kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Makeup Remover Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm

Review Makeup Remover Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 April 2021

Tidak hanya memproduksi berbagai makeup, Dear Me Beauty juga sudah mulai meranah ke skincare. Salah satu produk perawatan kulit dari Dear Me Beauty yang bisa kamu coba adalah 30 Seconds Meltaway Balm. Ya, ini adalah makeup remover yang berbentuk balm. Tenang, ini bukan balsem yang panas itu, kok, hehe.

Fun fact tentang Cleansing Balm: Kenapa harus cleansing balm? Kita terbiasa menggunakan pembersih makeup yang lebih familiar seperti yang berbentuk krim, cairan, atau bahkan tisu yang lebih praktis. Tak perlu takut mencoba barang baru ini, karena siapa tahu kamu malah jatuh cinta dengannya.

Cleansing balm memiliki kelebihan bisa menjaga kelembaban kulit setelah membersihkan makeup. Berbeda dengan makeup remover kebanyakan yang membuat kulit jadi kering dan terasa tertarik. Semua itu karena cleansing balm berbahan dasar minyak, sehingga tidak akan stripping kelembaban alami kulit dan justru menjaganya.

Biarpun kamu berpikir, "Ah, kulit aku nggak kering, justru cenderung berminyak", itu adalah anggapan yang berbahaya karena cuaca terus berganti. Biasanya saat musim penghujan atau kemarau yang lagi parah-parahnya, kulit kita meresponnya dengan kurang baik juga.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kulit kering hingga mengelupas. Terus, kulit berminyak bukan berarti harus menghindari skincare yang ada minyaknya juga. Justru itu karena kulit kamu berpikir "Wah, aku terlalu kering." hingga akhirnya memproses minyak berlebih.

Bagi kamu yang malas cuci muka, cleansing balm didesain untuk tidak memerlukan air. Cara pakainya tinggal gosok-gosok ke wajah lalu lap menggunakan tisu atau handuk lembut. Walaupun, kalau kamu mau bilas pakai air juga bisa, kok! Inilah ulasan Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm dari Kamini untuk kamu.

Tentang Produk

Dengan jargon #MeltCleanseNourish, Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm digadang-gadang mampu menghapus riasan dan kotoran dari wajah dengan sangat mudah. Tak tanggung-tanggung, waktunya pun sangat kilat, yaitu dalam waktu 30 detik saja!

Balm yang ringan ini akan meleleh menjadi liquid (yang sebenarnya minyak) saat terkena kulit. Balm ini akan bekerja dengan baik dalam membersihkan makeup secara menyeluruh tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Menjadikan kulit lembut, lembab, dan terhidrasi walau setelah pembersihan makeup. Wah, jadi makin penasaran sama produknya, nih! Langsung saja simak review-nya dari tim Kamini di bawah ini, yuk.

Klaim dan Benefit

"Remove any traces of makeup and impurities effortlessly in just 30 seconds." — Dear Me Beauty

Sesuai namanya, Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm memiliki klaim mampu mengangkat semua makeup juga kotoran dari wajah dalam tiga puluh detik saja. Kata kunci lainnya terletak pada 'Meltaway'.

Balm ini bakal langsung meleleh saat diaplikasikan ke wajah, menjadi cleansing oil yang ampuh banget menghapus riasan wajah. Lalu, tidak seperti makeup remover pada umumnya, Cleansing Balm Dear Me tidak akan membuat kulitmu kering setelah pengangkatan makeup.

Kemasan

Produk cleansing balm pasti kemasannya jar seperti ini, tidak mungkin tube. Karena itu, kekurangannya adalah, tidak terlalu higienis. Tapi, Dear Me Beauty pintar, mereka menambahkan spatula untuk memudahkan pengambilan cleansing balm-nya.

Si spatula-nya juga diberikan tempat terpisah dan ada penahannya, jadi tidak akan geser ke mana-mana dan tidak bakal hilang. Untuk higienitas, produk ini juara pokoknya. Sedangkan cleansing balm-nya ada di bagian bawahnya lagi.

Jika tempat spatula dibukanya ke atas, cara menuju cleansing balm-nya adalah dengan memutar tutup kemasan. Agak bingung awalnya karena ada dua step untuk membuka kemasan, tapi lama-lama pasti terbiasa.

Jar-nya cantik berwarna peach sesuai dengan varian cleansing balm ini, yaitu Peach. Ukuran jar-nya besar karena isinya super banyak, bukan besar karena tempatnya doang. Tapi, produk ini tetap ringan jadi bisa kamu bawa saat traveling.

Ingredient List

Ada cukup banyak bahan yang digunakan dalam cleansing balm ini tapi kita akan bagi menjadi dua kategori, yaitu full ingredients dan key ingredients. Untuk mengetahui selengkapnya, simak di bawah ini, ya.

  • Full Ingredients

Ethylhexyl Palmitate, Tridecyl Isononanoate, Cetyl Ethylhexanoate, PEG-12 Diisostearate, Polyethylene, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Parfum, Ci 45410.

  • Key ingredients

First of all, Cleansing Balm Dear Me Beauty ini jelas alcohol-free, hore..! Selanjutnya, Kamini mau bahas beberapa bahan utama dari cleansing balm ini, ya.

  1. Ethylhexyl Palmitate

Ethylhexyl Palmitate adalah emolien dan pewangi dengan nilai iritasi 0 dan komedo genisitas 2-4 (well, namanya juga minyak). Ini merupakan ester emolien yang sangat umum. Fungsinya untuk memberi richness pada formula dan rasa lembut selama produk digunakan.

2. Cetyl Ethylhexanoate

Bahan ini populer dalam produk penghapus riasan. Ini adalah setil alkohol + asam etil heksanoat yang bertugas memberikan rasa lembut dan halus pada kulit. Kandungan ini memiliki daya sebar yang bagus dan rasa tidak berminyak, serta tidak berbau dan tidak berwarna.

3. Polyethylene

Adalah zat plastik paling umum di dunia. Polimer super serbaguna ini, dalam hal kosmetik sering disebut sebagai microbeads. Fungsinya adalah untuk pengendalian viskositas. Dulu kandungan ini dilarang, karena katanya berbahaya buat lingkungan.

Tetapi, ternyata Polietilen tidak hanya berbentuk sebagai partikel scrub, tetapi juga sebagai lilin putih. Dalam bentuk lilinnya, kandungan ini dinyatakan 'oke' dan cukup populer digunakan hingga kini.

Polyethylene akan mengentalkan formula bebas air, meningkatkan kekerasan produk, dan meningkatkan titik leleh emulsi dan balm tanpa air. Ya, kandungan ini sangat umum dalam balm pembersih dan produk riasan lainnya yang berbentuk stick, karena kemampuannya untuk menambahkan bentuk, tekstur, dan slip pada formula.

4. PEG-12 Diisostearate

Jika kamu menyukai pembersih wajah berbasis minyak tetapi tidak suka membersihkannya dengan waslap, bahan ini berguna untuk mengemulsi cleansing balm dan oil agar dapat dibilas dengan air. Jadi, setelah pakai Dear Me Beauty Cleansing Balm, kamu bisa menghapusnya dengan cuci muka pakai air juga.

5. Tocopheryl Acetate

Tocopheryl Acetate adalah bentuk yang lebih stabil dari pure Vitamin E. Karena lebih stabil, kandungan ini lebih lama juga dalam usia penyimpanannya dibandingkan jika menggunakan bentuk Vitamin E yang lainnya.

Impresi

Dari klaim Dear Me Bauty dan setelah mengetahui kandungannya, saya jadi makin penasaran dengan produk ini. Karena, cleansing balm ini dibuat dari bahan-bahan yang aman dan (katanya) bisa membersihkan makeup dengan baik serta memberikan efek skincare pada wajah setelah pemakaian. Tapi, benarkah demikian? Kita telaah lebih dalam, yuk!

Tekstur

Dari tampilannya, tekstur Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm ini sama seperti produk cleansing balm lainnya. Tapi, setelah saya mencoba mengambil produk dengan spatula bawaannya, terasa banget kalau cleansing balm Dear Me Beauty lebih 'keras'.

Dan, benar saja, saat saya aplikasikan ke kulit, cleansing balm-nya masih berbentuk bongkahan lilin dan baru meleleh setelah dicoba digosokkan ke kulit. Jadi, klaim 'langsung meleleh' itu agak kurang tepat, ya, guys.

Wangi

Produk ini hadir dalam dua varian, yaitu Honey dan Peach. Kalau yang punya saya ini varian Peach. Menurut orang-orang, varian Honey sangat sulit didapatkan, mungkin produksinya lebih terbatas kali, ya.

Di mana-mana susah dicari, terus kalau pun ada opsinya di toko online, katanya tidak available. Jadi, yang paling banyak ada di pasaran memang varian Peach untuk saat ini. Saya tidak ada masalah, sih, dengan itu. Cuma, buat yang ingin banget pakai varian Honey pasti kecewa.

Sesuai namanya, varian Peach memiliki sedikit hint aroma buah persik! Segar, tidak berlebihan, saya suka sekali wanginya.

Swatch

Seperti yang saya katakan di atas, cleansing balm ini cukup 'keras'. Teksturnya tidak menyerupai balsam tapi lebih seperti bongkahan wax. Saat ditempelkan ke wajah pun, produk tidak terlalu menempel.

Jadi, ada beberapa serpihan cleansing balm yang jatuh, sehingga harus buru-buru dioleskan dan digosok-gosok saat mengaplikasikannya supaya tidak mubazir. Setelah meleleh, cleansing balm ini akan menjadi minyak yang sangat spready dan ringan.

Saya sarankan tidak menggunakan cleansing balm ini dalam jumlah yang banyak untuk sekali pemakaian. Karena, sedikit produk saja bisa menyebar secara luas ke seluruh wajah (dan leher, kalau diperlukan).

Cara Pemakaian

  1. Buka tutup paling atas kemasan untuk mengambil spatula.
  2. Lalu, putar tutup untuk mengambil cleansing balm.
  3. Ambil cleansing balm secukupnya menggunakan spatula. (Kalau mau pakai jari boleh saja, asal sudah cuci tangan).
  4. Oleskan cleansing balm ke wajah dan pijat-pijat secara perlahan.
  5. Untuk makeup yang waterproof seperti maskara, eyeliner, alis, dan lipstik, gosok ekstra (tapi tetap pelan-pelan).
  6. Hati-hati ketika menggosok area mata, jangan sampai cleansing balm masuk ke mata, ya.
  7. Jika dirasa sudah bersih atau sudah lewat dari 30 detik sesuai claim Dear Me Beauty, kamu bisa bilas wajah pakai air atau lap wajah dengan tisu kering.

Tips

Jika kamu fans double cleansing, bisa pakai micellar water saja setelah menggunakan cleansing balm. Beres! Tapi, kalau double cleansing setelah menggunakan pembersih makeup berbasis minyak itu sebenarnya agak rugi, karena tujuan cleansing balm kan untuk melembabkan kulit.

Nah, pembersihan wajah yang kedua biasanya malah merebut kembali si kelembaban yang telah diberikan cleansing balm. Tapi, semua kembali ke kamu, ya!

Performa 

Biasanya saya mulai dari bare skin kalau review produk, tapi sekarang kebalikannya. Karena saya akan mengulas produk penghapus makeup, jadi saya mulai dari full makeup dulu tentu saja.

Saya pakai BB cream, two way cake, brow pomade, eyeliner, mascara, dan matte lip cream. Beberapa dari produk yang saya gunakan heavy dan waterproof. Lalu, bagaimana kekuatan dari Dear Me Beauty Cleansing Balm ini, ya?

Sisi kiri wajah saya sudah dibersihkan, sedangkan sisi kanannya belum. Kelihatan sudah bersih banget, ya? Saya sendiri takjub saat menggunakan cleansing balm ini.

Saya tidak menaruh harapan terlalu tinggi tadinya, karena saya kurang puas dengan performa cleansing balm pertama saya dari merk lain. Tapi, Dear Me Beauty Cleansing Balm ini beda banget, jauh melampaui ekspektasi.

Memang, tekstur Cleansing Balm Dear Me agak keras pas masih jadi balm, tapi setelah digosok-gosok langsung berubah jadi minyak yang melimpah ruah. Sedikit aja sudah bisa meluas ke setengah wajah saja. Lalu, saya balurkan secara merata lalu saya beri gosokan tambahan pada area wajah yang pakai makeup waterproof.

Tapi, saya tetap berhati-hati (banget) saat membersihkan eyeliner dan maskara karena takut oil-nya masuk mata. Pada akhirnya tetap masuk juga, cuma tidak terasa perih, loh?! Hanya sedikit terasa mengganggu karena ada yang 'mengganjal' di mata.

Tapi tidak sampai harus pakai obat tetes mata atau langsung bilas wajah, cuma kedip-kedipin mata juga sudah tidak kentara lagi rasa mengganjalnya. Jadi, pastikan buat para pemakai kontak lensa seperti saya, untuk melepas dulu softlens sebelum menggunakan cleansing balm, ya.

Ini sudah bare face!! Gila, keren banget, sih Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm ini. Semua, benar-benar semua makeup saya terangkat. Padahal cleansing balm merk lain yang pernah saya pakai tidak bisa menghapus maskara sama sekali. Kalau yang Dear Me Beauty ini bisa banget.

Saya iseng double cleansing menggunakan micellar water karena ingin tahu sebersih apa cleansing balm Dear Me ini. Ternyata sisa kosmetiknya hanya segitu saja, maksudnya sangat sedikit.

Itu juga merupakan sisa-sisa warna BB cream saya saja, untuk lip cream dan maskara waterproof saya benar-benar sudah hilang, wow! Padahal lip cream saya ini susah banget dihilangkan, loh, biasanya. Keren, ya, cleansing balm Dear Me?

Kesimpulan

Saya tidak menghitung apakah cleansing balm ini tepat mengangkat riasan wajah dalam tiga puluh detik. Tapi, Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm ini benar-benar bekerja dengan cepat.

Untuk teksturnya memang cukup keras dan tidak menempel di kulit saat masih berbentuk bongkahan wax, tapi setelah meleleh langsung menyebar dan menjangkau banyak area wajah. Selain dipakai untuk menghapus makeup, kamu juga bisa pakai produk ini untuk mengangkat kotoran, debu, dan sunscreen, loh.

Pros (+)

  • Expire lama
  • Membersihkan makeup dan kotoran di wajah sebanyak 97%, tak perlu double cleansing
  • Ada aroma peach yang menyegarkan
  • Setelah meleleh cleansing balm-nya menyebar sangat luas, jadi bisa lebih hemat pemakaian
  • Kemasan dan cara pakai higienis karena sudah dilengkapi spatula

Cons (-)

  • Ada fragrance. Sebenarnya saya tidak bermasalah dengan itu, karena aromanya lembut dan enak. Tapi, buat orang-orang yang menghindari aroma dalam skincare dan makeup mereka, ini bisa menjadi masalah
  • Harus berhati-hati saat membersihkan eye makeup (tapi ini berlaku untuk semua tipe makeup cleanser balm dan oil)
  • Teksturnya agak keras saat masih berbentuk balm
  • Tidak sesuai klaim yang 'easily melt on skin'
  • Harganya lumayan, tapi isinya banyak jadi pasti awet

Harga & Tempat Membeli

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm memiliki harga yang tidak menipu. Ada harga, ada kualitas. Saya rasa untuk harga yang ditawarkan, kualitas produknya sudah sangat bagus, plus isinya banyak juga. Apa kamu pernah memakai cleansing balm Dear Me juga? Share pengalaman kamu di bawah, yuk.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram