Selain dipakai untuk menyamarkan noda pada wajah dan memberikan highlight pada area tertentu, Wardah Lightening Liquid Concealer juga bisa digunakan untuk merapikan makeup yang salah. Seperti lipstik atau eyeliner yang kurang rapi, kamu bisa ‘cleaning’ dengan concealer ini.

Karena ujung aplikatornya miring runcing, jadi memudahkan juga buat proses merapikan makeup seperti ini. Praktis, kan, daripada hapus pakai makeup remover, terus mulai pondasi makeup dari awal lagi. Jadinya nggak capek dan lebih hemat waktu.

Oh, ya, kulit saya memang kering. Tapi, untuk area mata sering banget crease dan area hidung juga lumayan sedikit berminyak, apalagi kalau saya tidak touch up sama sekali. Akan tetapi, concealer ini sama sekali tidak crack!

Padahal saya tidak touch up walaupun saya sehabis wudhu. Jadi, menurut saya klaim Wardah tentang tahan lama dan bebas minyaknya benar, sih. Memang, tingkat coverage concealer ini menurun sekian jam berlalu, itu wajar, yang penting kan tidak crease. Keren banget, pokoknya.

Kesimpulan

Final verdict untuk Wardah Lightening Liquid Concealer, saya suka! Saya ini tipe orang yang jarang banget repurchase produk, karena saya selalu ingin mencoba yang baru/yang lain. Akan tetapi, saya berpikir suatu saat akan membeli ulang concealer ini.

Soalnya, coverage-nya bagus banget. Walaupun dibilang medium to high, saya rasa tingkat menutupi nodanya tinggi banget, sih. Diaplikasikan sedikit juga sudah nutupin kekurangan di wajah saya. Bahkan saya bisa meratakan concealer yang saya aplikasikan di bawah mata sampai area pipi untuk jadi highlight.

Yang saya kurang sreg hanya pada kesediaan shade dan hasilnya yang matte saja. Which is bukan masalah buat sebagian orang untuk statement saya yang terakhir, karena beberapa orang lebih suka hasil makeup matte, bukan?

Sedangkan kulit saya yang kering jika dipadukan kosmetik matte itu terkesan – kering kerontang – gitu, jadi saya lebih prefer skincare dan makeup yang efeknya dewy. Sebenarnya concealer ini tidak membuat kulit saya semakin kering, cuma saya kurang suka saya muka saya matte, begitu..

Pros (+)

  • Concealer ringan dengan hasil matte, bisa buat pemakaian sehari-hari
  • Packaging-nya yang kecil memudahkan untuk dibawa saat bepergian
  • Aplikatornya lembut dan berujung lancip jadi bisa dipakai buat merapikan alis, eyeliner, eyeshadow, dan lipstik yang menceng-menceng
  • Tingkat coverage-nya buildable, bahkan bisa sampai full dengan hasil masih natural
  • Teksturnya mudah dibaurkan baik pakai brush, beauty blender, maupun jari
  • Tidak crease seharian penuh
  • Harga sangat terjangkau

Cons (-)

  • Tidak menyamarkan pori-pori besar
  • Hanya ada 2 shade untuk kulit yang cenderung cerah, jika dipaksakan untuk skintone yang lebih warm, jatuhnya jadi abu-abu
  • Untuk kulit berminyak ketahanan concealer-nya berkurang 1/2 alias hanya bertahan hingga kurang lebih 6 jam saja
  • Di beberapa orang, concealer ini terasa lengket jadi harus di-set dengan bedak sesegera mungkin, tapi bagi saya concealer ini baik-baik saja tidak lengket

Harga & Tempat Membeli

Overall, untuk concealer dengan harga Rp 40.000 (Rp 28.000 saat diskon),Wardah Lightening Liquid Concealer worth it banget kamu coba, bahkan bisa saja menjadi concealer holy grail-nya kamu. Jika tertarik, kamu bisa membelinya secara online di Lazada melalui link ini atau di Shopee lewat link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *