Yuk, Cari Tahu Macam-Macam Warna Hijau yang Populer!

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani

Hijau seringkali dikaitkan dengan alam, menjadikannya warna yang paling familiar di mata manusia. Hijau memberikan rasa tenang dan damai. Misalnya saja saat sedang suntuk, mata akan terasa dimanjakkan saat melihat pepohonan dan hutan hijau yang subur. Sebelum mengenal warna hijau lebih jauh, ada baiknya mengetahui apa itu warna.

Sekilas Tentang Warna

color wheel

Warna adalah spektrum yang terdapat didalam suatu cahaya sempurna. Sehingga untuk melihat warna, kamu memerlukan cahaya. Identitas warna ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Ketika cahaya menyinari suatu objek, objek tersebut akan memantulkan beberapa warna dan menyerap yang lainnya, dan mata hanya akan melihat warna yang terpantul atau tercermin.

Mau tahu apa yang menarik? Ialah spektrum warna yang begitu luas termasuk warna hijau yang akan Kamini bahas buat kamu.

Macam-Macam Warna Hijau

Melihat banyaknya warna yang berkembang dari hijau, inilah macam-macam warna hijau populer yang sering dijumpai.

1. Forest Green

Sesuai dengan namanya, variasi dari warna hijau ini adalah bentuk refleksi dari rona pohon. Warna ini juga dikaitkan dengan  tanaman di hutan. Kode warna heksadesimal (HEX) dari forest green adalah #228B22, gelap sedang bayangan dari hijau.

Forest green seringkali digunakan dalam desain yang mendukung bumi. Hal ini dikarenakan warnanya berasosiasi dengan lingkungan dan ekosistem. Sehingga warna serbaguna ini dikaitkan dengan kesegaran, pertumbuhan, dan keseimbangan. 

2. Sea Green 

Warna hijau dengan shades Sea Green dapat mewakili kesegaran, stabilitas dan kemudahan. Memiliki kode HEX #30A860 yang seringkali digunakan dalam desain, warna hijau laut atau sea green ini sebagian besar berisi warna hijau dengan kesan sejuk.

Jenis warna hijau ini terinspirasi dari kondisi laut. Dimana laut terlihat hijau dari kejauhan. Karena mengandung warna biru, warna lautan dan langit, hijau  ini dapat menyampaikan rasa ketenangan. 

3. Mint Green 

Hijau mint mendekati warna-warna pastel dan melambangkan efek menenangkan. Warna ini paling mendekati hijau, dengan kode HEX #A8FFA8 digunakan untuk memberikan kesan segar dan musim semi. Warna ini jadi populer juga digunakan dalam desain alat tulis hingga peralatan dapur.

Beberapa warna yang cocok dipasangkan dengan warna mint green ialah putih, krem, ungu, dan biru. Begitu juga dengan pasangan monokrom hitam dan putih yang sempurna dengan hijau mint. Menampilkan sedikit highlight warna ini di rumahmu membuat suasana terlihat lebih ceria.

4. Army Green

Salah satu corak dari warna hijau yang banyak digunakan untuk atau menyerupai warna seragam tentara juga perlengkapan tentara. Army green adalah shade tua dari warna hijau dan kuning dengan kode HEX #4B5320. Ya, varian warna hijau ini memang sudah populer dalam dunia militer sejak lama.

Didalam RGB color model (Red, Green, Blue), warna ini dibuat dari pencampuran 29% merah, 33% hijau, dan 13% biru. Termasuk dalam warna earth tone, warna ini dapat dengan mudah bertindak sebagai warna netral. Sehingga warnanya terbilang tidak menyakiti mata.

5. Emerald Green

Emerald green memiliki kode HEX #50C878, disebut juga hijau zamrud. Emerald green adalah biru-hijau cerah dinamai sesuai batu permata. Batu permata ini mendapatkan warna khasnya dari sejumlah kecil kromium dan vanadium. 

Zamrud sendiri adalah warna hijau yang melambangkan keseimbangan dan harmoni. Selain itu, warna ini memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan batu permata yang berharga. Sehingga hijau zamrud dianggap sebagai warna klasik yang dapat melambangkan kehalusan, kekayaan dan royalti.

6. Kaitoke Green 

Masuk ke dalam jajaran warna hijau paling gelap dengan kode hex #004930. Kaitoke Green memiliki banyak shades dengan kode hex yang berbeda. Seperti warna dengan kode hex #014421, #004830, dan lainnya yang merupakan alternatif lain dari Kaitoke Green yang bisa kamu jadikan inspirasi desain warna.

Warna ini adalah campuran dari warna hijau dan cyan. Kaitoke green adalah warna yang populer digunakan dalam design website ataupun produk. Warna gelapnya juga cocok dipasangkan dengan warna lain.

7. Fern Green

Fern Green atau hijau pakis adalah warna hijau jenuh. Warnanya mengikuti daun tanaman hias dan pakis. Warna ini menjadi paling semarak jika disandingkan dengan warna alami lain seperti cokelat tanah, biru yang diredam juga kuning keemasan. 

Fern green #4f7942 memiliki alternatif warna lain yang terinspirasi warna aslinya. Terdiri dari warna merah 31%, hijau 47.5%, dan biru 25.9%, warna hijaunya memberi kesan menenangkan mata saat dipandang. Mungkin inilah sebabnya warna ini juga populer untuk digunakan dalam desain.

8. Avocado Green

Warna ini terinspirasi dari warna hijau alpukat atau identik dengan alpukat. Avocado Green adalah warna gelap sedang bayangan dari hijau. Kesan yang digambarkan oleh warna ini ialah perasaan hangat, mengalihkan perhatian, keinginan kuat juga menjadi pusat perhatian. 

Namun, warna ini tidak populer untuk kekayaan dan keuangan. Memiliki kode hex #568203, warna ini termasuk dalam pertengahan warna gelap hijau. RGB color model terdiri dari 33.73% merah, 50.98% hijau, dan 1.18% biru.

9. Chartreuse Green

Chartreuse termasuk sebagai sub-kategori dari warna hijau. Warnanya diambil dari minuman Prancis “chartreuse” yang memiliki corak kuning kehijauan. Karena itulah Chartreuse merupakan bayangan antara warna hijau dan kuning. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram