Kamini.id / Pensil Alis / Inilah Macam-Macam Pensil Alis yang Umum Dijual di Pasaran

Inilah Macam-Macam Pensil Alis yang Umum Dijual di Pasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Alis merupakan bagian yang sangat penting dalam makeup. Kalau Anda sudah selesai pakai BB cream, blush on, eyeliner dan lipstik tapi tidak pakai alis pasti terlihat sangat jomplang. Apa yang biasa Anda pakai untuk mengisi alis? Pensil? Pomade? Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam produk alis di pasar kecantikan.

Golongan besar produk alis adalah yang berbentuk pensil, gel, wax, dan trend terbaru adalah rainbow alias produk alis berwarna. Perlu diperhatikan kalau Anda bisa merasa cocok dengan lebih dari satu produk alis, karena kebutuhan, favorit, dan preferensi kita bisa berubah sewaktu-waktu. Inilah macam-macam pensil alis yang ada di pasaran yang telah Kamini rangkum yang bisa Anda coba.

1. Pencil

Ada banyak macam pensil alis, dan salah satunya adalah yang berbentuk pensil. Nah, jenis yang satu ini juga masih dibagi ke dalam beberapa kategori. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

  • Wood Pencil

Wood pencil eyebrow merupakan pensil alis klasik yang dikenal semua orang. Pensil alis seperti ini pasti merupakan yang paling pertama dicoba ketika perdana belajar ngalis. Pensil alis kayu menghasilkan alis yang nampak natural dan lembut (walaupun kembali kepada skill masing-masing).

Pensil alis kayu diperuntukkan buat orang yang memiliki celah pada alis, ekor alis yang jarang-jarang, atau alis yang asimetri (bentuk kanan dan kiri tidak sama). Kalau sudah lihai, pensil alis kayu sering dijadikan sebagai pembingkai alis sebelum dipakaikan powder brow.

Cara menggunakan pensil alis yang benar mungkin akan mengejutkan sebagian orang. Soalnya banyak yang memulai menggambar alis dari depan (yang dekat hidung). Padahal, sebaiknya menggambar alis itu dari tengah. Kenapa? Karena ketika pertama mengaplikasikan pensil alis, tangan kita cenderung “lebih berat” sehingga tekanannya akan menghasilkan garis alis yang lebih tebal.

Tidak ada yang mau alis yang terlalu tebal di bagian depan karena hasilnya terlihat tidak natural. Oleh karena itu, mulailah dari area alis yang paling jarang-jarang untuk mencegah alis terlihat overdrawn. Mulai garis di tengah bawah, bingkai seluruh bentuk alis yang Anda inginkan.

Jika sudah dibingkai, menggambar alis akan menjadi sangat mudah. Gambar garis pendek-pendek ke arah atas dan samping (ikuti tumbuh alami bulu alis). Isi alis dari tengah ke arah ekor. Nah, baru, deh, sudut dalam alis yang dekat hidung itu disapu oleh Anda dari sisa-sisa alis bagian tengah. Nanti hasilnya pasti smooth banget dan nampak alami.

  • Automatic Sculpting Pencil

* sumber: www.ranker.com

Apakah ini? Orang menyebutnya pensil automatic sculpting atau automatic definer. Sculpting yang berarti memahat dan mengukir, serta definer yang berarti pendefinisi. Sama-sama memiliki makna kalau pensil ini akan membantu Anda membingkai, mendefinisi, dan mengisi alis dengan mudah.

Kelebihan produk ini dibandingkan pensil alis kayu adalah mekanik dan berbadan plastik sehingga tidak akan berjamur kalau pun kondisi tempat penyimpanannya lembab. Automatic brow pencil juga memiliki ujung yang selalu runcing sehingga tak perlu diserut.

Ujung pensilnya yang miring dan agak panjang memudahkan Anda untuk mengisi alis dan menggambar bulu-bulu alis senatural mungkin. Dan, biasanya pensil otomatis ini sudah disertai dengan sisir + brow brush biasa (yang lurus) atau spoolie (brow brush yang melingkar). Praktis sekali, cocok buat dibawa traveling atau untuk touch up.

  • Automatic Micro Pencil

* sumber: www.ranker.com

Pensil alis yang bentuknya sangat kecil dan tipis sehingga mampu menjangkau setiap helai rambut dengan presisi. Namanya adalah automatic micro pencil, tapi ada juga yang menyebutnya definer atau precise brow pencil. Karena berukuran mikro, mimpi Anda menggambar alis yang alami seperti rambut asli pun bisa terkabulkan. Hasilnya sangat rapi, natural, dan cantik menawan.

Lakukan sapuan pendek untuk mendefinisikan alis dan isi area alis yang jarang-jarang, kemudian rapikan bagian depan alis menggunakan ujung spoolie. Mudah, cepat, cantik.

2. Gel

Gel eyebrow atau pomade eyebrow merupakan jenis pensil alis yang akan kita bahas selanjutnya. Pomade adalah rahasia alis tebal yang sering Anda lihat berseliweran di Instagram. Selain memberikan alis penampilan yang dramatis dan jelas, formula gel atau pomade juga dapat membuat alis tetap bertahan seharian penuh.

Anda yang memiliki alis sangat tipis dan mencari cara cepat untuk mengisinya akan menyukai pomade brow. Bukan berarti pemilik alis tebal tidak bisa pakai gel atau pomade brow ini, loh. Justru dengan bantuan pomade, alis yang tebal akan semakin powerful.

Cara menggunakannya, celupkan sikat miring dengan bulu pendek dan kaku (biasanya sudah satu paket dengan pomade brow) ke dalam pomade sebelum mengetuknya ke punggung tangan Anda seperti palet. Dengan begini, hasil alis pomade akan semakin halus. Pertama-tama bingkai bagian bawah alis, lalu sapukan alis dengan gerakan ringan ke arah atas miring sesuai dengan arah tumbuh bulu alis. Mulai dari tengah alis ke arah luar. Sesudahnya gunakan spoolie untuk melembutkan tepi depan alis.

Tertarik untuk menggunakan pensil alis dengan jenis ini? Agar kamu tidak salah pilih, lebih baik baca juga artikel 10 Merk Pensil Alis Gel Terbaik ini, ya.

3. Powder

Selain ada yang berbentuk pensil, ada juga pensil alis dengan jenis powder. Sama seperti yang pensil, jenis ini juga dibagi ke dalam kategori seperti berikut ini:

  • Eyebrow Powder

* sumber: www.merricksart.com

Produk alis berbentuk serbuk membantu mengisi setiap lubang yang jarang-jarang pada alis Anda. Brow powder memiliki hasil yang paling lembut dibandingkan produk alis lainnya. Saking lembutnya, eyebrow powder lebih cocok untuk digunakan sehari-hari daripada kebutuhan profesional.

Biasanya powder brow tetap membutuhkan pensil alis. Jadinya alis dibingkai dulu oleh pensil, baru diisi oleh bubuk alis. Tapi, jika Anda memiliki kulit kering sebaiknya jangan menggunakan powder brow. Powder brow biasanya dikemas dengan packaging compact dan sudah dilengkapi dengan brush aplikator, yaitu angled brush.

  • Shaping Powder

Ada produk powder brow baru yang berbentuk seperti concealer, namanya Shaping Chalk dari Maybelline. Sepertinya baru Maybelline saja yang mengeluarkan produk alis bubuk dengan kemasan seperti ini. Tentunya dengan kemasan botol seperti ini lebih mudah diaplikasikan dan mudah dibawa ke mana-mana juga. Tinggal pulas dan rapikan. Praktis!

4. Pen

Pen eyebrow merupakan produk alis yang bentuknya sangat mirip seperti eyeliner pen. Anda dapat menciptakan goresan yang terlihat seperti rambut alis asli. Produk ini sangat cocok untuk jenis kulit berminyak dan Anda yang tinggal di tempat lembab. Karena, pen brow sangat kuat dan anti luntur, mirip seperti spidol marker.

Cara menggunakannya adalah, gambar dengan sapuan pendek dan tekanan ringan. Benar-benar ikuti pertumbuhan rambut alami alis Anda karena tujuan produk ini adalah meniru rambut asli. Anda bisa menambahkan powder brow untuk menambah dimensi alis.

5. Microblading Eyebrow

* sumber: www.sundustpro.com

Masih satu jenis dengan pen brow tapi kali ini lebih inovatif, microblading eyebrow namanya. Orang menyebut produk ini sebagai eyebrow tato (microblading) juga. Microblading atau sulam alis merupakan proses kecantikan yang cukup populer sejak beberapa tahun silam. Dengan teknik tato menggunakan alat dan jarum, alis akan ditambahkan pigmen semi-permanen sehingga orang-orang tidak perlu menggambar alis setiap saat.

Tapi, microblading tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, ada beberapa faktor yang perlu diketahui. Menato alis dilarang di agama Islam, harganya cukup mahal (di atas 1,5 juta), menyakitkan (terutama jika Anda takut pada jarum), atau bisa saja kulit Anda sensitif sehingga tidak bisa ditusuk-tusuk jarum dan diberi tinta.

Solusinya, ada microblading eyebrow. Agak mirip dengan microblading, hasilnya semi-permanen walaupun tidak selama sulam alis tentunya. Ada yang bertahan 24 jam, harian, hingga 1 minggu. Nikmati alis yang tahan lama seperti ditato tanpa smudge, transfer, maupun luntur selama berhari-hari tanpa jarum dan tinta yang dimasukkan ke kulit!

6. Mascara

Satu lagi macam pensil alis yang biasa dijual di pasaran, yakni Mascara. Dalam jenisnya ini, Mascara untuk alis dibagi ke dalam beberapa jenis meliputi:

  • Eyebrow Mascara

* sumber: www.ranker.com

Produk selanjutnya yang akan kita bahas adalah eyebrow mascara. Produk ini cukup booming karena beberapa alasan. Orang ada yang ingin alisnya awet seharian, ada yang ingin mewarnai bulu alisnya, dan ada yang ingin praktis saja karena malas mengisi alis jadi tinggal diwarnai.

Eyebrow mascara pasti berupa gel. Fungsinya selain mewarnai bulu alis adalah untuk men-set alis agar tidak geser ke mana-mana walaupun terkena angin. Alis juga akan terlihat penuh setelah menggunakan produk ini. Jika Anda memiliki alis yang sulit diatur dan bulunya ke mana-mana maka produk ini sangat dianjurkan untuk Anda miliki.

Cara menggunakannya mirip seperti maskara. Pertama-tama setelah dikeluarkan, buang produk berlebih yang menempel di sikat. Baru, deh, sisir alis Anda ke arah sebaliknya dari pertumbuhan rambut dengan sapuan ringan. Tujuan gerakan ini adalah mengambil rambut dan semua folikel rambut terkena produk alis dengan merata, membuat alis terlihat lebih fluffy dan penuh. Setelah itu, baru sikat alis ke arah pertumbuhan rambut.

  • Gloss & Set

Maskara alis juga ada bermacam-macam jenisnya. Jika di atas tadi merupakan maskara alis regular, ada pula maskara alis yang bernama gloss & set. Kalau set sebenarnya memang fungsi umum maskara alis. Tapi, jarang ada yang memberikan efek glossy, rata-rata hanya memberikan warna saja. Makanya, jika Anda menginginkan tampilan alis yang lebih berkilau, gunakan maskara alis yang ada keterangan “glossy”-nya.

Nah, jika kamu ingin membeli pensil alis yang berbentuk mascara seperti ini, silakan cari tahu rekomendasi terbaiknya di artikel 10 Merk Mascara Alis ini, ya!

7. Eyebrow Kit

Buat Anda yang semakin lihai dalam bidang per-alis-an akan tertarik mencoba berbagai macam produk alis. Eyebrow kit pasti termasuk di dalamnya. Eyebrow kit merupakan sekumpulan produk alis yang dibutuhkan dalam sekali pemakaian. Semua ada di dalam satu kotak, lengkap.

Eyebrow kit terdiri dari eyebrow powder, kadang ada juga yang ada eyebrow cream-nya, eyebrow pencil, wax, kuas aplikator, tweezer, spoolie, hingga cetakan alis atau stamp alis juga. Tidak semua lengkap seperti yang kami deskripsikan, tapi yang pasti di setiap kit akan ada eyebrow powder dan kuas aplikator.

8. Color Brow

Terakhir, ada color eyebrow yang menjadi trend alis terbaru. Setiap alis sangat personal, tidakkah Anda bosan dengan warna alis yang itu-itu saja? Kadang ada orang yang ingin menyamakan warna alis dengan cat rambutnya, namun terbatas karena produk yang ada di pasaran itu-itu doang? Pada zaman dahulu kala, orang-orang akan berkreasi dengan eyeshadow (contoh: beauty vlogger Janine Intansari).

Kini, sudah ada produk color eyebrow yang siap pakai. Sejauh ini baru ada yang berbentuk gel saja seperti Kat Von D Beauty Ultra Long-Wear Brow Collection. Produk seperti ini akan memberikan warna yang sangat intens untuk keperluan makeup Anda.

Nah, itulah bermacam-macam pensil alis yang ada di beauty market. Pasti para pemula lebih suka yang pensil biasa-biasa saja. Tapi, kalau sudah expert akan terpacu untuk mengeksplor bermacam-macam produk alis lainnya. Benar begitu? Anda lebih suka pakai alis yang berbentuk seperti apa? Atau masih bingung memilih pensil alis yang bagus? Kalau begitu, silakan cari pensil alis terbaikmu di artikel 10 Merk Pensil Alis Paling Bagus ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar