Kamini.id / Tas Kulit / Cara Membersihkan Tas Kulit Agar Tetap Mengkilap

Cara Membersihkan Tas Kulit Agar Tetap Mengkilap

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baik pria maupun wanita tentu tidak dapat menolak pesona tas kulit. Tas kulit selalu dapat membuat Anda tampil lebih elegan di setiap kesempatan. Jika tas kulit asli terlalu mahal, ada juga tas yang terbuat dari kulit sintetis atau suede yang tampilan dan teksturnya seperti beludru. Namun, sebelum membeli tas kulit, Anda perlu tahu bahwa tas kulit membutuhkan perawatan ekstra dibanding tas biasa.

Di kesempatan kali ini Kamini akan berbagai seputar cara membersihkan tas kulit agar mengkilap. Cara yang satu ini aman dan tidak merusak tekstur tas kulit kesayangan Anda. Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Cara Membersihkan Tas Kulit agar Mengkilap

Cara membersihkan tas kulit agar mengkilap

Ketika Anda memutuskan untuk membeli tas kulit, maka Anda harus siap dengan segala perawatan yang dibutuhkan oleh tas kulit tersebut. Perlu Anda garis bawahi, tas kulit tidak cocok dibersihkan dengan deterjen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah.

Tak perlu pusing mencari cara membersihkan tas kulit yang aman. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat tas kulit jadi kembali bersih dan mengkilap:

  1. Campur air bersih dengan sedikit sabun cuci muka dengan perbandingan 8 : 1, lalu masukkan larutan air dan sabun cuci muka ini ke dalam botol semprot (spray)
  2. Semprotkan cairan yang sudah dimasukkan ke dalam botol semprot ini ke kain microfiber, tetapi jika Anda tidak punyai kain microfiber, gunakan saja spons pencuci piring
  3. Usapkan kain microfiber tersebut ke permukaan tas searah dengan alur serat tas kulit Anda. Jangan terlalu keras saat mengusap tas Anda karena bisa menyebabkan lecet atau warnanya bisa menjadi pudar
  4. Jemur tas kulit di tempat berangin tanpa terpapar sinar matahari secara langsung
  5. Setelah kering, gunakan bahan pelembab untuk memoles tas kulit agar tampilannya tampak mengkilap dan cerah.

Untuk beberapa jenis tas kulit sintetis atau asli, Anda dapat mengkilapkan tas dengan minyak kayu putih. Namun, jangan terlalu sering menggunakan minyak kayu putih karena bahan ini dapat memudarkan warna tas kulit.

Cara Membersihkan Tas Kulit Suede

Cara membersihkan tas kulit suede

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, baik kulit asli dan suede sama-sama bahan kulit yang memiliki perawatan khusus. Meskipun keduanya adalah tas berbahan kulit, tapi cara membersihkannya sangat berbeda.

Berikut ini adalah cara membersihkan tas kulit suede yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Gunakan sikat khusus tas suede atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tas suede. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan sikat suede khusus. Kemudian, gosok secara perlahan saja
  2. Untuk membersihkan tas kulit yang kusam karena ternoda, sebaiknya gantung saja tas Anda di dalam kamar mandi ketika sedang mandi air panas. Uap air panas tidak membuat tas basah, tapi dapat melonggarkan noda pada tas
  3. Jika ada noda tinta, saus, atau noda apa pun pada tas kulit suede, bersihkan dengan cuka atau alkohol. Basahi kain bersih dengan salah satu bahan tersebut, lalu gosok di bagian yang ternoda. Anda tak perlu khawatir karena alkohol dan cuka tidak meninggalkan noda bercak pada tas suede seperti ketika Anda menggunakan air

Cara Membersihkan Bagian Dalam Tas Kulit

Cara membersihkan bagian dalam tas kulit

Tidak hanya bagian luarnya saja yang harus dibersihkan, Anda juga wajib membersihkan bagian dalam tas kulit. Tanpa Anda sadari bagian dalam tas bisa ternoda oleh sesuatu dan menjadi sangat kotor karena debu atau sampah yang tak sengaja Anda tinggalkan di dalam tas.

Haruskah Anda mencuci bagian dalam tas kulit? Tentu saja tidak. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk membersihkan bagian dalam tas kulit:

  1. Kosongkan isi tas Anda, lalu balikkan tas Anda sambil diguncang-guncangkan untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang berada di dalam tas
  2. Ambil selotip bening dan gunakan untuk membersihkan bagian dalam tas dengan cara melekatkan selotip, lalu segera tarik selotip tersebut. Debu dan kotoran umumnya akan melekat pada selotip
  3. Gunakan vacuum cleaner berukuran kecil untuk menyedot debu atau segala jenis kotoran di dalam tas
  4. Selanjutnya, Anda bisa menyeka bagian dalam tas dengan larutan air bersih dan cuka. Cara ini bisa dilakukan pada bagian dalam tas yang berjamur maupun tidak. Kandungan asam pada cuka dapat mencegah jamur tumbuh di dalam tas
  5. Untuk menghilangkan aroma cuka atau aroma lain di dalam tas, letakkan bungkus soda kue yang sudah dibuka di dalam tas, lalu biarkan semalaman agar soda kue tersebut dapat menyerap bau tak sedap pada tas

Bahan-Bahan untuk Menghilangkan Noda pada Tas Kulit

Untuk membersihkan tas kulit yang ternoda, Anda tidak perlu repot-repot membawanya ke laundry atau jasa khusus membersihkan tas. Selain dengan cara membersihkan tas kulit di atas, manfaatkan bahan-bahan berikut ini untuk menghilangkan noda pada tas kulit.

  • Krim tartar dan jus lemon

Krim tartar dan jus lemon

Buatlah pasta dari campuran kedua bahan ini untuk menghilangkan noda berwarna gelap. Oleskan pasta ke bagian tas yang ternoda, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas sisa pasta dengan kain bersih yang sudah dicelupkan ke dalam air. Segera ambil kain bersih lainnya yang masih kering untuk menyerap air di tas kulit Anda.

  • Tepung pati jagung (cornstarch)

Tepung pati jagung (cornstarch)

Apabila noda yang terdapat pada tas kulit Anda basah, segera serap noda dengan tisu kering. Setelah itu, taburkan cornstarch di atas noda tersebut agar dapat menyerap sisa noda. Bersihkan sisa cornstarch dengan sikat gigi bekas. Bahan yang satu ini lebih ampuh untuk membersihkan noda minyak pada tas kulit suede.

  • Freezer

Freezer

Manfaatkan freezer lemari es Anda untuk membersihkan noda permen karet maupun lilin pada tas. Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu memasukkan tas ke dalam freezer selama beberapa jam. Setelah itu, kelupas noda lilin atau permen karet dengan menggunakan kuku.

  • Hidrogen peroksida

Tas kulit kesayangan Anda ternoda darah? Tidak perlu panik karena noda darah pada tas kulit bisa dihilangkan dengan hidrogen peroksida. Cukup basahi kapas atau tisu dengan cairan hidrogen peroksida, kemudian gosokkan ke bagian tas yang ternoda. Namun, cara ini hanya bekerja pada tas kulit suede.

Dengan berbagai cara membersihkan tas kulit di atas, Anda tidak perlu buru-buru mencuci tas kulit kesayangan Anda di jasa khusus pencucian tas. Segera bersihkan noda pada tas dan jangan menunda-nunda proses pembersihan agar noda tidak terlalu kering sehingga menjadi lebih sulit dibersihkan.

Nah, jika Anda memiliki tips atau cara lain untuk membersihkan tas kulit, jangan ragu untuk menulis rekomendasi Anda di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020