Kamini.id / Gaya Hidup Wanita / Bukan Cuma Soal Penampilan, Ini 10 Cara Menjadi Feminin

Bukan Cuma Soal Penampilan, Ini 10 Cara Menjadi Feminin

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Cewek memang identik dengan sikap yang lemah lembut dan penampilan yang anggun, tapi faktanya banyak juga cewek yang punya sifat tomboi dan jauh dari kesan feminin. Bagi sebagian masyarakat, tomboi mungkin bukan suatu masalah, namun tak sedikit orang yang masih memandang negatif terhadap cewek yang memiliki sifat seperti laki-laki.

Nah, kalau kalian termasuk cewek tomboi yang ingin berubah jadi lebih feminin, Kamini akan memberi cara yang bisa kalian coba. Tapi ingat, berubah tidak hanya soal penampilan atau dari luarnya saja, tapi juga dari dalam alias sikap dalam keseharian.

10 Cara Menjadi Feminin

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

* sumber: www.lansons.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan rasa kepercayaan diri terlebih dahulu. Cewek tomboi biasanya masih kurang yakin atau tidak PD ketika ingin berubah jadi lebih feminin. Wajar saja, mengubah penampilan maupun sikap pasti akan menimbulkan pertanyaan atau bahkan ejekan dari orang sekitar.

Jadi siapkan dulu mental kalian dan jangan mudah terpengaruh dengan komentar buruk orang lain. Yakinkan diri bahwa perempuan dan sifat feminin adalah hal yang tidak terpisahkan. Yakinkan diri pula bahwa menjadi feminin adalah cara memperbaiki diri, bukan mengubah jati diri. Percaya atau tidak, rasa percaya diri yang tinggi juga akan ikut memancarkan inner beauty kalian, lho!

2. Tambah Wawasan Tentang Dunia Wanita

Tambah Wawasan Tentang Dunia Wanita

* sumber: thepitcher.org

Bila sudah mantap untuk berubah, mulailah cari informasi tentang dunia wanita dan kecantikan, misalnya soal fashion atau gaya busana, make up, maupun tentang bagaimana cara merawat diri dengan baik.

Kalian bisa cari info seputar dunia kecantikan dari banyak media, salah satunya lewat internet. Kalian juga bisa memperhatikan teman, saudara, atau orang-orang sekitar yang kalian anggap ‘cewek banget’. Perhatikan bagaimana cara berpakaiannya, cara berjalan, maupun cara mereka bertutur kata.

3. Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh

Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh

* sumber: accoladessalonspa.com

Cewek tomboi cenderung cuek dengan penampilan, bahkan jarang melakukan perawatan wajah dan tubuh. Kalau kalian termasuk salah satunya, mulai sekarang coba lebih perhatikan penampilan kalian.

Tak perlu repot-repot ke salon atau spa dan menghabiskan banyak uang, tapi mulailah dengan cara melakukan perawatan secara mandiri.  Misalnya, rutin keramas agar rambut sehat, memakai body lotion setelah mandi, selalu membersihkan muka dan menggunakan pelembab sebelum tidur, memakai produk tabir surya setiap keluar rumah, atau rajin memotong kuku agar jari tangan terlihat bersih.

4. Belajar Dandan

Belajar Dandan

* sumber: lionessebeautybar.net

Cara berikutnya untuk menjadi feminin adalah dengan belajar dandan, karena bagaimanapun juga cewek itu tidak bisa lepas dari hal-hal yang bernama kosmetik dan kecantikan. Kalian bisa belajar secara langsung pada teman yang pandai berdandan atau secara autodidak, misalnya mencari info di internet atau melihat video tutorial make up dari para beauty vlogger.

Satu hal yang perlu diketahui adalah kalian tidak wajib pandai berdandan dan tahu tentang semua jenis make up maupun soal merknya. Yang paling penting adalah bisa merawat kulit wajah dengan baik dan menggunakan kosmetik sesuai kebutuhan agar penampilan tidak kusam.

5. Panjangkan Rambut

Panjangkan Rambut

* sumber: www.lifehack.org

Tak bisa dipungkiri bahwa seorang perempuan akan dianggap sangat feminin ketika memiliki rambut yang panjang. Kalian juga bisa mencoba cara yang satu ini agar penampilan kalian tidak terlalu kelihatan tomboi.

Ukuran panjangnya pun bisa sangat beragam, mulai dari sebahu, sedada, hingga sepinggang. Rambut pendek juga bisa terlihat feminin asalkan tidak dipotong terlalu cepak seperti laki-laki. Jadi kalian bebas menentukan, yang penting kalian harus merasa nyaman dan tidak kerepotan untuk merawatnya.

6. Pilih Busana yang Tepat

Pilih Busana yang Tepat

* sumber: helenreynolds.net

Beralih ke soal pakaian, pemilihan busana juga harus diperhatikan agar penampilan tampak lebih anggun. Model pakaian seperti blus, dress, atau rok merupakan contoh pakaian yang cocok untuk tampil lebih feminin. Pakaian dengan aksen pita atau tali juga patut untuk dicoba karena akan menambah kesan manis pada penampilan kalian.

Meski demikian, feminin tidak terbatas pada rok saja, memakai celana juga bisa kelihatan girly asalkan memilih model yang pas, misalnya celana longgar seperti kulot. Bisa juga menggunakan celana jin tapi dipadukan dengan baju atasan yang lebih feminin seperti blus.

7. Gunakan Perhiasan atau Aksesori

Gunakan Perhiasan atau Aksesori

* sumber: rutheniumjewelry.com

Jangan ragu mempercantik diri dengan perhiasan seperti anting, kalung, atau gelang. Aksesori rambut seperti jepit dan bandana juga boleh kalian coba. Tapi agar tidak terkesan norak, pakailah perhiasan secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu, pilih aksesori dengan model yang simpel dan tidak terlalu ‘ramai’, jadi penampilan kalian pun akan terlihat lebih elegan.

8. Jaga Sikap dan Cara Bicara

Jaga Sikap dan Cara Bicara

* sumber: www.youngisthan.in

Feminin memang bukan hanya soal fisik atau penampilan luar, tapi juga tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, perempuan selalu digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut, jadi sebaiknya hindari sikap yang bertentangan dengan sifat feminin tersebut.

Bila selama ini perilaku kalian kurang terkontrol atau bahkan seperti laki-laki, coba ubah kebiasaan kalian. Misalnya, tidak bicara dengan suara yang terlalu keras,  tidak membuka mulut terlalu lebar saat tertawa, tidak berkata jorok/kasar, duduk dengan posisi yang anggun, murah senyum, sopan pada semua orang, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan mengubah penampilan, mengubah perilaku tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi jangan cepat menyerah dan menganggap bahwa jadi cewek feminin itu sulit. Coba biasakan diri dulu dengan sikap-sikap yang sudah dicontohkan di atas dan jangan merasa terbebani.

9. Bergaul dengan Banyak Teman Wanita

Bergaul dengan Banyak Teman Wanita

* sumber: time.com

Perilaku kita kadang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Nah, agar kalian ‘ketularan’ feminin, cari teman cewek sebanyak mungkin dan sering-seringlah bergaul dengan mereka. Saat bertemu dan mengobrol, perhatikan bagaimana cara mereka berpakaian atau berbicara lalu tiru sisi positif mereka sedikit demi sedikit.

Tak hanya itu, punya banyak teman cewek juga memiliki segudang keuntungan. Kalian bisa berdiskusi soal kosmetik, model pakaian yang cocok, bahkan curhat masalah kewanitaan. Asyik, kan?

10. Tekuni Hobi atau Skill yang Identik dengan Wanita

Tekuni Hobi atau Skill yang Identik dengan Wanita

* sumber: www.viralbharat.com

Tips yang satu ini sebenarnya opsional alias tidak wajib, tapi kalau kalian mau melakukannya, tentu akan jadi nilai tambah bagi diri kalian sendiri. Bicara tentang skill atau kemampuan, cewek identik dengan kemahirannya dalam hal make up atau dandan.

Selain make up, cobalah tambah skill kalian dengan hal-hal lain seperti memasak atau menjahit. Kemampuan seperti ini bukan hanya semata-mata agar kalian terlihat lebih feminin, tapi juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika sudah menikah nanti.

Nah, ternyata menjadi cewek feminin tidak terlalu susah, bukan? Agar tidak terasa berat, jangan langsung memperaktekkan 10 cara di atas sekaligus, tapi cobalah satu per satu terlebih dahulu dan biasakan diri dengan perubahan itu.

Yang perlu dipahami adalah perubahan selalu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, karena itu pastikan kalian selalu dikelilingi oleh orang-orang yang selalu memberikan dukungan. Buat kalian yang punya tips lain untuk jadi cewek feminin, jangan ragu untuk berbagi dan menuliskannya di kolom komentar, ya!

Bila ingin menjadi wanita idaman yang tak hanya sekadar feminin, cek artikel cara menjadi wanita idaman berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar