Review Wardah Lightening Liquid Foundation, Tampil Natural

Ditulis oleh Sera Serinda A

Salah satu brand kenamaan yang mengusung produk skincare dan makeup halal di Indonesia, yaitu Wardah, tak mau berpuas hati dengan produk yang telah dirilisnya.

Pada tahun 2020 ini, Wardah melakukan inovasi pada Lightening Series dengan menganti desain kemasan produk yang lebih menarik dan meningkatkan formulasi yang digunakan. Tak hanya melakukan pembaharuan desain dan formulasi skincare dalam Lightening Series, Wardah bahkan menambahkan line produk dekoratif pada series ini.

Wardah Lightehing Makeup Series tentu saja langsung menarik perhatian konsumen sejak pertama kali dirilis pada bulan Juli lalu. Terdiri dari powder foundation, liquid foundation, liquid concealer, dan matte loose powder, Wardah menekankan pada produk-produk kompleksi dalam line dekoratif Lightening Series ini.

Meski begitu, produk-produk tersebut langsung menjadi incaran para beauty junkies. Tak sedikit dari produk-produk tadi yang menjadi viral di sosial media karena banyak influencer langsung mengulas dan memberikan kesan baik pada Wardah Lightening Makeup. Salah satu produk yang difavoritkan adalah Wardah Lightening Liquid Foundation.

Saya tentu tak mau ketinggalan dong untuk mengulas salah satu produk teranyar Wardah ini dan menguji performanya. Namun sebelum masuk pada pembahasan, ada beberapa hal yang akan saya sampaikan terlebih dahulu mengenai Wardah Lightening Liquid Foundation.

Tentang Produk

Review Wardah Lightening Liquid Foundation_2 (Copy)

#FeelTheLight adalah tagline yang diusung Wardah dalam seri produk Lightening Makeup. Selain menghadirkan formulasi yang berbeda dengan produk-produk lainnya, Wardah Lightening Makeup Series juga menggunakan desain kemasan yang cukup unik untuk tiap-tiap produknya. Misalnya saja liquid foundation ini.

Bila sebelumnya Wardah menggunakan tube dengan cap ulir pada Luminous Liquid Foundation, produk dari seri Lightening Makeup menggunakan squeeze tube yang lebih praktis dan travel friendly. Series yang satu ini diklaim memiliki formulasi ringan dan tahan lama untuk digunakan sehari-hari. Tak heran sejak pertama kali dirilis, produk ini langsung melejit dan diperbincangkan diberbagai website kecantikan ataupun sosial media.

  • Klaim dan Benefit

Wardah Lightening Liquid Foundation diklaim memiliki tekstur yang terasa ringan dan nyaman. Konon, produk ini disebut-sebut baik digunakan untuk sehari-hari dengan ketahanan hingga 12 jam. Bukan itu saja, produk ini juga diklaim dapat mencerahkan tampilan kompleksi dengan formulasi yang non-comedogenic dan telah dilengkapi dengan SPF 30 serta PA+++.

Selain itu, Wardah mengatakan bahwa liquid foundation ini mengandung Micronized Bright Pigment yang mencerahkan sekaligus menjadikan kulit tampak lebih halus. Ada juga kandungan oil absorber di dalamnya untuk menyerap minyak secara optimal. Wardah Lightening Liquid Foundation adalah produk yang telah melalui uji dermatologi dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

  • Cara Pemakaian

Kalau kamu mencermati bagian kemasan luar produk, kamu akan mendapatkan informasi mengenai cara pemakaian foundation ini dengan tepat. Berikut adalah langkah-langkah cara pemakaiannya.

  1. Aplikasikan Wardah Lightening Liquid Foundation secukupnya pada wajah
  2. Ratakan ke seluruh wajah menggunakan tangan/brush/sponge
  3. Wajah cerahmu siap menjalani aktivitas

Benar, sebenarnya tidak ada yang berbeda dari cara pemakaian foundation ini dengan cara pemakaian liquid foundation pada umumnya. Secara garis besar kamu hanya tinggal mengaplikasikan secukupnya pada wajah dan meratakannya. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya pada bagian leher agar kulit tidak tampak belang.

  • Fun Fact

Selain merilis produk-produk terbaru yang tergabung dalam Lightening Makeup Series, Wardah juga memudahkan konsumen untuk memilih shade yang tepat dari produk-produk kompleksi ini.

Kalau kamu tak mau repot menebak shade yang kira-kira cocok dengan skintone maupun undertone milikmu, kamu hanya perlu mengunjungi official website Wardah dan mencoba virtual makeup yang tersedia. Selain produk kompleksi, kamu juga bisa mencoba produk dekoratif dari Wardah lainnya, lho.

Kemasan

Review Wardah Lightening Liquid Foundation_1 (Copy)

Bentuk squeeze tube dengan pointy needle pada mulut tabung menjadikan jumlah liquid foundation yang keluar tidak akan messy. Kemasan Wardah Liquid Foundation cenderung minimalis bagi saya. Diwarnai dengan warna-warna beige dengan tone berbeda sesuai dengan shade-nya, menjadikan produk terkesan kalem, simpel, dan anggun.

Material yang digunakan Wardah Liquid Foundation bervolume 25 mL ini adalah all-plastic yang reflektif, spill-proof dan kokoh. Tube ini juga menjadikannya travel friendly untuk dibawa kemanapun.

Ingredients

Review Wardah Lightening Liquid Foundation_ingredients (Copy)

Full Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Propanediol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Phenyl Trimethicone, Niacinamide, Polymethyl Methacrylate, Vinyl Dimethicone/​Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Trehalose, PEG/​PPG-18/​18 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Divinyldimethicone/​Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Polyhydroxystearic Acid, Polymethylsilsesquioxane, Silica, Sorbitan Olivate, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Allantoin, Zinc Gluconate, Ethylhexylglycerin, Methicone, Disodium EDTA

May Contain : CI 77891, CI 77491, CI 77499

Key Ingredients

Namun, dari banyaknya bahan yang digunakan oleh produk ini, kamu harus tahu beberapa bahan utama yang menarik di Wardah Lightening Liquid Foundation. Berikut beberapa key ingredients-nya:

  • Niacinamide

Salah satu kandungan dalam formulasi Wardah Lightening Liquid Foundation yang cukup menarik perhatian adalah niacinamide. Beberapa tahun terakhir bahan ini memang sering didengungkan karena memiliki banyak manfaat terutama sebagai agen pencerah. Selain itu, niacinamide juga dapat menjaga kondisi kulit agar ada dalam keadaan yang baik. Bahan satu ini bahkan memiliki potensi anti-acne bagi kulit yang berjerawat.

  • Zinc Gluconate

Selain niacinamide, zinc gluconate juga memiliki karakteristik anti-acne. Kandungan yang satu ini bisa pula berperan sebagai soothing agent untuk menenangkan kulit dengan memberikan hidrasi yang baik.

  • Tocopheryl Acetate

Kamu pasti sudah bosan dengan bahan yang satu ini karena selalu digunakan di hampir semua produk kosmetik. Tocopheryl acetate merupakan vitamin E yang kaya akan antioksidan dan sangat berbagai manfaat dalam menjaga kulit tetap sehat serta ternutrisi. Antioksidan juga sangat baik dalam melawan radikal bebas yang membahayakan kolagen kulit. Sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan kulit.

  • Allantoin

Kandungan allantoin dalam produk kosmetik memungkinkan produk tersebut dapat digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Sebab, bahan ini memberikan manfaat soothing karena dapat memberikan hidrasi pada kulit sekaligus bersifat anti-inflamasi. Allantoin juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Klaim kandungan tabir surya dari Wardah Lightening Foundation ini kemungkinan datang karena kandungan ethylexyl methoxycinnamate. Bahan dengan nama lain octinoxate  ini dapat mencegah penetrasi sinar UV pada kulit dan menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan matahari lainnya.

Impresi

Sejak pertama kali mendapatkan foundation dengan kemasan cantik ini saya langsung tidak sabar ingin mencobanya. Sebab sejak awal saya meyakini akan ada yang berbeda antara foundation terbaru ini dengan foundation-foundation lain yang pernah dirilis Wardah sebelumnya. Berikut adalah impresi yang saya rasakan.

  • Tekstur

Review Wardah Lightening Liquid Foundation_tekstur (Copy)

Sesuai dengan namanya, foundation ini bertekstur cair dan sangat mudah untuk dibaurkan pada wajah. Kekentalan dari foundation juga tidak begitu cair sehingga cukup mudah untuk mengeluarkan produk dari dalam tube tanpa bleber kemana-mana.

  • Shade

Wardah Lightening Liquid Foundation terdiri dari 4 shade yaitu Light Beige (01), Beige (02), Ivory (03) dan Natural (04). Keempat shade ini disebut-sebut sesuai dengan skintone orang Indonesia. Sejujurnya, saya merasa 4 shade tidaklah cukup untuk sebuah produk kompleksi sebab skintone Indonesia sangatlah beragam.

Saya sendiri memiliki yellow undertone dengan medium to tan skintone. Saya memilih shade Ivory (03) karena saya meyakini bahwa shade Natural (04) akan lebih gelap dari warna kulit saja. Jadi daripada memilih yang lebih gelap, akhirnya saya memutuskan untuk memilih shade yang lebih terang.

Benar saja, saat mengaplikasikan foundation pada wajah, warna yang keluar ternyata satu tingkat lebih cerah dibandingkan dengan warna kulit saya. Meski begitu, saya tetap merasa puas karena shade ini sama sekali tidak nampak abu-abu pada kulit. Malahan, wajah saya nampak satu tingkat lebih cerah natural.

  • Aplikasi

Review Wardah Lightening Liquid Foundation_Aplikasi (Copy)

Karena foundation ini bertekstur cair, saya sama sekali tidak merasakan kesulitan saat membaurkannya pada wajah. Apalagi dengan bantuan beauty blender, dijamin akan cepat merata pada tiap sudut wajah.

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram