Kamini.id / Bedak Wajah / Inilah Macam-macam Bedak (Face Powder) Beserta Fungsinya

Inilah Macam-macam Bedak (Face Powder) Beserta Fungsinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juni 2019

Apa jadinya riasan wajah tanpa bedak? Foundation tidak akan set, concealer bakal pecah, eyeshadow jadi crease, shading tidak terlihat rapi.. Intinya keseluruhan makeup Anda akan kacau balau.

Bedak akan memberikan kekuatan dan kesempurnaan untuk riasan wajah Anda. Bedak akan menjaga makeup agar tidak geser, menjaga kulit Anda agar tidak memproduksi minyak berlebih, dan mengurangi tampilan pori-pori kulit.

Jadi, kita semua setuju kalau bedak merupakan benda yang sangat penting dalam makeup, kan? Nah, yang perlu Anda ketahui adalah, bedak itu ada banyak sekali jenisnya. Ingin tahu ada apa saja? Kamini akan mengajak Anda membedah macam-macam bedak sekarang!

Bedak Berdasarkan Bentuk

Macam-macam bedak bisa dibedakan dari bentuknya juga lho. Pasalnya, bedak memiliki 3 bentuk yang berbeda, berikut jenis bedak berdasarkan bentuknya:

1. Loose Powder

Bedak Tabur Loose powder

Dalam garis besarnya, bedak dapat dikategorikan sesuai bentuk atau teksturnya. Yang pertama dan sangat populer, ada loose powder. Bedak tabur a.k.a loose powder merupakan bedak wajah yang paling orisinil. Bedaknya bedak, asal muasal bedak ya dari loose powder. Jelas dari namanya, bentuk loose powder itu tabur/bubuk. Tekstur bedak ini ringan dan lembut.

Karena berbentuk butiran yang terpisah-pisah, formula bedak ini mudah diserap kulit. Kelebihannya adalah wajah Anda akan terbebas dari minyak. Itulah sebabnya, bedak tabur cocok untuk yang kulitnya berminyak. Bedak tabur biasanya dikemas dalam toples plastik yang sudah dilengkapi dengan powder puff.

Di mana ada kelebihan ada pula kekurangan, dong. Kelemahan loose powder adalah tidak tahan lama dan mudah tersapu hilang oleh keringat. Makanya, walaupun loose powder penting dalam riasan wajah, biasanya mereka digunakan di awal dan tetap diakhiri oleh pressed powder.

2. Pressed Powder

Bedak Padat Pressed Compact Powder

* sumber: www.stylecraze.com

Jenis bedak yang kedua adalah pressed atau compact powder. Merupakan loose powder yang ditekan (pressed) sehingga berbentuk padat. Bedak ini disebut juga sebagai compact powder karena praktis dan mudah dibawa ke mana-mana untuk touch-up.

Uniknya, bedak padat biasanya dilengkapi juga dengan pelembab dan minyak. Itulah yang membuat tekstur compact powder lebih berat daripada bedak tabur.

Bedak ini cocok untuk pemilik kulit kering, karena dalam 2 jam dan seterusnya pemakaian, kulit Anda akan terlihat dewy bahkan terlihat berminyak jika produksi minyak di kulit Anda sedang banyak. Akan tetapi, bagaimana pun juga, semua jenis kulit tetap membutuhkan pressed powder sebagai finishing touch dari riasan wajah mereka.

3. Two Way Cake Powder

Two Way Cake Powder

* sumber: berrybenka.com

Sebenarnya two way cake powder merupakan pressed powder. Yang membedakan adalah kandungannya. Two way cake powder mengandung formula foundation, sehingga coverage-nya lebih tinggi dibandingkan dua jenis bedak sebelumnya. Jika Anda ingin hasil makeup yang matte dan tahan lama, gunakanlah bedak two way cake ini.

Makeup Anda juga akan terlihat lebih flawless karena bedak two way cake dapat menutupi bekas luka, bekas jerawat, bahkan jerawatnya itu sendiri, lalu bintik hitam, lingkar hitam di bawah mata, bahkan garis halus dan kerutan. Jika ingin pakai bedak two way cake, Anda tidak perlu pakai foundation dengan coverage tinggi sebelumnya, ya.

Atau, Anda bisa saja tidak menggunakan alas bedak sama sekali. Cukup primer, pelembab, lalu bedak two way cake saja. Praktis sekali, bukan? Namun, karena bedak ini tergolong berat, kurang cocok untuk orang yang suka natural finish dan yang kulitnya berminyak.

Bedak Berdasarkan Fungsi

Selain bentuk, bedak juga memiliki fungsinya masing-masing, ada yang berfungsi untuk mengunci, mengoreksi, hingga finishing. Inilah ulasan fungsi-fungsi bedak:

1. Setting Powder

Setting powder

* sumber: thebeautylookbook.com

Tadi itu merupakan jenis bedak berdasarkan bentuknya. Sekarang Kamini akan membahas bedak sesuai fungsinya. Pertama-tama ada setting powder. Foundation yang paling tahan lama sekalipun perlu di”kunci” dengan setting powder. Fungsi utama setting powder adalah mengurangi produksi minyak, sehingga riasan wajah bisa lebih awet. Jangan khawatir bedak ini akan merusak warna foundation, karena setting powder biasanya translucent alias transparan.

Setting powder digunakan untuk mem-bake makeup agar tidak crease dan terlihat cerah di bagian wajah yang ingin diberi highlight. Jadi, bukan cuma kue saja yang di-bake, tapi makeup juga, hehe.

Biasanya setting powder diaplikasikan pada area bawah mata untuk mem-bake concealer, di kelopak mata untuk mem-bake eyeshadow primer, di T-zone supaya wajah tidak berminyak, dan di bawah shading tulang pipi supaya lebih rapi dan shading terlihat lebih poppin.

Cara mengaplikasikan bedak setting adalah dengan menggunakan spons atau beauty blender yang lembab. Jadi, basahi dan peras dulu mereka sebelum dipakai, ya. Proses baking membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit. Panas tubuh Anda akan “memasak” bedak tersebut dan membuat makeup Anda ter-set sempurna. Tapi, jangan lupa untuk membersihkan bedak setelah sepuluh menit, ya, nanti Anda terlihat seperti badut. Cara membersihkan bedaknya adalah dengan menggunakan powder brush.

2. Correcting Powder

Tone correcting powder

* sumber: www.elfcosmetics.com.au

Tone correcting powder, atau correcting powder saja, merupakan bedak untuk menyeimbangkan dan mencerahkan warna kulit. Formula bedak ini ringan dan dapat menyerap minyak berlebih, sehingga makeup Anda akan matte seharian. Tapi, bukan itu fungsi utamanya.

Color correcting merupakan peranan penting dari bedak ini. Terdiri dari beberapa warna untuk meratakan dan menyamarkan kekurangan di kulit seperti pink, hijau, kuning, ungu, dan oranye. Bedak ini bisa membuat warna kulit Anda terlihat rata, lebih cerah, dan kekurangan di wajah Anda tersamarkan.

Warna biru berfungsi untuk menetralkan oranye, hijau menetralkan merah, pink menetralkan abu, dan kuning menetralkan merah. Makanya bedak ini lebih baik digunakan bersamaan, karena setiap warnanya bekerja sama. Walaupun Anda pun bisa menggunakan setiap warna satu per satu seperti halnya color correcting cream. Bedanya, color correcting powder dipakai terakhir seperti setting powder, sedangkan yang cream digunakan setelah pelembab dan sebelum foundation.

Cara mengaplikasikan correcting powder adalah dengan menggunakan complexion brush, yaitu brush yang dapat menyerap produk sehingga bedak dapat tersapu dengan baik. Brush ini bisa dipakai dalam keadaan kering maupun basah. Sapukan brush ke atas bedak lalu oleskan pada wajah dengan gerakan menyapu.

3. Finishing Powder

Finishing Powder

*

Kamini sempat menyinggung tentang finishing powder di atas. Finishing powder digunakan untuk mengunci riasan wajah yang sudah selesai agar lebih tahan lama. Fungsi lainnya adalah untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta meminimalisir tampilan garis halus dan pori-pori wajah.

Biasanya finishing powder merupakan loose atau compact powder berwarna putih. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam mengaplikasikannya, jangan terlalu tebal supaya tidak merusak makeup Anda. Walaupun, ada pula finishing powder yang berformula translucent, sehingga hasilnya transparan. Finishing powder juga hadir dalam warna correcting, seperti contoh di atas. Cara menggunakan finishing powder adalah dengan menggunakan blending brush.

Bedak Berdasarkan Kandungan

Bedak juga punya beberapa kandungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan para pemakainya. Nah, sebelum memutuskan untuk memakai bedak, cari tahu juga isi kandungan bedaknya agar makeup tetap terlihat bagus. Berikut macam-macam bedak berdasarkan kandungannya:

1. Mineral Powder

Mineral Powder

* sumber: www.superdrug.com

Sekarang, mari kita membahas macam bedak sesuai dengan kandungannya. Kandungan bedak yang paling populer adalah mineral. Sesuai namanya, mineral powder kaya akan mineral, dan biasanya mengandung lebih sedikit bahan kimia yang berbahaya.

Bedak jenis ini biasanya non-comedogenic, hypo-allergenic dan cocok untuk semua jenis kulit. Walaupun dermatolog merekomendasikan bedak ini untuk orang dengan kulit berminyak dan acne-prone. Karena biasanya mengandung antioksidan, bedak ini bagus juga buat yang kulitnya sudah mulai menua.

2. Vitamin Powder

Vitamin Powder

Seiring bertambahnya usia, banyak elemen alami dari kulit kita yang menghilang. Belum lagi radikal bebas yang terus-menerus membombardir kulit wajah setiap hari. Vitamin powder merupakan pilihan yang bijaksana jika Anda peduli dengan kesehatan kulit Anda.

Untuk memudahkan pembelian, biasanya pada bedak akan ada keterangan kandungan vitaminnya, seperti Vitamin E atau Vitamin C. Beberapa merk bedak bervitamin adalah Garnier Skin Naturals Visible Whitening Face Powder with Vitamin C and SPF 18, Ever Bilena Face Powder with Vitamin E dan Scout Cosmetics Pressed Powder Foundation with Vitamin E & Jojoba.

3. SPF Powder

SPF Powder

* sumber: www.dermstore.com

SPF powder berarti bedak tersebut mengandung formula sun defense, yaitu perlindungan terhadap cahaya matahari. Bedak ini mengandung pelindung tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA/UVB. Untuk Anda yang aktif bekerja di luar ruangan, bedak Anda minimal sudah ada kandungan SPF 15-nya.

4. Translucent Powder

Translucent Powder

* sumber: www.calmskincare.com

Bedak padat maupun tabur bisa mengandung formula translucent. Bedak translucent terlihat putih di tempatnya, tapi setelah diaplikasikan ke wajah akan jadi tembus cahaya (tidak berwarna). Walaupun transparan, jika Anda tidak mem-blend bedak ini dengan baik, maka akan terlihat cukup jelas, apalagi jika Anda dipotret menggunakan flash kamera.

Biasanya formula translucent terdapat pada setting powder, karena bedak tersebut akan men-set makeup dengan sempurna tanpa menambah warna. Bedak translucent juga berguna untuk menghilangkan minyak berlebih, sehingga wajah Anda tidak terlihat berminyak, tanpa membuat kulit jadi kering.

5. Anti-acne Powder

Anti-acne Powder

* sumber: www.ladymakeup.com

Kulit berjerawat bukan berarti tidak boleh pakai bedak, tapi gunakan bedak khusus untuk kulit berjerawat. Bedak anti-acne biasanya mengandung bahan-bahan yang tidak hanya menutupi jerawat tapi juga menenangkan dan membersihkannya. Jadi, tidak hanya mendapatkan manfaat kecantikan saja, tapi sekaligus manfaat skincare juga.

Bedak seperti ini biasanya mengandung asam salisilat 0,5% untuk membantu menyelesaikan jerawat, ditambah kandungan protein untuk menenangkan dan memelihara kulit. Bedak anti-acne yang baik biasanya sudah dilengkapi juga dengan kandungan mineral penghilang noda seperti seng, belerang, tanah liat Kaolin, serta anti bakteri.

Bedak Berdasarkan Hasil Akhir

Beberapa orang ada yang ingin memakai bedak dengan hasil akhir matte, tapi ada juga yang ingin hasil akhirnya dewy. Nah, untuk hasil akhir yang berbeda maka diperlukan juga bedak yang berbeda. Berikut macam-macam bedak berdasarkan hasil akhirnya:

1. HD Powder

HD Powder

*

Nah, sekarang kita akan membahas macam-macam bedak berdasarkan hasil akhirnya. Ternyata bedak itu tidak cuma memberikan satu hasil akhir yang sama, tapi ada beberapa macam. Makanya, Anda perlu menyesuaikan bedak dengan hasil yang Anda idam-idamkan.

Untuk yang pertama, ada bedak HD alias High Definition. Bedak ini pada umumnya sangat ringan, tembus cahaya (ada juga yang sedikit berwarna). Bedak ini hadir dalam bentuk loose maupun compact, fungsinya sama-sama untuk membantu membuat fokus yang lembut. Bedak akan mengaburkan ketidaksempurnaan pada kulit wajah yang mudah terlihat ketika diambil oleh kamera HD. Makanya, bedak tipe ini sering digunakan oleh orang yang aktif di depan kamera, entah itu model, presenter, atau aktris.

2. Sheer Powder

Sheer Powder

* sumber: www.chanel.com

Ingin tampilan makeup yang natural? Tidak mau bedak yang terlalu menutup noda di wajah? Mempersembahkan, sheer powder, yaitu bedak yang memberikan warna pada kulit agar terlihat lebih segar alami. Hasil akhir bedak ini membuat kulit seolah bersinar, tanpa perlu tambahan highlighter. Wajah cerah dan cantik alami. Untuk hasil yang sangat ringan, aplikasikan sheer powder menggunakan half-moon brush.

3. Full Coverage Powder

Full Coverage Powder

*

Ingin tampil perfect kapanpun di manapun? Biarpun Anda telah menghabiskan waktu seharian di bawah sinar matahari, atau habis nge-gym, atau berpesta semalaman suntuk? Gunakan bedak dengan formula full coverage. Selain dapat menutupi ketidaksempurnaan pada kulit, bedak full coverage biasanya jauh lebih tahan lama dibandingkan bedak-bedak lainnya. Cocok buat yang harus tampil kece dalam waktu lama tanpa harus sering touch-up.

4. Dewy Powder

Dewy Powder

* sumber: www.popsugar.com.au

Suka wajah dewy ala orang Korea? Ada, loh, bedak yang mampu memberikan Anda tampilan seperti itu. Namanya adalah dewy powder. Bedak dewy biasanya mengandung formula yang menghidrasi, makanya cocok banget buat yang kulitnya kering. Walaupun menghidrasi, bedak ini tidak akan memberikan kilau berlebihan pada wajah, justru wajah Anda akan terlihat bercahaya alami. Kekurangan bedak ini biasanya tidak terlalu long-wearing.

5. Matte Powder

Matte Powder

* sumber: www.elevenia.co.id

Terakhir, merupakan jenis bedak yang sangat populer, yaitu bedak matte. Tidak semua orang menyukai tampilan “wajah basah” yang diberikan bedak dewy. Justru orang-orang lebih banyak yang menyukai jika wajah mereka terlihat matte. Untuk mendapatkan porcelain finish, gunakanlah matte powder. Kelebihan bedak matte biasanya lebih long-wearing dan tingkat coverage-nya lebih tinggi.

Ya, itulah macam-macam bedak yang ada di pasaran. Bedak jenis apa yang paling Anda favoritkan? Jangan lupa lihat rekomendasi Kamini tentang merk bedak yang bagus, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar