Kamini.id / Kacamata / Cara Memilih Kacamata yang Sesuai dengan Tipe Bentuk Wajah

Cara Memilih Kacamata yang Sesuai dengan Tipe Bentuk Wajah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2019

Bagi sebagian orang, terutama bagi yang baru mulai memakai kacamata, berkacamata kadang terasa tidak nyaman. Perasaan ada yang mengganjal di batang hidung, tidak percaya diri karena merasa terlihat aneh di depan cermin, hingga perasaan terlihat cupu pun kadang menghantui diri saat memakai kacamata.

Meskipun kacamata zaman sekarang sudah memiliki banyak pilihan dan desain yang kekinian, memilih kacamata yang tepat merupakan momok tersendiri. Kacamata modis yang dipakai oleh teman kita belum tentu cocok saat kita yang memakainya. Misalnya, kacamata ala Harry Potter yang terlihat keren saat dipakai teman kita, bisa jadi malah membuat wajah kita yang bulat terlihat semakin bulat.

Memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah tentunya selain membantu daya lihat, juga akan menambah kepercayaan diri kita. Dengan kacamata yang tepat, mungkin selain terlihat “pintar”, kita juga bisa terlihat modis, menarik, dan elegan.

Bentuk wajah manusia tidak melulu bulat dan lonjong, loh, Teman-teman. Ternyata ada lima kategori bentuk wajah manusia, di antaranya yaitu bentuk wajah bulat, bentuk wajah kotak, bentuk wajah oval, bentuk wajah hati, dan bentuk wajah segitiga. Semua bentuk wajah ini memiliki ciri khas masing-masing dan dengan kecocokan bentuk frame yang berbeda pula.

Mari simak ulasannya dan perhatikan bentuk wajah mana yang deskripsinya sesuai dengan wajahmu, ya. Setelah itu, cocokkan bentuk frame kacamata mana yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Nah, dengan alasan-alasan itulah, Kamini kali ini menghimpun beragam tips dan cara memilih kacamata yang tepat sesuai dengan bentuk wajah. Sebelum mulai membeli kacamata, yuk, simak dulu ulasan cara memilih kacamata berikut ini.

1. Wajah Bulat

Wajah Bulat 1

Wajah bulat cukup mudah dikenali, kok. Meski biasanya kita bisa menilai wajah kita atau wajah orang lain secara singkat, pada umumnya wajah bulat memiliki ciri-ciri tersendiri. Karakteristik wajah bulat antara lain: lebar wajah hampir sama dengan tinggi wajah, dagu dan garis rahang membentuk setengah lingkaran, dan pipi yang terlihat tembam.

Jika kamu memiliki bentuk wajah ini, maka bingkai (frame) kacamata yang cocok adalah frame dengan bentuk yang kaku dan memiliki siku-siku, seperti bentuk kotak atau persegi panjang. Usahakan agar lebar frame lebih lebar daripada wajahmu. Bentuk frame yang persegi atau persegi panjang ini ditujukan agar menyeimbangkan bentuk wajahmu.

Seperti pada gambar bingkai di atas, pilihlah bingkai yang tebal dengan garis-garis yang tegas. Pastikan bagian bawah frame berada di atas tulang pipimu. Hindari frame kacamata berbentuk bulat. Meskipun kacamata bulat lucu dan sangat modis pada beberapa orang, tapi kacamata bulat hanya akan membuat wajah terlihat semakin bulat.

Selain bentuk di atas, jika kamu ingin memilih kacamata gaya atau kacamata hitam, bentuk-bentuk kacamata berikut ini cukup cocok untuk bentuk wajah bulat. Bentuk-bentuk kacamata tersebut antara lain: pointy detail, metal round, dan persegi.

2. Wajah Kotak

Wajah Kotak

Wajah kotak memiliki karakteristik lebar wajah pada daerah mata sama dengan lebar wajah pada daerah mulut, dan garis pertumbuhan rambut lurus dengan garis rahang yang lebar.

Kebalikan dari wajah bulat, pemilik wajah berbentuk kotak disarankan untuk memilih frame kacamata yang melengkung dan tipis. Seperti pada gambar di atas, pastikan lebar bingkai sedikit lebih lebar dibandingkan tulang pipi. Kacamata yang berbentuk agak melengkung ini ditujukan agar wajah terlihat lebih proporsional dan tidak melebar.

Usahakan agar memilih bingkai kacamata yang lebih lebar dari tulang pipi. Pilih bingkai dengan warna-warna gelap atau warna-warna bold dan hindari warna-warna terang dan bentuk-bentuk geometris atau bentuk persegi. Jangan memilih bentuk yang memberikan wajahmu terlalu banyak sudut.

Untuk wajah kotak sendiri, wajah kotak terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu wajah kotak berisi dan wajah kotak tirus. Untuk wajah kotak berisi, frame berbentuk oval merupakan pilihan yang tepat. Salah satu selebriti dengan wajah kotak berisi adalah Angelina Jolie. Jika bentuk wajahmu kotak berisi, pilihlah bingkai yang cukup tipis agar tidak membuat wajah semakin lebar.

Sedangkan untuk wajah kotak tirus, pilihlah kacamata berbentuk bulat dengan frame kecil. Kebalikan dari wajah kotak berisi, rangka frame yang dipilih harus lebih tebal. Salah satu selebritis dengan wajah kotak tirus yaitu Natalie Portman. Untuk tipe wajah ini, pilihlah model frame kacamata dengan bentuk frame yang lebih melengkung seperti model kacamata bulat, oval, dan cat-eye.

3. Wajah Oval

Wajah Oval

Kamu pemilik tipe wajah oval? Wajah oval adalah tipe wajah yang dianggap sebagai tipe wajah paling sempurna dan ideal dibandingkan dengan bentuk wajah lain. Wajah oval memiliki ciri-ciri sebagai berikut: dahi lebar, rahang, dan dagu yang bulat.

Tentu saja ada alasan kenapa wajah oval dianggap sebagai tipe wajah ideal. Salah satu alasannya yaitu bebas memilih model kacamata apapun. Tidak seperti tipe wajah lain dimana frame kacamata harus sesuai dengan bentuk wajah agar bentuk wajah terlihat lebih proporsional, tipe wajah oval bebas memilih bentuk kacamata sesuka hati.

Meski bebas memilih bentuk kacamata, kamu dengan tipe wajah oval paling pas saat memakai kacamata dengan bentuk frame persegi atau persegi panjang. Namun, tidak ada salahnya memilih kacamata dengan frame bulat atau frame dengan bentuk melengkung lainnya.

Beberapa model frame kacamata selain persegi maupun persegi panjang yang cocok untuk wajah ovalmu antara lain kacamata bundar, kacamata bentuk aviator, model bingkai cat-eye, dan model kacamata wayfarer. Dengan bentuk wajah oval, kamu bisa bereksperimen dengan bentuk kacamata apapun dan bisa disesuaikan dengan pilihan style favoritmu.

4. Wajah Hati

Wajah Hati

Bentuk wajah hati atau yang juga biasa disebut dengan tipe wajah segitiga terbalik ini memiliki ciri-ciri dengan lebar wajah bagian kening lebih besar daripada lebar wajah bagian mulut. Ciri-ciri lainnya antara lain: dahi lebar. Tulang pipi tinggi dan menyempit hingga menyerupai bentuk hati.

Untuk bentuk wajah hati, kacamata yang bisa dipilih yaitu kacamata yang bisa meminimalkan ukuran dahi yang lebar dan dapat menonjolkan garis rahang. Pilihlah frame kacamata dengan bentuk membundar, lebih lebar sedikit dibandingkan lebar kening, dan dengan frame yang cukup tebal.

Beberapa pilihan model bingkai kacamata yang cocok untuk kamu dengan wajah hati antara lain yaitu model kacamata oval, aviator, wayfarer, persegi panjang, rimless, dan semi-rimless.

Kacamata oval cocok untuk wajah berbentuk hati karena mampu memperhalus garis wajah dan menyeimbangkan bentuk wajah. Kacamata oval juga tidak membuat tulang pipi yang tinggi terlihat lebih menonjol dibanding fitur wajah lainnya.

Kacamata wayfarer juga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan kacamata oval untuk wajah berbentuk hati. Dengan bentuk frame yang lebih luas di bagian atas dibanding bagian bawah, kacamata wayfarer mampu menyeimbangkan bentuk wajah tanpa membuat tulang pipi terlihat lebih menonjol, membuat struktur wajah terlihat lebih proporsional.

Kacamata persegi panjang (rectangular), rimless, dan semi-rimless juga memiliki fungsi yang sama, yaitu menyeimbangkan struktur wajah dan meminimalisir kemungkinan tulang pipi yang terlihat lebih mencolok. Pilihan frame kacamata untuk wajah berbentuk hati cukup banyak, nih, Teman-teman, tinggal dipilih mana bentuk kacamata yang sesuai dengan seleramu.

5. Wajah Segitiga

Wajah Segitiga

Wajah segitiga merupakan bentuk wajah yang berkebalikan dari bentuk wajah hati. Wajahmu dikatakan berbentuk segitiga jika daerah mulut dan garis rahang memanjang, serta merupakan bagian wajah yang paling lebar dan menyempit di bagian kening.

Pilihan kacamata yang cocok untuk bentuk wajah segitiga yaitu kacamata dengan bingkai yang lebih panjang dan tebal di bagian bingkai atas, agar bisa menyeimbangkan rahang yang memang sudah lebih luas dibanding daerah bagian atas wajah.

Model bingkai kacamata yang cocok untuk tipe wajah segitiga antara lain kacamata browline, aviator, dan cat-eye.

Nah, itu dia panduan cara memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah. Apa Teman-teman sudah menemukan tipe wajah yang sesuai dengan deskripsi di atas? Kalau sudah, tinggal memilih kacamata yang sesuai dengan selera, deh. Selamat memilih model kacamata dan semoga nyaman dengan kacamata barunya, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar