Review Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation

Punya kulit wajah yang gampang berminyak memang kadang bikin sebal. Pasalnya, kulit oily atau kombinasi sering membuat tampilan makeup berantakan karena sebum yang berlebihan. Selain itu, makeup juga jadi terasa enggak tahan lama dan cepat luntur bahkan sebelum acara pentingmu selesai. Gimana enggak bikin sebal kalau begini, ya?

Untungnya, sekarang sudah banyak banget brand lokal yang mengeluarkan produk bedak dengan kemampuan oil control. Salah satunya yang akan kita coba kali ini yaitu Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation. Penasaran dengan performanya? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Tentang Produk

somethinc-dna-airbrush-powder-4_

Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation ini dirilis pada akhir tahun 2021. Produk ini diluncurkan bersamaan dengan ratusan produk makeup lainnya.

Peluncuran produk makeup dari Somethinc ini memang bikin heboh banget! Karena, selain produk yang diluncurkan bersamaan dan dengan varian shade yang sangat beragam, Somethinc juga terlihat berusaha banget menampilkan produk-produk yang berkualitas dari segi kemasan maupun kemampuan produk.

Salah satu produk dengan kemasan paling unik adalah Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation ini. Produk ini punya bentuk kemasan segitiga disaat produk compact powder lainnya kebanyakan berbentuk bulat. Dari segi packaging inilah Somethinc berhasil mencuri perhatian para Beauty Enthusiast.

Klaim

somethinc-dna-airbrush-powder-2_

Selain dari kemasannya yang unik. Somethinc menawarkan sederet klaim yang menggiurkan soal bedak padat ini. Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation ini diklaim mampu menyamarkan tampilan pori-pori dan garis-garis halus di wajah dengan 'Live Filter Effect' serta coverage yang medium to full.

Enggak cuma itu, hasil akhir yang didapatkan pun bisa lebih mulus tanpa cakey ataupun cracky sepanjang hari. Bedak padat ini juga diformulasikan khusus agar bisa tampil tahan lama.

Formulanya diklaim mampu menahan minyak tapi tetap ringan dan breathable. Selain itu, produk ini juga sweatproof dan water resistant sehingga bisa kamu gunakan dengan nyaman saat kamu sedang aktif berkegiatan.

Ingredients

Selain berbagai klaim di atas, bedak padat ini juga punya manfaat skincare, lho. Yuk kita lihat daftar kandungan selengkapnya!

Full Ingredients

Talc, Mica (CI 77019), Titanium Dioxide (CI 77891), Silica, Boron Nitride, Triethylhexanoin, Squalane, Iron Oxides (CI 77492), Dimethicone, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Triethoxycaprylylsilane, Magnesium Myristate, Hydrogenated Olive Oil Unsaponifiables, Iron Oxides (CI 77491), Iron Oxides (CI 77499), Water, Glycerin, Tocopherol, DNA, Phenoxyethanol, Carbomer, Potassium Sorbate, Sodium Metabisulfite, Biotin

Key Ingredients

  • Squalane

Bahan yang satu ini diketahui hadir secara alami di tubuh kita. Tapi, seiring bertambahnya umur, produksi squalane di dalam tubuh jauh berkurang. Padahal, squalane mampu memberikan kelembapan pada kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan squalane dalam bedak ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

  • Titanium Dioxide

Sebenarnya kandungan ini banyak dipakai di berbagai jenis produk kecantikan seperti sunscreen ataupun bedak. Fungsinya adalah sebagai pelindung dari sinar UV atau pencerah kulit. Di dalam produk ini, titanium dioxide yang digunakan berjenis CI 77891 yang memberi pigmentasi pada kulit.

Impresi

Lalu, gimana kesan pertama pemakaian produk ini? Simak terus ya!

Kemasan

somethinc-dna-airbrush-powder-5_

Salah satu yang menjadi daya tarik Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation ini adalah kemasannya. Disaat bedak padat lain berbentuk bulat atau segi empat, Somethinc memilih bentuk segitiga untuk produk mereka. Selain bentuk kemasan yang enggak biasa, desain cover serta warna yang dipilih juga terkesan fun dan dinamis dengan nuansa kuning neon dan abu-abu.

Selain itu, material plastik yang digunakan dalam kemasan ini juga terasa sangat kokoh. Ada magnet yang tertanam di bagian tutup sehingga produk lebih aman dan praktis. Ukuran kemasannya juga ramping dan enggak bulky sehingga bisa dengan mudah diselipkan di makeup pouch. Overall, kemasan produk ini memang sulit ditolak dan menarik untuk dikoleksi.

Sayangnya, saya agak kecewa dengan puff yang tersedia. Meskipun bentuknya sama-sama segitiga dengan warna kuning menyala, material puff yang terbuat dari spons terasa kurang bagus. Dimensinya terlalu tipis dan letoy, sehingga kurang nyaman digunakan untuk mengaplikasikan bedaknya.

Tekstur, Warna, dan Aroma

somethinc-dna-airbrush-powder-3_

Salah satu keunggulan produk ini adalah tersedianya beragam shade yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulit. Beberapa shade tersebut di antaranya adalah Fair Light, Light, Neutral, Medium, Beige, Sand Beige, dan Warm Beige. Menyesuaikan dengan warna kulit wajah saya yang yellow undertone, saya memilih shade Neutral dengan harapan warna ini bisa membuat kulit saya jauh terlihat lebih cerah.

Sayangnya, warna yang muncul agak sedikit enggak sesuai dengan ekspektasi. Saya berasumsi warna Neutral masih bisa digunakan di kulit yang cenderung kecoklatan seperti saya. Tapi ternyata warna Neutral ini jauh lebih terang dari perkiraan saya.

Baca juga: Cara Memilih Warna Bedak yang Paling Tepat

Dilihat dari tekstur produknya, secara kasat mata produk ini punya partikel bedak yang cukup halus di tangan. Saat diaplikasikan menggunakan spons bawaannya, produk ini menempel cukup banyak pada meskipun tanpa usaha berlebihan. Produk ini juga enggak memiliki aroma apa pun.

Performa

somethinc-dna-airbrush-powder-6_

Sebelum menggunakan bedak ini, seperti biasa saya menggunakan serangkaian produk skincare yang lengkap dari mulai toner, serum, pelembap, dan enggak lupa juga sunscreen. Meskipun penggunaan skincare ini berpotensi bikin muka lebih mengkilap karena kulit saya tergolong kulit kombinasi, tapi saya memang lebih suka tampilan make up yang dewy ketimbang matte.

Sesudah melewati berbagai tahapan skincare, saya coba mengaplikasikan produk ini langsung dengan puff bawaannya. Seperti yang sudah saya duga, puff bawaannya ini kurang nyaman digunakan. Memang, produk yang terambil langsung menempel di puff, tapi ketika dibaurkan ke wajah, produk terasa sulit transfer ke wajah.

Selain itu, entah kenapa produk juga terlihat menggumpal dan patchy di wajah padahal skincare yang saya pakai sebelumnya tetap sama. Bedak lainnya yang saya pakai pun enggak sampai patchy seperti ini. Jujur saya agak bingung dan kaget dengan performanya. Tapi setelah aplikatornya saya ganti dengan brush, hasilnya pun bisa dibilang tetap sulit dibaurkan.

somethinc-dna-airbrush-powder-7_

Masih belum menyerah, saya mencoba lagi mengaplikasikan bedak ini beberapa kali dengan puff bawaannya lagi. Tapi cara mengaplikasikannya dengan ditepuk-tepuk pelan. Meskipun agak pegal, tapi cara ini cukup berhasil karena akhirnya produk bisa menempel tanpa gumpalan dan patchy. Surprisingly, produk ini sukses meng-cover wajah dengan hasil yang halus dan terasa sangat matte.

Harga dan Tempat Pembelian

Produk ini sudah tersedia di berbagai e-commerce dan official store Somethinc. Enggak perlu bingung cari-cari lagi, kamu bisa klik tombol di bawah ini untuk membelinya!

Kesimpulan

somethinc-dna-airbrush-powder-1_

Sejujurnya, dari awal produk ini rilis, saya berharap banyak dari produk ini. Somethinc menawarkan sederet keunggulan yang menarik dari produk ini. Sayangnya, performa bedak ini bisa dibilang enggak terlalu memuaskan karena terasa kurang blendable. Padahal, produk ini punya bentuk kemasan yang unik dan sangat menarik. Selengkapnya, kamu bisa cek daftar berikut:

Pros

  • Desain kemasan sangat menarik
  • Material kemasan kokoh dengan magnet
  • Ukuran kemasan pas dan enggak bulky
  • Ada kandungan skincare di dalamnya

Cons

  • Puff atau sponge terlalu tipis
  • Patchy
  • produk kurang blendable

Dengan hasil akhir di atas, produk ini sebenarnya cukup bagus untuk kamu yang bermasalah dengan kulit berminyak karena tampilan wajah bisa jadi sangat matte tanpa minyak. Sayangnya, ini berarti untuk kamu yang punya kulit kering, kamu enggak akan suka dengan hasilnya, karena produk ini bisa bikin kulit makin kering. Gimana? Kamu tetap ingin punya produknya?

Selain powder foundation ini, ada produk lain yang diluncurkan Somethinc dalam lini base makeup pertamanya. Apa saja produknya? Silakan cari tahu dengan mambeca artikel Base Makeup Somethinc.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram