8 Ide Kencan di Rumah yang Menyenangkan dan Romantis

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Jalan-jalan bersama pasangan ke tempat yang asik tak diragukan lagi jadi salah satu agenda menyenangkan. Menikmati suasana, bicara banyak hal berdua tanpa ada yang mengganggu, bisa menambah kedekatan. Namun, jika dilakukan berulang, hal tersebut rasanya juga rentan membosankan.

Belum lagi jika kebetulan kamu punya kesibukan yang tak bisa ditinggal, sehingga membuat waktu lenggang menjadi mepet. Jalan-jalan pun rasanya tak leluasa karena diburu waktu. Kegiatan yang semestinya berjalan menyenangkan berubah tak karuan. Ketika tak pandai mengatur suasana hati, bukan mustahil kalian justru akan berselisih paham.

Kenyataannya, afeksi adalah salah satu kebutuhan manusia. Wajar jika kamu dan pasangan membutuhkan momen-momen kebersamaan untuk saling menunjukkan perasaan dan mendapatkan kasih sayang. Bila keadaan tak memungkinkan untuk liburan berdua, kenapa tidak kencan di rumah saja? 

Tak usah bingung karena ada beberapa ide kencan di rumah yang tak kalah asyik dan menyenangkan yang bisa dilakukan. Lagipula, yang terpenting adalah dengan siapa kamu menghabiskan waktumu, bukan di mana kamu menghabiskannya. Iya, kan? Nah! Berikut ini beberapa ide kegiatan seru bersama pasangan yang bisa dilakukan saat kencan di rumah dari Kamini.

1. Bermain Board Game

Ide kencan di rumah_Bermain Board Game_

Pilihan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama pasangan saat kencan di rumah yaitu memainkan beberapa permainan board game. Jenis-jenis board game yang bisa kamu mainkan sangat bermacam-macam. Ada ular tangga, monopoli, halma, jenga, boggle, blokus atau catur.

Masing-masing jenis board game tersebut punya keseruan sendiri yang bisa dibagi bersama pasangan. Agar lebih menantang, beri hukuman untuk siapa pun yang kalah dan beri hadiah untuk si pemenang. Hukuman dan hadiahnya juga tak perlu yang rumit, sesederhana dijepit menggunakan jepitan pakaian, wajah dicoret lipstik atau membuatkan mie instant bagi pemenang. 

Board game tidak hanya cocok untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Dalam memainkannya perlu taktik dan strategi tersendiri. Kamu dan pasangan harus adu kepandaian agar salah satunya dapat menang. Sudah terbayang seru dan menyenangkannya saat berhasil memenangkan permainan itu dari pasanganmu?

2. Ubah Dekorasi Kamar

Ide kencan di rumah_Ubah Dekorasi Kamar_

Kegiatan seru lain yang bisa dilakukan saat harus kencan di rumah yaitu mengubah dekorasi kamar. Apabila agenda mengubah tata letak kamar sebenarnya sudah lama direncanakan, tapi kamu terkendala karena kesulitan menggeser lemari atau tempat tidur yang lumayan berat.

Nah, inilah saat yang tepat untuk merealisasikan rencanamu. Minta bantuan pasangan untuk mengangkat barang-barang berat dan besar yang ada di kamar.

Jika kamu ingin mengubah warna cat kamar, lakukan berdua agar pekerjaan cepat beres. Selesai dengan tugas yang berat-berat, ajak pasanganmu mempercantik salah satu sudut di dalam kamar. Nantinya sudut itu bisa dipakai untuk nonton film bareng atau sekadar bercengkrama. Asyik, kan?

3. Coba Kreasi Minuman dan Makanan Viral

Ide kencan di rumah_Coba Kreasi Minuman dan Makanan Viral_

Saat ini banyak minuman dan makanan yang viral di berbagai media sosial. Rata-rata cukup mudah dibuat dan rasanya juga bersahabat. Untuk ide kencan di rumah selanjutnya, coba masak salah satu dari resep-resep viral tersebut! Sebelumnya kamu dan pasangan bisa belanja bahan-bahan yang dibutuhkan di supermarket atau pasar terdekat.

Setelah itu mulai bagi tugas untuk menyiapkannya. Kamu membuat makanan, sementara pasanganmu bisa membuat minuman yang sedang viral tersebut. Beberapa resep makanan yang pernah ramai di media sosial di antaranya dalgona kopi, donat mie instant, corn dog, telur gulung, stick kentang, baso aci, spaghetti brulee, dan beberapa yang lain.

4. Menonton Film 

Ide kencan di rumah_Nonton Film_

Ide kencan di rumah yang selanjutnya ini cocok jika kamu dan pasangan sama-sama hobi nonton film. Apalagi saat ini layanan yang menyediakan streaming film sudah cukup beragam. Kamu dan pasangan tak perlu pergi ke bioskop dan cukup nikmati film-film tersebut di rumah saja sambil menyantap makanan dan minuman yang berhasil dibuat tadi.

Pilihan film yang ditonton bisa disesuaikan dengan selera, tapi jika ingin sesuatu yang lebih menantang dan seru, coba genre film yang selama ini dihindari. Seperti film horror, horror thriller yang menegangkan, film tentang psikopat gila yang menjijikan dan sebagainya. 

5. Karaoke

Ide kencan di rumah_Karaoke_

Pasanganmu bisa memainkan alat musik? Gitar atau piano? Ide kencan di rumah bisa jadi lebih bervariasi karena kalian bisa mengisi waktu dengan jamming. Kamu menyanyi, dia mengiringi. Akustikkan bersama kekasih rasanya pasti berbeda, apalagi lagu yang dinyanyikan adalah lagu favorit kalian berdua. Momen seperti ini membuat suasana lebih romantis.

Namun jika tidak bisa memainkan satu alat musik pun, kalian bisa mengisi waktu dengan karaoke bersama. Nyanyikan lagu-lagu kesukaan menggunakan mic karaoke yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Jangan pedulikan suara yang sumbang yang penting kamu dan pasangan bersenang-senang. 

6. Melukis Bersama

Ide kencan di rumah_Melukis Bersama_

Berencana untuk kencan di rumah saja akhir pekan ini? Kamu bisa membeli seperangkat alat lukis lengkap dengan kanvas mini untuk mengisi waktu berkualitas bersama pasangan. Tak perlu ahli atau pandai menciptakan lukisan yang presisi dan cantik, yang penting kalian berdua bisa mengekspresikan imajinasi sekaligus melakukan hal baru yang menyenangkan.

Buat lukisan yang menggambarkan perasaanmu atau hubungan yang dijalani saat ini. Nantinya lukisan tersebut pasti akan jadi salah satu benda yang indah untuk dikenang bersama. Menarik, kan? Kalian bukan hanya punya foto berdua tapi juga lukisan yang dibuat bersama-sama sebagai kenangan.

7. Berkebun

Ide kencan di rumah_Berkebun_

Kegiatan ini mungkin tak terpikirkan sebelumnya, tapi bukan berarti tidak layak dicoba. Berkebun tipis-tipis bersama pasangan pasti tak kalah seru dan menyenangkan. Ajak dia menanam sesuatu seperti sayuran, bunga-bungaan atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan sebagainya.

Jika tak punya lahan yang cukup, ajak pasanganmu bercocok tanam dalam pot atau menanam secara hidroponik. Saat ini informasi mengenai cara menanam sayuran secara hidroponik mudah sekali didapat, kamu tinggal mencobanya bersama pasangan. Saat tanaman yang kalian tanam berhasil dipanen, rasanya pasti memuaskan. 

8. Olahraga Bareng

Ide kencan di rumah yang selanjutnya yaitu melakukan olahraga bersama-sama. Selama ini olahraga masuk dalam daftar kegiatan yang sering kalian lakukan di luar ruangan, entah jogging atau bersepeda. Tetapi, sekarang tak ada salahnya bagi kalian untuk berolahraga di rumah.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, antara lain zumba, yoga atau HIIT. Dengan olahraga bersama, semangat yang semula kendur bisa kembali kencang. Ada motivasi tambahan yang bisa membuatmu jadi lebih terpacu. Selain itu tentu rasanya menyenangkan, bukan, ketika kalian bisa sehat sama-sama karena kebiasaan ini? 

Beberapa ide kencan di rumah yang dimuat dalam artikel ini tentu hanya sedikit dari beberapa hal menyenangkan yang bisa kalian lakukan bersama. Untuk ide-ide yang lain, kamu dan pasangan bisa menyesuaikan dengan suasana hati atau mungkin spontanitas.

Apa pun itu yang pasti kegiatan tersebut harus menyenangkan! Selain delapan kegiatan tersebut, apakah kamu punya ide lain? Share yuk! Namun apabila kamu dan pasangan memutuskan untuk mencari tempat kencan di luar rumah, simak ide tempat kecan yang bisa kamu jadikan inspirasi ini!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram