kamini.id

10 Ciri-Ciri Pria Jatuh Cinta yang Mudah untuk Dikenali

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 15 Juli 2021

Jatuh cinta menjadi pengalaman dengan berbagai kesan yang dirasakan siapa saja. Setiap orang, dalam hal ini pria dan wanita, pasti mengalaminya. Akan tetapi keduanya punya perbedaan pola dalam menunjukkan perasaan. Pria sendiri cenderung dibesarkan untuk menjadi kuat dan dibiasakan untuk mengabaikan emosi, sehingga menggunakan logika lebih banyak dari perasaan ketimbang wanita.

Hal-hal tersebut menjadi salah satu latar belakang pria dan wanita punya perbedaan sikap dan cara menunjukkan emosinya, termasuk jatuh cinta. Pada kenyataannya, setiap pria juga punya kemungkinan yang berbeda-beda untuk memperlihatkan perasaan; ada yang begitu terus terang dan jelas, ada juga yang diam-diam.

Bagi beberapa pria, mengungkapkan perasaan jatuh cinta bukan hal mudah. Keberanian untuk bicara pada lawan jenis apalagi wanita idaman jadi sesuatu yang berat. Namun, sebenarnya kamu bisa melihat itu semua dari sikapnya. Lalu, apa saja ciri-ciri pria jatuh cinta yang bisa dikenali? Dilansir dari berbagai sumber, berikut informasi yang berhasil Kamini rangkum untukmu!

1. Melakukan Kontak Mata atau Curi Pandang

ciri-ciri pria jatuh cinta_Melakukan Kontak Mata atau Curi Pandang

Ciri-ciri pria jatuh cinta yang paling mudah dikenali adalah intensitas kontak mata yang meningkat. Dimulai dengan sering curi-curi pandang, pria yang sedang jatuh cinta padamu biasanya akan berusaha melakukan kontak mata. Namun, saat kamu memergokinya, pria cenderung menghindar dan langsung mengalihkan pandangan.

Kontak mata memang biasa dilakukan oleh seseorang yang tertarik padamu. Hanya saat jatuh cinta, kontak mata yang dilakukannya akan semakin sering. Dia yang semula menghindar dan mengalihkan pandangan, mulai berubah jadi semakin berani menatapmu dalam lebih lama sekalipun sudah tertangkap basah. Ciri ini bertambah kuat ketika dia justru tersenyum manis saat kamu tanpa sengaja menangkap tatapan matanya. 

2. Berusaha Ada di Sekitarmu

ciri-ciri pria jatuh cinta_Berusaha Ada di Sekitarmu

Kamu pasti pernah merasakan kehadiran seseorang yang rasanya ada di mana-mana? Pergi ke kantin ada dia, pergi parkiran, tidak lama juga ada dia, sampai ke perpustakaan pun tiba-tiba ada dia. Jika tidak mendapat penjelasan yang masuk akal mengapa dia ada di tempat kamu berada, boleh jadi pria itu sedang merasakan jatuh cinta padamu. 

Pria yang sedang jatuh cinta cenderung ingin berada di dekat orang yang ditaksirnya. Oleh karena itu hal yang bisa dilakukannya adalah berusaha ada di sekitarmu, sekalipun tak punya alasan atau tidak ada keperluan penting. Berusaha ada di sekitarmu juga termasuk cara untuk menunjukkan eksistensinya. Dia mencari celah untuk membuatmu ngeh atau sadar mengenai keberadaannya.

3. Mencari Tahu dan Mengingat Hal Detail Tentangmu

ciri-ciri pria jatuh cinta_Mencari Tahu dan Mengingat Hal Detail TentangmuSumber: pxhere.com

Ciri-ciri pria jatuh cinta selanjutnya adalah dia mulai mencari tahu hal-hal detail mengenaimu. Saat mencari tahu dia bisa saja langsung bertanya padamu atau teman-teman terdekatmu. Dia akan mencari cara untuk mengetahui tentangmu secara lebih rinci, mulai dari seperti apa hubunganmu dengan orangtua, hubunganmu dengan teman, apa yang sedang kamu lakukan, hingga kesulitan apa yang sedang dihadapi.

Selain itu, informasi tentangmu yang diceritakan padanya tanpa sengaja, seperti es krim kesukaan atau lagu dan serial yang sedang kamu sukai, akan dia ingat. Setelah mengetahui detail tentangmu, pria yang jatuh cinta akan melihat itu sebagai sebuah keunikan, sebuah kecantikan yang membedakanmu dengan wanita lain.

Jangan kaget jika beberapa hari setelah ngobrol, tiba-tiba dia berikan es krim kesukaanmu tanpa bertanya lebih dulu. Mungkin dia sedang jatuh cinta padamu.

4. Membagikan Informasi Tentangnya Tanpa Diminta

ciri-ciri pria jatuh cinta_Membagikan Informasi Tentangnya Tanpa Diminta

Pria punya kecenderungan untuk selalu tertutup, tidak nyaman menceritakan dirinya bahkan pada orang terdekat. Pria lebih banyak menyimpan sesuatu daripada membagikannya. Kebiasaan seperti ini sudah menjadi rahasia umum. Oleh karena itu, jika kamu mendapati ada seorang pria dengan kepribadian seperti itu tiba-tiba banyak bercerita tentangnya tanpa diminta, artinya dia jatuh cinta.

Dia akan bercerita mengenai hobinya, kesibukannya, keadaan finansial bahkan goal-nya melalui sebuah obrolan yang mengalir. Pria melakukan hal ini karena dia ingin menunjukkan dunianya padamu. Dia ingin diperhatikan dan mendapat ketenangan dengan mengetahui bahwa kamu bisa menerima keadaannya.

5. Cenderung Mencondongkan Tubuh Saat Bicara

ciri-ciri pria jatuh cinta_Cenderung Mencondongkan Tubuh Saat Bicara

Ciri-ciri pria jatuh cinta yang mudah dikenali selanjutnya adalah dia bicara sembari mencondongkan tubuhnya ke arahmu. Ini merupakan sebuah reaksi normal dan natural dari seseorang yang tertarik padamu. Dia melakukan hal tersebut karena ingin berada lebih dekat atau menunjukkan antusias terhadap orang yang dia sukai.

Saat bicara dia akan mengarahkan tubuhnya untuk menghadapmu. Dia juga memerhatikan ucapanmu secara seksama. Saat bicara dia juga akan melihat ke dalam matamu, menunjukkan gesture seperti merenggangkan tubuhnya. Apakah ciri-ciri ini kamu temukan saat bicara dengannya? Jika ya, besar kemungkinan pria itu sedang jatuh cinta.  

6. Berusaha untuk Membuat Kamu Tersenyum dan Bahagia

ciri-ciri pria jatuh cinta_Berusaha untuk Membuat Kamu Tersenyum dan Bahagia

Ciri-ciri pria jatuh cinta yang selanjutnya juga mudah dikenali adalah dia berusaha membuatmu tersenyum atau bahagia setiap ada kesempatan. Mulai dari hal sederhana seperti menceritakan sebuah lelucon, bertingkah lucu dan lebih humoris. Emosi-emosi seperti itu tidak diperlihatkan pada sembarang orang, kecuali pada seseorang yang istimewa.

Selain itu dia juga terlihat berusaha untuk semakin nyaman diajak ngobrol dan nyambung membicarakan topik-topik yang kamu sukai. Pasalnya, dia sudah mencari tahu lebih dulu mengenai topik yang sekiranya menarik menurutmu.

Bukan itu saja, saat dirinya mengubah penampilan jadi lebih rapi dan lebih harum, terutama saat ada di dekatmu, bisa dipastikan dia sedang jatuh cinta. Hal-hal tersebut dilakukannya untuk membuatmu senang dan bahagia.

7. Inisiatif atau Menjaga Komunikasi

ciri-ciri pria jatuh cinta_Inisiatif atau Menjaga Komunikasi

Ketika seorang pria sedang jatuh cinta padamu, dia akan selalu berusaha untuk berkomunikasi. Setiap hari rasanya ingin bertemu dan ngobrol. Saat sedang jauh, pria itu tidak berhenti memikirkanmu sehingga jangan kaget kalau secara inisiatif dia sering menghubungi atau mengirim chat lebih dulu. 

Baginya, menjaga komunikasi adalah upaya untuk semakin mendekatkan diri pada wanita yang sedang dia cintai. Komunikasi menjadi modal penting untuk kelanjutan usaha yang sudah dilakukan sebelumnya. Dengan menjaga komunikasi, dia menjaga keinginan dan harapan untuk bersamamu.

8. Melakukan Hal yang Mengesankanmu

ciri-ciri pria jatuh cinta_Melakukan Hal yang MengesankanmuSumber: pxhere.com

Jika kamu melihat seorang pria berubah sikap jadi suka sekali menarik perhatian, berusaha keras untuk membuatmu terkesan, boleh jadi dia sedang memendam perasaan terhadapmu. Melakukan hal-hal yang dapat mengesankan wanita idamannya adalah ciri-ciri pria jatuh cinta yang bisa dikenali. 

Mulai dari mengubah penampilan, upgrade kemampuan atau semakin pandai mencari topik pembicaraan hingga menolongmu di saat dibutuhkan. Dia akan lebih rajin menawarkan bantuan sekecil apa pun atau hal-hal lain yang membuatmu terkesan, sesederhana bantu memasangkan atau melepaskan helm yang sulit dibuka dan lain-lain. 

9. Mulai Cari Cara untuk Kontak Fisik

ciri-ciri pria jatuh cinta_Mulai Cari Cara untuk Kontak FisikSumber: pxhere.com

Jangan artikan kontak fisik di sini dengan konteks yang macam-macam ya, karena sesederhana jabat tangan atau menepuk pundak juga dapat dikategorikan sebagai kontak fisik. Nah, pria yang jatuh cinta padamu, setelah sudah banyak ngobrol dan semakin dekat, biasanya akan mulai mencari cara untuk melakukan kontak fisik semacam itu. 

Saat kalian sedang ngobrol, biasanya dia akan memulai dengan menyimpan tangannya di dekat tanganmu sehingga kesempatan untuk skinship atau bersentuhan semakin besar. Dia akan cari cara supaya dapat memegang tanganmu atau menyentuhmu tanpa terkesan aneh atau memaksa. 

10. Memprioritaskanmu

ciri-ciri pria jatuh cinta_Memprioritaskanmu

Ciri-ciri pria jatuh cinta selanjutnya yang mudah dikenali adalah dia akan memprioritaskanmu. Ketika dia jatuh cinta, mustahil untuk mengabaikanmu. Baginya, kepentingan wanita yang sedang dia taksir sebisa mungkin dijadikan nomor satu, bahkan mengalahkan kepentingannya sendiri.

Dia akan melakukan atau membantu kebutuhanmu dengan senang hati tanpa perasaan berat apalagi terpaksa. Pria itu juga akan rajin mendahulukanmu daripada hal lainnya. Ketika kamu melihat dia menomorduakan hobi atau keperluannya untuk membantumu, yakinlah bahwa pria itu sedang menaruh hati padamu.

Itu tadi 10 ciri-ciri pria jatuh cinta yang bisa dikenali dengan mudah. Adakah salah satu atau semua ciri tersebut dimiliki pria yang saat ini dekat denganmu atau terlihat mulai mendekatimu? Semoga dengan mengetahui hal ini, tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah dia menyukaimu atau tidak ya!

Kalau kamu mengetahui ciri lain seorang pria saat tengah jatuh cinta, jangan ragu untuk berbagi bersama pembaca Kamini lainnya di kolom komentar! Selain itu, baca juga ciri-ciri orang jatuh cinta pada pandangan pertama.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram