kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Viva Queen Perfect Look CC Foundation, Bagus Kah?

Review Viva Queen Perfect Look CC Foundation, Bagus Kah?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 27 Mei 2021

Mungkin kamu lebih familiar dengan istilah BB cream dan foundation saja, Kalau pun tahu tentang produk bernama CC, itu pun CC cream, bukan CC foundation. Sebelum terjun ke penjelasan tentang Viva Queen Perfect Look CC Foundation, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu CC cream dengan sedikit perbandingan pada kakaknya, BB cream.

Sebenarnya, perbedaan antara krim BB dan krim CC tidak terlalu kentara. BB cream adalah alas bedak yang lebih ringan dari foundation dengan sedikit manfaat perawatan kulit. Sedangkan CC cream pada umumnya berarti krim 'koreksi warna'.

Produk dengan nama CC berarti memiliki manfaat untuk mengatasi masalah seperti kulit kemerahan atau justru rona kulit yang pucat. Biasanya, CC cream dilengkapi dengan partikel yang light-diffusing alias bisa menyebarkan cahaya.

Lalu, produk Viva Queen Perfect Look CC Foundation itu apa, ya? Mungkinkah produk ini memiliki formula seperti krim CC tapi memiliki kemampuan coverage layaknya foundation? Yuk, langsung saja simak ulasan Viva Queen Perfect Look CC Foundation bersama Kamini di bawah ini.

Tentang Produk

Viva Queen Perfect Look CC Foundation SPF 35 PA+++ adalah sebuah inovasi yang menggabungkan makeup dan skincare. Jadi, kamu hanya perlu melakukan satu langkah mudah dan praktis untuk mendapatkan manfaat perawatan kulit sambil berdandan. Tentu untuk merasakan manfaat skincare-nya dengan pemakaian secara teratur.

Klaim & Benefit

  • Meratakan warna kulit
  • Menyamarkan garis halus
  • Menyamarkan noda dan bekas luka ringan
  • Membuat wajah tampak lebih halus
  • Makeup lebih tahan lama
  • Melindungi kulit dari bahaya sinar UV dengan SPF 35 PA+++
  • Membantu menjaga keremajaan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Melembabkan kulit
  • Membuat wajah tampak sehat berseri

Kemasan

Viva Queen Perfect Look CC Foundation memiliki kemasan kotak yang sangat ringkih. Kotaknya tipis jadi gampang penyok, yang penting kemasan intinya tidak kenapa-kenapa selama perjalanan paket sampai tiba di tangan saya.

Tapi, untuk visual-nya saya akui produk ini mengalami peningkatan. Soalnya, kemasan boks pertamanya itu warna kuning yang terkesan ketinggalan zaman. Kalau sekarang, kemasannya hitam campur warna copper, disamakan dengan kemasan tube-nya sehingga terkesan lebih mewah.

Kalau kemasan tube CC Foundation-nya tidak mengalami perubahan apapun, masih sama seperti dulu. Dengan seluruh bodi berwarna hitam, ditambah aksen emas pada tutup dan tulisannya, produk ini terlihat 'mahal'. Padahal, harganya tidak sampai 40 ribuan, loh.

Untuk tutupnya, Viva menggunakan tutup ulir. Hal ini bisa disukai bisa dibenci beberapa orang, kalau saya sendiri netral, tidak ada masalah dengan tutupnya yang harus diputar dulu. Malah saya cenderung suka, karena tutup flip top bisa saja jadi kurang rapat (sulit ditutup) di kemudian hari.

Tutup flip top juga lebih mudah kotor di bagian ujung tempat keluar foundation dan lebih rentan patah. Belum lagi kalau misalnya dibawa ke mana-mana, bisa saja tutup flip top terbuka. Jadi, saya appreciate Viva dengan tutup ulirnya ini.

Tekstur CC Foundation Viva itu agak lebih padat dibandingkan foundation cair lainnya, jadi kamu tidak perlu khawatir ada sisa-sisa foundation numpuk di bagian dalam tutup ulirnya, kok. Oh, ya, saya juga suka kemasannya yang tidak terlalu tinggi maupun lebar, enak digenggam dan pas buat dibawa traveling.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Octyl Methoxycinnamate, Glycerin, Caprylyl Methicona, Sorbitan Olivate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Magnesium Sulfate, Betaine, Mica, CI 77492, Polymethylsilsesquloxane, PEG/PPG-20/15 Dimethicone, Phenoxyethanol, Zinc Oxide, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Lanolin Cera, CI 77491, Talc, Polyhydroxystearic Acud, Tocopheryl Acetate, Hydrolized Collagen, Methylparaben, CI 77499, Palm (Elaeis Guineensis) Oil, Gossyplum Herbaceum Seed Oil, Decamethyl-cyclopentasiloxane, Methicone, Aluminum Hydroxide, Triethylene Glycol, Bidens Pilosa Extract, Allantoin, Stearic Acid, Hydrogen Dimethicone, Alumina, Linum Usitatissimum Seed Oil, Propylene Glycol, Disodium EDTA, Honey Extract, BHT, Tocopherol.

  • Key ingredients

Pertama-tama, Kamini mau membahas kalau Viva CC Foundation ini mengandung Cyclopentasiloxane. Jenis bahan ini adalah emolien, lubricant, dan pelarut. Manfaat utamanya yaitu melarutkan bahan-bahan yang lebih berat, memberikan tekstur yang lebih halus pada produk, dan menyegel hidrasi. Kandungan ini juga membuat produk jadi lebih ringan.

Makanya, setelah menggunakan CC Foundation ini, kamu akan merasakan kulit yang lebih halus, tanpa dempul yang 'berat'! Kandungan ini juga aman dipakai setiap hari, berarti kamu juga bisa pakai CC Foundation-ya sehari-hari.

Selanjutnya, produk ini mengandung Octyl Methoxycinnamate. Ini adalah cairan bening yang tidak larut dalam air. Penggunaan utamanya adalah pada tabir surya dan kosmetik lainnya.

Fungsinya adalah untuk menyerap sinar UVB dari matahari, sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan. Kandungan ini juga sering digunakan untuk mengurangi munculnya bekas luka, loh.

Selain kandungan-kandungan yang bisa kamu lihat pada full ingredients di atas, Viva juga menambahkan Advance Makeup & Care dengan Super Botanical Extract ke dalam produknya. Zat ini terdiri dari Vitamin E dan Honey Extract Collagen.

Kandungan-kandungan ini teruji untuk membantu mengurangi tampilan garis halus & kerutan, mempertahankan elastisitas kulit, serta menyamarkan noda hitam agar kulit nampak lebih cerah merata. Berarti klaim Viva yang mengatakan kalau ini bukan sekedar produk kompleksi semata melainkan ada manfaat skincare-nya itu benar, ya.

Impresi

Setelah memahami beberapa macam bahan-bahannya, kini saatnya beralih ke impresi. Di dalam pembahasan kali ini, Kamini akan membahas seputar tekstur, swatch, dan juga wewangiannya.

Tekstur

Viva Queen Perfect Look CC Foundation memiliki tekstur creamy, bukan yang runny creamy tapi betulan seperti cream. Menurut saya, tekstur produk ini adalah yang 'terpadat' dari CC cream biasa yang pernah saya coba. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena CC Foundation Viva ini mudah dibaurkan, kok.

Saya sampai kaget ini foundation-nya hilang ke mana saat diratakan, karena langsung nge-blend banget sama kulit saya. Terus, saya timpa berkali-kali juga tidak kerasa 'ngedempul', wajah saya masih bisa berekspresi bebas tanpa takut crease.

Swatch

Setahu saya, Viva Queen Perfect Look CC Foundation ini tidak punya keterangan shade karena memang hanya hadir dalam satu pilihan warna saja sehingga tentunya produk ini tidak bisa dipakai seluruh orang, hanya yang kebetulan skintone-nya cocok saja.

Warna krim CC Foundation-nya agak cokelat. Jadi, Saya pikir produk ini kayaknya bakal cocok buat warm undertone saja sedangkan saya pemilik neutral undertone. Tapi, setelah diratakan, warna krimnya malah jadi keputihan di kulit punggung tangan saya.

Saya semakin khawatir produk ini malah ashy di wajah saya. Tapi setelah dicoba, shade CC Foundation ini masuk ke skintone alami saya yang kuning langsat.

Setelah mencari tahu, ternyata produk ini berfungsi sebagai correcting, sebagaimana namanya yaitu color correcting. Karena itu, semua produk CC cream pastinya bekerja untuk semua warna kulit. Jadi, bakal nge-blend di semua warna kulit juga. Canggih, ya?

Wangi

Saya tidak mencium aroma apapun dari produk ini. Di lihat di ingredient list pun tidak ada kandungan parfumnya, jadi bakal aman buat kulit sensitif sekali pun, yeay!

Daya Tahan dan Performa

Setelah mengetahui tekstur, swatch, serta wewangiannya, kini Saya mau menunjukkan kehebatan dari produk ini. Apakah bagus dan cocok? Mari kita lihat pembahasan di bawah ini.

Cara Pemakaian

Cara pemakaian CC Foundation sama saja seperti kamu pakai BB cream, CC cream, atau foundation. Pertama-tama pastikan kulit kamu sudah bersih, ya. Mau kamu cuci muka dulu atau pakai cleanser saja tidak apa-apa. Lalu, gunakan skincare seperti yang biasa kamu pakai. Toner, essence, serum, pelembab, SPF, jangan lupakan primer.

Setelah itu, ratakan Viva CC Foundation ke wajah dan leher kamu menggunakan beauty blender. Lanjutkan makeup jika kamu mau, beres!

Hasil

Bare face dulu, ya, supaya kamu bisa melihat perbedaan before dan after-nya lebih jelas lagi. Masalah kulit saya di antaranya dry patch, uneven skintone, flek hitam, pori-pori besar, kantung mata, dan jerawat-jerawat kecil. Lalu, apakah Viva CC Foundation dapat menyembunyikan mereka semua?

Ini tampilan kulit saya setelah dipoles Viva Queen Perfect Look CC Foundation sampai tiga kali lapis! Sebenarnya alasan kenapa saya sampai pakai tiga kali adalah saya tidak merasa ada sesuatu di wajah saya. Krimnya terlihat merata dengan warna kulit alami saya, sehingga saya bertanya-tanya ke mana hilangnya CC Foundation ini?

Tapi, ternyata itu karena CC Foundation-nya menyatu sempurna dengan kulit saya, mulai dari tekstur hingga warna. Terus, formulanya juga tidak terasa berat di wajah. Walaupun, memang, produk ini tidak terlalu menutupi kekurangan di wajah saya. Mata panda saya masih kelihatan, flek hitam juga tidak tersamarkan dengan baik.

Tapi, jerawat kecil di dahi saya lumayan tertutupi. Dan, yang paling penting, Viva CC Foundation ini tidak bikin kulit saya yang kering jadi bermunculan. Saya memang merasa kalau CC Foundation ini melembabkan banget. Suka! Mungkin karena melembabkan juga, hasil akhir CC Foundation ini jadinya tidak terlalu matte, lebih ke satin kalau menurut saya.

Kesimpulan

Tidak terlalu banyak perbedaan setelah penggunaan Viva Queen Perfect Look CC Foundation selama 6 jam. CC Foundation-nya 'masih ada' walau sudah agak menipis. Kekurangannya, kulit saya yang bruntusan mulai menampakkan diri kembali dan di area hidung saya mulai ada dry patch kecil-kecil-nya.

Untuk area mata, kamu mungkin sudah bisa melihat ya ada crease. Tapi, itu mungkin terjadi karena saya tidak set pakai powder juga. Untuk dark circle juga sedikit agak menipis daripada waktu pertama diaplikasikan. Tapi, lagi, kamu bisa mengakalinya dengan touch up menggunakan bedak.

Pros (+)

  • Halal
  • Produk lokal, jadi mudah ditemukan
  • Brand terpercaya
  • Harga murah meriah
  • Formula-nya tidak clog pores
  • Light coverage & tekstur ringan untuk penggunaan sehari-hari
  • Melembabkan, tidak membuat dry patch bermunculan di kulit saya yang kering
  • Tahan keringat & cuaca panas

Cons (-)

  • Packaging-nya tipis, tapi isinya aman
  • Tidak ada pilihan shade. Walau CC Foundation katanya akan menyesuaikan dengan skintone pemakainya, saya ragu kalau produk ini bakal bagus dipakai fair skintone sama dark skintone
  • Tidak bisa menutupi kekurangan pada wajah dengan baik, hanya bagus untuk pemakaian harian saja seperti ngampus, kerja, dan di rumah

Harga & Tempat Membeli

Viva Queen Perfect Look CC Foundation hanya tersedia dalam satu ukuran saja, yaitu 30 gr. Saya tidak ada masalah dengan size-nya, tapi saya berharap foundie ini hadir dalam shade yang lebih banyak.

Selebihnya, saya suka produk ini, aman di kulit saya, shade-nya juga ternyata masuk di kulit saya yang kuning langsat, harganya terjangkau. Kalau menurut kamu, produk ini worth to buy, tidak?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram