Review Sun Care Sunscreen Gel, Sunscreen Pertama Wardah

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Tahu tidak kalau ahli kulit banyak menyarankan kita untuk menggunakan sediaan tabir surya baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah. Himbauan ini tak semata-mata demi melariskan pasaran sunscreen saja. Tapi, sunscreen juga ternyata merupakan pahlawan super bagi kulit kita.

Bila kamu mencintai kulitmu, ada baiknya kamu menjadikan sunscreen sebagai best buddy. Sebab, sunscreen adalah salah satu temuan paling berjasa dalam dunia kecantikan karena kemampuannya dalam melindungi kulit dari sinar UV.

Sebenarnya sebelum mencapai kulit, sinar UV dari matahari juga di-filter secara alami oleh ozon yang ada di atmosfer. Sayangnya, saat ini bumi semakin mengalami penipisan ozon sehingga kemampuan ozon untuk menghadang sinar UV pun akan berkurang. Inilah mengapa menggunakan sunscreen sangatlah penting.

Tentang Produk

Review Wardah Sunscreen Gel 6

Sebelum meluncurkan UV Shield, Wardah sudah dikenal memiliki produk sunscreen bernama Sun Care Sunscreen Gel. Produk ini bisa dibilang merupakan sunscreen pertama yang diandalkan oleh Wardah sebagai sun protection.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Sun Care Sunscreen Gel langsung diburu oleh para wanita karena banyak yang mengatakan bahwa produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Bahkan saking laku kerasnya, sunscreen ini selalu bertahan dalam deretan produk Wardah dengan rating paling tinggi di website-website kecantikan.

Klaim dan Benefit

Wardah Sun Care Sunscreen Gel merupakan tabir surya yang menawarkan 2 manfaat utama yaitu manfaat melindungi yang datang dari kandungan filter UVA dan UVB dengan nilai SPF 30 serta PA+++ juga kandungan antioksidan yang datang dari vitamin E.

Manfaat selanjutnya adalah melembabkan dengan kandungan ekstrak aloe vera dan pro vitamin B5 yang dapat menjaga kelembaban kulit. Tak hanya itu, sunscreen ini juga memiliki tekstur gel ringan yang lembut, mudah meresap, nyaman dan tidak lengket di kulit.

Cara Pemakaian

Langkah penting ketika menggunakan sunscreen adalah dengan mengaplikasikan minimal 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk perawatan kulit lainnya sebelum mengaplikasikan sunscreen. Tiap kali saya menggunakan Wardah Sun Care Sunscreen Gel sendiri saya akan menempuh langkah-langkah berikut.

  • Aplikasikan setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan pelembab
  • Tuangkan secukupnya pada jari tangan
  • Aplikasikan secara tipis dan merata pada wajah dan leher lalu ratakan
  • Tunggu hingga sunscreen mengering sebelum lanjut penggunaan makeup

Fun Fact!

Sunscreen dari Wardah ini ternyata sudah lama bertahan di dunia kecantikan sekaligus sudah mengalami beberapa perubahan baik dari sisi formulasi hingga kemasan. Bahkan kedatangan saudara-saudaranya yang baru tidak menjadikan Wardah Sun Care Sunscreen Gel cepat padam. Nampaknya, masih banyak masyarakat yang menggemari sunscreen ini.

Kemasan

Review Wardah Sunscreen Gel 3

Wardah Sun Care Sunscreen Gel dikemas dalam tube flip-top dengan warna dasar putih dan biru muda khas wardah. Bukan itu saja, Wardah juga menambahkan sentuhan oranye pada desain kemasan produk yang menjadikannya tampak lebih hangat.

Material tube terbuat dari plastik yang squeeze-able sementara bagian cap berbahan plastik yang lebih kokoh. Walau simple, nyatanya desain kemasan Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini tetap memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang memandangnya.

Kemasan dus luar pun memiliki desain gambar dan warna hampir serupa. Bedanya, kemasan dus luar ini lebih didominasi oleh warna biru muda. Dan seperti yang tertera pada kemasan dus maupun tube di dalamnya, produk ini bervolume 40 mL.

Ingredients

Review Wardah Sunscreen Gel 5

Full Ingredients

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, 4-Methylbenzylidene Camphor, Acrylates Copolymer, Propylene Glycol, Polyacrylamide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, C13-14 isoparaffin, Triethanolamine, Panthenol, Laureth 7,  Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Dimethicone Crosspolymer, Carbomer, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Triethylene Glycol, Dimethicone Vinyl, Dimethiconol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Key Ingredients

  • UV Filter

Kandungan SPF 30 dan PA+++ pada Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini hadir dari kandungan beberapa UV filter dalam formulasinya. Produk ini setidaknya memiliki 3 sunscreen agent yaitu ethylhexyl methoxycinnamate dan 4-methylbenzylidene camphor yang melindungi dari UVB serta butyl methoxydibenzoylmethane untuk perlindungan terhadap UVA.

  • Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract

Siapa yang tidak mengenal ekstrak aloe vera? Produk ini seringnya digunakan dalam produk pelembab karena memiliki kemampuan melembabkan yang baik. Bukan itu saja bahan ini juga memiliki karakteristik menyejukkan sekaligus menawarkan manfaat antioksidan.

  • Tocopheryl Acetate

Jangan bosan dengan bentuk lain dari vitamin E ini, ya. Pasalnya, tocopheryl acetate merupakan bentuk vitamin E yang stabil, ekonomis, namun memiliki manfaat yang serupa dengan bentuk murni vitamin E sebagai sumber antioksidan.

  • Panthenol

Kalau yang satu ini adalah bentuk senyawa alkohol dari asam pantotenat (vitamin B). Kerennya sih bahan ini disebut sebagai pro-vitamin B5. Fungsinya adalah untuk menarik dan menjaga kelembaban pada kulit.

Impresi

Meski dinamakan sunscreen gel, ternyata produk ini tidak memiliki karakteristik yang mirip dengan gel, lho. Nah, kalau masih penasaran, yuk kita cari tahu lebih lanjut soal sunscreen pertama Wardah ini.

Tekstur

Review Wardah Sunscreen Gel tekstur

Dari segi tekstur awalnya saya mengira produk ini akan berbentuk gel transparan. Namun nyatanya, perkiraan saya tersebut sama sekali tidak tepat. Haha

Meski dinamakan sunscreen gel, produk ini memiliki tekstur milky putih yang lembut dengan kekentalan yang cukup. Alias tidak terlalu kental maupun encer. Entah atas dasar apa Wardah menamai produk ini dengan predikat ‘gel’. Tapi saya rasa tekstur ini mirip seperti tekstur kebanyakan produk pelembab. Meski begitu dengan tekstur milky tersebut sunscreen ini tetap tidak menimbulkan kesan lengket dan berminyak setelah mengering.

Aroma

Untuk aroma, menurut saya aroma Wardah Sunscreen Gel ini seperti aroma floral dengan powdery notes. Aroma yang cukup lembut dan tidak terasa artificial sama sekali. Padahal, biasanya kebanyakan produk sunscreen memiliki aroma sintetik yang cukup pekat. Tapi tidak dengan sunscreen dari Wardah ini.

Aplikasi

Review Wardah Sunscreen Gel aplikasi

Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk benar-benar mengering pada wajah normal-berminyak saya dengan hasil akhir yang sangat melembabkan. Saya merasa seperti baru menggunakan pelembab setelah mengaplikasikan sunscreen ini.

Produk ini juga meninggalkan whitecast sangat minimal pada awal pengaplikasian yang lama-kelamaan akan menghilang. Tekstur produk juga tidak heavy sama sekali. Untuk ukuran sunscreen yang cukup affordable, produk ini super nyaman ketika saya gunakan.

Daya Tahan dan Performa

Review Wardah Sunscreen Gel 2

Selain mengagumkan dari sisi aplikasi, Wardah Sun Care Sunscreen Gel juga memiliki ketahanan yang impressive. Bila tidak sering terbasuh air, sunscreen ini dapat bertahan sekitar 4-5 jam pada wajah ketika digunakan indoor. Tapi kalau digunakan outdoor sebaiknya kamu aplikasikan kembali sunscreen pada jam ke-3 untuk proteksi yang tetap jempolan.

Dan meski tidak waterproof, produk ini tidak akan habis terhapus kok bila terbasuh air, serta dapat bertahan selama 5-10 menit di permukaan kulit ketika berenang. Sunscreen ini membuat wajah selalu lembab sepanjang saya gunakan, teksturnya yang lightweight juga kadang membuat saya lupa kalau saya sedang menggunakan sunscreen.

Tips dan Trik

Ada miskonsepsi dalam penggunaan sunscreen ketika akan berenang ataupun menyentuh air. Kebanyakan orang akan mengaplikasikan sunscreen tepat sebelum masuk ke dalam kolam. Padahal sebaiknya sunscreen dibiarkan menempel dan menyerap lebih baik terlebih dahulu pada kulit untuk proteksi yang optimal. Makanya sebaiknya sunscreen diaplikasikan minimal 20 menit sebelum berenang.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Wardah Sunscreen Gel 1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini dibanderol dengan harga yang ramah kantong orang Indonesia yaitu Rp28.000an saja. Dan meski bersaing dengan produk sunscreen terbaru Wardah, produk ini masih bisa ditemukan kok di pasaran.

Kesimpulan

Review Wardah Sunscreen Gel 7

Bagi saya produk ini sangat worth it digunakan sebagai sunscreen harian karena teksturnya yang lembut dan ringan. Proteksi yang ditawarkan pun cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Saya juga merasa produk ini cocok-cocok saja digunakan pada kulit saya yang normal-berminyak.

Pros

  • Melembabkan dengan baik
  • Tidak lengket ataupun berminyak
  • Ketahanan 4-5 jam untuk aktivitas indoor tanpa basuhan air
  • Lightweight
  • Affordable
  • Tidak menimbulkan whitecast

Cons

  • Tidak Water-resistant

Itulah pengalaman saya menggunakan sunscreen pertama Wardah ini. Cukup menyenangkan untuk harga yang affordable. Sayangnya, eksistensi produk ini tampaknya akan mulai tergantikan dengan Wardah UV Shield terbaru. Tapi, bila kamu ingin mencoba menggunakan produk ini, segera beli sekarang juga sebelum kehabisan.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram