Kamini.id / Concealer / Harus Tahu! Inilah Perbedaan Antara Concealer dan Foundation

Harus Tahu! Inilah Perbedaan Antara Concealer dan Foundation

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Ketika masih newbie dalam dunia perkosmetikan, tak jarang orang bingung membedakan beberapa produk. Apalagi jika konsistensinya mirip seperti foundation dan concealer.

Jangan merasa minder karena belum mengerti perbedaan antara foundation dan concealer. Wajar saja, karena produk kosmetik itu ada bejibun macamnya. Kamini akan mengajak Anda mengetahui tentang perbedaan concealer dan foundation serta alasan mengapa Anda membutuhkannya.

Apa itu Foundation?

Foundation

* sumber: www.hsn.com

Persis seperti namanya, foundation, pondasi, dasar ketika Anda akan membangun sesuatu. Dalam kasus ini adalah tata rias wajah Anda. Foundation adalah istilah umum untuk beragam produk “kanvas” yang bervariasi dalam tekstur, warna, dan konsistensinya. Foundation merupakan produk untuk menciptakan warna kulit yang seragam. Menciptakan kanvas yang sempurna untuk makeup Anda.

Sederhananya, foundation adalah kosmetik yang diaplikasikan ke seluruh wajah hingga leher, décolletage (bagian atas tubuh wanita) dan tubuh juga, untuk memberikan tampilan warna kulit yang rata. Yup, foundation sebaiknya memiliki warna yang sama atau setidaknya mendekati warna kulit alami kita. Untuk mengetahui foundation yang cocok, bisa baca artikel Cara Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit.

Apa itu Concealer?

Concealer

* sumber: www.self.com

Setelah Anda menggunakan primer dan foundation, kulit Anda akan terlihat sangat menakjubkan. Padahal, kedua langkah itu sudah cukup bagi banyak wanita. Tapi tidak selalu! Tentu saja, kita semua terkadang mendapatkan bintik-bintik merah dan lingkaran hitam, dan di situlah concealer berperan.

Sebenarnya dengan menggunakan primer, pelembab, dan foundation saja sudah cukup. Tapi, kalau Anda ingin makeup yang lebih perfect lagi, Anda perlu menambahkan concealer. Kenapa? Karena sering kali concealer lah yang mampu menutupi noda di kulit dengan sempurna.

Bekas jerawat, lingkar mata hitam, bintik merah, flek hitam, kesalahan pada makeup (eyeliner miring, eyeshadow berceceran, lipstik berantakan, dll) semuanya bisa disamarkan dengan concealer.

Tapi, belum banyak orang yang tahu kalau mereka memerlukan dua concealer. Yang pertama concealer biasa untuk menutupi noda, yang kedua under eye concealer untuk menutupi lingkar mata hitam. Ada juga yang memilih memiliki dua concealer dengan perbedaan warna, satu yang warnanya sama dengan foundation untuk menyamarkan noda, dan satu lagi yang warnanya lebih terang untuk memberi dimensi pada makeup.

Akan tetapi, kalau Anda merasa puas menggunakan concealer biasa untuk menutupi semua masalah kulit dan memberi highlight makeup Anda sih tidak masalah. Lakukan sesuka Anda, tidak perlu ikut-ikut orang.

Foundation vs Concealer

foundation vs concealer

* sumber: www.urbanclap.com

Foundation dan concealer sebenarnya sangat mirip, tugas mereka sama-sama untuk menyamaratakan warna kulit wajah. Namun, terdapat pula beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan antara foundation dan concealer secara sederhana:

No.PerbedaanFoundationConcealer
1.FungsiAlas bedakPenyamar noda
2. PenggunaanSeluruh wajah (leher, dada, telinga juga jika diperlukan)Hanya pada area yang ingin diberi highlight (T-zone, atas dan bawah tulang pipi, dagu, dll) dan area yang ingin disamarkan (noda, garis halus, mata panda)
3.KonsistensiLebih tipisLebih tebal
4.Pigmentasi (zat warna)Lebih sedikitLebih banyak
5.Pilihan warnaHanya tersedia dalam warna kulitTersedia dalam warna kulit dan warna-warna koreksi seperti pink, oranye, hijau, biru, ungu, kuning, dll.
6.KemasanAda yang besar ada yang kecilSelalu ukuran kecil
7. CoverageAda pilihannya (sheer, matte, dewy, dll)Tidak ada pilihan, semuanya high coverage (tergantung brand, tipe, dan harga)

Foundation atau Concealer dulu?

* sumber: www.lorealparisusa.com

Secara umum, ada dua jenis concealer, yaitu yang diaplikasikan sebelum foundation dan sesudah foundation. Concealer yang lebih dikenal orang-orang adalah concealer yang digunakan sebagai rutinitas kedua, yaitu setelah foundation. Sedangkan concealer sebelum foundation, yaitu color correcting concealer, kurang begitu dikenal karena dianggap tidak terlalu penting (kecuali untuk makeup profesional).

Sebenarnya terjadi banyak perdebatan, apakah sebaiknya menggunakan concealer biasa (yang berwarna kulit, bukan color correcting) sebelum atau sesudah foundation.

Menurut sebagian orang, jika mengaplikasikan concealer terlebih dahulu maka nanti akan ikut tercampur rata bersama foundation. Sehingga fungsi utama concealer sebagai penyamar noda dan pemberi highlight tidak relevan. Sehingga menurut mereka, urutan yang benar adalah primer-pelembab-foundation-concealer.

Namun, ada pula yang berpendapat kalau concealer (apapun warnanya, baik yang color correcting maupun warna kulit), sebaiknya digunakan sebelum foundation untuk hasil blend yang lebih smooth. Karena kadang ada yang tidak mengerti cara mem-blend concealer di atas foundation, sehingga malah merusak riasan wajah mereka.

Penggunaan concealer sebelum foundation juga biasanya dilakukan untuk mencapai no makeup makeup look yang sedang ngetren saat ini. Karena makeup yang tak nampak seperti makeup membutuhkan teknik khusus untuk menutupi kekurangan wajah tapi tidak terlihat menor.

Makanya, para ahli makeup menyarankan untuk menggunakan concealer sebelum foundation, lalu Anda bisa menambah concealer lagi jika merasa masih membutuhkan.

Kadang ada juga yang tidak tahu kalau concealer yang warnanya lebih terang tidak bisa dipakai untuk menutupi noda. Ketika noda pada wajah diberi concealer yang warnanya lebih terang dari foundation, yang ada noda tersebut malah semakin terekspos. Makanya ada yang berpendapat untuk menggunakan concealer terlebih dahulu baru foundation.

Apakah Harus Pakai Keduanya?

no makeup makeup look

* sumber: www.thecut.com

Muncul lagi pertanyaan, apakah kita harus selalu memakai kombo foundation dan concealer? Bolehkah kita hanya menggunakan salah satunya saja? Sebenarnya semua kembali lagi kepada pilihan tiap individu. Apakah Anda ingin makeup yang full coverage? Berarti Anda perlu menggunakan keduanya. Tapi kalau Anda sedang tidak ingin berdandan yang “berat”, conceal beberapa area saja dan pakai lip balm sudah cukup untuk dibawa menjalani hari.

Ya, itulah pembahasan mengenai perbedaan antara concealer dan foundation bersama Kamini. Apakah Anda setuju, atau ada yang mau ditambahkan? Anda sendiri tipe yang butuh foundation dan concealer atau cuma salah satu saja sudah cukup, nih?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar