Review Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 21 November 2021

Madame Gie adalah salah satu brand lokal super affordable yang sudah banyak memproduksi kosmetik baik produk makeup maupun skincare. Kehadirannya tentu disambut baik oleh masyarakat Indonesia, apalagi kisaran harga produk yang ditawarkan nggak bikin dompet tipis. Coba bayangkan, liquid concealer yang saya review kali ini saja harganya nggak sampai 20ribu rupiah!

Lantas, apakah harga yang miring ini mempengaruhi performa produknya? Untuk cari tahu, simak review Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer ini sampai selesai, yuk!

Tentang Produk

review madame gie liquid concealer___

Got You Covered Liquid Concealer adalah concealer cair yang diperkenalkan Madame Gie tahun 2019 silam. Produk ini sudah laku hingga puluhan ribu buah, lho, di salah satu e-commerce. Artinya, sudah banyak masyarakat Indonesia yang mencoba produk ini.

Tentu saya juga nggak mau ketinggalan untuk mencoba sendiri performa liquid concealer unggulan Madame Gie ini. Got You Covered Liquid Concealer juga punya 3 pilihan shade yang telah disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia, yaitu Beige, Tan dan Ivory.

Klaim dan Benefit

Madame Gie Madame Got You Coverage Liquid Concealer adalah concealer cair yang punya coverage tinggi untuk samarkan ketidaksempurnaan pada wajah seperti noda hitam dan bekas jerawat. Teksturnya blendable dengan 3 pilihan shade yang sesuai dengan kulit Indonesia.

Cara Pakai

Saya sebenernya nggak menemukan informasi apapun seputar cara pakai produk ini pada kemasannya. Namun, setelah mengunjungi official Instagram Madame Gie, ternyata produk ini dipakai layaknya concealer pada umumnya.

Kamu bisa mengoleskannya di area bawah mata untuk menutupi kantung mata, mengoreksi tampilan alis atau untuk menyamarkan jerawat dan noda hitam. Tinggal tutulkan produk dan tap perlahan dengan bantuan jari yang bersih, spons, ataupun brush untuk meratakannya.

Baca juga: Langkah Cara Menggunakan Concealer yang Benar

Fun Fact

review madame gie liquid concealer_klaim_

Meski merupakan brand lokal, produk-produk Madame Gie kebanyakan dibuat di China, lho. Makanya kamu akan menemukan nama pabrikan dan tulisan ‘Made in China’ di hampir semua produknya. Tapi jangan khawatir, soalnya produk-produk Madame Gie sudah lolos uji BPOM, kok, termasuk liquid concealer yang saya review ini. Jadi, sudah pasti produknya aman untuk dipakai.

Kemasan

review madame gie liquid concealer_kemasan_

Meski dibanderol dengan harga affordable, Madame Gie Madame Got You Covered punya kemasan standar concealer dengan aplikator doe-foot yang langsung tertempel pada bagian tutupnya. Meski material yang dipakai hanya berbahan plastik, namun kemasan ini tetap rapat dan higienis. Ia juga sangat ringan dan nggak ringkih, jadi bakal tetap aman meskipun terjatuh.

Layaknya kebanyakan concealer cair, Madame Gie juga membuat bagian badan tube produk ini tetap transparan, sehingga kita bisa langsung melihat shade asli dari produknya. Sementara pada bagian tutupnya, Madame Gie menambahkan sentuhan metalik berwarna ungu yang bikin tampilan kemasan tetap menarik dan elegan.

Sayangnya, logo Madame Gie dan nama produk yang ada pada bagian badan tube tampak samar dengan pemilihan warna ungu muda. Saya jadi agak sulit untuk membaca nama produk ini. Yang lebih disayangkan lagi adalah keterangan tentang produk yang ternyata dicetak pada bagian seal plastik, bukan langsung pada bagian tube. Jadi kalau seal plastik ini dibuka, informasi seputar produk pun akan ikut terangkat.

Nggak seperti Beauty Blink Fame Liquid Eyeshadow yang pernah saya review, Got You Covered Liquid Concealer hanya dikemas dalam single packaging dengan tambahan seal plastik pada bagian luarnya. Benar-benar lebih sederhana.

Ingredients List

review madame gie liquid concealer_ingredients_

Sebelum lanjut ke pembahasan impresi, sebaiknya kita kenalan dulu dengan ingredients dari Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer. Adakah bahan yang punya manfaat khusus untuk kulit? Yuk, kita tinjau!

Full Ingredients

Aqua, Isododecane, Propylene Glycol, Silica, Cyclomethicone, Tridecyl Trimellitate, Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Sorbitan Sesquioleate, Steareth 2, Ozokerite, Chlorphenesin, Fragrance Parfume Component and Finished Fragrances, Iodopropynyl Butylcarbamate.

May contains: CI 77891. CI 77492, CI 77491, CI 77499

Key Ingredients

Nah, ternyata ada beberapa bahan yang cukup ngasih manfaat, lho, baik bagi produk maupun untuk kulit penggunanya.

  • Propylene Glycol

Selain bersifat humektan yang dapat berikan manfaat kelembaban dan menghaluskan kulit, propylene glycol juga bisa membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit. Lapisan pelindung yang terbentuk ini bisa meminimalkan terjadinya penguapan air dari kulit. Intinya, bahan ini juga bisa bekerja menjaga hidrasi alami kulit.

  • Cyclomethicone

Salah satu jenis silikon ini punya peran signifikan dalam meningkatkan feels dari produk ketika diaplikasikan pada kulit. Cyclomethicone berperan dalam membuat produk mudah menyebar dan diratakan pada kulit.

Impresi

Akhirnya sampai di pembahasan impresi! Apakah Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer ini memberikan feels yang nyaman ketika digunakan langsung pada kulit? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca pembahasan berikut.

Tekstur

review madame gie liquid concealer_tekstur_

Sesuai dengan namanya, liquid concealer milik Madame Gie ini punya tekstur cair yang agak creamy namun nggak terlalu kental. Ketika set, ia malah jadi powdery matte dan nggak terasa lengket.

Tapi waktu set concealer ini terhitung sangat cepat bagi saya, jadi harus segera di-blend ketika produk sudah ditutulkan pada area yang ingin disamarkan. Kalau dibiarkan lama, cukup sulit untuk, lho, blending produknya. Jadi hati-hati, ya.

Aroma

Kalau dilihat dari ingredients list, Madame Gie masih memasukkan unsur fragrance tambahan pada concealer ini. Dan benar saja, ketika dioleskan pada wajah, saya bisa mencium aroma produk yang terasa seperti bedak bayi. Tapi aroma ini nggak terlalu tajam, kok, sehingga nggak akan terlalu mengganggu pengaplikasian.

Shade dan Swatch

review madame gie liquid concealer_shade_

Sebelumnya sudah saya sebutkan kalau Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer punya 3 pilihan shade yang diklaim sesuai dengan skin tone Indonesia. Nah, yang saya review ini adalah Tan yakni shade yang paling gelap.

Awalnya saya kira undertone concealer ini akan kuning, namun shade Tan punya karakter pink undertone lebih ketara. Jadinya agak kurang match dengan undertone kulit saya. Alhasil, ketika concealing bekas jerawat di area pipi, concealer ini memberikan rona samar yang tampak seperti noda blush on.

Baca juga: Cara Memilih Warna Concealer yang Tepat untuk Wajah

review madame gie liquid concealer_swatch_

Untuk daya coverage, menurut saya concealer andalan Madame Gie ini ada di level medium coverage. Soalnya saya harus layer concealer 2 kali agar bisa menutupi bekas jerawat yang saya punya. Coverage ini pun tetap belum bisa menutup bekas jerawat yang agak besar dan agak hitam secara sempurna, tapi noda kemerahan ringan bisa disamarkan dengan baik oleh concealer ini.

Area mata panda yang saya punya juga bisa tertutupi hanya dengan satu layer dari produk. Kebetulan mata panda saya nggak terlalu parah, karena itu saya simpulkan kalau concealer ini ada di level medium coverage.

Suprisingly, shade ini ternyata lebih match dengan area mata panda saya, lho. Ia juga tampak seperti second skin di area hidung saya yang kemerahan. Jadinya warna kulit saya tampak lebih merata dari sebelumnya.

Performa dan Ketahanan

review madame gie liquid concealer_performa_

Meski cukup nyaman digunakan, Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer ternyata nggak bisa menahan produksi minyak berlebih di wajah saya. Sebagai catatan, ketika mengujinya saya nggak menambahkan produk kompleksi lain, sebab saya ingin tahu performa concealer ini sesungguhnya.

Pada jam ke-2 pemakaian, wajah saya mulai tampak berminyak kembali dan kemampuan coverage dari concealer juga mulai berkurang. Pada jam ke-4 pemakaian, bekas jerawat saya mulai terekspos kembali. Padahal selama 4 jam pemakaian tersebut saya nggak banyak menyentuh wajah, meski wajah saya sempat terekspos air. Artinya, produk ini nggak bisa menahan air ataupun keringat.

Meski begitu, produk ini rentan transfer, lho, terutama saat kilap di wajah masih minimal. Soalnya setelah pengaplikasian produk, saya sempat menggunakan masker kesehatan dan nggak mendapati banyak residu dari concealer yang menempel ke masker. Jadi ketahanan produk ini lumayan bisa diandalkan bila kondisi kompleksi tetap fresh dan bebas minyak.

Selama pemakaian juga saya nggak merasa produk bikin kulit jadi crease atau flaky. Tapi sebenernya saya memang nggak punya issue serius dengan kompleksi yang kering. Sebaliknya, concern kulit saya adalah berminyak, jadi ketika ada produk yang terasa kering pun kulit saya akan otomatis memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbanginya.

Tapi melihat karakter produk yang langsung matte ketika set, saya rasa pemilik kulit kering bakal kurang nyaman dengan feels liquid concealer dari Madame Gie ini. Jadi usahakan untuk menggunakan primer yang melembabkan dan menghidrasi dahulu sebelum mengaplikasikan concealer ini, ya.

Tips dan Trik

Satu hal yang cukup bikin kurang nyaman dari penggunaan Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer adalah waktu set yang terlalu cepat. Karena itu, sebaiknya gunakan produk ini sedikit demi sedikit terlebih dahulu di area-area yang ingin kamu cover dan langsung blend produk secara merata.

Misalnya untuk area bawah mata. Tutulkan terlebih dahulu di bawah mata sebelah kiri, lalu blend hingga merata. Barulah lanjutkan di area bawah mata sebelahnya. Sama halnya untuk menutupi noda bekas jerawat ataupun dalam meratakan warna kulit.

Harga dan Tempat Pembelian

review madame gie liquid concealer_tips_

Kalau mencari produk concealer yang affordable dan sudah tersertifikasi BPOM, kamu bisa mengandalkan Madame Gie Madame Got You Covered ini. Harganya hanya 20ribuan saja utuk tiap tube-nya. Produk berukuran 3 gram ini juga mudah ditemukan online maupun offline.

Kesimpulan

review madame gie liquid concealer_kesimpulan_

Selain super affordable, Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer bisa jadi concealer harian yang praktis. Meski coverage-nya nggak sampai di level full, tapi produk ini cukup ringan dan bisa meratakan warna kulit wajah saya dengan baik. Dan yang terpenting, ia juga sudah tersertifikasi BPOM, sehingga aman digunakan.

Pros

  • Affordable dan mudah ditemukan
  • Sudah tersertifikasi BPOM
  • Kemasan handy, ringan, dan tetap rapat
  • Teksturnya ringan dan buildable
  • Bisa meratakan warna kulit dengan medium coverage
  • Cukup transferproof bila kompleksi nggak banyak minyak dan keringat

Cons

  • Terlalu cepat set sehingga agak sulit di-blend
  • Bikin wajah saya jadi berminyak
  • Shade Tan punya karakter pink undertone, sehingga agak kurang match warnanya di pipi saya
  • Masih punya kandungan fragrance, meski aromanya nggak ganggu

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Madame Gie Madame Got You Covered Liquid Concealer. Selain harganya nggak bikin dompet tipis, concealer ini juga punya kemampuan meratakan warna kulit yang bagus. Bila kamu seorang pemula dalam dunia makeup, nggak ada salahnya untuk mencoba produk ini dan menjadikannya concealer harian.

Nah, kalau kamu punya pengalaman lain saat memakai liquid concealer dari Madame Gie ini, jangan ragu untuk berbagi pengalamanmu lewat kolom komentar yang telah disediakan, ya! Simak juga review produk Madame Gie lainnya, ada Madame Gie Madame To-Go Makeup Kit dan Madame Gie Blushing My Lips.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram