kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 13 Manfaat Air Mawar Mustika Ratu untuk Kecantikan Kulit

13 Manfaat Air Mawar Mustika Ratu untuk Kecantikan Kulit

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Mawar, semua orang pasti tahu bunga ini. Selain sering dijadikan tanaman hias di rumah, mawar lebih populer lagi dijadikan buket bunga sebagai simbol cinta untuk menunjukkan rasa peduli dan kasih sayang terhadap orang terkasih.

Tapi, tahukah Anda, kalau mawar bisa dikonsumsi dan bisa dimanfaatkan untuk kecantikan juga? Kali ini, Kamini mau membahas tentang penggunaan mawar untuk keperluan estetika tubuh kita. Biasanya mawar diproses dulu menjadi air mawar untuk digunakan.

Air mawar ternyata memiliki kandungan seperti antioksidan, antiseptik, anti-bakteri, hingga anti-radang. Makanya, air mawar suka dipakai untuk kesehatan dan juga kecantikan, sahabat Kamini.

Salah satu produsen yang mengeluarkan air mawar siap pakai adalah Mustika Ratu. Brand lokal ini sudah sejak zaman dulu membantu orang Indonesia merawat tubuh. Kalau Anda ingin tahu manfaat Air Mawar Mustika Ratu, Kamini akan membahasnya di bawah ini.

1. Melembabkan Kulit

* sumber: www.vargasfaceandskin.com

Air mawar sangat bisa melembabkan kulit. Anda tidak bisa menyepelekan hidrasi kulit, loh, bahkan jika kulit Anda berminyak. Karena, minyak tidak sama dengan air. Kulit berminyak bukan berarti kulit Anda terhidrasi.

Jika kulit kekurangan kelembaban maka akan sangat terlihat jelas dari kulit wajah, seperti ada flakey skin di area bibir dan hidung, kulit terasa kasar dan tertarik, serta rona kulit pun terlihat lebih kusam.

Beberapa cara untuk mengatasi kulit kering diantaranya dengan memakai pelembab, minum air putih, lalu Anda bisa juga menggunakan Mustika Ratu Air Mawar. Contoh penggunaanya bisa sebagai skincare sebelum makeup atau bisa dipindahkan ke botol kosong yang bersih untuk facemist.

2. Mencegah & Mengobati Jerawat

* sumber: www.byrdie.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Jadi, jangan minder ketika wajah berjerawat, karena itu hal biasa. Dan, dengan telaten serta kesabaran, jerawat separah apapun pasti bisa dihilangkan.

Salah satu usaha untuk memberantas jerawat adalah dengan menggunakan air mawar. Kandungan antiseptik dan anti-bakteri di dalam air mawar mampu mengatasi masalah jerawat, menyembuhkannya, mencegahnya di kemudian hari, sekaligus menyamarkan nodanya. Cara menggunakan Mustika Ratu Air Mawar untuk jerawat sama seperti penggunaan toner, ya!

3. Mencerahkan Mata Panda

Ada masalah dengan lingkaran hitam di bawah mata? Tenang, Mustika Ratu Air Mawar bisa membantu. Salah satu faktor utama penyebab mata panda adalah kurangnya tidur yang berkualitas. Kalau skill makeup Anda belum dewa banget, pasti susah menyembunyikan lingkar mata hitam, bukan?

Lagi pula, kekurangan pada wajah itu bukan ditutupin pakai makeup, tapi diobati dengan skincare! Yuk, pelan-pelan pudarkan lingkar mata hitam dengan menggunakan Mustika Ratu Air Mawar. Cara pakainya, tuangkan air mawar ke kapas, lalu tempelkan pada bawah mata, seperti eye patch. Anda bisa menggunakannya selama 5-10 menit.

4. Mengurangi Peradangan di Wajah

* sumber: www.insider.com

Peradangan pada wajah sangat bisa terjadi, karena bagaimana pun juga, kulit wajah lebih sensitif dibandingkan kulit di area lainnya. Ketika bersentuhan dengan sesuatu yang asing, apalagi jika itu kotor, atau ketika Anda menggunakan skincare & makeup yang tak cocok, maka kulit Anda bisa teriritasi.

Dari mana Anda tahu kalau kulit sedang iritasi? Bisa dilihat jelas dari warnanya, kulit yang iritasi berwarna merah. Lalu, pada area yang sedang merah akan terasa panas juga perih. Jika peradangan sudah parah, bisa sampai menggelembung juga, loh.

Nah, Anda bisa meredakan peradangan kulit dengan Mustika Ratu Air Mawar. Sama seperti sebelumnya, tuang air mawar ke kapas lalu oleskan pada area kulit yang sedang meradang.

5. Mengurangi Kemerahan

* sumber: dermatologyillinois.com

Kemerahan pada kulit tak hanya bisa terjadi akibat peradangan, tapi juga karena alasan lain seperti sengatan matahari, hingga reaksi alergi. Atau, ketika Anda beraktivitas yang membuat jantung berdebar kencang seperti olahraga juga bisa membuat muka jadi kemerahan.

Kadang, wajah jadi merah karena darah mengalir lebih banyak ke kulit untuk melawan iritasi dan mempercepat penyembuhan. Air mawar dapat meningkatkan warna kulit Anda dan mengurangi kemerahan juga. Jika sifat antibakterinya dapat membantu mengurangi jerawat, sifat antiinflamasinya dapat mengurangi kemerahan pada kulit.

6. Menghambat Penuaan Dini

* sumber: thelongevityedge.com

Selain faktor usia, ada beberapa hal yang menyebabkan penuaan dini, seperti kurangnya perawatan, salah skincare atau kosmetik, gaya hidup kurang sehat dan juga radikal bebas. Semua ini bisa merusak kolagen alami dalam kulit, yang mana kita semua pasti paham pentingnya kolagen untuk kekencangan dan elastisitas kulit, bukan?

Air mawar sering dimasukkan ke dalam produk kecantikan yang bertujuan untuk mengatasi kulit aging, khususnya untuk mengurangi keriput. Itu karena air mawar memiliki efek anti-penuaan. Selain menenangkan kulit yang teriritasi, Mustika Ratu Air Mawar juga dapat mengurangi munculnya keriput dan flek hitam di kemudian hari.

7. Pelarut Masker

* sumber: www.natureandbeauty.ca

Apa yang Anda lakukan kalau mau maskeran pakai powder mask? Mencampurnya dengan air biasa? Bagaimana kalau meng-upgrade masker Anda dengan melarutkannya pakai air mawar dari Mustika Ratu? Karena air mawar mengandung lebih banyak manfaat dari air biasa, tentunya masker Anda pun jadi lebih keren lagi kualitasnya. Plus, masker Anda jadi ada wangi mawarnya!

8. DIY Face Mist

* sumber: www.forbes.com

Merasa lelah pada siang hari? Makeup mulai tidak karuan? Sinar matahari membuat Anda lesu? Semua bisa diatasi dengan facemist. Ada banyak produk facemist di pasaran, tapi Anda juga bisa DIY alias membuat sendiri facemist personal Anda.

Misalnya, dengan memindahkan Mustika Ratu Air Mawar ke botol kosong, Anda sudah bisa mendapatkan rose water facemist on the go! Anda juga bisa meracik sendiri facemist yang Anda suka, loh.

9. Sebagai Setting Spray

* sumber: www.totalbeauty.com

Setelah menggunakan makeup, Anda bisa menguncinya dengan setting spray, supaya lebih awet dan tidak luntur. Tapi, harga setting spray di pasaran itu lumayan banget, loh. Apalagi kalau Anda masih pemula dalam berdandan, rasanya sayang banget untuk beli setting spray betulan.

Untuk itu, Anda bisa, kok, pakai air mawar sebagai setting spray. Memang, performanya tidak akan sebagus setting spray yang sesungguhnya, tapi bukan berarti ini tidak berguna.

Dengan menyemprotkan air mawar setelah Anda mengaplikasikan makeup, akan menghilangkan kesan cakey, warna makeup jadi lebih rata dan halus, makeup terlihat glowing, terus makeup Anda juga jadi lebih tahan lama.

10. No Bad Hair Day

* sumber: www.allthingshair.com

Rambut kering dan keriting tidak teratur? Anda telah datang ke tempat yang tepat. Semprotkan air mawar ke rambut Anda, tata ulang kembali, lalu Anda pun bisa say bye-bye to bad hair day. Psst, rambut Anda juga jadi wangi, loh.

11. Sebagai Makeup Removal Alami

* sumber: www.cosmopolitan.com

Air mawar juga bisa berfungsi sebagai penghilang makeup alami, loh! Ambil kapas Anda, rendam dalam air mawar, lalu bersihkan riasan Anda seperti biasa, Air mawar bisa secara efisien menghilangkan riasan, tidak hanya dari wajah Anda, tetapi juga cukup lembut untuk digunakan di sekitar mata.

12. Menaikkan Mood

* sumber: mind-hacks.wonderhowto.com

Air mawar dapat memiliki sifat antidepresan dan anti kecemasan yang kuat. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat melemaskan sistem saraf pusat pada tikus. Ini menghasilkan efek antidepresan dan antiansietas. So, ketika Anda sedang badmood, semprotkan air mawar ke wajah Anda dan rasakan hasilnya.

13. Meredakan sakit kepala

* sumber: www.mdpain.net

Minyak esensial mawar umumnya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meringankan sakit kepala. Ini mungkin karena efek de-stress yang dimiliki mawar. Satu studi menemukan bahwa uap air mawar dapat meredakan sakit kepala.

Jadi, selain minyak esensial mawar, Anda bisa menggunakan air mawar juga. Tuangkan air mawar ke air panas, lalu hirup uapnya. Anda juga bisa menuangkannya ke humidifier. Pilihan lainnya adalah menerapkan kompresan air mawar ke kepala selama 30 menit ketika Anda sedang pusing.

See, dari satu produk Mustika Ratu Air Mawar, Anda bisa melakukan banyak hal, kan? Padahal harganya cuma sekitar 11 ribuan saja, loh. Ternyata mendapatkan kulit sehat dan cantik tidak harus selalu pakai barang mahal. Tertarik untuk membelinya? Silakan klik link ini, ya.

Selain air mawar Mustika Ratu, kami juga pernah membahas mengenai kelebihan serta manfaat air mawar dari brand Viva. Ingin tahu selengkapnya? Cek artikel ini, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram