Review ESQA Flawless Powder Foundation dengan Coverage Jempolan

Salah satu rahasia makeup yang tahan lama adalah pemilihan bedak yang tepat. Selain bisa mengunci riasan dengan baik, bedak yang bagus juga dapat mempertahankan makeup agar enggan geser, crack atau pun cakey walau sudah digunakan berjam-jam.

Dari berbagai jenis bedak yang ada di pasaran, saya sendiri sangat menjagokan powder foundation. Soalnya produk hybrid antara bedak dan foundation ini selalu berhasil mengontrol minyak di wajah saya hingga di penghujung hari. Alhasil, makeup tampak on point selalu, deh.

Senangnya, saat ini sudah banyak produsen kecantikan yang memperkenalkan powder foundation di Indonesia, enggak terkecuali brand-brand lokal. Salah satu brand lokal yang punya jenis bedak ini adalah ESQA.

Nah, saya akan memaparkan pengalaman menggunakan ESQA Flawless Powder Foundation buatmu, Teman Kamini. Kira-kira, apakah produk ini pantas jadi salah satu favorit makeup enthusiast? Soalnya ia sudah terjual ribuan lho di salah satu e-commerce. Yuk, kita buktikan!

Tentang Produk

review esqa flawless powder foundation_tentang produk_

Flawless Powder Foundation diperkenalkan pada akhir tahun 2020 silam sebagai bagian dari peluncuran lini kompleksi dari ESQA. Brand vegan-friendly ini menyebutnya sebagai produk yang bikin kompleksi tampak lembut dan flawless. Maka dari itu enggak heran kalau disematkan kata ‘Flawless’ dalam namanya.

Klaim dan Benefit

Powder foundation satu-satunya milik ESQA ini diklaim punya manfaat dan keunggulan berikut:

  • Tahan lama
  • Teksturnya velvety dan bakal menyatu baik dengan kulit tanpa rasa kering atau ketat
  • Punya medium to full coverage yang buildable
  • Bikin kompleksi jadi flawless, halus dan finish matte yang velvety
  • Bisa kontrol minyak seharian
  • Enggak bikin makeup cakey, creasing dan fading
  • Diformulasikan bebas paraben, ftlalat, natrium, lauryl sulphate, gluten dan triklosan
  • Lengkap dengan spons aplikator dua sisi (sisi mikro fiber dan sisi spons yang halus)

Cara Pakai

ESQA memberikan dua pilihan cara pakai Flawless Powder Foundation. Kalau ingin dapatkan coverage medium, gunakan sisi mik rofiber dari spons aplikator. Sementara bila ingin tampilan kompleksi yang full coverage, gunakan sisi lainnya yang lebih halus.

Kemasan

review esqa flawless powder foundation_klaim_

Flawless Powder Foundation datang dengan dus luar dan kemasan utama. ESQA juga masih menggunakan signature color-nya pada kemasan produk ini yang bernuansa rose gold. Baik dus luar maupun kemasan utama bedak sama-sama didesain simpel tanpa ada tambahan grafis atau pun animasi khusus.

Menurut saya lewat kemasan ini ESQA berhasil membuktikan ungkapan ‘less is more’. Sebab dengan desain yang sederhana, produk ini tetap tampak memukau bagi siapa pun yang memandangnya.

Pada dus luar kemasan, hanya terdapat emboss logo ESQA di sisi muka. Sementara di sisi lain tertulis keterangan nama shade, ingredients list, logo halal, nomor BPOM, dan informasi penunjang lainnya seputar produk ini.

review esqa flawless powder foundation_kemasan 2_

Kemasan utama powder foundation juga memiliki bentuk yang sama dengan dusnya. Di dalamnya terdapat dua tray yang memisahkan antara powder foundation dengan spons aplikator lengkap dengan cermin yang menempel di bagian tutup. Enggak lupa, ESQA juga menambahkan signature logonya pada bagian permukaan dari powder foundation.

Nah, inilah yang sempat saya bocorkan yaitu bagian spons aplikator. ESQA cukup inovatif dengan menambahkan lapisan mikro fiber di salah satu sisi spons. Selain praktis, penggunaan aplikator dua sisi ini juga jadi lebih costumizable. Spons aplikator yang digunakan ESQA punya ketebalan yang cukup dan enggak keras, bahkan sisi mikrofiber-nya terasa sangat lembut untuk kulit.

Ingredients List

review esqa flawless powder foundation_ingredients_

Walau merupakan produk makeup, enggak ada salahnya buat menilik kandungan Flawless Powder Foundation. Apakah formula produk ini sesuai dengan apa yang diklaim ESQA?

Full Ingredient

Mica, Talc, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyethylene, Silica, Phenyl Trimethicone, Octyldodecanol, Isononyl Isononanoate, Dipentaerythrityl Hexa C5-9 Acid Esters, Caprylic/Capric Triglyceride, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone, Lauroyl Lysine, Phenoxyethanol, 1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin, Titanium Dioxide(CI 77891), Yellow Iron Oxide (CI 77492), Red Iron Oxide(CI 77491), Black Iron Oxide(CI 77499).

Key Ingredients

Ternyata memang benar kalau produk ini punya formula yang bebas dari kandungan paraben, ftlalat, natrium, lauryl sulphate, gluten dan triklosan. Selain itu, ada juga beberapa bahan yang tampaknya bisa menunjang kualitas produk ini.

  • Dimethicone

Merupakan bahan yang dapat meningkatkan sensasi pemakaian produk agar nyaman di kulit. Dimethicone juga bisa menunjang ketahanan produk sekaligus mengontrol kilap pada wajah.

  • Ethylhexylglycerin

Selain berfungsi sebagai bahan yang bikin produk terasa halus di kulit, ethylhexylglycerin juga punya sedikit kemampuan humektan yang bisa dorong hidrasi untuk kulit. Ia bahkan punya sifat anti bakteri juga, lho.

Impresi

review esqa flawless powder foundation_impresi_

Saatnya beralih ke pembahasan impresi dari ESQA Flawless Powder Foundation. Akankah produk ini terasa nyaman di kulit saya?

Tekstur

Sesuai klaimnya, powder foundation ini punya tekstur yang halus layaknya beludru. Butiran bedaknya sama sekali enggak terasa menyakitkan. Saat dipakaikan ke wajah pun ia minim fallout.

Aroma

Produk ini enggak melepas aroma apa pun. Kalau dicek dari ingredient list pun enggak ada pewangi tambahan.

Shade dan Aplikasi

review esqa flawless powder foundation_aplikasi_

Produk ini tersedia dalam empat shade berbeda yakni Custard, Vanilla, Caramel dan Latte. Shade yang saya pilih sendiri adalah Caramel. Ia punya medium tone dan yellow undertone yang paling mendekati warna kulit saya.

Benar saja ketika digunakan pada wajah, shade ini cukup menyatu baik walau bikin kulit saya jadi lebih kuning. Ini sebenarnya wajar terjadi soalnya kulit saya punya sedikit rona olive. Makanya produk yang punya yellow undertone kuat bakal bikin wajah saya jadi lebih kuning.

Baca juga: Cara Memilih Warna Bedak yang Paling Tepat untuk Anda

Meski begitu, shade ini tetap match kok di wajah saya karena enggak tampak toned down atau pun bikin wajah jadi ashy. Malah warna kulit saya jadi lebih merata dari sebelumnya. Kebetulan pada foto di atas saya enggak menggunakan makeup karena ingin tahu seberapa tinggi coverage dan ketahanan dari produk ini tanpa bantuan produk lain.

Saya juga memakai sisi mikro fiber pada pengaplikasian ini dan hasilnya, ESQA Flawless Powder Foundation bisa menutupi kemerahan serta mampu samarkan noda bekas jerawat di wajah. Walau enggak full coverage, tapi produk yang bisa kasih medium coverage pada bare face patut diperhitungkan kualitasnya, lho.

Wajah saya yang semula agak kilap pun seolah disulap jadi lebih matte dan lembut. Saya sama sekali enggak merasa wajah jadi kering atau pun ketarik. Powder foundation ini sangat nyaman dan terasa ringan.

Performa dan Ketahanan

review esqa flawless powder foundation_performa_

Setelah menggunakan produk ini selama kurang lebih lima jam, bisa saya simpulkan kalau ia memang cukup baik dalam menahan minyak agar enggak overproduced di wajah. Selain itu, powder foundation dari ESQA ini juga enggak menimbulkan crease atau pun bikin wajah saya jadi cakey.

Tapi kalau terkena air, tetap saja ketahanan produk akan menurun. Makanya saya sarankan untuk touch up produk ini setelah selesai berwudhu. Yang pasti, ESQA Flawless Powder Foundation tetap terasa ringan dan engga bikin kulit saya kering atau pun dehidrasi.

Harga dan Tempat Pembelian

review esqa flawless powder foundation_kemasan_

ESQA Flawless Powder Foundation kini sudah banyak tersedia di berbagai gerai kosmetik. Kamu juga akan lebih mudah menemukannya secara online. Ia dibanderol mulai dari harga 120ribuan untuk tiap kemasan 6,5 gram.

Kesimpulan

review esqa flawless powder foundation_kesimpulan_

Selain punya coverage yang cukup tinggi karena bisa samarkan kemerahan, meratakan warna kulit dan kurangi tampilan bekas jerawat, ESQA Flawless Powder Foundation juga bisa kontrol kilap di wajah dengan baik tanpa bikin kering atau pun dehidrasi. Enggak aneh deh kalau banyak yang jatuh cinta dengan produk ini.

Pros

  • Punya aplikator dua sisi yang nyaman dan inovatif
  • Teksturnya lembut dan kasih velvet matte finish
  • Ringan dan enggak bikin kering
  • Coverage cukup tinggi
  • Bikin kompleksi lebih halus
  • Bisa kontrol minyak di wajah
  • Enggak bikin cakey dan creasing

Cons

Varian shade kurang beragam

Nah, itu dia pengalaman saya menggunakan ESQA Flawless Powder Foundation. Overall kualitas produk ini memang layak dipertimbangkan, apalagi kemampuan coverage-nya. Ia akan jadi best duo kalau dipadukan dengan alas bedak yang punya medium coverage sekali pun.

Lantas, apakah kamu tertarik juga dengan produk ini? Jawab lewat kolom komentar ya, Teman Kamini! Simak juga review produk ESQA lainnya seperti Eyeshadow Cantik ESQA Goddess Palette - Peach.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram