Kamini.id / Perawatan Mata / 10 Cara Mudah Membuat Mata Terlihat Besar Tanpa Makeup

10 Cara Mudah Membuat Mata Terlihat Besar Tanpa Makeup

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2019

Mata adalah salah satu fitur paling menonjol pada wajah. Banyak orang menganggap mata memiliki efek terbesar pada penampilan seseorang secara keseluruhan. Makannya, tidak heran kalau wanita maupun pria berusaha keras untuk mendapatkan mata yang lebih indah, mulai dari menggunakan makeup hingga operasi plastik.

Sekarang, ganti semua itu dengan tren kecantikan terbaru untuk membuat mata terlihat lebih besar tanpa kosmetik. Yaitu dengan menggunakan perawatan kulit seperti serum, krim mata dan masker pada mata Anda. Ikuti saran Kamini berikut ini untuk mendapatkan mata yang terlihat lebih besar dan cantik tanpa makeup.

1. Tidur Cukup

tidur

* sumber: www.dreams.co.uk

Cara termudah untuk membuat penampilan mata jadi lebih besar? Tidur yang cukup! Beauty sleep bukan cuma istilah kosong, melainkan ada maknanya. Ketika kurang tidur, tubuh kita cenderung lebih lemas dan sangat terlihat di wajah kita kalau kita kelelahan.

Terutama pada area mata yang berbalut kantung mata, bengkak dan lingkar mata hitam. Tidurlah selama 8 jam kalau Anda bisa, agar ketika bangun di pagi harinya wajah terlihat lebih segar dan mata pun tampak lebih berbinar.

2. Kempeskan Mata Bengkak

* sumber: worthyblog.com

Kalau mata sudah terlanjur bengkak, Anda bisa mengurangi bengkak mata Anda dengan cara merendam cotton pads (kapas kecantikan) di dalam essencce favorit Anda, lalu biarkan di kulkas semalaman.

Gunakan pada pagi harinya. Letakkan kapas di mata yang bengkak segera setelah Anda bangun. Diamkan hingga essence meresap ke dalam kulit. Bengkak akan mengempes dan kulit di area mata akan jadi lebih lembab.

Hilangkan bengkak mata Anda dengan merendam wajah Anda menggunakan es batu dan irisan mentimun. Ini adalah perawatan mata ala super model Kate Moss. Anda juga bisa menggulirkan es batu di area mata seperti yang direkomendasikan makeup artist brand MAC.

3. Cerahkan Lingkar Mata Hitam

* sumber: www.byrdie.com

Cara lainnya untuk membuat mata terlihat lebih besar dan indah adalah dengan menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Tahukah Anda kalau bayangan hitam di bawah mata Anda bisa membuat mata Anda terlihat hitam secara keseluruhan? Foundation dan concealer memang bisa menutupinya, sementara. Tapi, lingkaran hitam itu sesungguhnya tetap ada.

Tapi, ketika Anda melakukan perawatan kulit untuk menghilangkan lingkaran gelap itu, maka foundation dan concealer tidak diperlukan lagi. Ikuti cara menghilangkan kantung mata dan lingkar mata hitam di artikel ini. Dengan hilangnya lingkar mata hitam, maka otomatis mata Anda akan terlihat lebih besar.

4. Pakai Eye Cream

* sumber: www.shefinds.com

Tanda-tanda penuaan umumnya pertama kali terlihat di sekitar mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar dan di bawah mata lebih tipis daripada bagian wajah lainnya, sehingga area ini ekstra sensitif.

Gunakan perawatan kulit khusus untuk area mata, salah satunya dengan memakai eye cream. Biasanya eye cream mengandung brightening effect untuk menyamarkan dark circle serta anti-aging formula untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Secara tidak langsung, dengan rutin memakai krim mata, Anda akan mendapatkan mata yang lebih cantik. So, rawatlah mata Anda setiap hari menggunakan eye cream. Cara memakai eye cream yang benar sama dengan cara massage area mata.

