kamini.id

Inilah 10 Tips Jitu Menghadapi Pasangan yang Selalu Sibuk

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 15 Juli 2021

Mengetahui dan melihat pasangan sibuk melakukan pekerjaannya, pada satu titik terasa menyenangkan. Dengan begitu dia menunjukkan tanggung jawabnya terhadap karir serta berupaya menciptakan keadaan yang lebih baik secara finansial untuk bekal di masa depan.

Sayangnya di titik lain, pacar yang sibuk, apalagi terlalu sering, terasa menyedihkan. Dia yang sangat berambisi tak jarang kehabisan waktu untukmu. Momen kebersamaan pun terpaksa harus berkurang. Ingin meminta waktu rasanya serba salah, ingin mengeluh pun khawatir salah timing sehingga alih-alih menyadarkannya hal itu justru bisa membuat hubungan tambah runyam.

Lama-lama, hal ini bisa memicu perselisihan bahkan perpisahan. Komunikasi yang tersendat karena kesalahpahaman ini pada akhirnya memang harus disikapi untuk dicari jalan keluarnya, apalagi jika kamu masih ingin mempertahankan hubungan. Khusus untukmu yang masih menginginkannya dengan berbagai alasan, berikut ini beberapa tips dari Kamini untuk hadapi pasangan yang selalu sibuk.

1. Menyampaikan Kegelisahanmu

tips menghadapi pasangan sibuk_Menyampaikan Kegelisahanmu

Pertama, tips menghadapi pasangan yang selalu sibuk adalah dengan cara menyampaikan kegelisahanmu mengenai masalah ini. Bicara berdua merupakan langkah awal sebelum melakukan tips yang lain. Pasalnya dengan mengutarakan kekhawatiran, kamu berarti membuka diri, membuka berbagai kemungkinan untuk menerima keadaan yang tidak diinginkan.

Selain itu, cara ini juga penting dilakukan agar pasangan mengerti kondisimu yang sebenarnya. Jangan-jangan karena merasa kamu baik-baik saja dengan kesibukannya, dia tak pernah berpikir bahwa hal tersebut adalah menyakiti. Siapa tahu setelah menyatakan kekhawatiran, dia bisa sedikit mengurangi kesibukan atau mulai berusaha menyempatkan waktu untukmu.

2. Buang Jauh-jauh Cemburu dan Pikiran Negatif

tips menghadapi pasangan sibuk_Buang Jauh-jauh Cemburu dan Pikiran Negatif

Kesibukan membuat seseorang lupa berkabar pada pasangannya. Komunikasi pun macet karena lebih fokus menyelesaikan pekerjaan dan urusan lain. Minimnya bertukar kabar atau saling bicara pada akhirnya menjadi celah bagimu dan pasangan untuk ribut, karena suka tidak suka hal itu kerap menimbulkan pikiran-pikiran negatif serta perasaan cemburu. 

Jika sudah begitu, yang bisa dilakukan adalah membuang jauh-jauh pikiran negatif apalagi cemburu tanpa alasan. Jangan biarkan insecure lebih mendominasi sehingga membuat waktu yang sudah sedikit malah terbuang percuma karena lebih sibuk bertengkar daripada akur. Tips ini pasti cukup sulit dilakukan, tapi coba saja dan rasakan ketenangannya.

3. Hindari Banyak Menuntut atau Merengek

tips menghadapi pasangan sibuk_Hindari Banyak Menuntut atau Merengek

Tips menghadapi pasangan yang selalu sibuk selanjutnya adalah hindari banyak menuntut. Dalam keadaan biasa pun, banyak menuntut pada pasangan sebaiknya dihindari. Hal tersebut lama-lama bisa memicu pertengkaran karena pasanganmu akan jengah dan lelah mendengarnya.

Dalam keadaan super sibuk, rengekanmu yang menuntut ini dan itu, sungguh hanya akan mengganggunya. Lebih parah lagi, itu akan memperburuk hubungan karena dia merasa tak sanggup lagi menghadapi tuntutanmu. Bagi seseorang yang sibuk, pulang pada pasangan adalah salah satu tempat ternyaman untuk lari sebentar dari rutinitas. Maka dari itu, jadilah tempat pulang yang menenangkan.

4. Tak Usah Banyak Menginterogasi

tips menghadapi pasangan sibuk_Tak Usah Banyak Menginterogasi

Bertanya mengenai kesibukan atau agenda seharian rasanya sangat wajar dilakukan antara pasangan. Namun, jangan lakukan itu secara berlebihan sehingga dia merasa sedang diinterogasi. Rentetan pertanyaan yang biasanya penuh curiga akan membuatnya tersudut dan merasa dicurigai atau tidak dipercaya. 

Bila sangat penasaran terhadap sesuatu, kamu bisa bertanya satu hingga dua kali. Misalnya saat pasangan mengatakan akan makan malam di luar dengan rekan kerja, cukup saja tanyakan pulang jam berapa atau tanyakan lokasinya. Hindari bertanya lebih detail seperti ada berapa orang yang ikut? Adakah pekerja perempuan yang ikut? dan semacamnya.  

5. Jangan Dibalas dengan Cuek

Sumber: pxhere.com

Rasa kesal karena dinomorduakan oleh pasangan memang menyebalkan. Kesibukan membuat perhatiannya pada hubungan jadi berkurang. Dia super cuek dengan apa pun kecuali target-target pekerjaan. Nah, jika pasangan berlaku seperti itu karena kesibukan, kamu jangan membalas perlakuannya dengan cuek lagi.

Balas-membalas tidak akan menyelesaikan masalah. Mendiamkan pasangan justru akan membuat jurang semakin lebar. Oleh karena itu, walau marah dan kesal, usahakan sebisa mungkin kamu harus tetap memberikan perhatian. Ambil hatinya dengan cara-cara yang memberinya kenyamanan. 

6. Mencoba Memahami Posisi dan Tujuannya

tips menghadapi pasangan sibuk_Mencoba Memahami Posisi dan Tujuannya

Mencoba memahami posisi dan tujuan pacar dalam bekerja menjadi tips menghadapi pasangan yang selalu sibuk lainnya. Siapa tahu dengan memahami pekerjaannya, kamu bisa sedikit mengerti keadaan. Lebih jauh, tidak akan ada lagi rengekan atau tuntutan dan rasa cemburu berlebihan karena kamu tahu bahwa itu sangat mengganggu.

Melakukan hal ini pastilah  bukan hal mudah. Perlu kesabaran dan waktu lama agar bisa benar-benar memahami pasangan. Saat sudah semakin paham, kamu dan dia akan lebih minim berselisih. Tak ada keraguan atau pikiran negatif mengenai pekerjaannya atau apa pun yang dia lakukan. 

7. Mencari Tahu Jadwalnya untuk Atur Pertemuan

Sebagai kekasih orang sibuk, kenyataannya memang harus kamu yang lebih proaktif agar hubungan tetap menyenangkan. Keadaan yang demikian terdengar tak adil, tapi inilah yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubungan. Kamu bisa memulai dengan bertanya padanya mengenai jadwal kerja.

Setelah mengetahui jadwal kerjanya, mulai susun rencana berkencan atau paling tidak rencana bertemu untuk sekedar nonton atau makan malam bersama. Dengan mencari tahu agenda pekerjaannya, kamu juga bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk deep talk atau sekadar menyapa tanpa khawatir mengganggunya. 

8. Menawarkan Bantuan

Kesibukan kerja kerap membuat orang lupa melakukan hal penting lainnya. Tidak jarang mereka sampai kewalahan dan terlihat sangat butuh bantuan. Maka dari itu, tips menghadapi pasangan yang selalu sibuk selanjutnya adalah coba mulai tawarkan pertolongan. Kamu bisa mulai membantu menggunakan cara sederhana, seperti membelikan kopi, menyiapkan sarapan untuk dibawa ke kantor atau kegiatan lain.

Saat mengetahui dirinya sibuk, inisiatif lah bertanya mengenai apa yang sedang dibutuhkannya. Setelah itu bantu pelan-pelan semampunya. Dia akan melihat usaha ini sebagai upaya untuk mempertahankan hubungan, sehingga sekalipun sibuk, pasangan akan berpikir dan merasa perlu memperlakukanmu dengan lebih baik.

9. Berikan Kejutan

tips menghadapi pasangan sibuk_Berikan Kejutan

Kamu yang sudah malas lebih dulu karena lelah diabaikan olehnya, pasti tak pernah terpikir untuk memberikan kejutan. Padahal memberi semacam surprise pada pasangan sibuk adalah ide bagus yang bisa membawa dampak baik bagi hubungan. Tak usah kejutan yang berlebihan, cukup sesederhana notes kecil berisi kalimat penyemangat yang disimpan di tas atau sakunya.

Memperlihatkan dukungan melalui cara-cara yang tidak terduga seperti itu sama sekali tidak akan mengganggunya. Dia justru akan sangat terbantu dan merasa ditemani serta didukung dalam keadaan apa pun. 

10. Sibukkan Diri

tips menghadapi pasangan sibuk_Sibukkan DiriSumber: pixabay.com

Terakhir, tips menghadapi pasangan yang selalu sibuk adalah menyibukkan diri. Gunakan waktu luang untuk beraktivitas seperti biasa daripada terus berpikiran negatif, insecure, curiga, dan cemburu. Pakai waktu luang untuk perbanyak olahraga, tekuni hobi atau menghibur diri, niscaya pikiranmu tidak akan terlalu fokus pada pasangan.

Jika hal tersebut masih dirasa kurang, kamu bisa menambahnya dengan ajak beberapa teman lama untuk meet up, sambung kembali silaturahmi yang sempat terganggu karena selama ini lebih fokus dengan pasangan. intinya sibukkan diri agar pikiran tidak hanya tertuju pada pasangan karena hidup tak melulu berputar di sekitarnya.

Itu tadi sepuluh tips dari Kamini dalam menghadapi pasangan yang selalu sibuk. Kamu bisa mencobanya dengan mulai ajak dia bicara. Jika sejauh ini hanya dipendam sendiri, tak punya keberanian untuk menyampaikan keresahanmu, mulailah untuk berani. Jadi, tertarik untuk mempraktikannya? Jawab melalui kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram