Kamini.id / Fakta Anak / 10 Fakta Anak Kelima yang Konon Suka Menarik Perhatian

10 Fakta Anak Kelima yang Konon Suka Menarik Perhatian

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi sebuah keluarga memiliki banyak anak memang bisa sangat menyenangkan. Selain menambah suasana hangat di dalam rumah, kehadirannya pun bisa menjadi hiburan tersendiri bagi saudara-saudaranya lain. Nah, sama seperti kakak-kakaknya. Mereka yang lahir sebagai anak kelima memiliki fakta unik yang seru untuk dibicarakan.

Bagaimana tingkah anak kelima dalam kehidupan sehari-hari mereka? Yuk, kita simak ulasan menarik yang telah Kamini siapkan tentang anak ini dalam 10 Fakta Anak kelima, si kecil yang suka menarik perhatian. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Suka Mencari Perhatian

Suka Mencari Perhatian

* sumber: guidepostmontessori.com

Bukan rahasia lagi bila mereka yang terlahir sebagai anak bungsu atau anak kelima kerap bersikap manja pada orang tua dan juga pada kakak-kakaknya. Kehadiran anak kelima sendiri memang bisa menambah suasana rumah semakin hangat.

Nah, anak kelima sendiri memang kerap dijadikan center di dalam keluarga. Mengingat ia sendiri anak yang paling kecil dalam keluarga sehingga seluruh perhatian serta kasih sayang seisi rumah akan banyak tercurah padanya.

Karena sejak kecil terbiasa mendapatkan banyak perhatian dari orang rumah. Biasanya mereka pun akan tumbuh menjadi sosok yang gemar mencari perhatian orang lain. Mereka akan senantiasa melakukan berbagai cara untuk bisa menarik perhatian orang banyak, termasuk calon pria yang ingin dijadikan pasangan olehnya.

2. Mudah Marah

Mudah Marah

Sikapnya yang selalu manja memang kerap membuat orang-orang yang ada di sekitarnya merasa gemas. Meskipun demikian anak kelima juga dikenal sangat mudah marah untuk sesuatu hal yang kecil dan sepele. Sifat mudah marah inilah yang sering diwaspadai oleh orang-orang terdekatnya.

Banyaknya kasih sayang yang ia dapatkan merupakan sebuah keuntungan tersendiri baginya. Ia sendiri kerap memanfaatkan situasi untuk mendapatkan pembelaan dari orang tua atau saudara-saudaranya ketika dihadapkan pada persoalan pelik.

Nah, karena merasa dirinya akan mendapat banyak dukungan. Mereka cenderung melakukan apapun yang disukai dan tidak disukainya, kemudian marah bila ada seseorang yang melarangnya.

3. Mandiri

Mandiri

* sumber: m.huffpost.com

Nah, dibalik sikap manja yang mereka miliki. Anak kelima juga dikenal sebagai pribadi yang sangat mandiri. Seperti yang kita tahu, orang tua yang memiliki banyak anak memang akan disibukkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan rutinitas harian anak-anaknya.

Hal ini pula yang membuat anak kelima terkadang harus menjalani aktivitas secara mandiri selagi orang tuanya mengurus berbagai kebutuhan saudara-saudaranya yang lain. Nah, kebiasaan inilah yang mungkin membuatnya lebih mandiri dibanding dengan saudara-saudaranya yang lain. Karena ia sendiri terbiasa melakukan sesuatu seorang diri sejak kecil.

4. Dekat dengan Orang Tua

Dekat dengan Orang Tua

* sumber: www.earth.com

Fakta tentang anak kelima selanjutnya adalah mereka memiliki kedekatan dengan orang tua. Hal itu karena mereka sendiri diketahui memiliki banyak waktu luang bersama orang tua di rumah dibanding dengan saudara-saudaranya yang mungkin lebih suka menghabiskan waktu berkumpul bersama teman-temannya ketika menginjak remaja.

Nah, karena selalu dekat dengan orang tua. Mereka sendiri cenderung merasakan perasaan berat bila harus tinggal berpisah dengan kedua orang tuanya dibanding menjalani hubungan jarak jauh dengan kekasih hati atau saudara-saudaranya yang lain.

5. Memiliki Empati yang Besar

Memiliki Empati yang Besar

* sumber: www.todaysparent.com

Anak kelima dikenal sebagai seseorang yang memiliki rasa empati yang sangat besar untuk orang lain. Ia sendiri rela mengorbankan dirinya hanya untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Curahan kasih sayang yang diterimanya sejak kecil memang berdampak pada sikapnya yang lebih penyayang pada orang lain.

Meskipun hal tersebut merupakan sesuatu yang positif, namun hal tersebut pula yang kadang membuat anak kelima ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang jahat yang ada di sekelilingnya.

Baca juga: 10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Diketahui Orang Tua

6. Suka Kedamaian

Suka Kedamaian

Pada dasarnya anak kelima menyukai kedamaian. Mereka sendiri cenderung menghindari berbagai konfrontasi yang bisa menimbulkan perpecahan. Selain itu ia juga termasuk orang yang tidak dapat berkonsentrasi bila mengalami berbagai gangguan. Hal tersebut yang membuatnya lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktu berada di rumah.

Nah, mereka sendiri akan mengalami perasaan  kecewa bila diantara saudara-saudaranya saling bermusuhan. Tak jarang perasaan kecewa tersebut dapat berdampak pada perilaku negatif bila tidak secepatnya diselesaikan.  Anak kelima sendiri kerap menjadi juru damai bagi saudara-saudaranya yang sedang berselisih.

7. Penuh Tekanan

Penuh Tekanan

* sumber: www.telegraph.co.uk

Sebagai anak bungsu, ia pun akan banyak mengalami tekanan di dalam keluarga maupun lingkungan sosialnya. Hal inilah yang terkadang membuat mereka lebih mudah mengalami stres. Hal tersebut karena ia sendiri akan dituntut untuk bisa seperti atau lebih baik dari kakak-kakaknya mulai dari hal pendidikan, karier, bahkan mungkin soal jodoh.

Selain dari keluarga, tekanan dari lingkungan sosial pun bisa ikut mempengaruhi kepribadiannya. Umumnya orang lain akan menjadikan saudara-saudaranya sebagai pembanding terhadap kehidupan yang sedang dijalaninya. Hal itulah yang terkadang membuat mereka mudah down dan kecewa pada diri sendiri.

8. Terbuka

Terbuka

* sumber: myspearmintdental.com

Sifatnya yang ceria memang dapat membuat orang lain senang berada di dekatnya. Banyaknya perhatian yang diberikan oleh keluarga kepadanya memang sedikit banyak berpengaruh pada kepribadiannya yang menyenangkan. Ia sendiri tipikal orang yang mudah mengungkapkan banyak hal pada orang lain. Semudah ia mendapat perhatian mereka.

Baginya mendapat perhatian merupakan hal yang biasa, bahkan kerap ia lakukan pada saudara-saudaranya sejak usianya kecil. Nah, kebiasaan inilah yang membuatnya menjadi pribadi yang supel dan mudah bergaul dengan siapa saja.

9. Egois

Egois

* sumber: expatchild.com

Sifat egois yang dimiliki oleh anak kelima memang bisa sangat menyebalkan. Sikap tersebut bisa muncul karena ia sendiri kerap mendapat tempat istimewa dari anggota keluarga, khususnya orang tua. Mereka sendiri cenderung suka melakukan hal-hal yang menurutnya benar.

Mereka juga diketahui jarang mendengar pendapat orang lain tentang hal tersebut.  Hal itu bisa jadi karena sejak kecil mereka terbiasa mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa penolakan. Sifat egois yang dimilikinya tersebut yang terkadang membuat kakak-kakaknya kesal karena mereka sering kali mengalah hanya untuk membuatnya senang.

10. Cerewet

Cerewet

* sumber: www.todaysparent.com

Sifat lain yang dimiliki oleh anak kelima adalah cerewet. Keceriaannya memang secara alami dimilikinya sejak kecil. Mengingat ia sendiri memiliki banyak saudara yang sering menghibur dirinya dalam kondisi apapun. Anak kelima memang dikenal sangat suka tertawa dan bercanda. Mereka sendiri terkadang selalu bertingkah lucu di hadapan orang untuk menarik perhatian.

Meskipun dikenal dengan pribadi yang bawel, namun mereka sendiri masih tetap disukai oleh banyak orang karena pembawaannya menghibur dan nyaman ketika diajak bergaul.

Nah, itulah 10 fakta anak kelima yang telah Kamini rangkum untuk kamu. Keberadaan anak kelima memang membawa kebahagian tersendiri bagi keluarga dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu tentang anak kelima.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *