Yuk, Cari Tahu Macam-Macam Warna Hijau yang Populer!

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 17 Juni 2021

Hijau seringkali dikaitkan dengan alam, menjadikannya warna yang paling familiar di mata manusia. Hijau memberikan rasa tenang dan damai. Misalnya saja saat sedang suntuk, mata akan terasa dimanjakkan saat melihat pepohonan dan hutan hijau yang subur. Sebelum mengenal warna hijau lebih jauh, ada baiknya mengetahui apa itu warna.

Sekilas Tentang Warna

color wheel

Warna adalah spektrum yang terdapat didalam suatu cahaya sempurna. Sehingga untuk melihat warna, kamu memerlukan cahaya. Identitas warna ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Ketika cahaya menyinari suatu objek, objek tersebut akan memantulkan beberapa warna dan menyerap yang lainnya, dan mata hanya akan melihat warna yang terpantul atau tercermin.

Mau tahu apa yang menarik? Ialah spektrum warna yang begitu luas termasuk warna hijau yang akan Kamini bahas buat kamu.

Macam-Macam Warna Hijau

Melihat banyaknya warna yang berkembang dari hijau, inilah macam-macam warna hijau populer yang sering dijumpai.

1. Forest Green

Sesuai dengan namanya, variasi dari warna hijau ini adalah bentuk refleksi dari rona pohon. Warna ini juga dikaitkan dengan  tanaman di hutan. Kode warna heksadesimal (HEX) dari forest green adalah #228B22, gelap sedang bayangan dari hijau.

Forest green seringkali digunakan dalam desain yang mendukung bumi. Hal ini dikarenakan warnanya berasosiasi dengan lingkungan dan ekosistem. Sehingga warna serbaguna ini dikaitkan dengan kesegaran, pertumbuhan, dan keseimbangan. 

2. Sea Green 

Warna hijau dengan shades Sea Green dapat mewakili kesegaran, stabilitas dan kemudahan. Memiliki kode HEX #30A860 yang seringkali digunakan dalam desain, warna hijau laut atau sea green ini sebagian besar berisi warna hijau dengan kesan sejuk.

Jenis warna hijau ini terinspirasi dari kondisi laut. Dimana laut terlihat hijau dari kejauhan. Karena mengandung warna biru, warna lautan dan langit, hijau  ini dapat menyampaikan rasa ketenangan. 

3. Mint Green 

Hijau mint mendekati warna-warna pastel dan melambangkan efek menenangkan. Warna ini paling mendekati hijau, dengan kode HEX #A8FFA8 digunakan untuk memberikan kesan segar dan musim semi. Warna ini jadi populer juga digunakan dalam desain alat tulis hingga peralatan dapur.

Beberapa warna yang cocok dipasangkan dengan warna mint green ialah putih, krem, ungu, dan biru. Begitu juga dengan pasangan monokrom hitam dan putih yang sempurna dengan hijau mint. Menampilkan sedikit highlight warna ini di rumahmu membuat suasana terlihat lebih ceria.

4. Army Green

Salah satu corak dari warna hijau yang banyak digunakan untuk atau menyerupai warna seragam tentara juga perlengkapan tentara. Army green adalah shade tua dari warna hijau dan kuning dengan kode HEX #4B5320. Ya, varian warna hijau ini memang sudah populer dalam dunia militer sejak lama.

Didalam RGB color model (Red, Green, Blue), warna ini dibuat dari pencampuran 29% merah, 33% hijau, dan 13% biru. Termasuk dalam warna earth tone, warna ini dapat dengan mudah bertindak sebagai warna netral. Sehingga warnanya terbilang tidak menyakiti mata.

5. Emerald Green

Emerald green memiliki kode HEX #50C878, disebut juga hijau zamrud. Emerald green adalah biru-hijau cerah dinamai sesuai batu permata. Batu permata ini mendapatkan warna khasnya dari sejumlah kecil kromium dan vanadium. 

Zamrud sendiri adalah warna hijau yang melambangkan keseimbangan dan harmoni. Selain itu, warna ini memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan batu permata yang berharga. Sehingga hijau zamrud dianggap sebagai warna klasik yang dapat melambangkan kehalusan, kekayaan dan royalti.

6. Kaitoke Green 

Masuk ke dalam jajaran warna hijau paling gelap dengan kode hex #004930. Kaitoke Green memiliki banyak shades dengan kode hex yang berbeda. Seperti warna dengan kode hex #014421, #004830, dan lainnya yang merupakan alternatif lain dari Kaitoke Green yang bisa kamu jadikan inspirasi desain warna.

Warna ini adalah campuran dari warna hijau dan cyan. Kaitoke green adalah warna yang populer digunakan dalam design website ataupun produk. Warna gelapnya juga cocok dipasangkan dengan warna lain.

7. Fern Green

Fern Green atau hijau pakis adalah warna hijau jenuh. Warnanya mengikuti daun tanaman hias dan pakis. Warna ini menjadi paling semarak jika disandingkan dengan warna alami lain seperti cokelat tanah, biru yang diredam juga kuning keemasan. 

Fern green #4f7942 memiliki alternatif warna lain yang terinspirasi warna aslinya. Terdiri dari warna merah 31%, hijau 47.5%, dan biru 25.9%, warna hijaunya memberi kesan menenangkan mata saat dipandang. Mungkin inilah sebabnya warna ini juga populer untuk digunakan dalam desain.

8. Avocado Green

Warna ini terinspirasi dari warna hijau alpukat atau identik dengan alpukat. Avocado Green adalah warna gelap sedang bayangan dari hijau. Kesan yang digambarkan oleh warna ini ialah perasaan hangat, mengalihkan perhatian, keinginan kuat juga menjadi pusat perhatian. 

Namun, warna ini tidak populer untuk kekayaan dan keuangan. Memiliki kode hex #568203, warna ini termasuk dalam pertengahan warna gelap hijau. RGB color model terdiri dari 33.73% merah, 50.98% hijau, dan 1.18% biru.

9. Chartreuse Green

Chartreuse termasuk sebagai sub-kategori dari warna hijau. Warnanya diambil dari minuman Prancis “chartreuse” yang memiliki corak kuning kehijauan. Karena itulah Chartreuse merupakan bayangan antara warna hijau dan kuning. 

Kode warna hex Chartreuse #7fff00, ia menjadi  warna yang mudah dikenali dengan kecerahannya. Sehingga digunakan untuk bola tenis, umpan pancing, juga beberapa rompi pengaman. Tujuannya tentu saja memudahkan orang menemukan atau melihat benda tersebut. 

10. Moss Green

Moss green memiliki kode hex #addfad. Hijau lumut merupakan warna yang lazim pada musim gugur, terlihat begitu nyata sebelum dedaunan benar-benar gugur. Warna ini dihasilkan dengan menambahkan abu-abu ke sembarang corak murni. 

Merupakan varian dari hijau yang menyerap semua karakter asli. Cocok ditambahkan pada desain interior. Sehingga menimbulkan kesan kecanggihan, ketenangan, keanggunan dan maskulinitas tergantung dengan penggunaannya bersama warna lain.

11. Tea Green

macam-macam warna hijau_Tea GreenSumber: hexcolor.co

Tea Green color atau warna hijau teh termasuk dalam warna hijau muda. Merupakan representasi warna teh hijau panas dari seduhan daun teh hijau dengan air mendidih. Termasuk dalam jajaran warna pastel yang lembut. 

Palet warna Tea Green #D0F0C0 terdiri dari RGB color model 81.6% merah, 94.1% hijau, dan 75.3% biru. Ini mewakili warna ceria dengan keseimbangan indah antara Chartreuse dan biru muda. Menjadi inspirasi yang cantik untuk sebuah desain. 

12. Pine Green

Sama seperti varian warna hijau lainnya, Pine Green juga memiliki beberapa alternatif shade. Warna hijau pinus ini dengan kode hex #01796F adalah bayangan gelap dari cyan (warna biru kehijau-hijauan). Ditambah pendekatan warna dari pencampuran warna hijau dan biru dalam sistem warna cahaya.  

Warna ini seringkali digunakan dalam branding atau memberi kesan sederhana, anggun, dan klasik. Dalam budaya barat, pine green dikaitkan dengan warna Natal. Biasanya digunakan bersama warna merah dengan kode hex #770007 untuk dekorasi.

13. Islamic Green

Islamic Green atau Hijau Islami #009000 diberi label sebagai hijau tua. Disebut juga dark lime green atau hijau tua jeruk nipis, nyatanya dalam RGB color model ia terdiri 0% merah, 56,5% hijau, dan 0% biru. Menurut umat Muslim, warna hijau melambangkan alam, harapan dan kehidupan. 

Secara psikologis, ketika memikirkan warna ini, hijau islami mungkin dikaitkan dengan pertumbuhan pribadi, kesuburan, teknologi, dan berbagai budaya. Warna hijau ini memang kebanyakan digunakan dalam karya-karya yang menjadi simbol Islam. Pada dasarnya warna hijau merupakan simbol kemakmuran dan kehidupan yang baik. 

14. Viridian Green

Warna Viridian Green dengan kode hex #40826D adalah pigmen dengan biru-hijau yang nilainya relatif gelap. Viridian khususnya adalah warna gelap hijau atau warna hijau musim semi versi jenuh, warna antara hijau dan kebiruan pada roda warna. Viridian mengambil nama dari kata viridis dalam bahasa latin yang berarti hijau.

Dalam RGB color model warna ini terdiri dari 25.1% merah, 51% hijau, dan 42.7% biru. Viridian green sempurna untuk dapur, dinding, atau lemari, menjadikannya terkesan sejuk dan elegan. Karena itulah orang-orang mulai mempertimbangkan warnanya yang mulai populer.

15. Midnight Green

Warna Midnight Green dengan kode hex #004953 adalah warna gelap bayangan dari cyan. Mengambil inspirasi dari warna malam seperti warna hutan malam. Warna hijau didalamnya lebih seperti sentuhan kamuflase militer, terlihat bagus dan unik. 

Warnanya yang cantik dan elegan mulai populer dalam desain. Perusahaan Apple sudah mulai menggunakan warna ini untuk ponsel mereka. Banyak orang menyukai ide ini karena warna hijaunya yang elegan terlihat pas untuk tampilan gadget. 

Sebenarnya, dari 15 macam warna hijau diatas, masing-masing memiliki alternatif shade tersendiri yang menjadikan warna hijau lebih kaya lagi dengan berbagai macam warna. Sudah banyak penelitian sains yang membuktikan bahwa warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi dan perasaan. 

Dalam spektrum cahaya, hijau berada di kisaran tengah menjadi warna netral yang tidak menimbulkan efek merugikan. Sehingga terapi warna menggunakan warna hijau sebagai warna penetralisir. Hijau adalah warna alam, memanifestasikan dirinya dengan kehidupan. 

Merupakan warna karakter positif yang menunjukkan kebebasan, kedamaian, keharmonisan, kesehatan, dan kehidupan yang utuh. Tertarik tentang bahasan macam-macam warna  lainnya? Baca artikel menarik lainya tentang warna dari Kamini ya. Jika kamu punya warna hijau favorit lainnya yang ingin kamu bagikan boleh lho menuliskannya di kolom komentar. 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram