Kamini.id / Primer / Macam-Macam Primer Makeup yang Perlu Anda Ketahui

Macam-Macam Primer Makeup yang Perlu Anda Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Makeup primer adalah dasar untuk riasan wajah. Primer akan membuat kulit nampak lebih halus dan makeup lebih tahan lama. Primer juga mampu menyamarkan tampilan pori-pori besar serta garis halus. Untuk manfaat primer makeup selengkapnya bisa Anda baca Manfaat dan Cara Menggunakan Primer yang Benar.

Formula primer tersedia dalam banyak bentuk, ada krim, gel, dan selengkapnya akan Kamini bahas lebih lanjut di bawah nanti. Yuk, kenalan lebih jauh dengan aneka jenis makeup primer yang ada di pasaran!

Macam-macam Primer Berdasarkan Bentuk

Kamini anggap Anda sudah tahu manfaat dan cara menggunakan primer setelah membaca artikel sebelumnya. Sekarang, waktunya Anda mengetahui macam-macam primer makeup yang ada di pasaran, karena bisa jadi Anda hanya tahu sedikit jenis primer saja.

Karena, pada umumnya primer adalah yang digunakan pada muka saja, dan bentuk yang paling sering dijumpai adalah gel/cream. Padahal primer sangat bervariatif. Primer makeup juga tersedia untuk setiap problem dan jenis kulit. Sampai sekarang, primer tersedia dalam bentuk krim, gel, powder, liquid (spray), dan oil.

1. Cream

Cream primer

Primer makeup berbentuk krim merupakan yang paling banyak ditemukan di pasaran. Teksturnya ringan, biasanya memiliki formula yang bisa mencangkup banyak masalah kulit. Diantaranya adalah melembutkan dan menghaluskan kulit, menyamarkan tampilan pori-pori dan garis halus, hingga meratakan warna kulit.

2. Gel

Ofra Silicone Primer Gel

Bentuk primer makeup selanjutnya yang paling populer adalah gel. Primer dengan formula gel bisa digunakan untuk mempersiapkan kulit sebelum ditempelkan makeup. Dengan primer gel, makeup Anda bisa tetap stabil dalam waktu yang lama, mungkin lebih lama dari 12 jam tergantung kandungan pada primer yang Anda punya. Beberapa primer gel lebih melembabkan karena mengandung silikon dan lidah buaya.

3. Liquid

Anda mungkin belum familiar dengan primer cair, atau mungkin Anda malah berpikir mereka semacam serum. Tapi, liquid primer sungguhan ada. Walaupun secara logika primer cair akan baik untuk kulit kering, liquid primer bagus buat kulit berminyak. Namun, jika makeup brand mengeluarkan primer formulanya sangat bagus, liquid primer akan cocok untuk semua jenis kulit.

  • Pipette

Liquid primer

Liquid primer biasanya menggunakan botol kaca dengan tutup pipet sehingga Anda dapat menakar seberapa banyak produk yang mau Anda gunakan. Primer cair yang bagus juga mampu memperbaiki diskolorasi warna kulit, membuat warna eyeshadow lebih keluar, menjaga eyeliner agar tidak bergeser, dan menahan makeup supaya tidak luntur seharian penuh.

  • Spray

Spray

Namun, ada pula liquid serum yang menggunakan kemasan spray. Sangat praktis, higienis, mudah dibawa ke mana saja, dan anti kotor karena Anda tidak perlu meratakan primer dengan tangan atau kuas lagi. Tinggal semprotkan spray serum dan wajah Anda pun siap untuk diberi makeup. Beberapa produk ada juga yang multi fungsi sebagai finishing spray untuk mengunci riasan agar lebih tahan lama.

4. Oil

oil primer

Agak mirip dengan yang di atas, ada pula oil primer alias primer berbasis minyak. Nah, yang satu ini benar-benar cocok untuk kulit kering. Primer minyak akan membantu melembabkan kulit karena mereka biasanya diinfus dengan minyak esensial dan minyak dari buah-buahan/biji-bijian yang baik untuk kulit.

Sebut saja minyak seperti rose oil, minyak argan, jojoba seed oil, minyak zaitun murni, dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakannya sebagai primer atau campurkan dengan foundation bahkan skincare Anda untuk menambah kilau alami.

5. Powder

powder foundation

Jarang ada yang tahu primer dalam bentuk ini. Powder primer itu nyata, walaupun fungsinya ganda karena bisa digunakan sebagai finishing powder juga. Primer dalam bentuk ini paling cocok buat kulit berminyak, karena primer ini akan menyerap minyak dengan lembut serta melindungi kulit.

Selain itu, powder primer juga akan membantu membuat makeup Anda tetap fresh sepanjang hari. Gunakan tipis-tipis sebagai primer dan cukup banyak sebagai finishing powder.

Macam-macam Primer Berdasarkan Formulasi

Tadi kita sudah berkenalan dengan jenis-jenis primer berdasarkan bentuknya. Nah, primer masih bisa dibagi lagi ke dalam kategori berdasarkan formulasi dan manfaatnya.

1. Color-correcting Primer

Color-correcting Primer

Pertama-tama mari membahas color-correcting primer, karena primer ini memiliki fungsi yang paling “terlihat” manfaatnya. Sesuai namanya, color-correcting, berarti primer ini memperbaiki tampilan kulit wajah yang warnanya tidak rata. Bahkan jika diaplikasikan dengan benar, color-correcting primer dapat membuat tekstur kulit terlihat rata juga. Hal ini tentu sangat diidam-idamkan oleh orang yang ada bekas luka, bekas jerawat, atau sedang berjerawat.

Tak sampai di sana saja, color-correcting primer juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit (entah itu karena iritasi atau alasan lainnya), garis halus, kerutan, dan meningkatkan cahaya. Color-correcting primer memiliki warna yang berbeda-beda untuk setiap masalah kulit, baca selengkapnya di artikel Macam-macam Concealer, karena setiap warna color-correcting primer dan concealer menjurus pada masalah kulit yang sama.

2. Long-wearing Primer

Long-wearing Primer

* sumber: www.glamour.com

Jenis primer yang selanjutnya adalah long-wearing primer. Memang, klaim primer adalah dapat membuat makeup jadi lebih tahan lama. Tapi, itu semua kembali kepada brand kosmetik dan tipe primer tersebut. Tentunya primer 70 ribuan akan kalah jauh performanya dengan primer 400 ribuan, kan?

Akan tetapi, jika Anda menginginkan primer yang benar-benar bisa menahan makeup supaya lebih tahan lama, cobalah cari primer yang berlabel “long-wearing”. Jarang sekali primer murah menggunakan titel ini karena mereka tentunya masih kalah jauh dengan primer yang mahal dalam urusan itu. Kebanyakan long-wearing primer memang high-end, jadi sudah pasti kualitasnya oke.

3. Illuminating Primer

Illuminating Primer

Selanjutnya ada illuminating primer. Jika primer lain plain saja, kalau illuminating primer mengandung partikel berkilau untuk membuat kulit wajah lebih bercahaya. Anda bisa menggunakannya sendiri jika sedang malas berdandan, atau bisa juga dipakai sebelum alas bedak.

4. Mattifying Primer

Mattifying Primer

Jika Anda tidak suka tampilan wajah yang basah (dewy), atau Anda punya kulit berminyak, maka sebaiknya Anda menggunakan mattifying primer. Pokoknya primer ini kebalikan dari illuminating primer di atas.

Produk ini akan membantu mengurangi kilau dan mengontrol sebum (minyak) berlebih. Makeup Anda bisa menempel lebih baik dan tahan lama dengan mattifying primer.

5. Hydrating Primer

elf-Hydrating-Face-Primer

Selanjutnya adalah jenis primer yang sebaiknya digunakan oleh orang dengan kulit kering, yaitu hydrating primer. Jika Anda memiliki masalah kulit dehidrasi, pelembab saja masih kurang. Tambahkan primer yang mengandung banyak moisture seperti hydrating primer.

6. Pore-minimising Primer

shamsbox photo-finish-primer-pore-minimising

Tipe primer ini sangat populer, apalagi buat Anda yang kulitnya berpori-pori besar. Pore-minimising primer dapat meminimalisir tampilan pori-pori. Primer ini juga akan memberi lapisan pada pori-pori agar kosmetik tidak masuk dan mengendap di dalamnya.

Macam-macam Primer Berdasarkan Area

Sekarang kita memasuki macam-macam makeup primer berdasarkan area. Mungkin Anda tahunya primer ya untuk seluruh wajah. Padahal ada beberapa area yang memiliki primer-nya sendiri. Apa sajakah itu? Langsung saja disimak di bawah ini.

1. Eyeshadow Primer

Eyeshadow Primer

Pertama ada primer eyeshadow. Primer ini akan mengintensifkan warna eyeshadow favorit Anda dan meningkatkan daya tahannya. Sehingga riasan mata Anda bakal terus on dari siang ke malam hari.

Eyeshadow base ada yang berwarna transparan, warna kulit, hingga hitam. Untuk yang transparan dan warna kulit tentu tidak akan merubah warna, tetapi black eyeshadow primer akan memberikan hint warna hitam, jadi hati-hati dalam memilih primer, ya.

2. Lip Primer

Lip Primer

Selain kelopak mata, bibir juga ada primer-nya sendiri. Secara, mata dan bibir merupakan nyawanya makeup. Kalau kedua area tersebut gagal, makeup Anda bakal dicap gagal. Lalu muncul pertanyaan, seberapa wajib penggunaan lip primer ini? Sebenarnya tidak terlalu. Tapi, jika Anda ingin lipstik yang warnanya lebih keluar, tidak geser, tidak transfer, dan lebih tahan lama, tentu sebaiknya pakai lip primer.

Apalagi jika Anda menggunakan matte lipstick. Biasanya jika kulit bibir sedang kering maka lipstik matte tidak akan terlihat mulus, soalnya kulit bibirnya megar-megar. Begitu pula jika lipstik matte yang Anda gunakan kurang bagus, jika sudah berjam-jam dikenakan akan membuat bibir semakin kering dan kulit bibir mengelupas. Nah, lip primer bisa mencegah semua itu terjadi.

3. Eyelash Primer

Eyelash Primer

* sumber: www.sephora.com

Eyelash primer disebut juga sebagai primer maskara. Produk ini berwarna putih (kadang ada yang transparan juga). Fungsinya adalah untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Bulu mata pun akan jadi lebih siap ketika diberi maskara. Tidak akan ada lagi maskara yang flakey, cakey, menyatu, dan luntur. Bulu mata yang diberi primer + maskara akan nampak jauh lebih panjang, bervolume, dan lentik yang dramatis, tanpa membuat bulu mata jadi kaku dan kering.

4. Eyebrow Primer

Eyebrow Primer

Terakhir ada eyebrow primer. Sudah jelas, ya, primer ini pasti dipakai di alis. Tapi, sebenarnya apa fungsinya? Primer alias mengandung nutrisi yang akan mengkondisi dan melembutkan rambut-rambut alis. Primer ini akan membuat alis nampak lebih tebal, penuh, dan sehat. Pakai sendiri atau dijadikan base sebelum produk alis favorit Anda.

Ya, itulah macam-macam primer untuk seluruh wajah Anda. Ternyata ada banyak sekali jenisnya, ya? Anda sudah punya primer yang mana saja, nih?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar