Kamini.id / Kosmetik Wajah / 11 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

11 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aloe vera merupakan jenis tanaman kaktus yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Batang dari aloe vera ini menyimpan banyak air dan gel yang terdapat didalamnya mengandung banyak vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino yang baik untuk mengatasi permasalahan kulit dan juga rambut.

Lantas apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh aloe vera gel? Yuk, kita simak pembahasan 11 manfaat aloe vera gel untuk kesehatan kulit dan rambut.

1. Meredakan Sunburn

Aloe Vera Gel

* sumber: www.wikihow.com

Komponen polisakarida yang terdapat pada aloe vera dapat mengakselerasi perbaikan sel kulit dan mempercepat pergantian sel kulit baru.

Lalu, aloe vera juga mengandung pain reliever yang disebut dengan carboxypeptidase. Komponen ini diduga dapat membuat aloe vera dapat bekerja dengan baik sebagai soothing properties yang dapat membantu meredakan rasa panas, perih, tidak nyaman dan kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh sengatan sinar matahari.

Lalu, cooling effect-nya juga membuat aloe vera terasa nyaman saat digunakan pada kulit yang tersengat matahari. Sehingga, dapat kita simpulkan salah satu manfaat aloe vera gel adalah membantu meredakan kulit yang tersengat sinar matahari.

2. Meredakan Iritasi dan Inflamasi

Meredakan Iritasi dan Inflamasi

Aloe vera gel mengandung komponen yang disebut acemannan yang dapat mengurangi kemerahan, perih dan gatal yang disebabkan oleh inflamasi ataupun iritasi. Lalu komponen carboxypeptidase yang merupakan pain reliever bersama dengan enzim bradykinase  turut mendorong manfaat aloe vera gel untuk meredakan iritasi maupun inflamasi yang terjadi pada kulit.

Namun bagi yang belum pernah menggunakan aloe vera sebelumnya, sebaiknya jangan langsung mengaplikasikan aloe vera gel pada kulit yang mengalami iritasi ataupun inflamasi tanpa melakukan patch test terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan aloe vera dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang.

3. Mempercepat Pemulihan Kulit

Mempercepat Pemulihan Kulit

Komponen glucomannan yang terdapat pada aloe vera dapat menstimulasi aktivitas sel fibroflas yang bertanggung jawab dalam produksi kolagen sekaligus berperan penting dalam pemulihan kulit. Aloe vera gel tidak hanya meningkatkan kolagen pada kulit yang terluka, ia juga dapat mengubah komposisi kolagen.

Dan hal tersebutlah yang membuat aloe vera gel bermanfaat untuk membantu mempercepat pemulihan kulit sekaligus mengurangi potensi pembentukan bekas luka. Selain Itu, polisakarida, asam amino dan zinc yang terdapat pada aloe vera dapat meningkatkan kelembapan kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

4. Melembapkan

Melembapkan

Manfaat aloe vera gel lainnya adalah untuk melembabkan kulit. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya aloe vera ini kaya akan polisakarida dan asam amino yang memiliki kemampuan untuk mengurangi penguapan air pada kulit serta menjaga fungsi skin barrier. Sehingga, aloe vera gel ini dapat memberikan sekaligus mengunci kelembapan pada kulit serta membuat kulit terasa lembut dan halus.

Dan karena aloe vera juga mengandung banyak air, ia dapat menghidrasi kulit tanpa meninggalkan kesan berminyak pada kulit. Tidak hanya itu, aloe vera juga efektif untuk melembabkan rambut sekaligus membuat rambut menjadi lebih halus.

5. Mengeksfoliasi

Mengeksfoliasi

Kandungan salicylic acid yang ada pada aloe vera juga dapat bekerja sebagai natural exfoliator yang membantu meluruhkan sel kulit mati pada kulit. Sehingga, permukaan kulit akan menjadi lebih halus. Exfoliating agent pada aloe vera gel ini tergolong mild, sehingga ia akan mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan tidak menimbulkan efek perih pada kulit.

Baca juga: Merk Aloe Vera Gel Terbaik yang Wajib untuk Dicoba

6. Mengatasi Jerawat

Aloe Vera Gel 2

* sumber: review.bukalapak.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aloe vera mengandung salicylic acid. Kandungan satu ini dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori yang juga berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Lalu, anti-inflamasi yang terdapat pada salicylic acid juga dapat mencegah terjadinya peradangan sekaligus membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Selain itu, aloe vera juga mengandung sulfur yang merupakan anti-inflamasi dan juga anti bakteri yang dapat mencegah bakteri yang menyebabkan jerawat berkembang biak di kulit. Sehingga, aloe vera dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Memperlambat Proses Penuaan

Aloe vera memiliki kemampuan untuk mengakselerasi produksi kolagen dan juga elastin yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan juga elastis. Sedangkan, amino acid yang terkandung pada aloe vera dapat membantu memperhalus tekstur kulit. Lalu, zinc disini memiliki kemampuan sebagai astringent yang membantu mengencangkan penampilan pori-pori pada kulit.

Tidak hanya itu, aloe vera juga dilengkapi dengan beberapa kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan yang dapat ditimbulkan oleh paparan radikal bebas. Sehingga, dengan kata lain kandungan-kandungan tersebut dapat menambah manfaat aloe vera gel untuk memperlambat proses penuaan.

8. Mencegah Timbulnya Flek Hitam

Mencegah Timbulnya Flek Hitam

Aloe vera gel juga diklaim dapat mencegah pembentukan tirosinase yang merupakan enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan melanin atau pigmen pada kulit. Ia dapat menekan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV, sehingga ia dapat membantu mencegah munculnya flek hitam pada kulit.

9. Mencegah Kerontokan Rambut

Mencegah Kerontokan Rambut

Selain dapat menjaga kelembapan pada rambut, aloe vera juga diperkaya dengan kandungan-kandungan yang dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Aloe vera diklaim dapat membantu permasalahan rambut rontok yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi.

Hal ini dikarenakan aloe vera diperkaya dengan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi pada rambut. Sehingga, rambut terhindar dari kerontokan. Lalu, antioksidan yang ada pada vitamin C dan E juga turut membantu memproteksi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Yang artinya mereka dapat membuat rambut lebih sehat dan juga kuat.

10. Membantu Mengatasi Ketombe

Membantu Mengatasi Ketombe

Sebuah studi mengatakan bahwa aloe vera gel dapat membantu mengatasi inflamasi pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Lalu soothing properties yang tedapat pada aloe vera juga dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit kepala.

Selain itu, aloe vera juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada folikel rambut serta residu yang ditinggalkan oleh produk-produk untuk rambut. Meskipun begitu, aloe vera tetap terasa lembut di rambut dan tentunya tidak menyebabkan rambut menjadi rusak.

11. Membantu Pertumbuhan Rambut

Membantu Pertumbuhan Rambut

Aloe vera dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, ketika aloe vera gel diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, ia akan membantu melancarkan sirkulasi darah pada kepala. Maka dari itu, ia dapat membantu mengalirkan oksigen dan juga nutrisi pada folikel rambut.

Dan hal tersebut diduga menjadi alasan mengapa aloe vera banyak orang yang mengklaim bahwa aloe vera gel dapat membantu pertumbuhan rambut serta mencegah kerusakan rambut.

Manfaat aloe vera gel ini tentunya bisa dirasakan dari tanaman lidah buayanya langsung ataupun melalui produk aloe vera gel yang disediakan oleh produsen kosmetik.

Dan bagi yang masih dalam pencarian produk aloe vera gel yang tepat, pastikan kandungan aloe vera-nya terdapat pada urutan atas ingredients list. Karena, hal tersebut menandakan bahwa aloe vera yang terdapat pada produknya memiliki persentase yang tinggi.

Lalu, bagi yang memiliki kulit sensitif pastikan tidak ada kandungan alkohol dan juga fragrance yang terdapat pada produk aloe vera gel-nya. Karena kandungan tersebut dapat berpotensi untuk membuat kulit kalian iritasi.

Selain itu, untuk yang sebelumnya belum pernah menggunakan aloe vera gel pada rambut ataupun kulit, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Nah itu dia 11 manfaat aloe vera gel untuk kesehatan kulit dan rambut. Dari kesebelas manfaat aloe vera gel diatas manfaat apakah yang paling ingin kalian rasakan?

Dan bagi yang pernah mencoba, manfaat apa yang paling kalian rasakan dari aloe vera gel? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya! Dan selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020