Kamini.id / Style Wisuda / 10 Inspirasi Gaya Busana untuk Menghadiri Wisuda Anak

10 Inspirasi Gaya Busana untuk Menghadiri Wisuda Anak

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wisuda adalah momen paling ditunggu-tunggu oleh para orang tua, terutama para ibu. Selain merasa bangga dengan pencapaian putra dan putri atas keberhasilannya. Wisuda kini menjadi salah satu ajang untuk menunjukkan gayanya. Jika sebelumnya hanya para anak yang didandani agar terlihat cantik dan tampan, kini para orang tua pun tidak mau kalah.

Agar dapat terlihat indah dan kompak saat melakukan sesi foto keluarga. Banyak para orang tua berusaha mencari-cari inspirasi baju yang akan dikenakan dari jauh hari. Kebanyakan hanya stuck di memakai kebaya biasa dan batik, padahal ada banyak model baju yang dapat dipakai saat hadiri wisuda anak.

Berikut adalah 10 inspirasi model baju yang cocok dipakai saat menghadiri wisuda anak, yang akan dibahas di bawah ini.

1. Kebaya Encim

Kebaya Encim

Salah satu jenis kebaya yang bisa digunakan saat menghadiri wisuda anak adalah Kebaya Encim. Kebaya Encim atau kebaya Shanghai adalah kebaya yang memiliki ciri khas Cina dan Melayu. Kebaya ini biasanya terdapat bordiran berbentuk V dari leher hingga ke bawah baju. Kebaya Encim bisa menjadi pilihan kebaya dengan gaya casual dan santai.

Bahan dari kebaya Encim biasanya terbuat dari organdi atau katun. Sehingga tidak perlu khawatir akan merasa kepanasan saat proses wisuda berlangsung. Karena bahan katun dapat menyerap keringat sehingga baju akan tetap terasa sejuk dan dingin. Pilihan bahan Katun jepang dan katun paris bisa menjadi pilihan bahan terbaik untuk membuat kebaya Encim.

2. Kebaya Kartini

Kebaya Kartini

Kebaya kartini adalah kebaya yang biasanya digunakan oleh para anggota kerajaan atau ningrat di era R.A Kartini. Kebaya Kartini sebenarnya kebaya Jawa, yang ciri khasnya kebaya harus menutup bagian panggul wanita. Garis vertikal di bagian kerah memberikan kesan ramping dan tinggi pada pemakainya.

Kebaya Kartini, menjadi salah satu kebaya model minimalis yang nyaman digunakan saat menghadiri wisuda anak. Ada tiga bahan yang menjadi rekomendasi untuk membuat kebaya Kartini, yaitu katun polos, brokat atau beludru. Tambahkan aksesoris seperti bros berukuran besar di bagian tengah atas dada untuk memberi kesan etnik dan mewah.

3. Kebaya Khas Bali

Kebaya Khas Bali

Kebaya Bali ternyata bisa menjadi salah satu pilihan baju yang dapat digunakan saat menghadiri wisuda anak. Dengan tambahan obi yang melilit di bagian pinggang, membuat kebaya Bali terlihat modis. Ciri khas dari kebaya Bali, selalu terdapat motif bunga teratai dan motif bulat yang membuat beda dari kebaya lainnya.

Kebaya Bali biasanya terbuat dari bahan brokat dan katun, alasannya agar saat digunakan terasa nyaman dan tidak gerah. selain itu, menambahkan aksesoris seperti anting dan bros yang simple agar terlihat lebih elegan.

4. Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru juga bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat seragam wisuda dengan anak. Sebenarnya kebaya Kutu Baru tidak berbeda jauh dengan kebaya lainya. Perbedaan paling mencolok, adanya tambahan kain penyambung sisi kiri dan kanan dibagian dada dan perut. Tambahan pemakaian stagen atau korset dapat membuat badan terlihat lebih ramping.

Kebaya Kutu Baru adalah salah satu kebaya khas Indonesia yang sangat nyaman saat dipakai. Agar terlihat lebih indah, bisa menambahkan kalung atau bros yang memberi kesan etnik. Seperti kalung emas atau bros berbentuk bunga berukuran besar. Selendang batik juga dapat menjadi pilihan aksesori yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan.

5. Kebaya Peplum

Kebaya Peplum

Kebaya modern satu ini sudah banyak digunakan oleh para selebriti. Kebaya Peplum menjadi salah satu favorit bagi banyak orang. Modelnya yang modis, kekinian tapi tetap terlihat seperti kebaya pada umumnya. Bagian mengembang dari perut dapat menutup perut buncit dan menyamarkan pinggang rata.

Kebaya Peplum ini sangat tidak disarankan untuk wanita yang memiliki bentuk pinggang yang besar. Karena bagian bawah yang mengembang, dapat membuat pinggang terlihat makin berisi. Hindari juga penggunaan aksesoris yang berlebihan di area pinggang, karena dapat mengurangi keindahan peplum.

6. Kebaya Sabrina

Kebaya Sabrina

Kebaya model Sabrina bisa dibilang kebaya model baru, karena model ini biasanya ditemukan pada sweater. Kebaya Sabrina memberikan kesan indah pada area leher dan bahu. Sehingga saat dipakai akan membuat tampilan menjadi lebih anggun dan elegan. Ditambah lagi pemilihan warna yang tepat akan membuat semakin menarik saat dipakai

Sedikit tips untuk memilih bahan kebaya yang baik, bisa memilih motif yang tidak terlalu ramai. Lalu bisa memilih warna basik seperti, gold, silver, hitam dan putih agar baju dapat dipakai di acara lainnya. Tips terakhir adalah hindari aksesori leher yang terlalu ramai, gunakan kalung yang simple dan minimalis.

7. Kaftan

Kaftan

Bosan memakai kebaya saat menghadiri wisuda, bisa memilih kaftan sebagai opsi lain. Kaftan adalah jenis pakaian yang terlihat seperti jubah yang terdapat hiasan pada bagian leher dan sisi-sisinya. Kaftan memiliki ciri khas yaitu lengan kelelawar memanjang tanpa adanya penutup. Kaftan dapat digunakan baik untuk acara formal maupun non formal.

Kini sudah banyak model-model Kaftan modern yang bisa menjadi pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Belakangan muncul kaftan tidak hanya dari bahan katun, kini kaftan juga ada yang terbuat dari bahan brokat.

8. Abaya Modern

Abaya Modern

Abaya adalah busana muslim yang biasanya digunakan untuk menghadiri pengajian atau acara-acara kasual keluarga. Bentuk Abaya yang lebih ramping dari Kaftan dan memiliki dua model khusus. Model A-Line dan Umbrella Line. Namun semakin berkembangnya fashion Muslimah di Indonesia. Abaya kini hadir dengan model dan hiasan yang lebih menarik.

Untuk menghadiri acara formal seperti wisuda, pilihlah Abaya dengan tambahan renda dan payet berwarna gold atau silver. Warna Abaya yang dipilih juga dapat disesuaikan dengan tema acara. Untuk memberikan kesan elegan, dapat memberikan tambahan kalung dan bros.

9. Jas Formal atau Blazer

Jas Formal atau Blazer

Jika para wanita telah tampil cantik maksimal, maka para pria pun tidak boleh ketinggalan dong. Jas formal tentu menjadi pilihan terbaik saat menghadiri wisuda putra putri tercinta. Paduan jas, kemeja dan dasi membuat tampilan terlihat lebih gagah. Agar tidak boring, dapat memilih jas motif atau warna lain seperti coklat, biru tua atau maroon

Blazer juga dapat menjadi opsi lain saat menghadiri wisuda anak. Blazer dapat memberikan kesan casual bagi pemakainya. Memilih blazer berwarna putih, Biru jeans, coklat muda, hingga maron. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan casual-smart di hari spesial putra putri tercinta.

10. Batik Modern

Batik Modern

Batik rasanya selalu menjadi andalan untuk menghadiri acara baik formal maupun non formal. Kini Batik semakin modern seiring dengan perkembangan fashion di Indonesia. Mengenakan Batik tidak menjadi hal yang membosankan, justru akan membuat tampilan menjadi lebih santai namun tetap elegan dan berkarisma.

Cobalah untuk bereksperimen, agar tidak merasa bosan saat memakai Batik. Batik dengan warna terang justru menjadi trend akhir-akhir ini. Batik print instant dengan warna biru muda atau hijau dapat memberikan kesan fresh. Padukan batik dengan celana kain warna broken white dan sepatu hitam. Hasilnya akan terlihat fun namun tetap berkarisma.

Sudah dapat inspirasi baju mana yang akan dipilih nanti? 10 pilihan di atas bukanlah pilihan wajib untuk dicoba. Tapi pilihan tersebut dapat menjadi inspirasi dan gambaran, kira-kira mana yang lebih cocok dengan style dan kepribadian. Karena fashion adalah bagaimana pakaian yang melekat pada tubuh menggambarkan kepribadian.

Simak juga artikel baju untuk menghadiri wisuda pacar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020