5. Massage Area Mata

Teknik pijat mata akan meningkatkan sirkulasi mikro dan drainase limfatik di area mata untuk mengurangi bengkak dan membuat mata tampak lebih besar. Pertama-tama, pastikan tangan dan wajah Anda bersih.

Lalu, ambil krim mata secukupnya, lalu taruh di punggung tangan Anda. Totol-totol eye cream di sepanjang area mata bawah (sekitar 1 jari di bawah mata) dan totol-totol juga sisa eye cream di bagian atas kelopak mata (di dekat tulang alis).

Ratakan titik-titik eye cream tersebut menggunakan jari manis dengan cara menggerakkan jari dari dalam ke arah luar mata. Pijat bagian atas dan bawah mata beberapa kali sambil sedikit diberi tekanan. Beri tekanan khusus ketika Anda sampai di bagian dalam, tengah dan ujung tulang mata. Pijat terus dengan gerakan memutar. Selengkapnya silakan lihat gambar di atas, ya.

6. Hangatkan Mata

Menghangatkan mata adalah salah satu cara relaksasi untuk area mata Anda, loh. Anda bisa mencelupkan handuk ke air hangat atau me-microwave handuk basah selama 1 menit untuk menghangatkannya. Lalu, taruh di atas mata selama 10 menit sambil berbaring. Jangan diam saja, gerakkan bola mata Anda dengan gerakkan melingkar sesekali. Hal ini akan mengurangi mata lelah Anda.

7. Bentuk Alis

* sumber: www.onecountry.com

Cara lainnya untuk membuat mata tampak lebih besar tanpa makeup adalah dengan membentuk alis. Bersihkan alis, buat lengkungan yang lebih tinggi daripada kurva di atas pupil Anda, lalu tipiskan area alis yang terlalu tebal atau tidak rata. Jadi, alis ala Korea kurang bagus jika Anda ingin membuat mata terlihat lebih besar, karena alis Korea itu datar dan kotak.

8. Diet

Coba lihat foto Suzy di atas, itu adalah transformasi ketika dia masih belia dan fotonya sekarang-sekarang ini ketika sudah dewasa. Terlihat sekali perbedaan pipinya yang dulu chubby sekarang menyusut. Jadi, kita semua setuju kalau diet bisa merubah penampilan wajah termasuk mata kita, kan?

9. Ganti Model Rambut/Pakai Aksesoris

Cara selanjutnya adalah dengan mengganti potongan rambut ke gaya yang menonjolkan mata Anda, seperti membuat ponytail (ekor kuda), bob peekaboo atau bob assymetrical. Kalau tidak mau potong rambut, gunakan aksesoris di kepala supaya orang-orang menarik perhatiannya ke aksesoris tersebut. Seperti menggunakan bandana atau topi baret misalnya.

10. Keriting Bulu Mata

* sumber: www.beautylish.com

Ini agak termasuk ke makeup, tapi tidak juga, karena hanya menggunakan satu alat saja yaitu eyelash curler atau yang akrab disebut pini. Alat ini secara instan akan mengangkat bulu mata dan karenanya akan memberikan efek mata yang lebih besar. Jangan ragu membeli pini yang bermerk dan agak mahal karena alat ini bisa dipakai bertahun-tahun lamanya, dan efeknya tentu akan sangat terlihat.

Selain menggunakan pini, Anda bisa juga memasang fake lashes atau ekstensi bulu mata. Kalau fake lashes cuma sekali pakai, dan Anda bisa memasang/melepasnya kapan saja. Sedangkan ekstensi bulu mata masa hidupnya lebih panjang, bisa mingguan bisa juga bulanan. Harganya lebih mahal tentunya dan Anda harus datang ke profesional untuk mendapatkannya. Baca lebih lengkap tentang lash extension di sini.

Ya, itulah beberapa cara mendapatkan mata yang tampak lebih besar dan indah tanpa makeup. Selain cara-cara tersebut, menggunakan kacamata juga ternyata bisa membuat mata tampak lebih lebar, loh. Jangan pilih frame yang sangat besar, atau pun sangat kecil. Pilihlah frame kacamata sedang agar membuat kontur mata dan wajah Anda tampak lebih presisi. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar