Review Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder

Teratu Beauty merupakan brand kosmetik yang lahir dari tangan beauty influencer Alifah Ratu. Meski baru resmi lahir pada bulan Februari 2020, brand yang hangat disapa Teratu ini mengusung konsep yang cukup kuat yakni ‘beauty for everyone’.

Konsep tersebut dituangkan Teratu dalam bentuk produk-produk perawatan yang lembut dan aman digunakan, bahkan para ibu hamil dan menyusui pun bisa dengan gembira memakainya.

Selain produk skincare dan personal care yang formulasinya dibuat gentle, Teratu juga menyediakan produk makeup yang minimalis yang bersahabat dengan kulit acne-prone maupun sensitif, lho.

Menarik, bukan? Nah, di artikel review kali ini saya mau memaparkan pengalaman menggunakan salah satu produk makeup dari Teratu Beauty yaitu Matte Blur Set Translucent Loose Powder. Kalau penasaran, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Tentang Produk

Review Teratu Matte Blur Set__

Matte Blur Set Translucent Loose Powder dihadirkan pada bulan September 2021. Bedak tabur ini langsung melengkapi lini makeup minimalis yang diunggulkan Teratu. Nah, yang digaungkan dari bedak tabur ini adalah kemampuannya yang dinilai dapat membuat tampilan kompleksi menjadi tampak seperti penggunaan airbrush make up.

Airbrush make up adalah teknik pengaplikasian makeup menggunakan alat khusus yang dapat menyemprotkan aerosol dari produk-produk makeup pada wajah. Teknik ini memang unggul dalam pengaplikasian makeup karena dapat memberikan efek flawless pada kulit.

Sayangnya, airbrush merupakan teknik pengaplikasian makeup yang cukup sulit dilakukan. Biaya yang perlu dikeluarkan pun nggak sedikit, mengingat teknik ini memerlukan alat penyemprot maupun produk makeup khusus.

Tapi kabar baiknya, efek airbrushed make up ini konon bisa didapat dengan hanya menggunakan Teratu Matte Blur Set Translucent Powder sebagai setting powder.

Baca juga: Merk Setting Powder Terbaik dengan Harga Terjangkau

Klaim dan Benefit

Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder merupakan bedak tabur yang punya butiran lembut dan partikel halus yang mampu bantu samarkan tampilan pori-pori dan garis halus pada kulit.

Bedak ini juga akan memberikan tampilan makeup tampak lembut dan matte dengan ketahanan long-lasting. Selengkapnya, kelebihan bedak ini yang diklaim oleh Teratu adalah sebagai berikut:

  • Memberikan efek airbrushed make up
  • Bisa menyamarkan pori-pori dan garis halus
  • Membuat kulit tampak matte dan halus
  • Mampu menahan makeup lebih lama hingga 10 jam
  • Dapat digunakan untuk semua warna kulit
  • Mengandung salicylic acid dan centella asiatica
  • Nggak mengandung tambahan parfum
  • Bisa digunakan untuk semua jenis kulit termasuk berjerawat, ibu hamil dan ibu menyusui

Cara Pakai

Saya nggak menemukan cara pemakaian Teratu Matte Blur Set Translucent Powder ini dimanapun, baik pada kemasan maupun lewat akun Instagram dan official website Teratu. Jadi saya tebak, cara pakai bedak ini sama seperti setting powder pada umumnya.

Kamu hanya perlu mengaplikasikan produk setelah penggunaan alas bedak. Gunakan puff bedak atau brush untuk mengulaskan bedak secara merata pada wajah dan leher. And you are set!

Baca juga: Langkah Memakai Bedak yang Benar agar Makeup Tetap Bagus

Fun Fact

Teratu Matte Blur Set Translucent Powder hanya memiliki satu shade warna, lho. Karena translucent alias nggak berwarna, fungsi bedak ini hanya bisa digunakan sebagai setting powder tanpa level coverage, bukan sebagai bedak biasa. Selain bisa set makeup dengan baik, jenis translucent powder juga biasanya sangat baik dalam menahan minyak.

Kemasan

Review Teratu Matte Blur Set_kemasan_

Seperti kabanyakan produk kosmetik, Matte Blur Set Translucent Powder dari Teratu hadir dengan double packaging; jar utama yang menampuk bedak serta dus pada bagian terluar. Bagian dus luar berkonsep all-black dengan sentuhan warna putih pada tulisan-tulisan yang tertera. Pada beberapa sisi dus juga terdapat deboss nama produk yang dibuat berwarna perak.

Review Teratu Matte Blur Set_kemasan 2_

Nggak cuma di dusnya, silver deboss ini juga ada di bagian tutup ulir dari jar bedak. Warna hitam juga masih dipertahankan pada bagian tutup ulir plastik ini, sementara bagian badannya dibuat transparan karena bisa menampakkan bubuk bedak yang ditampung.

Ketika bagian tutup ulir dibuka, saya langsung disambut oleh puff halus dan tebal berwarna putih. Puff ini cukup baik dalam menahan bedak agar nggak beterbangan sebelum sampai wajah.

Sayangnya, nggak ada lantai pemisah antara puff dengan bedak selain mesh shifter yang berperan sebagai penyaring kuantitas bedak. Jadi kalau jar ini tergoyang-goyang, ada kesempatan bedaknya terkontaminasi oleh puff.

Ingredient List

Review Teratu Matte Blur Set_ingredients_

Nah, setelah tau seluk beluk Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder, kurang afdal bila kita nggak mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam formulasi bedak ini. Karena itu, yuk baca ingredients list berikut!

Full Ingredients

Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate Methyl Methacrylate Crosspolymer, Silicon Dioxide Hydrate, Nylon-12, Diisostearyl Malate, Isononyl Isononanoate, Squalane, Phenoxyethanol, CI 77891, Salicylic Acid, Tocopheryl Acetate, Glycerin, CI 77492, Butylene Glycol, Ethylhexylglycerin, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, Aqua, CI 77491, Centella Asiatica Leaf Extract, CI 77499, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane

Key Ingredients

  • Aluminum Starch Octenylsuccinate. Bantu menyerap minyak dan keringat
  • Methyl Methacrylate Crosspolymer. Bantu menyerap minyak dan samarkan tampilan pori
  • Salicylic Acid. Merawat kulit berjerawat
  • Squalane. Menjaga kelembaban alami kulit
  • Tocopheryl Acetate. Antioksidan
  • Glycerin. Mendorong hidrasi pada kulit
  • Melaleuca Alternifolia Leaf Oil. Antioksidan, merawat jerawat dan anti mikroba
  • Centella Asiatica Leaf Extract. menenangkan kulit
  • Aluminum Hydroxide. Opacifying agent

Impresi

Selanjutnya, yuk mengenal langsung bedak ini dari tekstur, aroma dan aplikasinya langsung pada wajah. Akankah produk bedak tabur pertama dari Teratu Beauty ini meninggalkan impresi baik pada saya?

Tekstur

Review Teratu Matte Blur Set_tekstur_

Sesuai dengan klaimnya, bedak ini punya tekstur yang super lembut dan ringan, saking lembutnya tekstur bubuk ini terasa seperti tepung kanji. Setuju kan kalau tepung kanji punya tekstur lebih lembut dibandingkan tepung terigu?

Selain teksturnya yang lembut, nggak ada butiran yang beterbangan dari Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder ini, sehingga pemakaian pun bisa hemat.

Aroma dan Warna

Sebelumnya sudah sedikit saya singgung kalau bedak ini translucent alias nggak berwarna, jadi akan cocok dengan skin tone apa pun. Untuk wangi, memang menurut ingredients list-nya produk ini nggak punya kandungan fragrance ataupun flavor, hanya saja, waktu saya coba cium, ada aroma khas seperti lem kertas yang dirilis produk.

Entah dari kandungan apa aroma ini berasal, tapi saat pemakaian sendiri, aromanya nggak terasa, kok. Jadi jangan khawatir aroma ini akan mengganggu, ya.

Aplikasi

Review Teratu Matte Blur Set_aplikasi_

Bisa saya pastikan kalau produk ini memang benar-benar ringan, nggak berwarna dan lembut ketika diaplikasikan pada wajah. Pemakaiannya juga nggak terlalu banyak untuk menutupi seluruh bagian wajah dan bagian leher yang terekspos. Butiran bedak juga minim yang fallout dari puff, jadi pengaplikasiannya tetap nyaman.

Klaim produk yang disebut-sebut bisa menyamarkan tampilan pori-pori juga bekerja baik di kulit saya. Begitu pula dengan kemampuan menyamarkan garis halusnya. Tapi sekali lagi saya tekankan, karena bedak ini translucent, level coveragenya pun nggak ada.

Hal ini sebenarnya jadi kelebihan tersendiri dari produk karena bedak-bedak translucent cenderung ngasih hasil tampilan kompleksi yang natural, dibandingkan bedak berpigmen.

Apakah benar produk ini bikin tampilan makeup jadi punya efek airbrushed? Jawaban saya iya. Meski nggak benar-benar flawless karena bikin area kulit yang kering tampak patchy, tapi tampilan kompleksi saya jadi terlihat lebih smooth dan rapi. Produk juga tersebar merata sehingga nggak ada bagian wajah saya yang tampak penuh gumpalan bedak.

Performa dan Ketahanan

Review Teratu Matte Blur Set_performa_

Sampai juga pada pembahasan performa dan ketahanan. Sebagai produk newbie, harus saya bilang Teratu Matte Blur Set ini memang punya performa yang layak diperhitungkan.

Selain bisa nahan minyak agar nggak overproduced, makeup juga bisa tampak selalu on point selama nggak terekspos air atau keringat. Bedak ini juga bikin makeup jadi transferproof pada awal pemakaiannya.

Selama 10 jam penggunaan memang wajah saya kembali tampak glowing akibat minyak yang diproduksi, sehubungan dengan performa bedak yang mulai menurut. Tapi intensitas minyak yang dihasilkan nggak berlebihan, jadinya wajah pun nggak tampak greasy. Bisa dilihat pada foto, setelah jam ke-7 pemakaian, wajah saya nggak begitu banyak memproduksi minyak.

Review Teratu Matte Blur Set_performa 2_

Pada jam ini juga bedak terlihat sudah mulai luntur dari wajah saya, sehingga pori-pori kembali terekspos dan kemampuan coverage dari foundation pun berkurang. Kelunturan signifikan pada bedak sangat terasa setelah wajah terekspos air. Jadi usahakan untuk melakukan touch up setelah berwudhu atau setelah wajah berkeringat.

Teratu Matte Blur Set juga nggak bikin wajah saya jadi breakout, yang artinya kemungkinan besar produk ini cocok dengan kondisi kulit saya. But keep in mind, yang cocok pada kulit saya belum dijamin cocok juga pada kulit kalian.

Tips dan Trik

Sebenarnya penggunaan puff yang tersedia dalam kemasan Teratu Matte Blur Set Translucent Powder sudah cukup baik untuk setting makeup dengan hasil natural. Tapi bila ingin tampilan lebih natural lagi, kamu bisa mengandalkan penggunaan brush makeup terpisah.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Teratu Matte Blur Set_harga_

Karena produk baru, kamu mungkin akan kesulitan menemukan produk ini offline. Tapi dengan pembelian online, kamu bisa mendapatkan bedak tabur berukuran 15 gram ini dengan lebih mudah. Kalau nggak mau ribet, tinggal klik saja button yang telah Kamini sediakan.

Kesimpulan

Setelah seharian menggunakan Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder sebagai setting powder, saya simpulkan kalau bedak ini bisa jadi pilihan bedak tabur yang layak dicoba.

Selain punya butiran yang super halus dan ringan, tampilan makeup juga bisa tampak lebih smooth dan rapi layaknya efek airbrushed. Bedak ini juga bisa menahan minyak dengan cukup baik dan bikin tampilan makeup tampak natural.

Pros

  • Banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit
  • Tekstur bedaknya sangat halus dan ringan
  • Puff bedak lembut dan bisa menempelkan bedak dengan baik tanpa banyak fallout
  • Bikin tampilan makeup tampak matte, lebih smooth dan rapi
  • Nggak ada level coverage, sehingga bisa bikin tampilan makeup tampak natural dan cocok untuk warna kulit apapun
  • Bisa mengaburkan tampilan pori-pori dan menahan minyak
  • Nggak bikin breakout di kulit saya
  • Bisa digunakan semua jenis kulit, ibu hamil dan ibu menyusui

Cons

  • Ada aroma seperti lem yang dilepaskan produk, tapi nggak tercium saat pengaplikasian
  • Nggak ada sifter pemisah antara bedak dan puff, jadinya agak kurang higienis dan puff harus rutin dicuci
  • Agak patchy pada bagian kulit yang kering

Demikianlah pengalaman saya menggunakan bedak tabur pertama dari Teratu Beauty ini. Apakah berhasil membuatmu jatuh hati? Jawab lewat kolom komentar yang tersedia, ya! Kalau masih mencari rekomendasi bedak tabur lainnya, kamu wajib mampir ke artikel merk bedak tabur yang bagus dan recommended versi Kamini.id.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram