Kamini.id / Foundation / Review Maybelline Fit Me! Foundation untuk Makeup yang Matte

Review Maybelline Fit Me! Foundation untuk Makeup yang Matte

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak lengkap rasanya bila bicara soal line Fit Me! Collection dari Maybelline tetapi tidak melibatkan alas bedak alias foundation-nya. Konon, foundation ini salah satu superstar yang diunggulkan dalam Fit Me! Collection oleh Maybelline. Setelah kemarin mendapatkan impresi yang baik dari Maybelline Fit me! Concealer, saya jadi menaruh harapan pada foundation satu ini.

Dengar-dengar, walau masuk dalam kategori drugstore cosmetics, cukup banyak beauty junkies termasuk para professional make up artist di luar sana yang jatuh cinta dengan produk ini. Jadi semakin penasaran, deh! Ingin mengetahui bagaimana pengalaman saya setelah menggunakan Maybelline Fit Me! Foundation? Baca terus ulasan berikut!

Tentang Produk

Review Maybeline Fit Me Foundation_7 (Copy)

Produk pertama yang diperkenalkan Maybelline dalam line Fit Me Collection pada tahun 2016 silam, tidak lain dan tidak bukan adalah foundationnya. Meski sebelumnya produk ini sudah beredar di pasaran online namun karena tingginya permintaan, akhirnya Maybelline New York resmi membawa Fit Me! Collection ke Indonesia tepatnya pada bulan September tahun 2016.

Sejak pertama kali dipasarkan, produk ini tentu tidak luput dari perhatian publik. Para beauty enthusiast, influencers, blogger dan beauty junkies langsung menyerbu foundation ini untuk merasakan sensasi menggunakan alas bedak yang digunakan oleh para model New York Fashion Week tersebut.

Sejak pertama kali dihadirkan, Maybelline Fit Me! Foundation memiliki dua varian yaitu Matte + Poreless dan Dewy + Smooth. Keduanya hadir untuk memenuhi kebutuhan jenis kulit yang berbeda. Matte + Poreless untuk pemilik kulit normal cenderung berminyak, sementara Dewy + Smooth untuk kulit normal-kering. Tiap variannya juga memiliki shades yang cukup luas, lho.

Varian Dewy + Smooth memiliki total 24 shades, semetara Matte + Poreless sampai 40 shades. Banyak sekali, bukan? Shades yang sangat broad ini juga memudahkan sekaligus menyulitkan kita dalam memilik shades yang cocok. Hehe. Maksud saya saking banyaknya, shade yang cocok untuk jenis skintone orang Indonesia pun jadi memiliki pilihan yang cukup banyak.

Nah, kalau kamu kebingungan memilih shades yang cocok dengan skintone maupun undertone kulitmu, kamu bisa mencoba kuis find your fit yang disediakan Maybelline untuk memilih shades yang paling  fit on you.

  • Klaim dan Benefit

Karena kebetulan varian Maybelline Fit Me! Foundation yang akan saya coba adalah Matte + Poreless, klaim yang tertera pada website Maybelline tentang produk ini adalah Fit Me! Matte + Poreless Foundation dengan formula ultra-lightweight.

Mengandung micro-powder yang mampu menyerap minyak berlebih untuk hasil matte dan tampak tidak berpori. The ultimate natural skin fit! Sedangkan klaim yang tertera pada kemasan di-breakdown lagi menjadi poin-poin berikut.

  1. Hasil matte dan pori tersamarkan
  2. Sesuai warna kulit
  3. Hasil halus dan natural
  • Cara pemakaian

Karena bentuknya liquid, cara pemakaian Maybelline Fit Me! Foundation juga sama saja kok dengan pemakaian liquid foundation pada umumnya, yaitu dengan diaplikasikan secara merata pada bagian wajah dan leher dengan menggunakan tangan yang bersih atau aplikator lainnya seperti brush dan beauty blender.

  • Fun Fact

Dari berbagai shade yang banyak ditawarkan dalam Fit Me! Foundation, ternyata ada satu shades yang paling laris, lho, di Indonesia. Apakah kamu mengetahui shades nomer berapa yang dimaksud? Benar. Shades 220 Natural Beige.

Shades ini banyak diburu karena masuk di banyak skintone orang Indonesia, terutama yang kulitnya sawo matang. Jadi kalau kamu bingung menentukan kira-kira shade mana yang akan cocok digunakan, shade 220 adalah yang paling aman untuk dicoba.

Kemasan

Review Maybeline Fit Me Foundation_1 (Copy)

Awalnya, Maybellline Fit Me! Foundation diperkenalkan dalam kontainer kaca berbentuk balok kokoh berukuran 30 mL. Akan tetapi, saat ini beberapa shade yang laris di Indonesia hadir dalam kemasan tube yang lebih minimalis dan ekonomis.

Dan kebetulan yang saya ulas ini adalah bentuk tube. Volume-nya memang lebih sedikit bila dibandingkan yang dalam kontainer kaca, yaitu hanya 18 mL. Tetapi, kemasan ini menjadikannya lebih travel friendly.

Material yang digunakan pada tube juga berbeda dengan container kaca, yaitu terbuat dari plastik. Meski dari plastik, tetap tebal dan tidak bocor, kok. Saya yakin Maybelline tetap menjaga higienitas liquid foundation di dalamnya walaupun menggunakan material berbeda pada produk yang berukuran 18 mL.

Baik pada kemasan tube maupun kontainer kaca, cap yang digunakan berjenis ulir. Banyak yang mengeluhkan kalau Maybelline Fit Me! Foundation 30 mL ini tidak memiliki pump khusus untuk mengeluarkan isi produk. Sehingga cenderung messy ketika dituangkan pada tangan bila tidak berhati-hati.

Akan tetapi, foundation yang berukuran 18 mL memiliki corong tambahan pada bagian bibir produk dengan lubang yang tidak terlalu menganga. Kemasan ini menurut saya lebih higienis dan menjadikannya mudah dalam mengatur jumlah produk yang ingin dituangkan.

Ingredients

Review Maybeline Fit Me Foundation_2 (Copy)

Full Ingredients

Aqua / Water , Cyclohexasiloxane, Nylon-12, Isododecane, Alcohol Denat, Cyclopentasiloxane, Peg-10 Dimethicone, Cetyl Peg/Ppg-10/1 Dimethicone, Peg-20 Polyglyceryl-4 Isostearate, Disteardimonium Hectorite, Phenoxyethano, Magnesium Sulfate, Disodium Stearoyl Glutamate, Hdi/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Methylparaben, Acrylonitrile/Methyl, Methaacrylate/Vinylidene Chloide Copolymer, Tocopherol, Butylparaben, Aluminium Hidroxyde, Isobutane, Silica, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl, Hydroxyhydrocinnamate.

Key Ingredients

Bila dilihat dari ingredients list yang tertera pada kemasan, terdapat dua bahan yang memberikan manfaat untuk kulit, lho. Berikut adalah bahan-bahannya.

  • Tocopherol

Bahan yang satu ini memang cukup wide digunakan pada berbagai produk kosmetik. Tokoferol merupakan bentuk lain dari vitamin E yang sangat bermanfaat terutama sebagai antioksidan. Bahan ini juga memiliki sifat melembabkan dan mengurangi terjadinya pengelupasan pada kulit.

  • Titanium Dioxide

Benar. Walau tidak secara langsung disebutkan bahwa produk kompleksi satu ini mengandung SPF ataupun PA, namun Maybelline Fit Me! Foundation ternyata memiliki kandungan UV filter yaitu Titanium Dioksida. Bahan ini akan membantu melindungi kompleksimu dari paparan sinar matahari.

  • Nylon-12

Nah, kalau bahan yang satu ini memang tidak termasuk dalam key ingredients. Akan tetapi, saya tertarik untuk memberitahukan bahwa Nylon-12 adalah bahan yang berfungsi dalam menggantikan peran talc untuk memberikan tampilan akhir matte.

Nylon-12 ini juga cukup spesial karena memiliki karakteristik tidak menyumbat pori-pori. Tidak seperti talc dan mica. Jadi buat kamu yang concern mencari alas bedak yang tidak akan menyumbat pori, Maybelline Fit Me! Foundation ini bisa kamu pertimbangkan.

Impresi

Sejak pertama kali mengaplikasikan produk ini pada kulit, saya menemukan beberapa fakta yang cukup mengejutkan tentang Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation ini. Berikut adalah hal-hal yang saya rasakan saat menggunakan foundation ini pertama kali.

  • Tekstur

Review Maybeline Fit Me Foundation_3 (Copy)

Foundation dari line Fit Me! Collection ini memiliki tekstur yang cukup encer menurut saya. Bila dilihat dari ingredients list, produk ini berjenis water-based foundation sehingga tidak aneh bila memiliki tekstur yang encer. Meskipun demikian, tekstur ini menjadikannya mudah untuk di-blend sekaligus menjadikannya mudah mengering.

Namun ketika mengering, kemampuan blending-nya juga jadi menurun. Sehingga kamu harus cepat-cepat saat membaurkan produk pada wajah. Atau kamu bisa menggunakan spons yang lembab agar pengaplikasian menjadi lebih mudah.

  • Shade

Salah satu aspek yang membuat saya jatuh cinta dari Maybelline Fit Me! Foundation adalah warna-warnanya yang sangat luas dan detil. Bahkan untuk kulit sawo matang saja banyak sekali pilihan warna yang bisa dicoba. Saya sendiri memilih Shade Soft Tan (228). Mengingat saya memiliki undertone yellowish dengan skintone medium.

Saat pertama kali diaplikasikan, saya mendapati shade Soft Tan (228) terasa satu tingkat lebih cerah dibandingkan dengan warna kulit asli saya. Sejujurnya hal ini bukan masalah bagi saya, karena kebetulan wajah saya memang lebih gelap bila dibandingkan dengan warna kulit tangan. Jadinya warna Soft Tan masih masuk dengan skintone saya. Bahkan shade ini menjadikan kulit saya tampak lebih cerah.

  • Aplikasi

Review Maybeline Fit Me Foundation_4 (Copy)

Dari sisi coverage produk ini juga cukup baik dalam mengurangi tampilan dark circle. Walaupun memang masih memerlukan color correcting bila ingin benar-benar tersamarkan. Bekas-bekas jerawat ringan juga lumayan tersamarkan.

Saya rasa coverage yang diberikan cenderung medium to high coverage. Namun, karena hasil akhir dari Maybeline Fit Me! Foundation Matte + Poreless ini sangat matte, saya tidak menyarankan kamu untuk melakukan layering. Sebab, saya khawatir kalau layering malah akan membuat tampilan kompleksimu tampak cakey dan heavy. Cukup gunakan satu layer saja.

Dan seperti yang telah saya sebutkan tadi, hasil akhir foundation varian Matte + Poreless ini sangat matte. Bahkan saya tidak perlu lagi men-set menggunakan loose powder. Tapi, hasil akhirnya tetep smooth kok, bukan dead matte. Kalau kamu masih mau men-set dengan bedak kamu bisa menambahkan sedikit saja pada bagian-bagian yang rentan berminyak.

Sayangnya, klaim membuat tampilan pori tersamarkan sepertinya kurang berhasil pada saya. Kebetulan saya memiliki pori-pori yang cukup besar terutama pada butterfly area (hidung dan dekat pipi). Tetapi foundation ini tidak memperhalus tampilan pori-pori tersebut.

  • Aroma

It’s fragrance free! Bisa saya pastikan produk ini tidak menggunakan bahan pewangi apapun. Bila tidak percaya, kamu bisa mencermati bagian ingredients list. Sama sekali tak tercantum fragrance di sana. Bahkan essensial oil juga tidak ada. Jadi produk ini cenderung aman digunakan bagi kamu yang alergi terhadap parfum atau wewangian tertentu.

Performa dan Daya Tahan

Review Maybeline Fit Me Foundation_5 (Copy)

Setelah menggunakan produk ini selama kurang lebih enam jam, saya sebenarnya cukup terkejut ketika mendapati bahwa produk ini mengalami oksidasi. Akan tetapi, oksidasi yang terjadi malah membuat warna foundation semakin terlihat natural di wajah saya. Aneh, bukan?

Kalau saya memilih shade yang sama dengan warna kulit mungkin warnanya akan menjadi lebih gelap ketika teroksidasi. Oleh karena itu, saya sarankan, bila kamu ingin memilih shade yang tepat dari Maybelline Fit Me! Matte + Poreless ini sebaiknya pilih warna yang satu tingkat lebih cerah dari skintone-mu.

Dari sisi ketahanan, foundation terasa pudar jika terkena air. Selama 6 jam pemakaian, saya sudah dua kali mengenai air pada wajah. Terlihat bagian-bagian bekas jerawat mulai terlihat lagi walau memang masih sedikit tertutupi. Begitupula dengan bagian dark circle.

Meski demikian, saya cukup takjub ketika mendapati produk ini sama sekali tidak meyebabkan cakey maupun creasing. Semuanya masih terlihat menyatu baik dengan kulit bahkan hingga jam ke-6. Tak ada sama sekali garis-garis halus yang terbentuk pada area smile lines maupun bawah mata. Jempolan!

Sayangnya, kemampuan foundation menahan minyak menurut saya kategorinya so-so. Saya masih mendapati bagian T-Zone dan dagu mulai terasa berminyak pada jam ke-4. Walau memang tidak begitu greasy. Meski begitu, produk ini tidak menyumbat pori-pori, kok.

Tips dan Trik

Cara paling mudah memilih shade terbaik dari foundation adalah dengan mengaplikasikannya pada bagian pipi dan rahang. Kemudian samakan warna foundation yang muncul dengan warna lehermu. Cara ini sangat baik digunakan untuk mendapatkan warna foundation yang menyatu baik dengan warna alami kulitmu. Cara ini juga lebih efektif bila dibandingkan dengan mengoleskan foundation pada punggung tangan.

Harga dan Tempat Pembelian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Baik offline maupun online, produk ini sudah banyak beredar di Indonesia. Maybelline juga sudah memiliki official store online yang dapat kamu temui diberbagai website e-commerce. Kalau bicara harganya, Meybelline Fit Me! Foundation kemasan 30 mL dibanderol dengan harga 90ribu-100ribuan. Sementara ukuran 18 mL berada di rentang 40ribu-45ribu saja.

Kesimpulan

Review Maybeline Fit Me Foundation_6 (Copy)

Foundation dari seri Fit Me! Collection dengan varian Matte + Poreless ini bisa kamu pilih untuk digunakan sehari-hari atau kala membutuhkan produk dengan coverage medium to high. Akan tetapi, bila benar-benar ingin menutupi semua ketidaksempurnaan pada wajah kamu masih membutuhkan bantuan concealer daripada menggunakan produk ini ber-layer.

Pros

  • Coverage medium to high
  • Ketahanan 5-6 jam tanpa touch up
  • Tidak menyebabkan creasing dan cakey
  • Bebas dari pewangi
  • Tidak menyumbat pori-pori
  • Tidak perlu menggunakan terlalu banyak bedak untuk men-set
  • Matte finish

Cons

  • Tidak disarankan untuk layering, sebaiknya gunakan concealer saja untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah
  • Tidak menahan minyak sepenuhnya, namun tidak membuat greasy
  • Bisa teroksidasi. Jadi sebaiknya memilih shade yang 1 tingkat lebih terang dibandingkan skintone
  • Tidak memperhalus tampilan pori, namun tidak menyumbatnya

Produk-produk seri Fit Me! Collection yang telah Kamini review bukan hanya foundation ini, lho. Ada juga ulasan dari kami tentang Maybelline Fit Me! Powder dan Concealer yang bisa kamu baca sebagai referensi.

Kalau kamu punya pengalaman menarik mengenai rangkaian Fit Me! Collection dari Maybelline, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan Kamini pada kolom komentar ya, ladies!


Sekarang Maybelline lagi ngasih diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop Maybelline New York biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Maybelline Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *