kamini.id
Kamini.id / Romansa / Mau Bikin Pria Sadar Akan Kesalahannya? Coba 10 Cara Ini!

Mau Bikin Pria Sadar Akan Kesalahannya? Coba 10 Cara Ini!

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 16 April 2020

Meski sebuah hubungan didasari cinta, nggak selalu berjalan mulus sesuai dengan keinginan kita. Masalah kerap datang dan mengganggu keharmonisan. Masalah kecil sampai masalah besar merupakan rintangan yang harus dihadapi bersama-sama. Ketika sudah berkomitmen untuk berhubungan, maka satu sama lain rela untuk saling melengkapi.

Masalah yang datang sering terjadi karena adanya kesalahan dari salah satu pihak. Bukan hal yang mudah untuk sadar akan kesalahan. Rasa malu dan ego membuat seseorang nggak mau mengakui kesalahan, terlebih pria yang dikenal egonya lebih tinggi. Mau bikin pria sadar akan kesalahannya? Coba 10 cara ini.

1. Beri Kesempatan Menjelaskan

Lilin7791

Ketika pasangan melakukan kesalahan, kita tentu dihinggapi perasaan nggak enak bahkan nggak sedikit yang merasa sakit hati. Perasaan-perasaan seperti itu kadang membuat kita lupa dan memilih untuk diam atau marah. Padahal sangat penting bagi kita untuk memberi pria kesempatan untuk menjelaskan.

Sebagai pasangan, kita mempunyai kewajiban untuk menjadi pendengar. Beri pasangan kita kesempatan untuk menjelaskan. Sebuah masalah akan terlihat lebih jelas ketika dilihat dari dua sisi. Ada kemungkinan pasangan kita berkelit nggak mau menyadari kesalahan, tapi setidaknya langkah awal yang benar sudah dilakukan dan bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya.

2. Menyampaikan Perasaan

Menyampaikan Perasaan

Ada beberapa kesalahan yang dibuat tanpa disadari, ada juga yang disengaja tapi nggak mau diakui. Apa pun itu yang jelas kesalahan itu pasti mempengaruhi kondisi kita. Terutama kalau kesalahan itu termasuk ke dalam kesalahan yang fatal dan membuat kita terganggu apabila hanya mendiamkannya saja.

Penting bagi kita untuk menyampaikan perasaan kepada pasangan ketika merasa sedih atau terganggu karena kesalahannya. Hal itu akan memberi efek pada psikologisnya, bahwa hubungan ini sedang nggak baik-baik saja. Harapan kita tentu dengan mengungkapkan perasaan, pasangan akan tersentuh dan menyadari kesalahannya.

3. Jangan Meladeni Argumen

Jangan Meladeni Argumen

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan. Komunikasi dibangun agar setiap pasangan bisa saling memahami. Pun ketika ada masalah, maka cara berkomunikasi menjadi sesuatu yang krusial. Ada yang memilih untuk langsung membicarakannya, ada juga yang memilih untuk membiarkannya sementara waktu agar ketegangan mereda.

Salah satu cara untuk membuat pria sadar akan kesalahannya adalah dengan nggak meladeni argumen. Ketika pria nggak menyadari kesalahannya walau sudah kita jelaskan, maka dia sedang menjadi orang yang keras kepala. Kita tentu tahu karakter pasangan, berapa lama emosinya akan mereda? Meladeni argumen cuma akan membuat permasalahan semakin membesar.

4. Mengubah Sikap

Mengubah Sikap

Menjalani sebuah hubungan berarti kita sudah memahami karakter pasangan kita. Menjadi pasangan berarti membuat kita menjadi orang yang paham akan karakter dia. Kebaikan dan kekurangannya sudah bukan menjadi barang baru. Walau ada yang kurang sreg, tapi kita akan berusaha menerima dan memahaminya.

Mengubah sikap merupakan salah satu cara untuk membuat dia sadar. Perbedaan yang biasanya hangat menjadi agak dingin diharapkan secara nggak langsung akan membuat dia berpikir akan kesalahannya. Perubahan yang kita berikan kepada dia akan menjadi pesan kalau saat ini sedang ada sesuatu yang salah.

5. Mengatur Nada Bicara

Mengatur Nada Bicara

Bukan hal yang mudah ketika pasangan melakukan kesalahan dan nggak menyadarinya. Perasaan nggak nyaman kadang amarah mulai terasa ingin dikeluarkan supaya pasangan kita mengerti bagaimana perasaan kita. Apalagi kalau pasangan kita cuek saja walau kita sudah mencoba mengubah sikap.

Mengatur nada bicara merupakan hal yang penting untuk membuat pria sadar akan kesalahannya. Dengan nada tinggi, amarah pasangan kita kemungkinan besar akan ikut terbawa emosi dan akhirnya terjadi pertengkaran. Upayakan agar berbicara dengan nada yang tepat supaya perasaan dan pesan yang ingin kita sampaikan bisa dia terima dengan baik.

6. Jangan Memperluas Masalah

Jangan Memperluas Masalah

Semakin lama hubungan berjalan, maka akan semakin banyak kesalahan yang dibuat. Perbedaannya adalah bagaimana cara menyikapinya. Masalah itu ada untuk menguji kekuatan sebuah hubungan. Semakin kita memahami cara mengatasinya, maka akan semakin mudah dan jauh pula kita melangkah bersama-sama.

Membicarakan kesalahan pada pria yang belum sadar akan kesalahannya bukanlah perkara yang mudah. Kadang kita terbawa suasana dan melakukan hal yang nggak seharusnya dilakukan yaitu memperluas masalah. Sikap seperti itu cuma akan membuat satu sama lain mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan dan nggak memperbaiki apa-apa.

7. Memaafkan Tanpa Menghakimi

Memaafkan Tanpa Menghakimi

Siapa pun pasti nggak akan suka dihakimi. Kita mungkin gatal ingin membanjiri dia dengan beribu kalimat kecewa, tapi kemungkinan besar itu nggak akan berguna apa-apa. Menghakimi cuma tindakan yang diambil kalau seandainya kesalahan dia nggak mungkin bisa dimaafkan. Kita ingin dia sadar karena kita mau memaafkan.

Ada yang berbeda antara 'menghakimi' dengan 'memperbaiki'. Sekilas terkesan sepele tapi pada kenyataannya jauh berbeda. Alih-alih menghakimi, kita bisa menggantinya dengan, 'kalau kamu menyadari kesalahan kamu, aku mau maafin kok.' Satu kalimat sederhana seperti itu cukup untuk membuat dia merenung bahkan menekan egonya.

8. Kurangi Komunikasi

Kurangi Komunikasi

Mengurangi komunikasi bisa menjadi salah satu cara untuk membuat pria sadar akan kesalahannya. Selain untuk menghindari argumen, cara ini juga bisa berguna untuk menenangkan pikiran kita sejenak. Silent treatment bukanlah cara yang bisa bekerja dengan baik untuk semua pasangan.

Kita tentu nggak mau membuat dia merasa nggak dipedulikan. Hal seperti itu bisa membuat masalah semakin runyam. Hal terbaiknya adalah menjaga komunikasi tapi nggak seintens biasanya. Ingat, kita cuma ingin membuat dia sadar akan kesalahannya, bukan menjauhinya. Dengan berkurangnya komunikasi diharapkan dia akan berpikir mengenai apa yang salah dalam hubungan.

9. Kurangi Bertemu

Kurangi Bertemu

Bertemu dengan pasangan dalam sebuah hubungan merupakan hal yang penting. Selain sebagai bukti atas kesediaan meluangkan waktu dan menjadikan kita prioritas, bisa juga berguna untuk saling bercerita, berbagi dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Namun ketika ada masalah, sebaiknya pertemuan itu perlu dikurangi.

Dengan mengurangi pertemuan, kita seperti menyampaikan pesan bahwa ada masalah yang berawal dari kesalahan yang nggak dia sadari. Nggak bertemu pasangan bukanlah hal yang menyenangkan untuk pria. Disela-sela kesendiriannya itu, dia akan punya ruang dan waktu untuk merenung dan berpikir, apa yang sebenarnya telah dia lakukan.

10. Menyampaikan Harapan

Menyampaikan Harapan

Setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, nggak terkecuali pasangan kita. Dalam sebuah hubungan, ada kekurangan yang bisa ditolerir tapi ada juga yang perlu diperbaiki supaya hubungan terasa nyaman. Kadang kekurangan itu nggak disadari sehingga butuh orang lain yang menunjukkan letaknya di mana.

Menyampaikan harapan kepada pasangan bisa jadi salah satu cara agar dia sadar akan kesalahannya. Sampaikan saja kalau apa yang kamu harapkan nggak sejalan dengan apa yang dia lakukan. Dengan begitu, dia akan sadar kalau dia telah melakukan kelasahan. Sampaikan sehalus mungkin karena tujuannya untuk memperbaiki, bukan menyalahkan.

Wanita dan pria memang ditakdirkan untuk punya banyak perbedaan yang kemudian memunculkan kebingungan di sana-sini. Namun, itu sesuatu yang wajar. Semoga cara-cara yang tertulis di atas bisa mengurangi kebingunganmu, ya! Kalau kamu mau ikut menambahkan, ayo berbagi di kolom komentar untuk wanita-wanita di luar sana yang mungkin masih bingung.

Buat hubunganmu dengan si dia jadi lebih baik dengan mencari tahu tipsnya di cara memperbaiki hubungan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram