Kamini.id / Primer / Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan Primer dengan Benar

Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan Primer dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Apakah Anda suka pakai full makeup atau pun suka yang simpel hanya dengan BB cream saja, face primer tetap dibutuhkan. Primer dapat menghilangkan kilau yang tak diinginkan dari wajah. Alas bedak seperti foundation dan BB cream juga akan nampak lebih halus jika sebelumnya Anda menggunakan primer terlebih dahulu.

Namun, banyak orang sering melewatkan primer karena mereka pikir tidak membutuhkannya, tidak yakin bagaimana cara menggunakannya, dan tidak berpikir kalau primer merupakan investasi yang penting untuk makeup mereka. Padahal menggunakan primer di bawah makeup Anda akan membuat riasan jadi lebih tahan lama di wajah dan tahan lama di kemasannya (karena Anda jadi hanya perlu pakai sedikit saja untuk berdandan!).

Semua pakar kecantikan setuju kalau kulit harus dipersiapkan dulu sebelum dipakaikan makeup. Jika biasanya Anda hanya membersihkan wajah dan memakai pelembab saja, maka sekarang waktunya Anda menambah primer ke dalam rutinitas Anda. Tapi, sebelum kita beranjak lebih jauh, sebenarnya apakah primer itu? Yuk, kenalan dengan all about primer bersama Kamini.

Apa itu Primer?

Primer

* sumber: www.fimasiregar.com

Primer menciptakan lapisan ekstra antara kulit dan makeup Anda. Produk kosmetik dasar seperti primer memiliki fungsi utama untuk membuat makeup lebih tahan lama. Jenis primer yang berbeda dapat digunakan pada area lain di wajah. Sejauh ini industri kosmetik baru mengeluarkan primer untuk wajah, mata, bibir, bulu mata, dan alis saja.

Memilih mau pakai primer yang mana juga tergantung pada tujuan akhir Anda. Apakah Anda ingin makeup yang tahan lama, atau apakah Anda ingin makeup yang lebih flawless, apakah Anda ingin menyamarkan pori-pori dan garis halus? Semua itu bisa didapatkan dengan jenis primer yang berbeda.

Fungsi dan Manfaat Primer

Nah, setelah Anda mengetahui primer, kini mari kita ke pembahasan selanjutnya mengenai fungsi dan manfaat dari primer itu sendiri. Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasannya berikut ini.

1. Membuat Makeup Tahan Lama

Makeup Tahan Lama

* sumber: www.lorealparisusa.com

Primer adalah dasar dari semua makeup. Primer akan membuat foundation dan semua kosmetik yang Anda tempelkan di wajah jadi terlihat lebih halus, menempel lebih baik, dan tahan lama. Setelah primer, barulah Anda pakai pelembab, foundation, dan kosmetik lainnya.

Coba saja Anda bandingkan. Gunakan foundation, BB cream, atau alas bedak apapun yang suka Anda tanpa dan dengan primer. Ketika ditambah primer, alas bedak akan lebih menempel dan tidak mudah luntur. Apalagi jika Anda berada di lingkungan yang panas atau lembab, makeup jadi rawan luntur jika Anda tidak memakai primer.

2. Melembutkan Tampilan Garis Halus & Pori-pori

Melembutkan Tampilan Garis Halus & Pori-pori

Selain membantu makeup jadi lebih tahan lama, primer juga dapat membantu melembutkan tampilan garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori besar. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan primer yang benar-benar bisa menyamarkan kerutan dan pori-pori 100%, gunakan primer khusus untuk itu.

3. Membuat Skincare & Makeup Bekerja Lebih Baik

Membuat Skincare & Makeup Bekerja Lebih Baik

Dengan mengaplikasikan primer sebelum skincare dan makeup bisa membuat wajah Anda menerima itu semua dengan lebih baik. Wajah Anda jadi lebih “terlatih” ketika nanti ditempelkan aneka skincare dan makeup.

4. Eyeshadow Primer

Eyeshadow Primer

Setiap bagian pada wajah Anda harus di-prep dengan cara yang berbeda. Primer wajah dipakai pada wajah. Untuk mata ada lagi primer-nya, yaitu eyeshadow primer atau eye primer. Anda mungkin tidak mengetahuinya, tapi kulit di sekitar mata merupakan area kulit yang paling berminyak dan tipis dari wajah. Makanya tak jarang orang yang pakai riasan mata mengeluhkan makeup mereka yang cepat luntur.

Nah, eyeshadow primer akan membuat riasan mata tetap di tempatnya, tidak luntur, dan tidak berkerut. Eye primer juga akan membuat warna-warna eyeshadow Anda lebih menyala. Karena, eyeshadow primer diciptakan khusus untuk menaklukkan area mata yang cenderung lebih oily. Jika kelopak mata Anda benar-benar berminyak, gunakan eyeshadow mattifying primer.

5. Eyelash Primer

Eyelash Primer

* sumber: www.rankandstyle.com

Tidak hanya untuk kelopak mata saja, primer juga hadir untuk mempersiapkan bulu mata Anda. Eyelash atau lash primer akan menyediakan nutrisi dan gizi sementara menciptakan base yang baik untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal.

6. Eyebrow Primer

Eyebrow Primer

* sumber: www.maybelline.com

Tingkatkan permainan makeup alis Anda sekarang, dengan menyiapkan alis sebelum dilukis. Ketika eyebrow primer dipadukan dengan makeup alis, maka alis Anda akan semakin terlihat defined. Alis akan lebih mudah dibentuk, disisir, dilukis, dan diwarnai jika sebelumnya Anda pakai brow primer dulu. Warna eyebrow juga tidak mudah luntur jika Anda prep dulu. Cociks!

7. Lip Primer

Lip Primer

* sumber: www.rd.com

Lip primer menciptakan dasar yang halus untuk bibir Anda, sehingga aplikasi lipstik bisa jadi lebih merata. Kadang kita berjuang dengan lipstik yang luntur, keluar dari garis, transfer ketika makan dan minum, dan lipstik yang membuat bibir kering sampai kulitnya terkelupas. Nah, Anda bisa menghindari semua itu dengan prep bibir terlebih dahulu menggunakan lip primer.

8. Pakai Primer Saja Tanpa Makeup, Bisa?

Pakai Primer Saja Tanpa Makeup

* sumber: despicto.pw

Bisa! Primer bisa dipakai begitu saja tanpa perlu ditimpa makeup lagi. Jika Anda sedang malas berdandan, atau ingin tampil no-makeup hari ini, pakai primer saja sudah cukup. Primer bisa membuat tampilan wajah jadi lebih lembut dan cukup untuk membuat wajah Anda jadi tidak terlihat “seperti bangun tidur”.

Cara Menggunakan Primer

Tadi itu merupakan beberapa fungsi dan manfaat primer. Sekarang, bagaimanakah cara menggunakan primer dengan benar? Kamini akan membahasnya juga di bawah ini.

1. Pilih Primer

Primer

* sumber: www.fimasiregar.com

Tentukan hasil apa yang ingin dicapai oleh primer Anda. Apakah Anda ingin menyamarkan garis halus dan kerutan? Apa Anda punya masalah dengan warna kulit yang tidak merata? Wajah Anda seperti kilang minyak? Atau kulit Anda sangat kering sehingga makeup terlihat seperti terkelupas?

Ada banyak macam primer di pasaran. Jadi, jangan sampai asal beli primer. Pastikan primer yang digunakan sesuai kebutuhan Anda. Biasanya setiap produk akan memberikan keterangan di nama produknya, seperti “hydrating primer” atau “mattifying primer” sehingga memudahkan Anda untuk memilih.

2. Cocokkan dengan Foundation

water based foundation

Selain mencocokkan primer dengan kebutuhan kulit, ada satu langkah lagi yang sebaiknya Anda lakukan. Yaitu dengan mencocokkan basis primer Anda dengan basis foundation atau alas bedak lainnya yang Anda gunakan. Apakah foundation Anda berbasis air? Maka sebaiknya Anda pakai primer yang water-based juga. Begitu pula untuk yang oil-based, ya. Hal ini bertujuan agar primer dan foundation tidak saling menolak.

Perhatikan juga apakah foundation atau alas bedak Anda yang lainnya mengandung silikon atau tidak. Foundation yang ada kandungan silikonnya tidak cocok dengan primer berbasis minyak karena mereka saling menolak. Jika dipaksakan, foundation Anda akan terlihat berbintik-bintik.

Jika pada primer atau foundation Anda tidak ada keterangan basisnya, coba saja pada tangan Anda. Tuang sedikit primer pada punggung tangan, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, tuang foundation di atasnya. Jika foundation mudah dibaurkan, tidak luntur, dan hasilnya bagus, maka primer dan foundation itu kemungkinan besar berjodoh.

3. Cuci Muka

wajah kulit muka bilas cuci

Langkah yang ke-3 adalah dengan mencuci muka Anda. Cucilah muka Anda dengan pembersih yang lembut. Anda menggunakan primer untuk menimpanya lagi dengan makeup yang baru, kan? Sebelum melakukan itu, pastikan wajah Anda bersih dari kotoran dan sisa makeup yang sebelumnya.

Jadi, angkat makeup Anda yang sebelumnya dengan makeup remover, micellar water, atau pembersih apapun yang Anda suka. Setelah itu, Anda bisa mencuci muka pakai sabun supaya wajah semakin bersih.

4. Cuci Tangan

Cuci Tangan

Tidak hanya kotoran di wajah saja yang harus dihilangkan, tapi kotoran di tangan juga. Apalagi jika Anda berniat untuk menerapkan primer menggunakan tangan, maka Anda wajib cuci tangan terlebih dahulu. Anda tidak mau, kan, kotoran di tangan berpindah dan mengendap di wajah Anda?

5. Mengaplikasikan Primer dengan Jari

pakai primer dengan Tangan

* sumber: fashionisers.com

Ada dua cara untuk mengaplikasikan primer, yaitu dengan jari tangan atau kuas makeup. Ada kelebihan mengaplikasikan primer dengan jari. Pertama, jari memiliki panas tubuh sehingga ketika bertemu dengan kulit wajah, maka primer akan melebur dengan sempurna. Kedua, memijat wajah sambil mengaplikasikan primer dapat membuat aliran darah mengalir lebih lancar.

Ambil primer secukupnya (sekitar sebesar kacang tanah untuk satu wajah). Oleskan primer ke tengah wajah Anda dan lakukan gerakan melingkar yang lembut untuk mem-blend primer. Setelah primer tersebar rata ke seluruh bagian wajah Anda, tunggu primer sampai kering.

Kesalahan orang yang paling umum adalah segera menggunakan makeup setelah primer baru diaplikasikan. Padahal sebaiknya Anda menunggu primer mengering terlebih dahulu sekitar 1 – 2 menit. Primer yang telah mengering akan membantu Anda mengurangi patchy pada makeup nantinya.

6. Mengaplikasikan Primer dengan Kuas

Mengaplikasikan Primer dengan Kuas

* sumber: stylecaster.com

Untuk area wajah yang luas, sebaiknya Anda mengaplikasikan primer dengan  jari. Tapi, untuk area yang kecil (seperti area mata, hidung, dan mulut) baru direkomendasikan pakai kuas. Anda bisa pakai concealer atau lip brush. Tapi, semua kembali lagi kepada pilihan Anda, mau pakai jari atau kuas. Anda bisa juga mengaplikasikan primer di seluruh wajah menggunakan jari (bahkan untuk tempat yang sulit dijangkau sekalipun), begitu pula sebaliknya. Buat Anda nyaman.

7. Pakai Pelembab

moisturizer pelembab

* sumber: www.self.com

Setelah pakai primer dan sebelum pakai alas bedak, jangan lupa pakai pelembab. Kadang ada yang salah mengartikan kalau pelembab dan primer itu sama. Padahal primer bukanlah pelembab, dan pelembab pun tetap kurang cukup jika Anda tidak pakai primer.

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab. Benda ini akan memberi nutrisi pada kulit Anda agar tetap sehat dan cantik. Memang ada primer yang memiliki sifat melembabkan (seperti hydrating primer, misalnya). Akan tetapi, primer tetap bukan pengganti pelembab. Ingatlah kalau fungsi utama primer adalah untuk membuat pondasi makeup jadi tahan lama.

Itulah penjelasan mengenai manfaat, fungsi, dan cara memakai primer wajah. Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mengaplikasikan primer terlalu banyak, dan memakai terlalu banyak base makeup (color corrector, shimmering oil, dll) di atas primer sebelum ditimpa dengan foundation. Tidak apa-apa sebenarnya, tapi nanti fungsi utama primer jadi menghilang dan wajah Anda terlalu memiliki banyak produk dalam satu waktu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar