kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 18 Februari 2021

Walau cushion merupakan produk yang populer karena K-Beauty, tapi keberadaan salah satu produk kompleksi ini sudah diakui dunia internasional. Cushion yang dianggap lebih praktis dibandingkan liquid foundation maupun BB cream biasa memang cenderung mudah digunakan terutama saat ingin touch up kala makeup memudar.

Meski berawal dari Korea Selatan, kini sudah banyak brand-brand lokal yang juga memproduksi cushion dengan kualitas jempolan, dan salah satu brand lokal yang mengusung cushion terbaik adalah Somethinc.

Tentang Produk

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion tentang produk

First thing first, produk ini diklaim oleh Somethinc sebagai first local hybrid mesh cushion in Indonesia. Apa ya maksudnya? Let’s breakdown satu-persatu.

Konsep hybrid sebenarnya bukan hal asing bagi produk cushion. Seperti dilansir dari Glamour, di Korea Selatan, cushion memang memadukan fungsi skincare dan makeup yang tak hanya menutupi ketidaksempurnaan kulit, namun juga meningkatkan tampilan hingga kesehatan kulit wajah. Dari sinilah Somethinc berangkat untuk memproduksi cushion dengan double benefit dan dilabeli sebagai ‘hybrid’.

Nah, untuk konsep mesh sendiri datang dari bagaimana compact cushion ini dikemas. Bila biasanya cushion dikemas dalam spons atau busa yang dapat menyerap liquid bb cream maupun foundation di dalamnya, Somethinc berinovasi kreatif dengan menggunakan mesh alias jaring-jaring kecil yang halus dan lembut serta berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ pertama kali diperkenalkan pada akhir Februari tahun 2020 dan masih bertengger sebagai salah satu produk cushion lokal terbaik untuk kulit berminyak yang difavoritkan di Indonesia.

Klaim dan Benefit

Ada yang saya suka dari klaim pertama yang dibawa Somethic tentang produk ini, yakni 'a product that ready to help you be the best version of you'. Terdengar positif sekali, bukan?

Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ khusus dibuat untuk skin tone orang Indonesia dan telah disesuaikan dengan kelembaban cuaca Indonesia yang tropis. Kandungan SPF 33 dan PA++ di dalamnya juga dapat membantu mencegah penetrasi sinar UV pada kulit yang menjauhkan kompleksi dari kekusaman.

Cushion ini juga dilengkapi dengan breathable technology dan formula yang tidak akan menyumbat pori-pori. Bahkan, meski khusus dihadirkan untuk pemilik kulit berminyak, kombinasi, dan acne-prone, Somethinc juga telah memformulasikan cushion ini dengan bahan-bahan yang dapat memberikan kelembaban bagi kulit kering. Sehingga tampilan kompleksi dapat terhindar dari crack. Lengkap, ya?

Cara Pemakaian

Kira-kira, dengan semua klaim yang terdengar baru tersebut, adakah perbedaan dalam pengaplikasian cushion ini? Yuk, cari tahu! Berikut adalah tips pengaplikasian Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ yang direkomendasikan langsung oleh Somethinc.

  • Pertama, tekan puff dengan lembut pada mesh dari cushion
  • Ambil kuantitas produk yang tepat tiap kali akan diaplikasikan. Kerjakan layer-by-layer
  • Gunakan gerakan menepuk-nepuk ringan yang mana dapat memberikanmu kemudahan dalam mengontrol produk dan tampilan yang tampak paling natural.
  • Hindari pengaplikasian dengan cara digosok. Cukup buat sudut yang berbeda dengan puff
  • Jangan lupa juga untuk membersihkan puff dengan double cleansing untuk menjaganya tetap bersih dan segar.
  • Dalam menghapus makeup saat memakai cushion ini, gunakan cleansing oil atau pembersih berbahan dasar minyak untuk mengangkat makeup sepenuhnya.

Fun Fact

Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA ++ ini ternyata berkolaborasi dengan salah satu influencer dan beauty vlogger terkenal Lifni Sanders terutama dalam mengeluarkan shade yang merepresentasikan dark skin tone. Kabar baik banget bukan untuk para sawo matang seperti saya?

Bukan itu saja, saya juga sangat suka channel youtube Lifni Sanders yang suka mengulas produk-produk beauty dengan cara yang unik ciri khas Lifni.

Kemasan

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion mesh

Sebelumnya, sudah disinggung sedikit mengenai salah satu fitur spesial dari Somethinc Copy Paste Breathable Cushion ini yaitu mesh yang menggantikan fungsi spons. Kalau kamu penasaran apa sih istimewanya mesh cushion dibandingkan cushion biasa, dari segi satisfaction mungkin spons cushion lebih unggul, namun dari segi ketahanan dan higienitas, mesh cushion berada satu langkah di depan.

Kalau kamu mencoba menyentuh bagian mesh tersebut, kamu tidak akan merasakan kepuasan seperti menyentuh spons cushion biasanya, karena mesh ini akan tetap flat-flat saja. Maksudnya, mesh tidak terasa empuk seperti spons. Meski begitu, konsep mesh cushion ini disebut-sebut dapat menjaga liquid foundation agar tidak mudah mengering dan lebih higienis dibandingkan spons.

Nah, untuk kemasan luar produk ini saya tidak bisa banyak mendeskripsikan banyak karena saya hanya mendapatkan kemasan refill. Akan tetapi, saya tidak menyangka kemasan refill produk ini cukup menggemaskan dan unik dengan color theme mauve yang kalem namun manis.

Somethic Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ refill ini dikemas dalam kontainer rounded square alias kotak dengan ujung sudut tumpul—cenderung melingkar, agak berbeda dengan kemasan cushion pada umumnya yang berbentuk lingkaran. Kemasan ini juga cenderung lebih bulky.

Kemasan refill cushion ini memiliki 'dua lantai' untuk memisahkan antara puff aplikator dan mesh yang berisi liquid foundation. Tak hanya itu, karena still fresh from the oven, saya juga mendapati adanya lid segel berwarna biru tua yang menjaga higienitas produk.

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion puff

Untuk puff aplikatornya sendiri memiliki bentuk yang menyesuaikan kemasan, alias sama-sama dibuat rounded square. Puff ini sangat lembut, halus dan cukup presisi sekalipun dibuat rounded-square, saya bahkan masih cukup mudah untuk menjangkau sudut-sudut wajah yang sulit terjangkau seperti sudut antara hidung dan pipi.

Ingredients List

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushioningredients

Full Ingredients

Water, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Cyclohexasiloxane, Iron Oxides (CI 77492), Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Trimethylsiloxysilicate, Phenyl Trimethicone, Pentylene Glycol, Polypropylsilsesquioxane, Synthetic Fluorphlogopite, PEG-10 Dimethicone, Zinc Oxide, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Dipentaerythrityl Hexa C5-9 Acid Esters, Iron Oxides (CI 77491), Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Iron Oxides (CI 77499), Betaine, Polyhydroxystearic Acid, Aluminum Hydroxide, Disteardimonium Hectorite, Stearic Acid, Fragrance(Parfum), Ethylhexylglycerin, Lecithin, Ethylhexyl Palmitate, Isostearic Acid, Isopropyl Myristate, Hydrogenated Castor Oil Isostearate, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Anthemis Nobilis Flower Extract, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, BHT, Tocopherol, Allantoin, Caffeine.

Key Ingredients

Jangan kebingungan dengan list bahan-bahan yang terkandung dalam Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ ini karena tidak semuanya esensial untuk kulit, kok. Tapi tentu saja cukup banyak bahan yang menjadi pahlawan. Mau tahu apa saja key ingredients yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Kalau sunscreen agent satu ini memang paling wide digunakan dalam produk kosmetik. Ethylhexyl methoxycinnamate biasanya digunakan dalam produk cushion untuk membantu melindungi kompleksi dari sinar UVB.

  • Tocopherol

Sama halnya dengan ethylhexyl methoxycinnamate, tocopherol yang merupakan bentuk lain dari vitamin E juga sering dijumpai dalam produk kosmetik. Bahan ini menawarkan manfaat antiokasidan yang dapat melindungi kulit dari stres oksidatif sekaligus melembutkan kulit.

  • Allantoin

Produk samping dari ekstraksi asam ureat ini disebut-sebut merupakan bahan yang efektif dalam menyejukkan, melembabkan dan mengondisikan kulit. Allantoin adalah salah satu bahan yang disebut Somethinc bersahabat dengan kulit kering karena dapat mencegah kekeringan pada kulit.

  • Anthemis Nobilis Flower Extract

Ekstrak bunga chamomile dapat memperkuat fungsi antioksidan yang ditawarkan Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++. Beberapa penelitian bahkan mengungkap bahwa ekstrak bahan alami ini juga memiliki karakteristik menenangkan kulit dan anti-inflamasi.

  • Castor Oil (Hydrogenated Castor Oil Isostearate)

Dalam kosmetik, minyak castor terhidrogenasi biasanya digunakan untuk mengontrol kekentalan produk. Akan tetapi, minyak castor yang teksturnya seperti wax ini juga memiliki manfaat samping menjaga kulit dalam kondisi yang baik.

  • Betaine

Nah, selain allantoin yang sangat dry skin-friendly, betain juga datang untuk memberikan hidrasi pada kulit. Betain juga dikenal sebagai osmolyte yaitu bahan yang membantu kulit beradaptasi untuk mempertahankan atau mengatur penguapan hidrasi.

  • Glycerine

Kita juga tidak bisa melupakan peran gliserin bila bicara soal bahan yang sangat berguna untuk kulit kering, terutama dalam urusan menghidrasi. Bahan ini adalah master of hydration yang sering digunakan produk kosmetik terutama pada produk yang menawarkan fungsi melembabkan sekaligus hidrasi. Gliserin juga sangat penting dalam mempertahankan kulit agar tampak dan terasa sehat.

Impresi

Sebelum menguji seberapa hebat Somtehinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ untuk tetap stay di wajah, saya tentu tidak akan lupa untuk menyampaikan perkenalan pertama saya dengan produk yang disebut-sebut sebagai first local hybrid mesh cushion in Indonesia ini. Simak terus, ya!

Tekstur

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion tekstur

Meski dikemas dalam bentuk mesh, nyatanya liquid dalam cushion ini tetap terasa lembut dengan tekstur yang blendable. Ketika mesh ditekan pun produk tidak sulit untuk keluar dengan jumlah yang menurut saya cukup. Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ ini juga mudah untuk build-up bila kamu ingin coverage yang lebih mantap.

Aroma

Walau pada ingredients list tampak jelas bahwa cushion lokal ini memiliki kandungan fragrance, sejujurnya saya tidak dapat mencium aroma apapun selain aroma cushion pada umumnya dengan intensitas yang tidak begitu menyengat. Sehingga selama saya menggunakan cushion ini, saya hampir tidak menyadari adanya aroma yang mengganggu hidung.

Shade

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion

Oh iya, saya hampir lupa menyampaikan bahwa produk ini memiliki range shade yang cukup wide untuk ukuran produk lokal. Setahu saya, Somethinc juga ikut concern dengan shade produk kompleksi yang sempat menjadi isu di Indonesia. Karena itulah brand satu ini berani menambah koleksi shade dari Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA ++ sebagai bentuk kepedulian Somethinc terhadap wanita Indonesia. Lengkapnya, shade dari cushion Somethinc ini adalah sebagai berikut.

  •       PERLE: light - cool undertone
  •       BIJOUX: light - warm undertone
  •       NINA: medium light - neutral undertone
  •       SERENE: medium light - cool undertone
  •       CHARLOTTE: medium - neutral undertone
  •       ÉCLAIR: medium - cool undertone
  •       COCO: medium - warm undertone
  •       ALTER: medium deep - neutral undertone
  •       GODDESS: medium deep - warm Undertone
  •       TIFFANY: dark - warm undertone
  •       FAWN: dark - neutral undertone
  •       PENNY: dark - warm undertone

Saya sendiri memiliki medium deep skin tone dengan warm undertone, sebab itulah saya menjatuhkan pilihan pada Goddes saat memilih shade Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++.

Dan ketika diaplikasikan, benar saja, shade ini seperti match made in heaven dengan warna kulit saya. Sebenarnya, shade ini tidak memiliki efek tone up yang hebat pada wajah, namun terlihat bahwa tampilan kompleksi saya tampak enhanced setelah mengaplikasikan shade Goddes.

Swatch

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion ketahanan

Meski meningkatkan tampilan kompleksi, sayangnya saya tidak bisa mengandalkan produk ini dari sisi coverage karena hanya menawarkan coverage medium. Pasalnya, cushion tidak bisa menutupi bekas-bekas jerawat yang saya miliki dengan optimal. Bukan itu saja, cushion ini juga tidak memiliki kemampuan pore-blurring apapun, oleh sebab itulah pori-pori wajah saya tetap terlihat sekalipun setelah selesai menggunakan produk ini.

Meski begitu, saya tetap menyukai produk ini karena terasa lembut dan ringan pada wajah. Hasil akhir yang cenderung satin juga membuat wajah saya tampak fresh dan berkilau. Kebetulan, saya ingin mengetahui berapa lama cushion dari Somethinc ini dapat menahan minyak pada wajah, karena itulah setelah mengaplikasikan cushion, saya tidak menggunakan bedak untuk men-set wajah.

Performa dan Daya Tahan

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion peforma

Copy Paste Breathable Cushion dari Somethinc ini benar-benar terasa ringan selama saya gunakan. Kelembaban yang diberikan produk juga cukup baik dalam mencegah tampilan kompleksi dari kekeringan. Sehingga patchy, cakey dan creasing tidak singgah pada wajah saya sama sekali.

Awalnya saya tidak merasa kalau produk ini luntur dengan basuhan air, akan tetapi setelah berwudhu selama dua kali, saya akhirnya menyadari bahwa produk ini luntur juga. Maka dari itu, alangkah lebih baik kamu touch up kembali bila selalu ingin tampil maksimal kala menggunakan cushion dari Somtehinc ini.

Selain itu, bagi saya cushion ini cukup baik dalam menahan minyak di wajah. Pasalnya diujung hari saya tidak mendapati sebum yang overproduced, terutama pada bagian T-Zone. Hanya ada sedikit minyak yang hadir, hal ini mungkin juga disebabkan karena produk yang sudah luntur, makanya wajah kembali memproduksi minyak.

Produk ini mampu bertahan selama 3-4 jam di kulit saya. Tampaknya bila tidak dibarengi wudhu, ketahanan produk dapat lebih lama lagi. Selama pemakaian juga saya tidak merasakan adanya oksidasi pada produk, dan sekali lagi saya tekankan bahwa Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ teksturnya sangat ringan pada wajah saya.

Sewaktu-waktu bahkan saya lupa kalau saya tengah menggunakan produk komplesi, rasanya seperti hanya menggunakan pelembab harian saja. And yes, for me it is so lightweight. Ditambah lagi, formulasi produknya juga tidak menyebabkan terbentuknya komedo pada wajah saya, jadinya saya tidak perlu khawatir wajah akan keberatan bila menggunakan produk ini. Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++ ini tampaknya akan menjadi produk penyelamat saya sehari-hari terutama kala ingin touch up.

Tips dan Trik

Ingin membuat lifting effect dengan cushion? Bisa kok, tips ini diadaptasi dari Vivi Ahn yang merupakan salah satu Korean beauty expert. Cara untuk mendapatkan lifting effect pada wajah dengan cushion adalah dengan mengaplikasikan cushion dalam bentuk U dimulai dari pelipis kiri ke arah bawah menuju dagu kemudian naik ke arah pelipis kanan lagi. Dijamin, wajahmu akan tampak lebih terangkat dengan teknik ini.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion kesimpulan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meski terbilang baru, nyatanya Somethinc Copy Paste Breathable SPF 33 PA++ sudah banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, mungkin kamu akan kesulitan untuk mendapatkan produk ini di drugstore meski ada beberapa toko kosmetik khusus yang sudah menjualnya. Tapi, bila tidak mau ribet, kamu akan sangat mudah menemukannya di e-commerce yang telah Kamini sediakan.

Kesimpulan

Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion kemasan

Dengan semua konsep inovatif yang ditawarkan Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++, produk ini tampaknya cocok digunakan sebagai cushion harian yang ringan dengan kemampuan melembabkan yang sangat baik tanpa membuat wajah overproducing minyak.

Pros

  • Melembabkan dengan sangat baik
  • Menyediakan range shade cukup luas
  • Finishing satin yang sehat dan fresh
  • Enhance complexion
  • Tidak membuat patchy, cakey, dan creasing
  • Super lightweight dan non-comedogenic
  • Ketahanan 3-4 jam bila terbasuh air, dan bisa lebih lama bila kompleksi tidak sering terbasuh air
  • Sudah mengandung SPF 33 dan PA++ untuk membantu perlindungan terhadap sinar UV
  • Tidak oksidasi
  • Cukup baik dalam menahan minyak

Cons

  • Cukup bulky
  • Coverage maksimal berada di level medium, jadi bila ingin coverage to the max kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan concealer terlebih dahulu
  • Tidak memiliki kemampuan pore blurring
  • Perlu touch up

Begitulah pengalaman yang saya rasakan selama menggunakan Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA ++ ini. Bagi saya, produk ini cukup layak untuk dicoba terutama bagi kamu yang membutuhkan cushion ringan tanpa perlu kemampuan coverage terlalu tinggi.

Gimana, tertarik untuk mencoba? Atau kamu punya pengalaman yang serupa dengan saya selama menggunakan Somethinc Copy Paste Breathable Cushion SPF 33 PA++? Silahkan jawab di kolom komentar, ya.

Oh iya, Kamini juga sempat mengulas produk cushion lain yang tak kalah fenomenal lho di Indonesia yaitu PIXY Make It Glow Dewy Cushion dan Make Over Demi-Matte Cover Cushion, atau bila kamu mencari rekomendasi cushion lokal lainnya yang bagus, kamu dapat melihatnya pada artikel ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram