Urutan Skin Care Malam yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 20 Juli 2020

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih, kamu perlu melakukan perawatan dengan skin care. Penggunaan skin care tidak hanya diterapkan pada pagi hari saja. Tapi juga perlu dilakukan pada malam hari. Kebanyakan wanita Korea yang memiliki kulit wajah yang terlihat sempurna melakukan skin care pagi dan malam hari.

Sebelum beraktivitas esok pagi, kamu perlu memakai skin care malam supaya memiliki wajah yang terlihat sehat. Nah, bagi pemula dalam dunia skin care, mungkin masih bingung produk skin care apa saja yang harus digunakan. Lalu bagaimana urutan skin care malam yang tepat? Supaya tidak salah, ikuti yuk urutan skin care malam berikut ini.

1. Oil Based Cleanser

Oil Based Cleanser

* sumber: kawaiibeautyjapan.com

Setelah beraktivitas seharian dengan make up yang menempel di wajah, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu. Karena tidur dengan make up dapat membuat kulit wajahmu bermasalah. Sangat direkomendasikan membersihkan make up dengan pembersih berbahan dasar minyak.

Terutama buat kamu yang menggunakan make up waterproof, produk ini wajib kamu miliki. Menggunakan oil based cleanser adalah pembersih dasar dari tahan skin care ala Korea. Karena produk ini mampu membersihkan dan melunturkan make up secara keseluruhan.

Karena berbahan dasar minyak, kamu cuma perlu sekali usap. Pembersih ini juga dapat menghilangkan sebum dan polusi yang ada di permukaan wajahmu.

2. Micellar Water

Micellar Water

Langkah selanjutnya adalah membersihkan make up dengan micellar water. Sesuai dengan namanya produk ini berbahan dasar air yang membantu menghilangkan semua kotoran dan mengangkat minyak berlebih. Micellar water cocok buat kamu yang menggunakan make up non waterproof.

Produk ini juga dinilai aman untuk membersihkan area sensitif seperti area mata. Namun ada juga micellar water yang dilengkapi dengan jojoba oil yang dapat membersihkan make up waterproof.

3. Facial Foam

Facial Foam

* sumber: www.fimela.com

Selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan pembersih sabun khusus wajah atau facial foam. Tahapan ini tidak boleh terlewatkan karena facial foam dapat membersihkan make up secara maksimal. Sebaiknya gunakan facial foam sesuai jenis kulitmu. Karena jika tidak sesuai, akan menyebabkan kulit wajah yang mengering atau seperti tertarik.

Tuangkan facial foam sebesar biji jagung pada tangan yang sudah dibasahi air. Kemudian gosok-gosok hingga berbusa. Lalu oleskan pada seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil dipijat. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk lembut.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi

Setelah membersihkan wajah, kulitmu butuh eksfoliasi. Terutama buat kamu yang ingin terhindar dari jerawat. Karena kulit yang terlihat kusam adalah akibat dari sel kulit mati yang menempel di wajah. Jadi wajahmu perlu dieksfoliasi setidaknya dua kali seminggu. Gunakan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati.

Pilihlah produk scrub wajah yang memiliki butiran halus sehingga tidak akan merusak kulitmu. Lakukan scrub dengan cara menggosokkan pada wajah secara perlahan. Sebaiknya jangan eksfoliasi wajah terlalu sering karena akan membuat pori-pori wajah terbuka lebar.

5. Toner

Toner

Toner adalah tahap skin care selanjutnya yang berfungsi untuk mengangkat sisa sebum dan membuat kulit lebih segar. Toner juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengembalikan pH kulit supaya kembali normal.

Bahkan produk ini juga berguna untuk menyiapkan wajah supaya dapat menerima skin care selanjutnya. Caranya cukup menggunakan 2-3 tetes toner ke telapak tanganmu. Kemudian tepuk-tepukkan ke wajah. Biarkan selama 5 menit sampai toner meresap.

6. Essense

Essense

Langkah skincare selanjutnya adalah essense. Produk ini berfungsi untuk mengatasi kulit kusam, warna kulit yang tidak merata, bahkan dapat menyamarkan garis-garis halus.

Karena essense mengandung bahan yang berfungsi untuk menghidrasi dan sebagai anti aging. Sehingga dapat mengoptimalkan pergantian sel kulit. Hasilnya kulit wajahmu akan terlihat lebih segar, tampak muda, dan wajahmu akan lebih kenyal.

7. Serum

Serum

* sumber: www.femina.co.id

Buat kamu yang sudah memasuki usia 25 tahun, menggunakan serum sangat dianjurkan. Karena produk ini mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk wajahmu. Serum berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, mencegah penuaan dini, dan menyamarkan noda hitam.

Sebaiknya gunakan serum di lima titik wajah yaitu di bagian kening, hidung, dagu, pipi kanan, dan pipik kiri. Kemudian ratakan menggunakan jari secara perlahan. Biarkan meresap selama 15 menit.

Baca juga artikel cara memakai serum wajah sesuai urutan yang benar ini.

8. Masker

Masker

* sumber: www.cosmopolitan.com

Masker disebut sebagai jiwanya skin care malam. Perawatan wajah yang satu ini merupakan pilihan yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa menggunakan masker bubuk atau sheet mask yang lebih praktis.

Namun disarankan menggunakan sheet mask. Karena sheet mask merupakan kunci yang akan membuat kulit wajahmu menyerap penuh nutrisi dan kandungan dalam sheet mask. Sehingga wajah akan lebih cerah, kenyal, dan glowing. Penggunaan sheet mask juga akan membuat isitirahat malam lebih rileks.

Namun sebaiknya gunakan selama 15-20 menit. Jangan sampai dibawa tidur. Cukup gunakan sheet mask sebanyak 2 kali seminggu. Setelah menggunakan sheet mask, tidak perlu dibilas. Cukup tepuk-tepukkan sisa essense dengan telapak tanganmu supaya kandungannya meresap sempurna.

9. Eye Cream

Eye Cream

* sumber: www.shefinds.com

Setelah menggunakan masker, kamu butuh eye cream. Bagian bawah mata juga perlu perhatian khusus karena memiliki kulit yang lebih tipis. Sehingga lebih rentan mengalami penuaan dini. Guratan halus yang muncul seiring bertambahnya usia juga bisa membuat sebagian wanita tidak percaya diri. Maka dari itu penggunaan eye cream ini dinilai penting.

Kamu bisa menggunakan eye cream atau serum mata. Biasanya eye cream mengandung minyak yang cocok untuk mencegah kekeringan di area mata. Sehingga mata yang tampak lelah akan teratasi dengan penggunaan produk ini.

Eye cream juga aman digunakan dan tidak menimbulkan iritasi. Sebaiknya gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Night Cream

Night Cream

* sumber: casualglobe.in

Tahap skin care terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan night cream atau krim malam. Krim malam berfungsi untuk mengunci seluruh perawatan wajah yang telah dilakukan. Kamu bisa menggunakan krim malam berbentuk cream, lotion, atau moisturizer.

Sebaiknya pilih yang cocok dengan jenis kulitmu. Oleskan krim malam secukupnya ke seluruh area wajah. Krim malam akan menjaga kelembapan wajahmu selama tidur. Setelah itu kamu sudah siap tidur pulas.

11. Lip Balm

Lip Balm

* sumber: www.thoughtco.com

Selain area kulit wajah, bibir juga perlu perawatan khusus, nih. Kamu bisa mengoleskan lip balm atau lip treatment. Terutama buat bibir yang cepat kering, produk ini wajib digunakan. Karena lip balm dapat memberikan nutrisi para area bibir.

Sehingga bibirmu akan terjaga kelembapannya dan lebih sehat. Sebaiknya gunakan setiap malam supaya keesokan harinya kamu sudah siap menggunakan lipstick matte dengan nyaman.

Nah, itulah urutan skin care malam yang tepat. Memang tidak beda jauh dengan skin care pagi, tapi skin care malam itu penting untuk merawat wajah secara keseluruhan. Hasilnya kamu akan memiliki wajah yang kenyal, lembap, dan glowing saat pagi hari. Jangan lupa bagikan info ini ke temanmu yang baru mulai menggunakan skin care malam ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram