Kamini.id / Jaket / Cara Mencuci dan Merawat Jaket Waterproof yang Benar

Cara Mencuci dan Merawat Jaket Waterproof yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jaket waterproof dipakai saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat musim hujan. Jaket waterproof ini nampak seperti jas hujan yang melindungi pakaian agar tidak basah saat hujan. Manfaat jaket anti air ini memang sangat besar. Anda tidak perlu repot-repot membawa baju ganti karena baju yang Anda pakai tidak akan basah karena terlindungi oleh jaket waterproof.

Pada umumnya, setelah memakai jaket waterproof kita akan menjemurnya dan melipatnya ketika sudah kering. Namun, jaket waterproof yang disimpan tanpa dicuci terlebih dahulu bisa berjamur dan menimbulkan bau tak sedap. Kamini akan berbagi informasi seputar cara mencuci jaket waterproof yang benar agar bebas jamur dan selalu nyaman dipakai setiap saat.

Cara Mencuci Jaket Waterproof Secara Manual

Cara Mencuci Jaket Waterproof dengan Mesin Cuci

 

Yakin jaket waterproof Anda benar-benar bersih? Coba cek dulu bagian luar jaket anti air yang baru dipakai untuk beraktivitas outdoor. Pasalnya, selain terkena air hujan, jaket waterproof juga bisa terkena noda tanah dan lumpur. Jika tidak segera dibersihkan, maka noda lumpur akan mengering di jaket dan menjadi lebih susah dibersihkan.

Setelah memakai jaket waterproof di luar ruangan, sebaiknya Anda segera mencuci jaket tersebut. Berikut adalah cara mencuci jaket waterproof secara manual:

  • Rendam jaket waterproof di dalam air. Tambahkan sedikit deterjen cair untuk mengangkat kotoran yang melekat pada jaket.
  • Periksa seluruh bagian jaket. Apabila ada noda yang melekat, angkat jaket dan tuangkan deterjen cair di bagian yang ternoda. Setelah itu, gosok noda dengan sikat berbulu halus.
  • Masukkan kembali jaket waterproof ke dalam ember berisi air dan deterjen cair. Kemudian, gosok seluruh bagian jaket dengan sikat berbulu halus.
  • Siapkan ember berisi air bersih. Kemudian, masukkan jaket ke dalam ember tersebut untuk membilas sisa busa dan sabun yang masih menempel.

Setelah proses pencucian selesai, silakan jemur jaket waterproof di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Hindari menjemur jaket langsung di bawah sinar matahari karena hal tersebut dapat merusak bahan jaket anti air. Proses pengeringan jaket waterproof biasanya tidak memerlukan waktu yang lama.

Cara Mencuci Jaket Waterproof dengan Mesin Cuci

Cara Mencuci Jaket Waterproof Secara Manual

Malas mencuci secara manual? Tenang saja, jaket waterproof juga bisa dicuci di dalam mesin cuci. Namun, perhatikan dulu label perawatan pakaian yang tertera pada bagian dalam jaket. Di label tersebut biasanya diinformasikan apakah jaket waterproof ini bisa dicuci di dalam mesin cuci atau harus dicuci secara manual.

Kalau di label tersebut menyebutkan bahwa jaket bisa dicuci di dalam mesin cuci, maka Anda bisa langsung mencucinya di dalam mesin. Berikut adalah cara mencuci jaket waterproof di dalam mesin cuci:

  • Gosok kotoran yang menempel di jaket waterproof sebelum mulai dicuci di dalam mesin cuci. Gunakan deterjen cair dan sikat berbulu halus untuk menggosok kotoran yang menempel.
  • Masukkan jaket waterproof ke dalam mesin cuci. Namun, usahakan untuk tidak mencuci dengan jaket waterproof lainnya atau pakaian Anda sehari-hari. Cuci satu jaket waterproof saja di dalam mesin cuci.
  • Tuangkan deterjen cair sesuai dengan jenis mesin cuci Anda (top load atau front load).
  • Gunakan program pencucian yang lembut (delicate atau handwash) saat mencuci jaket waterproof.
  • Setelah siklus pencucian selesai, hindari memasukkan jaket ke dalam dryer dan jemur saja secara alami.

Jaket waterproof yang baru saja dicuci tidak diperlu diperas. Anda bisa langsung mengeluarkannya dari mesin cuci dan menjemurnya di tempat yang berangin. Hindari memasukkan jaket ke dalam pengering mesin cuci karena hal tersebut bisa membuat jaket jadi berkerut karena suhu panas yang dikeluarkan oleh dryer.

Tips Mencuci Jaket Waterproof Agar Tidak Rusak

Tips Mencuci Jaket Waterproof Agar Tidak Rusak

Ketika mencuci jaket waterproof, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal agar jaket tersebut tidak rusak ketika dicuci. Anda tidak bisa mencuci jaket waterproof dengan cara yang sama ketika Anda mencuci pakaian Anda sehari-hari. Setelah mengetahui cara mencuci jaket waterproof yang benar, cobalah untuk mengikuti beberapa tips mencuci berikut ini agar jaket tidak rusak:

  • Periksa Bagian Saku Sebelum Mencuci

Saat menggunakan jaket anti air untuk beraktivitas outdoor, Anda mungkin tidak menyadari sudah menyimpan barang-barang di dalam saku jaket. Sebelum dicuci, periksa dulu bagian sakut jaket waterproof Anda. Pasalnya, jika ada barang yang tertinggal di dalam saku jaket, barang tersebut dapat merusak mesin cuci Anda.

  • Buka Risleting Jaket dan Kendurkan Tali Elastis

Sebelum mencuci jaket waterproof, buka dulu risleting jaket agar bagian dalam jaket ikut tercuci. Tak hanya itu saja, Anda juga harus mengendurkan tali elastis yang ada di bagian pinggang, leher, dan lengan jaket sebelum dicuci.

  • Selalu Gunakan Air Dingin

Proses mencuci jaket waterproof harus selalu menggunakan air dingin. Baik di mesin cuci atau mencuci secara manual, pastikan Anda selalu memakai air dingin. Air panas hanya akan membuat bahan jaket jadi mengkerut.

  • Pilih Deterjen Cair

Saat ini sudah banyak merk deterjen cair yang dijual di pasaran. Gunakan deterjen cair untuk mencuci jaket waterproof. Deterjen bubuk hanya akan meninggalkan gumpalan sabun dan mengendap di sela-sela jaket.

  • Hindari Memeras Jaket Waterproof

Berpikir untuk memeras jaket waterproof agar cepat kering? Sebaiknya buang jauh pikiran Anda karena jaket waterproof tidak bisa diperas seperti pakaian pada umumnya. Anda hanya perlu menekan-nekan jaket agar air di dalam jaket keluar.

Cara Merawat dan Menyimpan Jaket Waterproof

Cara Merawat dan Menyimpan Jaket Waterproof

Tak perlu sering-sering mengganti jaket waterproof jika jaket lama Anda tidak robek atau berjamur. Selain menggunakan cara mencuci jaket waterproof yang benar, Anda juga harus merawat dan menyimpan jaket anti air tersebut dengan tips berikut ini:

  • Jangan Menyeterika Jaket Waterproof

Jangan sesekali mencoba untuk menyeterika jaket waterproof. Bahan jaket tersebut mudah robek atau gosong jika terkena suhu panas dari setrika. Selain itu, bahan jaket waterproof tidak mudah kusut, maka Anda tidak perlu menyeterikanya.

  • Tidak Perlu Menyemprot Parfum

Ingin membuat jaket anti air Anda wangi? Cukup dicuci dengan deterjen. Hindari menyemprot parfum atau pewangi apapun pada jaket karena parfum akan meninggalkan bercak di jaket dan susah dihilangkan.

  • Hindari Menyimpan Benda Tajam di Saku Jaket

Jaket waterproof memiliki bahan yang mudah robek. Jadi, saat menggunakannya, sebaiknya Anda tidak menyimpan benda tajam yang berpotensi merobek saku jaket.

  • Pastikan Jaket Benar-benar Kering Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpan jaket yang baru saja dicuci, pastikan tidak ada air yang tertinggal di sela-sela jaket. Menyimpan jaket waterproof dalam kondisi setengah basah hanya akan membuat jamur bertumbuh pada jaket tersebut.

Nah, itulah beberapa panduan cara mencuci jaket waterproof yang benar beserta tips perawatannya. Jaket anti air harus dicuci setelah Anda menggunakannya untuk beraktivitas di luar ruangan. Keringat dan noda yang menempel di jaket akan membuat jaket berbau tak sedap sehingga tidak nyaman dipakai. Jadi, cucilah jaket anti air setelah dipakai.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020